Like Us

Bangsa dan negara Indonesia merupakan suatu bangsa yang besar dan luas serta terdiri dari banyak Pulau. Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai keragaman sosial, kelompok etnis, budaya, agama, aspirasi politik dan sebagainya, sehingga bangsa ini secara sederhana dapat disebut sebagai masyarakat multicultural. 

Banyak ditemukan nilai-nilai moral yang diterapkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Dari sekian banyaknya nilai moral dalam masyarakat, sikap toleransi atau tasamuh sangat diperlukan untuk menghadapi berbagai konflik masyarakat sekarang ini.

Tasamuh (Toleransi) adalah sikap mengakui dan menghormati perbedaan, baik dalam aspek keagamaan dan berbagai aspek kehidupan lainnya,  sikap toleransi dalam agama Islam yang telah diajarkan kepada umat manusia sejak zaman nenek moyang. Nilai moral dari tasamuh sangat dijunjung tinggi demi keberlangsungan proses kehidupan bermasyarakat.

Di Indonesia ada 6 agama yang telah diakui oleh Negara, yaitu: Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu, dengan demikian semua penganut agama ini wajib dihargai dan diperkenankan menjalankan ibadahnya masing-masing tanpa adanya diskriminasi. 

Namun banyak tindakan negatif seperti isu rasisme, ujaran kebencian dan pesan intoleransi yang akhir-akhir ini muncul dan menyebabkan perselisihan terjadi antara kita penganut agama yang berbeda, bahkan ada perselisihan tersebut makan korban jiwa. Perlahan TOLERANSI di masyarakat memudar dan muncul rasa ingin menang sendiri. Pada dasarnya negara menjamin kita dalam kebebasan beragama, hal itu tercantum pada pembukaan UUD Dasar 1945 Pasal 29 Ayat 2. Yang disebutkan bahwa "Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu". 

Lalu bagaimana caranya kita bertoleransi:

1. Saling menghormati antar umat beragama.
2. Tolong menolong jika orang lain membutuhkan bantuan.
3. Berdiskusi untuk membuka pikiran kita untuk menerima perbedaan yang ada.

Dari itu semua kita sebagai warga negara Indonesia sudah sewajarnya saling menghormati antara hak dan kewajiban yang ada diantara kita demi menjaga keutuhan negara dan menjunjung tinggi sikap saling toleransi antar umat beragama, harapannya budaya toleransi dapat tumbuh kembali ke negeri tercinta kita ini, sebab toleransi adalah kunci kita untuk kehidupan yang damai di negara yang penuh keberagaman seperti Indonesia.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Teknologi

FB GEG East Jakarta