Penelitian Tindakan Kelas (PTK)-Pelengkap Proposal

Pelengkap proposal terdiri dari dua bagian, yaitu bagian depan dan bagian belakang. Sebagai sebuah dokumen pelengkap ini sangat penting karena kalau tidak ada maka orang lain yang membacanya akan melihat dengan sebelah mata. Bagian pelengkap terutama bagian depan yang kadang dilihat  lebih dahulu, dan kalau tampilannya kurang menarik maka orang tidak berminat membacanya.
Mari kita lihat dafta pelengkap proposal berikut ini.
Bagian depan
  1. Halaman depan (cover)
  2. Kata pengantar
  3. Daftar isi
  4. Daftar tabel
  5. Daftar gambar
Bagian belakang
  1. Biodata peneliti
  2. Biodata kolaborator
  3. Rencana Pelaksanaaan Pembelajaran
  4. Media pembelajaran
  5. Instrumen pengumpul data
Beberapa hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Pertama, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang akan digunakan dalam siklus pertama harus dilampirkan. Artinya rancangan pembelajaran dengan penerapan tindakan yang telah ditetapkan unutk siklus pertama harus sudah terlampir dalam proposal. RPP ini harus menjadi fokus perhatian karena ujung tombak dari PTK adalah proses pembelajaran. Ketika rancangan pembelajaran kurang baik maka keberhasila tindakan akan bias.
Penysunan RPP harus sesuai dengan standar. Pada KTSP lihat aturan penyusunan RPP pada Stadar Proses (Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007). Pada Kurikulum 2013 lihat pada Panduan Umum Pembelajaran (Lampiran Permendikbid No. 81A Tahun 2013). Susunlah RPP yang inovatif dan di bagian kegiatan belajar sesuaikan dengan skenario penerapan tindakan yang telah diuraikan dalam kajian pustaka. Untuk menjamin bahwa RPP yang kita susun sesuai dengan teori mengenai tindakan maka sebaiknya diskusikan secara mendalam dengan para kolaborator.
Rancangan media pembelajaran juga harus sudah dilampirkan dalam proposal. Kalau medianya bersifat benda maka lampirkan rancangannya dalam bentuk skema, gambar atau foto. Kalau dalam bentuk lembaran seperti LKS dan sejenisnya maka dapat dilampirkan aslinya.
Instrumen pengumpul data seperti pertanyaan pengarah untuk pengamatan, tabel pengamatan, angket, soal dan rubrik penilaian juga harus dilampirkan setidaknya unutk kebutuhan siklus pertama.

Sumber : http://djj.bdkjkt.org/

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

{facebook#http://www.facebook.com/c47ur1980} {twitter#http://twitter.com/c47ur1980} {google-plus#http://plus.google.com/u/0/+CaturYogaMeiningdiasoke} {pinterest#http://www.pinterest.com/c47ur1980} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCuK3oOO6zZmaOfbh3kw63pw} {instagram#https://www.instagram.com/caturyogam/}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget