Projector Ruangan Kelas Advance Networking dan Wireless

Hampir setiap ruangan kelas di Sekolah maupun Madrasah kini sudah terdapat alat yang dikenal dengan Projector. Alat ini berguna untuk Pendidik dalam mempresentasikan materi pelajaran yang akan diberikan ke peserta didik, dalam beberapa penelitian, peserta didik lebih cepat menerima materi pelajaran yang diberikan oleh pendidik dengan menggunakan projector, dikarenakan alat ini memproyeksikan gambar (visual) dan suara (audio) dibandingkan denggan menggunakan Papan Tulis (White Board).
Tetapi Projector yang terdapat di Sekolah / Madrasah masih terpasang secara individual dan tidak terhubung secara Jaringan (tidak terhubung dengan projector-projector di kelas yang lain). Projector yang terpasang individual biasanya menggunakan kabel VGA yang panjang untuk menghubungkan Projector dengan Pesonal Computer (PC) maupun Notebook, dan melepaskan serta memasang kembali kabel VGA ketika menggunakan PC maupun Notebook yang berbeda untuk presentasi. Mungkin anda pernah melakukan hal tersebut, cukup membuat repot bukan?
Saat ini sudah terdapat projector-projector yang mempunyai fasilitas Advanced Networking dan Tanpa Kabel VGA (wireless). Yang memungkinkan sejumlah projector terintegrasi / terhubung dalam sebuah jaringan komputer dan dapat dimungkinkan projector tersebut dapat dimonitor apakah sedang digunakan atau lupa untuk dimatikan.
Fungsi dan manfaat menggunakan Projector yang mempunyai Fasilitas Advanced Networking maupun Wireless, antara lain adalah :
  •  PRESENTATION NETWORKING
Gambar 1. Presentasi Kelas
Peserta didik dapat mempresentasikan tugas menggunakan notebook maupun teknologi mobile yang dapat terhubung tanpa pindah dari tempat duduknya, dikarenakan projector dapat terhubung secara langsung menggunakan Wireless. Fasilitas ini membuat seluruh kelas menjadi lebih hidup, karena dengan mudah dapat menampilkan paparan tidak hanya dari guru saja, tapi juga memilih dari beberapa murid.
  •  MONITORING PROJECTOR
Projector dikelas dapat dimonitoring atau dipantau. Pada saat kita menggunakan banyak proyektor dalam satu jaringan, untuk mengetahui kondisi atau status masing-masing proyektor kita tidak perlu mendatangi tiap kelas akan tetapi kita dapat secara langsung mengetahui status masing-masing proyektor melalui komputer yang tersambung ke jaringan yang dapat sekaligus digunakan sebagai administrator.
Gambar 2. Skema Jaringan Projector Kelas
Gambar 3. Projectors Terintegrasi dengan Komputer/Notebook
Gambar 4. Aplikasi/Software Administrator monitoring kelas/ruangan
Gambar 5. Beberapa Projector dalam satu ruangan

Posting Komentar

Bagi pembaca postingan saya diatas, apakah ada sekolah/madrasah bapak/ibu sudah seperti itu pengelolaan projectornya?

[blogger]

MKRdezign

{facebook#http://www.facebook.com/c47ur1980} {twitter#http://twitter.com/c47ur1980} {google-plus#http://plus.google.com/u/0/+CaturYogaMeiningdiasoke} {pinterest#http://www.pinterest.com/c47ur1980} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCuK3oOO6zZmaOfbh3kw63pw} {instagram#https://www.instagram.com/caturyogam/}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget