Jakarta, 29 September 2015, Komunitas GEG East Jakarta dan MGMP TIK Jakarta mengadakan kegiatan Workshop Computational Thinking, yang dilaksanakan di Laboratorium Komputer MAN 9 Jakarta. Tujuan dari Worskhop ini peserta bersama-sama belajar, berdiskusi tentang materi dan mengerjakan soal-soal kursus yang disediakan oleh Google secara online di https://computationalthinkingcourse.withgoogle.com untuk mendapatkan Sertifikat Computational Thinking for Educators. Tujuan dari Google adalah untuk membantu pendidik untuk memahami perbedaan antara Computational Thinking dan Computer Ccience. Selain itu, kursus yang diberikan juga membantu bagaimana subyek dari kursus ini bisa diintegrasikan ke berbagai area studi (mata pelajaran).

Pada kegiatan ini dihadiri oleh 18 Peserta yang berasal dari beberapa Madrasah di DKI Jakarta, dan di bimbing oleh Fasilitator dari komunitas GEG East Jakarta, Bapak Okdafid (Guru SKI MTSN 18 Jakarta) dan Bapak Catur Yoga Meiningdias (Guru TIK MAN 9 Jakarta). Alhamdulillah dari 18 Peserta ini mendapatkan Sertifikat Internasional Computational Thinking for Educators dari Google.
“Berpikir Komputasi adalah Keterampilan mendasar bagi Semua Orang, bukan hanya bagi Ilmuwan/Pakar Komputer saja. Untuk membaca, menulis dan berhitung, kita perlu menambahkan cara berpikir komputasi bagi setiap anak yaitu kemampuan menganalisa.” Jeannette Wing, "Computational Thinking," CACM Viewpoint, March 2006.
  • Keterampilan-Memecahkan Masalah dan Teknik dalam penelitian.
  • Metode Pengetahuan menghadapi Abad 21
  • Suatu cara untuk mengembangkan model-model sehingga sistem-sistem yang komplek dan data dalam jumlah besar dapat dipahami dengan lebih baik
  • Peralatan bagi Peserta Didik untuk menciptakan/berkarya.
 Foto-Foto Kegiatan Computational Thinking

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama