Pengembangan media pembelajaran dengan beberapa aplikasi pendidikan.

Memasuki tahun pelajaran baru ini, banyak Sekolah atau Madrasah yang melengkapi fasilitas pendukung penyampaian materi atau transfer pengetahuan, sebagai contoh di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 9 Jakarta tahun pelajaran ini untuk setiap kelas X dilengkapi dengan LED Proyektor dan Signal Wifi (Hotspot) telah terhubung disetiap kelas. MAN 9 Jakarta mempunyai target pada tahun pelajaran 2012-2013 nanti semua kelas akan terpasang LED Proyektor dan terpasang AC untuk kenyamanan dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).
Dengan menggunakan LED Proyektor, informasi yang akan disampaikan dapat diproyeksikan ke layar, sehingga informasi berupa tulisan, gambar, audio video, bagan dan lain-lain akan menjadi lebih menarik dilihat oleh siswa. Penggunaan proyektor ini lebih menguntungkan, karena idera pendengaran dan penglihatan akan sama-sama diaktifkan melalui sebuah media pembelajaran yang telah disiapkan.
Istilah “media pembelajaran merupakan suatu istilah yang berasal dari kata media dan pembelajaran. Kata media merupakan bentuk jamak medium yang dalam bahasa Indonesia berarti alat” (Latuheru, 1988: 9), kemudian istilah “media digunakan sebagai suatu nama bagi semua bentuk dan saluran yang digunakan dalam proses penyampaian informasi atau pengantar informasi (pesan) antara sumber (pemberi pesan) dengan penerima pesan” (AECT, 1977: 201).
Menurut Ibrahim, dkk (2000: 4) media pembelajar adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran), sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran dan perasaan pebelajar dalam kegiatan pembelajaran untuk mencapai pembelajar tertentu.
Tantangan bagi guru adalah bagaimana memanfaatkan fasilitas yang telah diberikan oleh pihak sekolah, dengan adanya fasilitas LED Proyektor dan Jaringan Hotspot di setiap kelas, guru harus mengembangkan dan mendistribusikan bahan pembelajaran (Media Pembelajaran) dengan lebih interaktif dan persuasif.
Beberapa aplikasi atau software pendidikan yang dapat membantu guru dalam mengembangkan media pembelajaran, yaitu :
  1. Lecture Maker (http://www.lecturemaker.com/) : Aplikasi Lecture Maker merupakan aplikasi pembuat media presentasi, sama halnya dengan aplikasi powerpoint. Aplikasi ini menyediakan fasilitas dalam membuat presentasi dengan singkat. Salah satu kelebihan aplikasi ini bisa dijadikan sebagai bentuk aplikasi untuk cd interaktif, menyedia fasilitas soal seperti multiple choice dan essey.
  2. ISpring ( http://www.ispringsolutions.com/ ) : iSpring Free adalah software yang dapat digunakan untuk merubah file Powerpoint ke dalam bentuk Flash Movie. iSpring membuat soalah-olah persentasi yang kita buat,dibuat menggunakan flash.
  3. CrossWord ( http://www.solrobots.com/ ) : Dengan software ini kita dapat membuat teka teki silang berbentuk flash interaktif.
  4. EclipseCrossword (http://www.eclipsecrossword.com/ ) : software ini kita dapat membuat teka teki silang berbentuk flash interaktif (gratis tidak perlu crack/keygen).
  5. CROCODILE PHYSICS 6.0.5 ( http://www.crocodile-clips.com ) : Software simulasi fisika yang sangat menarik. Banyak sekali jenis simulasi pada software ini. Mulai dari mekanika, gelombang, optik, sampai elektronika. Banyak contoh-contoh percobaan yang sangat fundamental dalam konsep fisika.
  6. Crocodile Mathematics v4.01 ( http://www.crocodile-clips.com ) : Crocodile Mathematics merupakan software yang asik buat belajar dan membuat modelling geometry dan numeracy.
  7. Crocodile Chemistry ( http://www.crocodile-clips.com ) : Software simulasi pelajaran Kimia.
  8. WonderShare Quiz Creator ( http://www.sameshow.com ) : Software membuat kuis yang menarik, interaktif dan praktis.
  9. Cisco Packet Tracer ( http://www.packettracer.info ) : Cisco Packet Tracer merupakan aplikasi yang digunakan untuk mensimulasikan jaringan komputer.
  10. Phet ( http://phet.colorado.edu/ ) : software simulasi interaktif yang berbasis research dan berlisensi gratis (free software).
  11. Kvisoft FlipBook Maker  Membuat buku berbentuk file digital. Pembacanya dapat membuka lembar demi lembar halaman FlipBook sebagaimana layaknya membaca sebuah buku atau majalah.
  12. Lectora Inspire  adalah aplikasi untuk membuat presentasi sejenis Power Point yang sudah dikenal luas akan tetapi mempunyai fitur yang jauh lebih lengkap. Salah satu kelebihannya adalah kita bisa membuat bahan ajar sekaligus kuis terpadu.
  13. Wirecast adalah suatu software yang memungkinkan semua orang untuk dengan mudah menyiarkan acara live dan membuat webcast profesional dari lokasi manapun.
  14. dll
Bahan ajar yang telah dibuat menggunakan aplikasi diatas kegiatan belajar mengajar dikelas dengan menggunakan proyektor menjadi interaktif dan tidak membosankan, dan dapat dengan mudah didistribusikan ke siswa melalui media storage Flashdisk, dikirim via milis MAN 9 Jakarta, diupload di elearning MAN 9 Jakarta maupun di web blog MAN 9 Jakarta, sehingga siswa dapat dengan mudah mengulangi materi pelajaran dimanapun mereka berada dengan menggunakan alat bantu komputer maupun handphone yang terkoneksi dengan internet.
Catur Yoga M Guru TIK MAN 9 Jakarta

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

{facebook#http://www.facebook.com/c47ur1980} {twitter#http://twitter.com/c47ur1980} {google-plus#http://plus.google.com/u/0/+CaturYogaMeiningdiasoke} {pinterest#http://www.pinterest.com/c47ur1980} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCuK3oOO6zZmaOfbh3kw63pw} {instagram#https://www.instagram.com/caturyogam/}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget