Juni 2012

Tahun pelajaran 2012-2012 sebentar lagi akan dimulai, untuk anak kelas XI pada semester 3 tahun pelajaran 2012-2013 materinya adalah Pengenalan Internet. Mungkin kalian sudah mengenal Internet sejak duduk dibangku Madarasah Ibtidaiyah maupun Madrasah Tsanawiyah, di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 9 Jakarta kalian akan ketemu lagi dengan materi ini.
Tetapi mungkin akan berbeda sedikit karena materi akan diperluas sesuai dengan kondisi trend teknologi dan fasilitas yang dimilik oleh MAN 9 Jakarta. Peserta Didik diwajibkan memiliki email resmi Madrasah seperti namasiswa@man9-jkt.sch.id dan email ini akan digunakan untuk mendaftarkan Blog, G+, Youtube, dan teknologi aplikasi lainnya.

Untuk mendaftar email MAN 9 Jakarta, kalian bisa isi formulir disini : Formulir E-Mail
Panduan membuat Web Blog

Artikel kali ini saya buat untuk teman-teman yang saya bantu dalam pembuatan web sekolah/madrasah. Aktifitas ini mungkin dapat dikatakan sangat mudah, tetapi sangat dianjurkan rutin dilakukan. Kenapa ? Karena kita menyewa tempat untuk menaruh data atau aplikasi ke dalam komputer server (Hosting) yang dimana kita tidak tahu server itu berada dimana.
Pihak hosting tidak akan bertanggung jawab atas hilangnya data, terkena virus maupun musibah bencana alam terhadap data kita. Sebenarnya ada biaya-biaya tertentu yang diberikan pihak hosting dalam pelayanan backup data, tetapi alangkah baiknya, kita melakukan aktifitas backup sendiri. Sehingga bila terjadi permasalahan dengan pihak hosting kita bisa langsung pindah atau beli hosting ditempat lain. Ok, dimulai ya, langkah-langkah cara membackup data web kita di CPANEL :

Langkah ke-1 : 
Login lah ke CPANEL, tambahkan kalimat cpanel di belakang nama web atau domain anda : http://namawebanda.sch.id/cpanel , gambar seperti dibawah ini :


Masukan user dan password CPANEL yang telah diberikan oleh pihak hosting atau bagi teman-teman yang beli hosting disaya, dapat tanyakan ke saya.

Langkah ke-2 :
Setelah sukses login, carilah menu Files dan pilih icon Backup seperti gambar dibawah ini :

Langkah ke-3 :
Setelah icon Backups di klik atau dipilih akan tampil gambar seperti dibawah ini :

Klik button Download or Generate a Full Website Backup

Langkah ke-4 :
Setelah langkah ke-4 dilakukan langkah selanjutnya akan tampil gambar seperti dibawah ini :


Email Address masukan email anda yang benar-benar aktif, karena nanti pelaporan tentang backup akan dikirim melalui email. Setelah email dimasukan, klik lah button Generate Backup.

Langkah ke-5 :
Setelah langkah ke-4 dilakukan kita akan mendapatkan informasi seperti gambar dibawah ini :

Klik Go Back untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah ke-6 :
Setelah langkah ke-5 dengan benar dilakukan akan tampil gambar seperti dibawah ini :
perhatikan icon warna kuning disamping kiri tulisan backup-6.22.... itu artinya backup web sedang dalam proses, lama proses backup tergantung besarnya data web di server hosting / di cpanel web kita. Kita tunggu sampai icon warna kuning menjadi warna hijau seperti gambar dibawah ini :
Untuk mendownload data web kita yaitu dengan cara mengklik tulisan backup yang sudah berwarna hijau tersebut. 

Jika sudah selesai mendownload, berarti data web kita sudah berada di komputer kita, jika terjadi kerusakan pada web kita dikarenakan beberapa hal, seperti rusak karena virus, server hardisk rusak, atau bencana alam, kita tidak perlu khawatir karena kita punya backupnya, dan backupnya itu kita bisa upload lagi di server yang baru.

Sekian dulu artikel dari saya langkah-langkah cara membackup website di CPANEL.

Wassalam.


Buku Kalender Pendidikan ini disusun sebagai pedoman dalam membuat rencana dan program bagi sekolah TK, TKLB, SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, SMALB, SMK dan PNFI di lingkungan pembinaan Dinas Pendidikan Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta tahun pelajaran 2012/2013.


Penyusunan  ini  mengacu  pada  Surat  Keputusan  Menteri  Pendidikan Nasional  No.  125/U/2002  tanggal  31  Juli  2002  tentang    Kalender Pendidikan    dan  jumlah  jam  belajar  efektif  di  sekolah  dan  Peraturan Menteri  Pendidikan  Nasional  Nomor  22  tahun  2006  tentang  Standar  Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Pencantuman hari libur umum tahun 2013  masih merupakan perkiraan, sambil  menunggu  Surat  Keputusan  Bersama  Menteri  Agama,  Menteri Tenaga  Kerja  dan  Transmigrasi  dan  Menteri  Pendayagunaan  Aparatur Negara dan Reformasi  Birokrasi. Penyesuaian perlu dilakukan setelah SKB 

terbit.
  1. Download Buku Kalender Pendidikan 2012-2013
  2. Kalender Pendidikan 2012-2013




Masa Orientasi Peserta Didik  tahun  pelajaran   2012-2013,   penyelenggara   ataupun pihak   madrasah   diminta   menyiapkan   penyambutan   peserta   didik   baru   dengan wawasan karakter kebangsaan yang bernuansa akademisi. Dalam  hal  ini,  penyelenggaraan  Masa  Orientasi  Peserta  Didik    harus  memiliki orientasi  pendidikan  berkarakter,  sehingga  selain  menjadi  kebijakan  oleh  pihak madrasah sekaligus akan bersinergi dengan proses penyelenggaraan.

Buku Panduan Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD) dapat didownload di : Buku Panduan MOPDB MTs dan Buku Panduan MOPDB MA

Semoga bermanfaat.

MKRdezign

{facebook#http://www.facebook.com/c47ur1980} {twitter#http://twitter.com/c47ur1980} {google-plus#http://plus.google.com/u/0/+CaturYogaMeiningdiasoke} {pinterest#http://www.pinterest.com/c47ur1980} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCuK3oOO6zZmaOfbh3kw63pw} {instagram#https://www.instagram.com/caturyogam/}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget