Like Us




A. Apa Itu Computational Thinking?

Kemampuan berpikir kreatif, kritis dan komunikasi serta kolaborasi adalah kemampuan yang paling penting dalam (21st century learning) pembelajaran di abad kedua-puluh-satu, di antara kemampuan-kemampuan lainnya seperti membaca, matematik, sains. Siswa zaman sekarang perlu untuk mengembangkan keterampilan berpikir, menguasai pengetahuan tentang konten dari persoalan yang dihadapi (content knowledge), dan mempunyai kompetensi sosial dan emosional untuk mengarungi kehidupan dan lingkungan kerja yang semakin kompleks.

Di bidang “Computing” (diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi “komputasi”), kemampuan berpikir yang perlu dikuasai sejak pendidikan dasar adalah “Computational Thinking“ (CT). CT adalah proses berpikir untuk memformulasikan persoalan dan solusinya, sehingga solusi tersebut secara efektif dilaksanakan oleh sebuah agen pemroses informasi ("komputer", robot, atau manusia). CT adalah sebuah metoda dan proses berpikir untuk penyelesaian persoalan dengan menerapkan:
  • Dekomposisi dan formulasi persoalan, sedemikian rupa sehingga dapat diselesaikan dengan cepat dan efisien serta optimal dengan menggunakan komputer sebagai alat bantu; Organisasi dan analisis data secara logis;
  • Representasi data melalui abstraksi dalam bentuk model, dan melakukan simulasi;
  • Otomasi solusi melalui berpikir algoritmik (langkah-langkah yang terurut);
  • Identifikasi, analisis, dan implementasi solusi yang mungkin dengan tujuan langkah dan sumberdaya yang efisien dan efektif;
  • Pengenalan pola persoalan, generalisasi serta mentransfer proses penyelesaian persoalan ke sekumpulan persoalan sejenis.
Computational Thinking adalah sebuah cara berpikir untuk memecahkan persoalan, merancang sistem, memahami perilaku manusia. Computational Thinking melandasi konsep informatika. Di dunia saat ini dimana komputer ada di mana-mana untuk membantu berbagai segi kehidupan, Computational Thinking harus menjadi dasar bagaimana seseorang berpikir dan memahami dunia dengan persoalan-persoalannya yang semakin kompleks. Computational Thinking berarti berpikir untuk menciptakan dan menggunakan beberapa tingkatan abstraksi, mulai memahami persoalan sehingga mengusulkan pemecahan solusi yang efektif, efisien, “fair” dan aman. Computational Thinking berarti memahami konsekuensi dari skala persoalan dan kompleksitasnya, tak hanya demi efisiensi, tetapi juga untuk alasan ekonomis dan sosial.

Di negara maju, “Computer Science” (yang di Indonesia diterjemahkan sebagai “Informatika”) sudah mulai diajarkan sejak usia dini di tingkat pendidikan dasar, dengan materi dan kegiatan yang dirancang dengan mengacu ke kerangka kurikulum yang disusun oleh persatuan guru-guru, asosiasi profesi informatika, perusahaan terkemuka di bidang informatika dan TIK, serta organisasi-organisasi nirlaba yang peduli terhadap perlunya edukasi tentang informatika sejak usia dini [https://k12cs.org]. Kerangka kurikulum Informatika tersebut mendefinisikan lima bidang pengetahuan yaitu: Sistem Komputer (CE), Jaringan Komputer (NW), Analisis Data (DA), Algoritma dan Pemrograman (AP), dan Aspek Sosial dari pemanfaatan Informatika (SOC). Selain pengetahuan, juga didefinisikan praktek-praktek komputasi untuk mengemas pengetahuan dan memraktekkannya, yaitu: pembinaan menumbuhkan budaya komputasi, menciptakan artifak, berkolaborasi untuk mewujudkan suatu produk TIK, menguji dan memperbaiki/ menyempurnakan artefak TIK, mengenali dan mendefinisikan problemaproblema komputasi, berkomunikasi tentang komputasi, dan mengembangkan serta menggunakan abstraksi.

Berpikir itu dapat dipelajari dan diasah dengan berlatih, serta mengkonstruksi pola pikir berdasarkan pengalaman. Computational Thinking juga dapat dipelajari dengan cara berlatih menyelesaikan persoalan-persoalan yang terkait komputasi, melalui persoalan sehari-hari. Lewat latihan-latihan yang menarik, siswa menerapkan teknik yang cocok (dekomposisi, abstraksi, pengenalan pola, representasi data, algoritmik) untuk mendapatkan solusi. Setelah latihan, siswa diharapkan melakukan refleksi serta mengkonstruksi pengetahuan berpikir, kemudian membentuk pola berpikir komputasional, yang semakin lama semakin tajam, cepat, efisien, dan optimal.

Perbedaan ICT/TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dengan Informatika

Sejalan dengan itu, ICT (Information and Communication Technology, dalam bahasa Indonesia disebut Teknologi Informasi dan Komunikasi/TIK) mulai dibedakan dengan Informatika. TIK mengarah ke penggunaan teknologi dan perangkat/gadget, sedangkan Informatika mengarah ke keilmuan dan desain
produk-produk informatika baik yang nyata (piranti pintar), maupun yang abstrak seperti program aplikasi, dan algoritma.

Kemampuan TIK lebih mengarah ke penggunaan teknologi danperangkat/gadget, sedangkan Informatika mengarah ke keilmuankomputasinya. Penggunaan TIK yang dimaksud bukan hanya ketrampilan menggunakan gadget dan aplikasinya, tetapi juga kemampuan untuk menggunakan dan memanfaatkan konten dengan bijak.

Agar bangsa Indonesia mampu bersaing dengan negara lain, anak Indonesia tidak cukup menjadi pengguna teknologi saja, melainkan harus lebih kreatif dan inovatif untuk menciptakan produk-produk TIK. Untuk ini, siswa perlu mempelajari informatika.

(Sumber: Tantangan Bebras Indonesia Bahan Belajar Computational Thinking, NBO Bebras Indonesia)

CT adalah metode berpikir yang dipakai programmer ketika menulis program. Beberapa metode ini antara lain :

  • Decomposition : Kemampuan memecah data, proses atau masalah (kompleks) menjadi bagian-bagian yang lebih kecil atau menjadi tugastugas yang mudah dikelola. Misalnya memecah ‘Drive/Direktory’ dalam sebuah komputer berdasarkan komponen penyusunnya: File dan Direktory.
  • Pattern Recognition : Kemampuan untuk melihat persamaan atau bahkan perbedaan pola, tren dan keteraturan dalam data yang nantinya akan digunakan dalam membuat prediksi dan penyajian data. Misalnya mengenali pola file dokumen, file sistem, file eksekusion atau struktur data/file.
  • Abstraksi : Melakukan generalisasi dan mengidentifikasi prinsip-prinsip umum yang menghasilkan pola, tren dan keteraturan tersebut. Misalnya dengan menempatkan semua file sistem di folder Windows, file program di folder Program Files, file data/dokumen di Folder Mydocument dan file pendukung di Drive/Direktory terpisah.
  • Algorithm Design : Mengembangkan petunjuk pemecahan masalah yang sama secara step-by-step, langkah demi langkah, tahapan demi tahapan sehingga orang lain dapat menggunakan langkah/informasi tersebut untuk menyelesaikan permasalahan yang sama. Misalnya bagaimanakah langkah mencari file-file dokumen yang ada dalam sebuah komputer ?
Karakteristik berpikir komputasi adalah:
  1. Mampu memberikan pemecahan masalah menggunakan komputer atauperangkat lain.
  2. Mampu mengorganisasi dan menganalisa data.
  3. Mampu melakukan representasi data melalui abstraksi dengan suatu model atau simulasi.
  4. Mampu melakukan otomatisasi solusi melalui cara berpikir algoritma.
  5. Mampu melakukan identifikasi, analisa dan implementasi solusi dengan berbagai kombinasi langkah / cara dan sumber daya yang efisien danefektif.
  6. Mampu melakukan generalisasi solusi untuk berbagai masalah yang berbeda

Contoh
Computational Thinking (CT) :

Bagaimanakah(orgenazing/pengorganisasian) cara mengenali dan mengklasifikasikan organisme secara efektif dan efesien ?
  • Decomposition : Melihat dengan cara yang berbeda bagaimana organisme dapat diklasifikasikan. Misalnya, dengan membagi organisme tersebut berdasarkan habitatnya, organisme tersebut hidup di air atau organisme tersebut memiliki sayap untuk dapat terbang di udara.
  • Pattern Recognition : Mengembangkan metode untuk mengklasifikasikan dengan efesien beberapa organisme berdasarkan karakteristik bersama.
  • Abstraksi : Menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengklasifikasikan beberapa organisme berdasarkan metode ini dapat membantu Anda untuk memprediksi berapa banyak pertanyaan atau klasifikasi yang dibutuhkan untuk mengklasifikasikan semua organisme
    yang diketahui.
  • Algorithm Design : Pada bagian ini Anda tidak mengembangkan algoritma, tetapi Anda mungkin berpikir cara lain yang lebih efisien untuk  mengklasifikasikan organisme di luar metode yang digunakan dalam kegiatan ini.
Pertanyaan : 
Berapakah banyak pertanyaan yang harus anda ajukan kepada saya, sehingga anda mampu menebak dengan yakin Spesis / organisme yang terfikirkan oleh saya yang ada di bumi ini ?

Jawablah di komentar artikel ini dan dimohon kepada peserta didik untuk mejawab dengan menggunakan nama bukan Anonymous, berikan nama lengkap kalian dan gunakan email resmi MAN 9 Jakarta. Terima kasih.

242 Komentar

Unknown mengatakan…
tidak begitu banyak apabila ekosistem tersebut umum di pikiran orang banyak.
Unknown mengatakan…
Fatima Nayyara R.
X MIPA 1

Answer is 33
Unknown mengatakan…
Fatima Nayyara R.
X MIPA 1

Answer is 33
Unknown mengatakan…
Muhammad Fathan Hakim - X MIPA 1
tidak terlalu banyak apabila organisme tersebut umum di pikiran orang banyak
Unknown mengatakan…
Nisirina Nur Azalia
X MIPA 1

mungkin kurang lebih dari lima. karena saya akan bertanya apakah organisme ini memiliki kaki, kecil atau besar, tinggal di darat atau tidak, apakah banyak spesiesnya, umunya berwarna apa. jika pertanyaan masih kurang maka saya akan bertanya tentang hal lebih spesifik lagi.
Catur Yoga Meiningdias mengatakan…
Disebutkan nama dan kelas, dan akunnya jangan Unknown.
Catur Yoga Meiningdias mengatakan…
Yr itu siapa? Dan kenapa jawabanya 33?
Catur Yoga Meiningdias mengatakan…
Maksudnya 10? Didapat dari ?
Catur Yoga Meiningdias mengatakan…
Fathan masih menggunakan akun Unkown, coba diperbaiki akunya, sehingga seperti punya bapak. Dan jawabanya mohon secara detail ya.
Catur Yoga Meiningdias mengatakan…
Nisrina masih menggunakan akun Unkown, coba diperbaiki akunya, sehingga seperti punya bapak. Dan jawabanya mohon secara detail ya.
Sofia Kamila X MIPA 2 mengatakan…
SOFIA KAMILA
X MIPA 2

Bisa saja kurang lebih 7. Karena saya akan bertanya apakah spesies/organisme ini besar atau kecil, Tinggal di darat atau di air, spesies/organisme ini berwarna apa pada umumnya, Ia bergerak menggunakan apa, jika ia memiliki kaki berapakah jumlah kakinya, Ia termasuk jenis herbivora atau omnivora, apakah ia langka atau tidak. Jika saya rasa pertanyaan yang saya ajukan masih kurang jelas, maka saya akan bertanya yang lebih spesifik lagi.
Unknown mengatakan…
Hasna Kautsar
X MIPA 2

Saya akan berikan pertanyaan kurang lebih 5, dalam 5 pertanyaan tersebut saya akan menanyakan ciri ciri organisme yang dimaksud, habitatnya, warna, sistem pernapasan, dan lain lain.

Contoh :
1. Warnanya apa?
2. Dimana habitatnya?
3. Bernafas menggunakan apa?
4. Berbulu/ berambut/ bersisik atau berlendir?
5. Punya berapa kaki?
Unknown mengatakan…
Siti Fatchi Rizqiyah
X MIPA 2

Mungkin tidak terlalu banyak, apabila spesis ini umum dikalangan orang banyak.
Dinar Rahayu mengatakan…
Dinar Rahayu Pratiwi
X MIPA 1

Saya akan bertanya 3 Pertanyaan yaitu :
1. Hewan itu tinggal dmn?
2. Ciri yang menonjol pada dirinya?
3. Makanannya apa?

Mungkin dengan bertanya dengan pertanyaan diatas saya dapat menyimpulkan spesies apa yang sedang bapak pikirkan.
Zahra Putri Defiana mengatakan…
Jika menggunakan asumsi ada sekitar 8 miliar spesies di Bumi. Maka saya membutuhkan sekitar 33 pertanyaan, yang dimana 20 pertanyaan permainan berpotensi bisa menebak dari lebih dari 1 juta kemungkinan.
Unknown mengatakan…
Nama : Yumna Muthmainah
Kelas : X MIPA 2

Saya akan menanyakan 5 pertanyaan
1. apakah ia mamalia / herbivora / karnivora dan yang sebagainya
2. ia tinggal di daratan atau laut atau keduanya
3. Memiliki berapa kaki dan tangan
4 berapa besar tubuhnya
5 .spesies langka atau tidak
mungkin itu yang akan saya tanya kan kurang lebih,karna dengan menanyakan 5 pertanyaan tersebut mungkin akan tergambarkan dan akan bisa lebih mengecilkan kemungkinan untuk menebak spesies yang di tanyakan atau yang saya ingin ketahui
Unknown mengatakan…
Avicena Hawkins Mutahari
MIPA 2
(Pilihan akun google untuk beri komentar sebagai cuma ada akun ini jadi saya pakai akun ini bukan akun sekolah)
Sebenernya cukup nanya sekali saja yaitu "hewan apa yang bapak pikirkan sekarang?" Nanti bapak akan jawab hewannya apa.
Tapi bapak orangnya (kemungkinan) ga kayak gitu dan bakal disuruh tebak tebakan lagi bukan memberikan jawaban hewan apa secara langsung jadi saya mungkin akan mencoba bertanya "bahasa latin hewannya apa" untuk memancing bapak memberikan jawaban secara langsung (karena tinggal cari hewan yang memiliki nama latin tersebut). Eh ternyata bapak tau taktik ane dan tetep membuat ane tebak tebakan jadi mungkin saya akan bertanya 26 :
-berapa kakinya
-makannya apa
-hidup dimana
-apakah hewan ini jinak? Jika iya apakah hewannya merupakan hewan yang lazim dipelihara? Jika iya hewannya dimana biasanya ditaruh dimana(kandang, akuarium, sangkar atau tempat lainnya)
-hewan ini asalnya darimana?
-apakah melata?
-bagaimana hidungnya apakah besar, panjang, kecil, pendek?
-apakah kupingnya besar atau kecil?
-apakah hewan tersebut nokturnal?
-apakh dapat terbang?
-apakah memiliki taring?
-apakah hewan ini hama terutama dalam pertanian?
-apakah hewan ini berkicau?
-apakah hewan ini memiliki kulit yang ada durinya?
-apakah hewan yang sudah punah?
-apa huruf depan hewan tersebut?
-apakah hewan berbahaya?
- bagaimana ia bersuara apakah mengaum, berkicau, mengeong atau yang lainnya?
- apakah memiliki cangkang?
-apakah memiliki capit?
-apa fillum hewannya?
-apakah bisa/halal dimakan?
-apakah mengganggu manusia?
-apakah beracun?
-apakah berbahaya?
-apakah ada bagian tubuhnya yang dapat menghasilkan listrik?
najwa jessar mengatakan…
Najwa Jessar X MIPA 3

Pertanyaan yang saya butuhkan adalah 7 pertanyaan, saya akan menanyakan pertanyaan dari hal hal yang paling mendasar sampai hal yang cukup spesifik agar saya bisa menebak/menjawab dengan benar. Saya juga akan menggunakan contoh teknik computational thinking (CT) agar mempermudah saya dalam mengklasifikasikan organisme secara efektif
Unknown mengatakan…
Anggie Ghaniyya Putri
X MIPA 3

Pertanyaan pertama yang akan saya berikan ada 6 atau kurang. Saya akan memastikan dari kingdom mana spesies yang dipikirkan, eubacteria, archaebacteria, protista, fungi, plantae, atau animalia. Pertanyaan selanjutnya berjumlah sesuai dengan pembagian berikutnya dari kingdom yang sudah saya pastikan. Dengan klasifikasi yang sesuai, saya dapat menebak spesies/organisme yang dipikirkan.
_______ mengatakan…
Muhammad Aslam Siddiq
X-MIPA 3

Pertama tama saya akan menanyakan 6 pertanyaan atau kurang. Saya akan memnanyakan dari manakah kingdom spesies yang dipikirkan misalnya seperti dari plantae, mamalia, fungi, dan lain lain. Setelahnya, pertanyaan akan berjumlahsesuai dengan pembagian dari kingdom yang sudah dipastikan. Dengan klasifikasi yang tepat saya akan dapat menebak spesie/organisme yang dipikirkan.
_______ mengatakan…
Muhammad Aslam Siddiq
X-MIPA 3

Pertama tama saya akan menanyakan 6 pertanyaan atau kurang. Saya akan menanyakan dari manakah kingdom spesies yang dipikirkan misalnya seperti dari plantae, mamalia, fungi, dan lain lain. Setelahnya, pertanyaan akan berjumlah sesuai dengan pembagian dari kingdom yang sudah dipastikan. Dengan klasifikasi yang tepat saya akan dapat menebak spesies/organisme yang dipikirkan.
Muhammad Aslam Siddiq
X-MIPA 3

Pertama tama saya akan menanyakan 6 pertanyaan atau kurang. Saya akan memnanyakan dari manakah kingdom spesies yang dipikirkan misalnya seperti dari plantae, mamalia, fungi, dan lain lain. Setelahnya, pertanyaan akan berjumlahsesuai dengan pembagian dari kingdom yang sudah dipastikan. Dengan klasifikasi yang tepat saya akan dapat menebak spesie/organisme yang dipikirkan.
Muhammad Aslam Siddiq
X-MIPA 3

Pertama tama saya akan menanyakan 6 pertanyaan atau kurang. Saya akan memnanyakan dari manakah kingdom spesies yang dipikirkan misalnya seperti dari plantae, mamalia, fungi, dan lain lain. Setelahnya, pertanyaan akan berjumlahsesuai dengan pembagian dari kingdom yang sudah dipastikan. Dengan klasifikasi yang tepat saya akan dapat menebak spesie/organisme yang dipikirkan.
Muhammad Aslam Siddiq
X-MIPA 3

Pertama tama saya akan menanyakan 6 pertanyaan atau kurang. Saya akan memnanyakan dari manakah kingdom spesies yang dipikirkan misalnya seperti dari plantae, mamalia, fungi, dan lain lain. Setelahnya, pertanyaan akan berjumlahsesuai dengan pembagian dari kingdom yang sudah dipastikan. Dengan klasifikasi yang tepat saya akan dapat menebak spesie/organisme yang dipikirkan.
Muhammad Aslam Siddiq
X-MIPA 3

Pertama tama saya akan menanyakan 6 pertanyaan atau kurang. Saya akan memnanyakan dari manakah kingdom spesies yang dipikirkan misalnya seperti dari plantae, mamalia, fungi, dan lain lain. Setelahnya, pertanyaan akan berjumlahsesuai dengan pembagian dari kingdom yang sudah dipastikan. Dengan klasifikasi yang tepat saya akan dapat menebak spesie/organisme yang dipikirkan.
Muhammad Aslam Siddiq
X-MIPA 3

Pertama tama saya akan menanyakan 6 pertanyaan atau kurang. Saya akan memnanyakan dari manakah kingdom spesies yang dipikirkan misalnya seperti dari plantae, mamalia, fungi, dan lain lain. Setelahnya, pertanyaan akan berjumlahsesuai dengan pembagian dari kingdom yang sudah dipastikan. Dengan klasifikasi yang tepat saya akan dapat menebak spesie/organisme yang dipikirkan.
Muhammad Aslam Siddiq
X-MIPA 3

Pertama tama saya akan menanyakan 6 pertanyaan atau kurang. Saya akan memnanyakan dari manakah kingdom spesies yang dipikirkan misalnya seperti dari plantae, mamalia, fungi, dan lain lain. Setelahnya, pertanyaan akan berjumlahsesuai dengan pembagian dari kingdom yang sudah dipastikan. Dengan klasifikasi yang tepat saya akan dapat menebak spesie/organisme yang dipikirkan.
Unknown mengatakan…
Siti Hasana
X MIPA 1
jika yang diberikan 8 kemungkinan,maka saya hanya membutuhkan 3 pertanyaan dengan pola setiap 1 pertanyaan akan menghapus 2 kemungkinan
Muhammad Aslam Siddiq
X-MIPA 3

Pertama tama saya akan menanyakan 6 pertanyaan atau kurang. Saya akan menanyakan dari manakah kingdom spesies yang dipikirkan misalnya seperti dari plantae, mamalia, fungi, dan lain lain. Setelahnya, pertanyaan akan berjumlah sesuai dengan pembagian dari kingdom yang sudah dipastikan. Dengan klasifikasi yang tepat saya akan dapat menebak spesies/organisme yang dipikirkan.
Muhammad Aslam Siddiq
X-MIPA 3

Pertama tama saya akan menanyakan 6 pertanyaan atau kurang. Saya akan menanyakan dari manakah kingdom spesies yang dipikirkan misalnya seperti dari plantae, mamalia, fungi, dan lain lain. Setelahnya, pertanyaan akan berjumlah sesuai dengan pembagian dari kingdom yang sudah dipastikan. Dengan klasifikasi yang tepat saya akan dapat menebak spesies/organisme yang dipikirkan.
Unknown mengatakan…
Hibban Habizur Ahad Hasibuan
Mipa 1

Mungkin Saya akan membutuhkan 10 pertanyaan, yang tampaknya dengan jumlah relatif kecil karen akan menjawab pertanyaan dari miliaran kemungkinan,5 pertanyaan pertama bisa berpotensi menebak lebih dari 1 juta kemungkinan,dan 5 pertanyaan lagi akan saya gunakan untuk bertanya dengan peluang -peluang yang bisa menjawab pertanyaan tersebut
Muhammad Aslam Siddiq
X-MIPA 3

Pertama tama saya akan menanyakan 6 pertanyaan atau kurang. Saya akan menanyakan dari manakah kingdom spesies yang dipikirkan misalnya seperti dari plantae, mamalia, fungi, dan lain lain. Setelahnya, pertanyaan akan berjumlah sesuai dengan pembagian dari kingdom yang sudah dipastikan. Dengan klasifikasi yang tepat saya akan dapat menebak spesies/organisme yang dipikirkan.
Muhammad Aslam Siddiq
X-MIPA 3

Pertama tama saya akan menanyakan 6 pertanyaan atau kurang. Saya akan menanyakan dari manakah kingdom spesies yang dipikirkan misalnya seperti dari plantae, mamalia, fungi, dan lain lain. Setelahnya, pertanyaan akan berjumlah sesuai dengan pembagian dari kingdom yang sudah dipastikan. Dengan klasifikasi yang tepat saya akan dapat menebak spesies/organisme yang dipikirkan.
Muhammad Aslam Siddiq
X-MIPA 3

Pertama tama saya akan menanyakan 6 pertanyaan atau kurang. Saya akan menanyakan dari manakah kingdom spesies yang dipikirkan misalnya seperti dari plantae, mamalia, fungi, dan lain lain. Setelahnya, pertanyaan akan berjumlah sesuai dengan pembagian dari kingdom yang sudah dipastikan. Dengan klasifikasi yang tepat saya akan dapat menebak spesies/organisme yang dipikirkan.
Muhammad Aslam Siddiq
X-MIPA 3

Pertama tama saya akan menanyakan 6 pertanyaan atau kurang. Saya akan menanyakan dari manakah kingdom spesies yang dipikirkan misalnya seperti dari plantae, mamalia, fungi, dan lain lain. Setelahnya, pertanyaan akan berjumlah sesuai dengan pembagian dari kingdom yang sudah dipastikan. Dengan klasifikasi yang tepat saya akan dapat menebak spesies/organisme yang dipikirkan.
Muhammad Aslam Siddiq
X-MIPA 3

Pertama tama saya akan menanyakan 6 pertanyaan atau kurang. Saya akan menanyakan dari manakah kingdom spesies yang dipikirkan misalnya seperti dari plantae, mamalia, fungi, dan lain lain. Setelahnya, pertanyaan akan berjumlah sesuai dengan pembagian dari kingdom yang sudah dipastikan. Dengan klasifikasi yang tepat saya akan dapat menebak spesies/organisme yang dipikirkan.
Muhammad Aslam Siddiq
X-MIPA 3

Pertama tama saya akan menanyakan 6 pertanyaan atau kurang. Saya akan menanyakan dari manakah kingdom spesies yang dipikirkan misalnya seperti dari plantae, mamalia, fungi, dan lain lain. Setelahnya, pertanyaan akan berjumlah sesuai dengan pembagian dari kingdom yang sudah dipastikan. Dengan klasifikasi yang tepat saya akan dapat menebak spesies/organisme yang dipikirkan.
Muhammad Aslam Siddiq
X-MIPA 3

Pertama tama saya akan menanyakan 6 pertanyaan atau kurang. Saya akan menanyakan dari manakah kingdom spesies yang dipikirkan misalnya seperti dari plantae, mamalia, fungi, dan lain lain. Setelahnya, pertanyaan akan berjumlah sesuai dengan pembagian dari kingdom yang sudah dipastikan. Dengan klasifikasi yang tepat saya akan dapat menebak spesies/organisme yang dipikirkan.
Muhammad Aslam Siddiq
X-MIPA 3

Pertama tama saya akan menanyakan 6 pertanyaan atau kurang. Saya akan menanyakan dari manakah kingdom spesies yang dipikirkan misalnya seperti dari plantae, mamalia, fungi, dan lain lain. Setelahnya, pertanyaan akan berjumlah sesuai dengan pembagian dari kingdom yang sudah dipastikan. Dengan klasifikasi yang tepat saya akan dapat menebak spesies/organisme yang dipikirkan.
Muhammad Aslam Siddiq
X-MIPA 3

Pertama tama saya akan menanyakan 6 pertanyaan atau kurang. Saya akan menanyakan dari manakah kingdom spesies yang dipikirkan misalnya seperti dari plantae, mamalia, fungi, dan lain lain. Setelahnya, pertanyaan akan berjumlah sesuai dengan pembagian dari kingdom yang sudah dipastikan. Dengan klasifikasi yang tepat saya akan dapat menebak spesies/organisme yang dipikirkan.
Muhammad Aslam Siddiq
X-MIPA 3

Pertama tama saya akan menanyakan 6 pertanyaan atau kurang. Saya akan menanyakan dari manakah kingdom spesies yang dipikirkan misalnya seperti dari plantae, mamalia, fungi, dan lain lain. Setelahnya, pertanyaan akan berjumlah sesuai dengan pembagian dari kingdom yang sudah dipastikan. Dengan klasifikasi yang tepat saya akan dapat menebak spesies/organisme yang dipikirkan.
Unknown mengatakan…
Raden zikry fajrzihni
X MIPA 3

Mungkin saya akan memberikan banyak pertanyaan, karena ada lebih dari ratusan juta organisme. Untuk mendapatkan organisme yg benar benar spesifik, saya akan memberikan pertanyaan sedikitnya 25 pertanyaan
Unknown mengatakan…
Muhammad Hafiz Alviansyah
XMIPA3


Mungkin saya akan bertanya kurang lebih 5 pertanyaan karena saya akan menanyakan spesifikasi makhluk hidup tersebut atau ciri2 makhluk hidup tersebut
Dinar Rahayu mengatakan…
Nama : Dinar Rahayu Pratiwi
Kelas : X MIPA 1

Saya akan bertanya 3 pertanyaan :
1. Hewan itu tinggal dmn?
2. Ciri yang menonjol pada dirinya?
3. Makanannya apa?
Unknown mengatakan…
Muhammad Hafiz Alviansyah
XMIPA3


Mungkin saya akan bertanya kurang lebih 5 pertanyaan karena saya akan menanyakan spesifikasi makhluk hidup tersebut atau ciri2 makhluk hidup tersebut
Unknown mengatakan…
Daffa Khairul Ammar
X MIPA 3

Mungkin saya akan berikan 10 pertanyaan kurang lebih. dimulai dari berasal dari kingdom manakah organisme atau spesies ini berasal?, Apa ciri khas spesies atau organisme ini?. Lalu saya akan mencoba memberikan pertanyaan yang akan menghilangkan atau mengurangi adanya kemungkinan-kemungkinan pertanyaan lain yang akan berakhir ke hasil jawaban akhir.
Unknown mengatakan…
Nazzala Putri Febriansyah
X MIPA 3

Bisa saja anda menjawab 10, 12, 20 atau 25 pertanyaan.
Hal tersebut merupakan tantangan menarik namun bisa jadi sulit. Sebenarnya tantangan tersebut relatif mudah untuk dijawab ketika anda menerapkan Decomposition, yakni memecah data/proses/masalah menjadi data/proses/masalah yang lebih kecil.
Misalnya : Organisme manakah yang ada di fikiran saya, coba tebak ?
- pohon
- ikan
- beruang
- burung
- bunga
- lumba - lumba
- harimau
- ayam
1. Apakah organisme itu memiliki kaki ?
2. Apakah organisme itu memiliki sayap ?
3. Apakah organisme itu kulit/bulunya berpola garis?
Anda dapat menebak nama organisme yang ada di fikiran saya dengan mengajukan hanya 3 (tiga) pertanyaan tersebut dari 8 kemungkinan jawaban. Jawabannya adalah Harimau.
Unknown mengatakan…
Nazzala Putri Febriansyah
X MIPA 3

Bisa saja anda menjawab 10, 12, 20 atau 25 pertanyaan.
Hal tersebut merupakan tantangan menarik namun bisa jadi sulit. Sebenarnya tantangan tersebut relatif mudah untuk dijawab ketika anda menerapkan Decomposition, yakni memecah data/proses/masalah menjadi data/proses/masalah yang lebih kecil.
Misalnya : Organisme manakah yang ada di fikiran saya, coba tebak ?
- pohon
- ikan
- beruang
- burung
- bunga
- lumba - lumba
- harimau
- ayam
1. Apakah organisme itu memiliki kaki ?
2. Apakah organisme itu memiliki sayap ?
3. Apakah organisme itu kulit/bulunya berpola garis?
Anda dapat menebak nama organisme yang ada di fikiran saya dengan mengajukan hanya 3 (tiga) pertanyaan tersebut dari 8 kemungkinan jawaban. Jawabannya adalah Harimau.
Unknown mengatakan…
Nama : Nadia Sevilla Azzahra
Kelas : X MIPA 2

Saya akan bertanya 4 pertanyaan :
1. Dimanakah habitatnya?
2. Apakah organisme tersebut karnivora, herbivora, atau omnivora?
3. Kapan dia beraktivitas? Siang hari atau malam hari?
4. Bagaimana ia berkembang biak?
Unknown mengatakan…
Nama : Nadia Sevilla Azzahra
Kelas : X MIPA 2

Saya akan bertanya 4 pertanyaan :
1. Dimanakah habitatnya?
2. Apakah organisme tersebut karnivora, herbivora, atau omnivora?
3. Kapan dia beraktivitas? Siang hari atau malam hari?
4. Bagaimana ia berkembang biak?
Khansa Kania mengatakan…
Khansa Kania
X MIPA 1

Mungkin saya akan memberikan 5 pertanyaan
1. Apakah organisme itu memiliki kaki?
2. Apakah organisme itu memiliki sayap?
3. Apakah organisme itu kulit/bulunya berpola?
4. Apakah organisme itu hewan langka/tidak?
5. Bagaimana cara spesies tersebut berkembangbiak?

Dengan begitu mungkin saya bisa tau hewan apa yang sedang bapak pikirkan
Juliawan Elang D.R
X- MIPA 3

Yang pertama saya akan bertanya mengenai kindomnya, apakah “ia” berasal dari kingdom animalia, kingdom plantae, kingdom fungi, monera ataupun kindom Protista. Lalu saya akan menanyakan tentang class(kelas) nya, apakah dia berasal dari anggota aves, mamalia , amfibi, reptilia ataupun chordata. Langkah selanjutnya saya akan menanyakan karakteristik/ciri-cirinya seperti bagaimana bentuknya, bagaimana penampilannya, apa warnanya dan pernafasannya(bernafas menggunakan apa). Tak lupa saya juga akan bertanya perihal ciri khusus spesies tersebut yang mana tidak dimiliki oleh spesies lain. Dan saya akan membagi organisme berdasarkan habitatnya. Kurang lebih 16 pertanyaan yang saya akan ajukan agar dapat menebak spesies/organisme. Dengan pertanyaan-pertanyaan tersebut InsyaAllah saya dapat menebak spesies apa yang bapak sedang pikirkan.
Suci Rahma Putri mengatakan…
suci rahma putri
x mipa 3

mungkin saya akan menanyakan ciri- ciri makhluk tersebut lalu menanyakan ciri ciri yang menonjol atau ciri khusus yang di miliki makhluk tersebut dan saya akan membgi organisme berdsarkan habitatnya. kurang lebih 12 pertanyaan yang bisa saya ajukan agar saya mengetahui apa yang bapak pikirkan
Nama : Zahron Kamilia Rohmah
Kelas : X MIPA 3

Saya akan memberikan sekitar 5 sampai 20 pertanyaan, seperti:
-Termasuk kingdom apakah organisme itu?
-Dimana habitat organisme itu?
-Apa jenis makanannya?
-Bagaimana cara perkembangbiakannya?
-Di daerah mana umumnya organisme itu ditemukan?
-Bagaimana cara organisme itu bernapas?
Dan beberapa pertanyaan lainnya untuk menanyakan ciri-ciri fisik organisme tersebut. Dengan demikian saya mungkin bisa mengklasifikasikan dan menebak jenis atau spesies organisme yang sedang dipikirkan.
Nayla Putria mengatakan…

Nama : Nayla Putria Dahne
Kelas: 10 MIPA 1

Mungkin saya akan membutuhkan sekitar lima pertanyaan, mulai dari hal umum sampai ke hal yang merinci/ spesifik agar saya juga dapat menemukan jawaban yang benar. Mulai dari dimanakah habitatnya, pengelompokkan cara makannya, cara mereka berkembang biak, sikap mereka dalam beradaptasi sesama hewan dan apakah hewan tersebut termasuk spesies langka atau tidak?
Nayla Putria mengatakan…
Nama : Nayla Putria Dahne
Kelas: 10 MIPA 1

Mungkin saya akan membutuhkan sekitar lima pertanyaan, mulai dari hal umum sampai ke hal yang merinci/ spesifik agar saya juga dapat menemukan jawaban yang benar. Mulai dari dimanakah habitatnya, pengelompokkan cara makannya, cara mereka berkembang biak, sikap mereka dalam beradaptasi sesama hewan dan apakah hewan tersebut termasuk spesies langka atau tidak?
Nama : Siti Nur Haliza
Kelas : X MIPA 1

Seperti yang sudah di jelaskan di atas cara mengklasifikasikan organisme secara efektif dan efisien ada 4 cara :
1. Decomposition
2. Pattern recognition
3. Abstraksi
4. Algorithm Design.
Jadi , menurut pendapat saya banyak nya pertanyaan yang harus di ajukan kepada bapak sehingga mampu menebak spesies atau organisme yang ada di bumi ada 6 pertanyaan.

- dilihat dari bagaimana organisme itu dapat diklasifikasikan.
- Dibagi berdasarkan habitatnya.
1. Organisme tersebut hidup di air atau di darat?
2. Organisme tersebut memiliki sayap atau tidak?
3. Organisme tersebut memiliki ciri ciri ( ciri khas) yang sama atau tidak?
4. Bagaimana cara organisme tersebut berkembang biak?
5. Apakah hewan tersebut merupakan karnivora, herbivora atau omnivora?
6. Apakah organisme tersebut beraktivitas di malam hari atau di siang hari?
- Dengan mengembangkan berdasarkan karakteristik bersama.
- Dengan menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengklasifikasikan organisme tersebut.

Semua metode ini dapat membantu untuk memprediksi berapa banyak pertanyaan yang dibutuhkan untuk mengklasifikasikan semua organisme atau spesies.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Nama : Siti Nur Haliza
Kelas : X MIPA 1

Seperti yang sudah di jelaskan di atas cara mengklasifikasikan organisme secara efektif dan efisien ada 4 cara :
1. Decomposition
2. Pattern recognition
3. Abstraksi
4. Algorithm Design.
Jadi , menurut pendapat saya banyak nya pertanyaan yang harus di ajukan kepada bapak sehingga mampu menebak spesies atau organisme yang ada di bumi ada 6 pertanyaan.

- dilihat dari bagaimana organisme itu dapat diklasifikasikan.
- Dibagi berdasarkan habitatnya.
1. Organisme tersebut hidup di air atau di darat?
2. Organisme tersebut memiliki sayap atau tidak?
3. Organisme tersebut memiliki ciri ciri ( ciri khas) yang sama atau tidak?
4. Bagaimana cara organisme tersebut berkembang biak?
5. Apakah hewan tersebut merupakan karnivora, herbivora atau omnivora?
6. Apakah organisme tersebut beraktivitas di malam hari atau di siang hari?
- Dengan mengembangkan berdasarkan karakteristik bersama.
- Dengan menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengklasifikasikan organisme tersebut.

Semua metode ini dapat membantu untuk memprediksi berapa banyak pertanyaan yang dibutuhkan untuk mengklasifikasikan semua organisme atau spesies.
Verina Mila Ningsih mengatakan…
Nama : Verina Mila Ningsih
Kelas : X MIPA 2

Assalamualaikum wr wb
Mungkin saya memiliki banyak sekali pertanyaan di pikiran saya , tapi saya akan menanyakan apa yang saya harus ketahui .
1. Dari mana hewan itu berasal?
2. Apa yang ia makan ?
3. Bagaimana ia bereproduksi?
4. Bagaimana ia bernafas?
5. Apakah termasuk dalam vivivar?
6. Apakah termasuk dalam ovovivivar?atau keduanya?
7. Bagaimana ia melakukan keberlangsungan kehidupannya?
8. Apakah termasuk hewan buas?
9. Apakah termasuk hewan yang sulit di temukan?
10. Apa termasuk hewan dingin atau panas?
Unknown mengatakan…
Dhea Najmi Azzahra
X MIPA 1
Kemungkinan saya memiliki kurang lebih 4 pertanyaan untuk menebak spesies apa yang sedang bapak fikirkan
Pertanyaan tersebut:
1. Dimana habitat spesies tersebut?
2. Jenis makanan apa yang dimakan spesies tersebut?
2. Bagaimana cara berkembang biak spesies tersebut
4. Ciri khusus apa yang dimiliki spesies tersebut
X IPS 1 mengatakan…
Nama : Rahmadita Karunia
Kelas : X IPS 1

Saya akan menanyakan tiga pertanyaan seperti
1. Warnanya apa
2. Dimana habitatnya
3. Bernafas menggunakan
X IPS 1 mengatakan…
Nama : Rahmadita Karunia
Kelas : X IPS 1

Saya akan menanyakan tiga pertanyaan seperti
1. Warnanya apa
2. Dimana habitatnya
3. Bernafas menggunakan
X IPS 1 mengatakan…
Nama : Rahmadita Karunia
Kelas : X IPS 1

SAYA AKAN MENANYAKAN 3 PERTANYAAN

1. BERNAFAS MENGGUNAKAN APA?
2. HABITAT DIMANA?
3. Cara berkembang biak
Unknown mengatakan…
Shaqila Mawar Cantika
X MIPA 2

sebelum nya saya akan memberikan sedikit informasi, untuk menebak dan memastikan spesies/ organisme apa yang anda fikirkan saya akan menggunakan CT karena menurut saya metode yang dipakai programmer ini bisa membantu saya untuk menebak spesies yang anda fikirkan, dengan menggunakan metode
1. Decomposition
2. Pattern Recognition
3. Abstraksi
4. Algorithm Design
Dengan menggunakan metode tersebut saya akan memberikan 5 pertanyaan yang menjelaskan tentang spesifikasi dan ciri-ciri spesies tersebut. Diawali pertanyaan yang umum sampai ke pertanyaan yang cukup spesifik untuk membantu saya menebak nya.
Unknown mengatakan…
Shaqila Mawar Cantika
X MIPA 2

sebelum nya saya akan memberikan sedikit informasi, untuk menebak dan memastikan spesies/ organisme apa yang anda fikirkan saya akan menggunakan CT karena menurut saya metode yang dipakai programmer ini bisa membantu saya untuk menebak spesies yang anda fikirkan, dengan menggunakan metode
1. Decomposition
2. Pattern Recognition
3. Abstraksi
4. Algorithm Design
Dengan menggunakan metode tersebut saya akan memberikan 5 pertanyaan yang menjelaskan tentang spesifikasi dan ciri-ciri spesies tersebut. Diawali pertanyaan yang umum sampai ke pertanyaan yang cukup spesifik untuk membantu saya menebak nya.
Sarah X MIPA 3 mengatakan…

Saya akan menanyakan 1 pertanyaan
"Apa spesies/organisme yang ada di bumi yang anda pikirkan sekarang?"
Anisa Fauziyah mengatakan…
Anisa Fauziyah
X IPS 1
Saya akan menanyakan beberapa pertanyaan,diantaranya:
1. Dimanakah habitat dri hewan tersebut?
2. Apakah organisme tersebut memiliki kaki?
3. Apakah organisme tersebut jenis karnivora,omnivora,atau herbivora?
4. Apakah organisme tersebut memiliki ciri khusus atau ciri yang menonjol dripada organisme lainnya?
5. Dan darimanakah spesies kingdom hewan tersebut?
Unknown mengatakan…
Salimah - X IPS 1
Saya dapat menebak nama organisme yang ada dipikiran saya dengan mengajukan 3 pertanyaan dari 8 kemungkinan jawaban. Tergantung pada polanya
Najma Asyifa mengatakan…
Saya akan bertanya 4 pertanyaan atau mungkin lebih, diantara 4 pertanyaan itu adalah:
1. Dimana mereka hidup?
2. Bagaimana cara mereka bernapas?
3. Bagaimana cara mereka mencari makan?
4. Apakah spesies tersebut langka?
Najma Asyifa mengatakan…
Najma Asyifa
X IPS 1

Saya akan bertanya 4 pertanyaan atau mungkin lebih, diantara 4 pertanyaan itu adalah:
1. Dimana mereka hidup?
2. Bagaimana cara mereka bernapas?
3. Bagaimana cara mereka mencari makan?
4. Apakah spesies tersebut langka?
Muhammad Zaki Izzulhaq mengatakan…
Pertanyaan yang saya butuhkan adalah 6 atau kurang dari 6 pertanyaan, saya akan menanyakan pertanyaan dari hal hal yang paling mendasar sampai hal yang cukup spesifik agar saya bisa menebakatau menjawab dengan benar. Saya juga akan menggunakan metode Decompotision atau Pattern Recognition agar mempermudah saya dalam mengklasifikasikan organisme secara efektif dan efisien
Muhammad Zaki Izzulhaq mengatakan…
Pertanyaan yang saya butuhkan adalah 6 atau kurang dari 6 pertanyaan, saya akan menanyakan pertanyaan dari hal hal yang paling mendasar sampai hal yang cukup spesifik agar saya bisa menebakatau menjawab dengan benar. Saya juga akan menggunakan metode Decomposition atau Patern Recognition agar mempermudah saya dalam mengklasifikasikan organisme secara efektif dan efisien.
Muhammad Zaki Izzulhaq mengatakan…
Muhammad Zaki Izzulhaq
X IPS 1
Pertanyaan yang saya butuhkan adalah 6 atau kurang dari 6 pertanyaan, saya akan menanyakan pertanyaan dari hal hal yang paling mendasar sampai hal yang cukup spesifik agar saya bisa menebakatau menjawab dengan benar. Saya juga akan menggunakan metode Decomposition atau Patern Recognition agar mempermudah saya dalam mengklasifikasikan organisme secara efektif dan efisien.
Muhammad Zaki Izzulhaq mengatakan…
Muhammad Zaki Izzulhaq
X IPS 1

Pertanyaan yang saya butuhkan adalah 6 atau kurang dari 6 pertanyaan, saya akan menanyakan pertanyaan dari hal hal yang paling mendasar sampai hal yang cukup spesifik agar saya bisa menebakatau menjawab dengan benar. Saya juga akan menggunakan metode Decomposition atau Patern Recognition agar mempermudah saya dalam mengklasifikasikan organisme secara efektif dan efisien.
Unknown mengatakan…
Syifa Dafila fathir
X Mipa 2

Mungkin saya akan memberikan kurang lebih 7 pertanyaan,saya akan bertanya
-ukuran dari spesies/organisme itu besar atau kecil?
-dimana habitat nya,di daratan atau di air?
-berapa jumlah alat gerak nya?dan dia bergerak menggunakan apa?
-dia bernapas menggunakan apa?
-Apakah spesies tersebut karnivora,herbivora atau omnivora?
-bagaiamana cara dia berkembang biark?
-apakah merupakan spesies langka atau tidak?
Muhammad Ervan Farabi mengatakan…
Nama : Muhammad Ervan Farabi
Kelas : X IPS 1

Saya akan ajukan 4 pertanyaan, diantaranya adalah:
1. Dimana spesies/organisme itu hidup? Di daratan (untuk organisme seperti tempat lembab, tubuh hewan dan manusia) atau di Air?
2. Apa warna spesies/organisme tersebut?
3. Termasuk hewan pemakan jenis apa spesies tersebut? Apakah omnivora? karnivora? atau herbivora? jika organisme saya akan menanyakan termasuk dari klasifikasi apa organisme tersebut?
4. Bagaimana bentuk spesies/organisme itu?

Unknown mengatakan…
Najwa Amalia Ambardin
X IPS 1
absen 27

Kemungkinan saya akan memberi pertanyaan selebih lebih nya dari 6 pertanyaan dari hal yang paling mendasar sampe hal yang lebih spesifik yang dimana saya akan bertanya umumnya organisme ini berwarna apa, apakah organisme berukuran besar, sedang atau kecil, dimana tempat tinggal atau habitat nya dan ciri ciri khas nya
Unknown mengatakan…
Mungkin saya akan memberikan 5 pertanyaan

1. Apakah organisme itu memiliki kaki?
2. Apakah organisme itu memiliki sayap?
3. Apakah organisme itu kulit/bulunya berpola?
4. Apakah organisme itu hewan langka/tidak?
5. Bagaimana cara spesies tersebut berkembangbiak?

Dengan begitu mungkin saya bisa tau hewan apa yang sedang bapak pikirkan
Farah Salsabila mengatakan…
Farah Salsabila
X - IPS 1

saya akan bertanya 5 pertanyaan :

1. Bernafas dengan apa ?
2. Mempunyai berapa kaki ?
3. Langka atau tidak ?
4. Apakah hewan itu berbahaya atau tidak ?
5. Bagaimana cara hewan tersebut berkembangbiak?
Unknown mengatakan…
Sarah
X IPS 1

Saya akan bertanya sebanyak 5 pertanyaan :

1. Dimana organisme tersebut hidup? apakah di air, udara atau di darat?
2. Apakah organisme tersebut memiliki bulu atau organisme tersebut tidak memiliki bulu?
3. Bagaimana organisme tersebut bergerak? apakah dengan berjalan, berenang, terbang atau mungkin melata?
4. Apakah organisme tersebut bernafas dengan paru-paru atau bukan?
5. Apakah organisme tersebut pemakan daging (karnivora), pemakan tumbuh-tumbuhan (herbivora) atau keduanya (omnivora)?
Unknown mengatakan…
NAMA : Azizah Latifah
KELAS : X IPS 1

Mungkin saya akan memberikan 5 pertanyaan

1. Apakah organisme itu memiliki kaki?
2. Apakah organisme itu memiliki sayap?
3. Apakah organisme itu kulit/bulunya berpola?
4. Apakah organisme itu hewan langka/tidak?
5. Bagaimana cara spesies tersebut berkembangbiak?

Dengan begitu mungkin saya bisa tau hewan apa yang sedang bapak pikirkan
Unknown mengatakan…
Bangkit Nugroho
Kelas X-IPS1

Saya akan bertanya tentang beberapa hal untuk organisme tersebut seperti pertanyaan-pertanyaan dasar yang didapat dari organisme tersebut dan jika organisme tersebut umum maka pertanyaannya tidak terlalu banyak namun jika organisme tersebut asing maka pertanyaan juga banyak contoh : habitat, makanan, cara berkembang biak, cara beradaptasi dengan lingkungan.
MANDA AJA mengatakan…
Manda Hasifa M
X ipa 3

Menurut saya, jika ditanya berapa banyak pertanyaan. Mungkin saya tidak bisa menjawab secara pasti jumlah pertanyaann yang diajukan. Tetapi saya akan mencoba untuk mengajukan pertanyaan yang sifatnya seperti segita terbalik. Dimana pertanyaan pertama yaitu menanyakan hal yang general atau umum, contoh : hewan ini hidup di darat atau di air?. Lalu untuk pertanyaan kedua, ketiga dan berikut nya ntar lama lama menjadi spesifik. Ntar ketebak dehh... tapi Kalo ga ketebak tanyain aja teruss ampe ketebak.
Unknown mengatakan…
Bangkit Nugroho
Kelas X-IPS1

Saya akan bertanya tentang beberapa hal untuk organisme tersebut seperti pertanyaan-pertanyaan dasar yang didapat dari organisme tersebut dan jika organisme tersebut umum maka pertanyaannya tidak terlalu banyak namun jika organisme tersebut asing maka pertanyaan juga banyak contoh : habitat, makanan, cara berkembang biak, cara beradaptasi dengan lingkungan.
Unknown mengatakan…
Bangkit Nugroho
Kelas X-IPS1

Saya akan bertanya tentang beberapa hal untuk organisme tersebut seperti pertanyaan-pertanyaan dasar yang didapat dari organisme tersebut dan jika organisme tersebut umum maka pertanyaannya tidak terlalu banyak namun jika organisme tersebut asing maka pertanyaan juga banyak contoh : habitat, makanan, cara berkembang biak, cara beradaptasi dengan lingkungan.
Unknown mengatakan…
Shayla Shofaya Fariz
X IPS 1

Pertanyaan saya
1. Spesies ini berwarna apa?
2. Spesies ini bisa dibilang langka atau tidak?
3. Apakah spesies ini berjalan dengan kaki atau berenag dengan sirip?
4. Spesies ini termasuk jenis mamalia atau tidak
Mungkin ini saja yang saya pertanyakan
Rayhan Rizky Putra mengatakan…
Rayhan Rizky Putra
X IPS 1

Jika ditanya berapa banyak pertanyaan yang akan diajukan agar dapat menebak spesis/organisme dibumi ini, maka saya tidak dapat menentukan berapa pertanyaan tersebut. Namun jika menggunakan perkiraan maka saya akan menjawab ada 10 pertanyaan atau lebih.
Yang pertama kali saya akan tanya mengenai klasifikasi hewan : "Apakah hewan tersebut vertebrata atau avertebrata ?".
Kemudian saya akan bertanya mengenai penggolongan hewan (berdasarkan tempat hidupnya, jenis makanannya, penutup tubuhnya, cara bernafasnya dan lain-lain).
Dan jika saya sudah tau itu semua dan memegang sebuah jawabannya maka saya akan bertanya lebih spesifik mengenai hewan tersebut.
Nisrina Amalia H mengatakan…
Nama : Nisrina Amalia Hasanah
Kelas : X Agama (21)

Mungkin saya akan bertanya kurang lebih 7 pertanyaan :

1. Spesies atau organisme tersebut termasuk ke dalam Kingdom apa?
2. Berasal dari negara mana spesies atau organisme tersebut?
3. Dimana habitat spesies atau organisme tersebut ?
4. Bagaimana rupa atau bentuk spesies atau organisme tersebut ?
5. Bagaimana cara spesies atau organisme tersebut makan, bernapas dan berkembang biak?
6. Apa yang menjadi ciri khas dari spesies atau organisme tersebut ? Warna nya kah atau perkembangbiakannya ?
7. Apakah spesies atau organisme tersebut termasuk hewan langka ?

Lalu saya akan memberikan pertanyaan pertanyaan yang lebih spesifik lagi dan melakukan klasifikasi mengenai hewan yang sedang bapak pikirkan.
Unknown mengatakan…
Nama: Muhammad Alfa Reza
Kelas: X IPs 1

Mungkin Hanya Beberapa Pertanyaan.
1. Bernafas?
2. Mempunyai Tubuh Yang Besar?
3. Mempunyai Telinga?
4. Mempunyai Kepala Yang Bulat?
5. Habitatnya Menetap?
6! Memiliki Kaki?
Rayhan Rizky Putra mengatakan…
Rayhan Rizky Putra
X IPS 1

Jika ditanya berapa banyak pertanyaan yang akan diajukan agar dapat menebak spesis/organisme dibumi ini, maka saya tidak dapat menentukan berapa pertanyaan tersebut. Namun jika menggunakan perkiraan maka saya akan menjawab ada 10 pertanyaan atau lebih.
Yang pertama kali saya akan tanya mengenai klasifikasi hewan : "Apakah hewan tersebut vertebrata atau avertebrata ?".
Kemudian saya akan bertanya mengenai penggolongan hewan (berdasarkan tempat hidupnya, jenis makanannya, penutup tubuhnya, cara bernafasnya dan lain-lain).
Dan jika saya sudah tau itu semua dan memegang sebuah jawabannya maka saya akan bertanya lebih spesifik mengenai hewan tersebut.
Unknown mengatakan…
Shafira Nazhifah
X IPS 2

Saya ingin memberikan 3 pertanyaan
1.Apakah dia berorganisme carnivora,herbivora dan omnivora?
2.Apakah dia berkembang biak dengan sendirinya?
3.Apakah dia semacam mamalia?
Unknown mengatakan…
Shafira Nazhifah
X IPS 2

Saya ingin memberikan 3 pertanyaan
1.Apakah dia berorganisme carnivora,herbivora dan omnivora?
2.Apakah dia berkembang biak dengan sendirinya?
3.Apakah dia semacam mamalia?
Unknown mengatakan…
Nama:Muhammad Reza
Kelas:Xips2
Saya akan Menanyakan 5 pertanyaan
1.Apakah Hewan Tersebut Mamalia?
2.apakah Ia tinggal Di laut atau darat atau keduanya
3.hewan tersebut memiliki berapa kaki atau tangan
4.Berapa Besar Tubuhnya
5.apakah hewan tersbut spesies langka atau tidak.
Mungkin itu yang akan saya tanyakan kurang lebih, karena dengan menanyakan pertanyaan tersbut mungkin akan terjelaskan
Unknown mengatakan…
Nama:Muhammad Reza
Kelas:Xips2
Saya akan Menanyakan 5 pertanyaan
1.Apakah Hewan Tersebut Mamalia?
2.apakah Ia tinggal Di laut atau darat atau keduanya
3.hewan tersebut memiliki berapa kaki atau tangan
4.Berapa Besar Tubuhnya
5.apakah hewan tersbut spesies langka atau tidak.
Mungkin itu yang akan saya tanyakan kurang lebih, karena dengan menanyakan pertanyaan tersbut mungkin akan terjelaskan
Unknown mengatakan…
Rachel Aqilasyah
X IPS 2
Mungkin saya akan memberikan pertanyaan sekitar 5-7 atau kurang karena mungkin kalau terlalu banyak . banyak keraguan dalam apa yang tertebak oleh saya . Insya allah saya bisa menebak apa yang dipikirkan oleh bapak

1. Jenis hewan apa ?
2. Habitatnya ?
3 Ciri-ciri / Karakteristiknya?
4. cara berkembang biak?
5. Termasuk hewan pemakan apa?
Unknown mengatakan…
M Arif Nurohman
X IPS 2

Sekiranya saya akan menanyakan tentang habitat hewan tersebut, cara berkembang biak, ciri ciri fisik, makanan hewan tsb, dan mungkin dari mana hewan itu berasal.
Unknown mengatakan…
Kurang lebih sekitar 5 pertanyaan, karena saya akan bertanya seperti, jenisnya apa?, termasuk golongan reptil/mamalia?, herbivor/carnivor?, habitatnya dimana?, dan penampilan fisik nya seperti apa?
Unknown mengatakan…
Kurang lebih sekitar 5 pertanyaan, karena saya akan bertanya seperti, jenisnya apa?, termasuk golongan reptil/mamalia?, herbivor/carnivor?, habitatnya dimana?, dan penampilan fisik nya seperti apa?
Unknown mengatakan…
Paundra Krisna J
X IPS 2


Kurang lebih sekitar 5 pertanyaan, karena saya akan bertanya seperti, jenisnya apa?, termasuk golongan reptil/mamalia?, herbivor/carnivor?, habitatnya dimana?, dan penampilan fisik nya seperti apa?
arip mengatakan…
M Arif Nurohman
X ips 2

Sekiranya saya akan menanyakan tentang ciri fisik hewan tersebut bagaimana, cara berkembang biak hewan tsb, makanan hewan tsb, habitat dia tinggal seperti apa, dan mungkin dari mana hewan tersebut berasal.
Unknown mengatakan…
Raja Aryasatya Casmita
X IPS 2

Dengan banyaknya spesies/organisme cukup sulit untuk menebak spesies/organisme yang sedang bapak pikirkan. Untuk dapat menebaknya saya akan bertanya dari Kingdom mana organisme itu berasal, bagaimana cara bergerak nya?, apa makanannya?, berwarna apa?, apakah organisme itu langka/dilindungi?, dimana habitat ia berasal?, berapa kaki yang organisme itu miliki?, bagaimana cara organisme itu bernafas?, ciri khusus apa yang organisme itu miliki?. Setelah bertanya seperti itu mungkin saya bisa menebak spesies apa yang sedang bapak pikirkan.
Unknown mengatakan…
Raja Aryasatya Casmita
X IPS 2

Dengan banyaknya spesies/organisme cukup sulit untuk menebak spesies/organisme yang sedang bapak pikirkan. Untuk dapat menebaknya saya akan bertanya dari Kingdom mana organisme itu berasal, bagaimana cara bergerak nya?, apa makanannya?, berwarna apa?, apakah organisme itu langka/dilindungi?, dimana habitat ia berasal?, berapa kaki yang organisme itu miliki?, bagaimana cara organisme itu bernafas?, ciri khusus apa yang organisme itu miliki?. Setelah bertanya seperti itu mungkin saya bisa menebak spesies apa yang sedang bapak pikirkan.
Awaliyah Azzahrah Ridwan
10 IPS 2
Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan:
1.Jenis spesis/organisme apa yang dimaksud(seperti manusia,hewan,tumbuhan atau makhluk hidup yang lain?
2.Spesis/organisme tersebut tinggal dimana(seperti darat,laut,atau udara)?
3.Apa ciri-ciri dari spesis/organisme nya?
4.Bagaimana cara kehidupannya?
5.Apa kelebihan dan kekurangan dari spesis/organisme tersebut?
Mungkin dengan pertanyaan ini, saya dapat mengetahui spesis/organisme yang Bapak maksud.
Terimakasih.
Awaliyah Azzahrah Ridwan
10 IPS 2
Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan:
1.Jenis spesis/organisme apa yang dimaksud(seperti manusia,hewan,tumbuhan atau makhluk hidup yang lain?
2.Spesis/organisme tersebut tinggal dimana(seperti darat,laut,atau udara)?
3.Apa ciri-ciri dari spesis/organisme nya?
4.Bagaimana cara kehidupannya?
5.Apa kelebihan dan kekurangan dari spesis/organisme tersebut?
Mungkin dengan pertanyaan ini, saya dapat mengetahui spesis/organisme yang Bapak maksud.
Terimakasih.
Unknown mengatakan…
Faradilla Zahra Shafira
X IPS 1

Saya akan bertanya 6 sampai 7 pertanyaan, seperti bagaimana cara organisme tersebut berkembang biak, apa ciri khas dari organisme tersebut, apakah memiliki kaki atau tidak dan berapa jumlahnya, lalu termasuk karnivora, herbivora, ataukah omnivora organisme tersebut, dan dimana habitat hidup organisme tersebut. Mungkin dari beberapa pertanyaan tersebut saya sudah bisa menebak dan menjawab organisme apa yang bapak maksud.
Unknown mengatakan…
Aisyalayya Nabila
X IPS 2

Saya akan menebak apa yang Bapak pikirkan dengan cara "Decomposition" yakni kemampuan memecah data, proses atau masalah (kompleks) menjadi bagian-bagian yang lebih kecil atau menjadi tugas-tugas yang mudah dikelola.
Saya akan memberikan 9 pertanyaan, yaitu:
1. Bagaimana bentuk fisiknya? (besar/kecil, jumlah kaki/tangan, berbulu/tidak, memiliki gigi/tidak, dsb)
2. Bagaimana cara dia hidup?
3. Dimana habitatnya?
4. Apa ciri khas/keunikan nya?
5. Bagaimana cara dia berkembang?
6. Apa jenis makanannya?
7. Bagaimana cara dia bergerak?
8. Apakah dia langka atau tidak?
9. Apakah itu jenis bacteria/archaea/protozoa/chromista/plantae/fungsi/mamalia?
Jika belum cukup, saya akan bertanya lebih spesifikasi lagi, walaupun begitu saya rasa pertanyaan diatas sudah dapat menjawabnya.
Unknown mengatakan…
Azzahra Chairiyah
X IPS 1

Pertama saya akan mengajukan 5 pertanyaan, pertanyaan mungkin akan bertambah apabila spesies/organisme yang anda pikirkan hanya diketahui secara khusus.

1. Dimana habitatnya ?
2. Seperti apa karakteristiknya ?
3. Termasuk dalam kingdom apa ?
4. Apakah termasuk herbivora, karnivora, omnivora, atau insektivora ?
5. Apa yang dapat membuat spesies/organisme tersebut berbeda dari yang lain ?
saya akan bertanya 10 pertanyaan seperti
1. dimanakah habitatnya
2. apa makanannya
3. berwarna apa kulit atau bulunya
4. termasuk spesies macam apa
5. kakinya berapa
6. bagaimana cara berkembang biaknya
7. ia bernafas menggunakan apa
8. ciri khusus dari spesies in apa
9. termasuk kedalam kingdom apa spesies ini
10. seperti apa bentuk nya
Unknown mengatakan…
Haya Aisyah Salsabila
X IPS 1

Mungkin saya akan memberikan kurang lebih 10 pertanyaan. Saya akan bertanya mulai dari hal yang mendasar seperti berasal dari kingdom apa, dimanakah habitatnya, makanannya apa, bagaimana cara berkembangbiak, dan kapan beraktivitas. Setelah itu saya akan bertanya ke hal yang lebih spesifik seperti bagaimana karakter organisme tersebut, bagaimana ciri tubuh hewan tersebut, apakah ada ciri lain yang menonjol dari hewan tersebut yang berbeda dari hewan yang lain, dan sebagainya.

Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut saya akan mengklasifikasikannya dan kemungkinan saya akan dapat menebak organisme apa yang sedang bapak pikirkan.
Unknown mengatakan…
Muhammad Raihan
X MIPA 1
Mungkin saya akan berikan 5
pertanyaan kurang lebih. dimulai
1. berasal dari kingdom
manakah organisme atau spesies
ini berasal?,
2.Apa ciri khas spesies
atau organisme ini?. Lalu saya
akan mencoba memberikan
pertanyaan yang akan
menghilangkan atau mengurangi
adanya kemungkinan-
kemungkinan pertanyaan lain yang
akan berakhir ke hasil jawaban
akhir.
Muhammad Raihan mengatakan…
Muhammad Raihan
X MIPA 1

Mungkin saya akan berikan 5
pertanyaan kurang lebih. dimulai
1. berasal dari kingdom
manakah organisme atau spesies
ini berasal?,
2.Apa ciri khas spesies
atau organisme ini?. Lalu saya
akan mencoba memberikan
pertanyaan yang akan
menghilangkan atau mengurangi
adanya kemungkinan-
kemungkinan pertanyaan lain yang
akan berakhir ke hasil jawaban
akhir.
Unknown mengatakan…
Aisyalayya Nabila
X IPS 2

Saya akan menebak apa yang Bapak pikirkan dengan cara "Decomposition" yakni kemampuan memecah data, proses atau masalah (kompleks) menjadi bagian-bagian yang lebih kecil atau menjadi tugas-tugas yang mudah dikelola.
Saya akan memberikan 9 pertanyaan, yaitu:
1. Bagaimana bentuk fisiknya? (besar/kecil, jumlah kaki/tangan, berbulu/tidak, memiliki gigi/tidak, dsb)
2. Bagaimana cara dia hidup?
3. Dimana habitatnya?
4. Apa ciri khas/keunikan nya?
5. Bagaimana cara dia berkembang?
6. Apa jenis makanannya?
7. Bagaimana cara dia bergerak?
8. Apakah dia langka atau tidak?
9. Apakah itu jenis bacteria/archaea/protozoa/chromista/plantae/fungsi/mamalia?
Jika belum cukup, saya akan bertanya lebih spesifikasi lagi, walaupun begitu saya rasa pertanyaan diatas sudah dapat menjawabnya.
Unknown mengatakan…
Aisyalayya Nabila
X IPS 2

Saya akan menebak apa yang Bapak pikirkan dengan cara "Decomposition" yakni kemampuan memecah data, proses atau masalah (kompleks) menjadi bagian-bagian yang lebih kecil atau menjadi tugas-tugas yang mudah dikelola.
Saya akan memberikan 9 pertanyaan, yaitu:
1. Bagaimana bentuk fisiknya? (besar/kecil, jumlah kaki/tangan, berbulu/tidak, memiliki gigi/tidak, dsb)
2. Bagaimana cara dia hidup?
3. Dimana habitatnya?
4. Apa ciri khas/keunikan nya?
5. Bagaimana cara dia berkembang?
6. Apa jenis makanannya?
7. Bagaimana cara dia bergerak?
8. Apakah dia langka atau tidak?
9. Apakah itu jenis bacteria/archaea/protozoa/chromista/plantae/fungsi/mamalia?
Jika belum cukup, saya akan bertanya lebih spesifikasi lagi, walaupun begitu saya rasa pertanyaan diatas sudah dapat menjawabnya.
Zahra Aulia mengatakan…
mungkin saya hanya membutuhkan 7 pertanyaan
1. kingdom
2. phylum
3. class
4. ordo
5. family
6. genus
7. spesies
Nadhirah Hadaina - X Mipa 3 (21)

Seperti yang diketahui bahwa terdapat begitu banyak spesies di bumi yang mencapai jutaan bahkan lebih. Maka digunakan cara berpikir CT dalam mengajukan pertanyaan. Menurut saya ada beberapa cara penerapan CT dalam mengetahui banyaknya pertanyaan yang dibutuhkan yaitu menggunakan abstraksi, decomposition, patten recognition, ataupun algoritma.
1. Perhitungan perkiraan pertanyaan secara logika. Apabila katakanlah bahwa semisal terdapat 10 juta spesies di bumi. Maka apabila setiap pertanyaan dapat setidaknya membuang setengah dari kemungkinannya. Pertanyaan yang dibutuhkan untuk menebak adalah 23-24 pertanyaan. --> (10 jt : 2^23 = 1,19) (10 jt : 2^24 = 0,59)
2. Menggunakan sistem klasifikasi organisme bumi. Pertanyaan yang diajukan yaitu sesuai dengan tingkatan takson. Kingdom? Filum/Divisi? Kelas? Ordo? Famili? Genus? Dengan cara ini maka hanya dibutuhkan 6-7 pertanyaan. Namun, dalam mengajukan pertanyaan kepada seseorang, sistem taksonomi mungkin bukan hal umum yang dapat diajukan dalam menebak satu spesies yang dipikirkan. Maka bahasa yang digunakan dapat diubah menjadi habitat, cara bergerak, warna dll.
Azizah Syazwina Amir
XMIPA 1/03

beberapa pertanyaan akan saya ajukan, seperti:
-spesies atau jenis apakah makhluk hidup tersebut?
-apakah makhluk tsb bergerak?
-nutrisi seperti apa yang dibutuhkan oleh makhluk hidup tsb?
-makhluk tsb bernapas menggunakan?
-tumbuh dan berkembang seperti apakah makhluk tsb?
-apakah ia berproduksi?
-makhluk hidup ini ekskresi seperi apa?
Nabila Amalia AS mengatakan…
Nabila Amalia Ash-Shiddiq
X IPS 2 (20)

Ada 2 cara yaitu dengan menggunakan Pattern Recognition dan Alghorithm Design

Apabila menggunakan Pattern Recognition maka saya akan bertanya kurang lebih 6 pertanyaan, sesuai pelajaran klasifikasi makhluk hidup yaitu dengan menananyakan, darimanakah Kingdom, Filum, Classis, Ordo, Familia, dan Genus yang dipikirkan?
Cara ini sesuai dengan Pattern Recognition yang pengertiannya mengklasifikasikan dengan efisien beberapa organisme berdasarkan karakteristik.

Apabila menggunakan Alghoritm Design maka saya akan bertanya kurang lebih 1 pertanyaan yaitu dengan menanyakan, darimanakah genus yang dipikirkan?
Cara ini sesuai dengan Alghoritm Design dengan berpikir lebih efisien
Unknown mengatakan…
Alifia Nabilla Khairani Putri - X IPS 1
Sesuai dengan teks diatas mengkontrusikan pola pikir bisa melalu pengalaman dan juga cara mengklasifikasikan organisme secara efektif dan lebih efisien ada 4 cara, maka disini saya akan memberikan 2 pertanyaan. Yang dimana dalam satu pertanyaan itu sudah meliputi semuanya :

1. Apa saja ciri ciri dari organisme tersebut?
2. Apa hal yang membedakan organisme yang sedang bapak fikirkan dengan organisme lain?
Sarah X MIPA 3 mengatakan…
Sarah Azzahra Santoso
X MIPA 3

1. menggunakan Pattern Recognition. kurang lebih 6 pertanyaan, sesuai pelajaran klasifikasi makhluk hidup yaitu dengan menananyakan, darimanakah Kingdom, Filum, Classis, Ordo, Familia, dan Genus yang dipikirkan


2. menggunakan Alghoritm Design. kurang lebih 1 pertanyaan yaitu darimanakah genus yang dipikirkan
Nahiza Lukita Nugroho mengatakan…
Saya akan mengajukan kurang lebih 6 pertanyaan
1. Termasuk kingdom apakah organisme tersebut?
2. Dimana habitat organisme tersebut?
3. Adakah ciri khusus yang dimiliki organisme tersebut?
4. Bagaimana cara bernapas organisme tersebut?
5. Apa yang dimakan organisme tersebut?
6. Bagaimana cara berkembang biak organisme tersebut?
Unknown mengatakan…
Nabila Maulidya Wattiheluw (24) X IPS 1
mengatakan... Mungkin saya akan memberikan beberapa pertanyaan terkait hal tersebut.
1. Dimana hewan tersebut beraktivitas? apakah di air, daratan, atau udara?
2. Bagaimana hewan tersebut berkembang biak?
3. Apa makanan yang di makan hewan tersebut? apakah karnivora, herbivora atau omnivora?
4. Bagaimana hewan tersebut memburu mangsanya?
5. Apakah hewan tersebut hidup secara berkelompok atau individual?
6. Berasal dari kingdom mana hewan yang dimaksud?
7. Apa ciri khas hewan tersebut?
8. Apakah hewan tersebut lazim untuk dipelihara?
9. Apakah hewan tersebut jinak atau ganas?
10. Apakah hewan tersebut hewan yang dilindungi negara?
11. Apakah hewan tersebut berbulu tebal, tipis, atau bersisik?
12. Berapa buah kaki yang dimilikinya?
13. Bagaimana hewan tersebut bernapas?
Dari pertanyaan-pertanyaan di atas saya rasa akan dapat menjawab hewan/organisme apa yang bapak pikirkan. Terimakasih.
Unknown mengatakan…
Irene Olivia
X MIPA 2

Mungkin saya akan memberikan 5 pertanyaan kepada bapak, misalnya:
1. Bagaimana ciri-ciri spesies/organisme tersebut?
2. Apa makanannya?
3. Dimana tempat tinggal/habitatnya?
4. Memiliki tubuh yang lengkap atau tidak?
5. Bagaimana cara spesies/organisme tersebut tumubuh dan berkembang?
Unknown mengatakan…
Irene Olivia
X MIPA 2

Mungkin saya akan memberikan 5 pertanyaan kepada bapak, misalnya:
1. Bagaimana ciri-ciri spesies/organisme tersebut?
2. Apa makanannya?
3. Dimana tempat tinggal/habitatnya?
4. Memiliki tubuh yang lengkap atau tidak?
5. Bagaimana cara spesies/organisme tersebut tumubuh dan berkembang?
Fariidd mengatakan…
Farid Maulana X MIPA 1

Pertanyaan yang saya butuhkan adalah 5 atau kurang dari 5 pertanyaan. Saya akan bertanya dari hal yang paling mendasar hingga hal yang cukup spesifik agar saya bisa menebak atau menjawab dengan benar. Saya juga akan menggunakan metode Decomposition agar mempermudah saya dalam mengklasifikasikan organisme secara efektif dan efisien
Unknown mengatakan…
Muhammad Hifzhi
X MIPA 3

Metode CT dapat diterapkan dalam masalah ini. Untuk dapat menebak dengan tepat spesies/organisme yang sedang bapak pikirkan, saya akan melayangkan 6 pertanyaan utama. Pertanyaan ini seperti berasal dari manakah Kingdom spesies yang dipikirkan. Pertanyaan ini akan berjumlah sesuai dengan klasifikasi taksonomi yang ada. Jika saya sudah berhasil mengetahui spesies tersebut, mungkin saya akan kembali menanyakan pertanyaan perinci. Seperti menanyakan ciri khusus hewan ini, atau lingkungan tempat tinggal hewan lalu pertanyaan - pertanyaan untuk menghilangkan kemungkinan - kemungkinan yang ada sehingga dapat membawa kita kepada hasil akhir.
Unknown mengatakan…
nama : Dzaki khalilurahman
kls: x ips1

mungkin saya akan menanyakan 4 pertanyaan yaitu :
- dimana habitat organisme itu?
- termasuk organisme herbivora,karnivora,omnivora?
- apakah organisme itu memiliki sayap?
- bagaimana cara perkembangbiakan organisasi tersebut?
Unknown mengatakan…
nama : Dzaki khalilurahman
kls: x ips1

mungkin saya akan menanyakan 4 pertanyaan yaitu :
- dimana habitat organisme itu?
- termasuk organisme herbivora,karnivora,omnivora?
- apakah organisme itu memiliki sayap?
- bagaimana cara perkembangbiakan organisasi tersebut?
Unknown mengatakan…
Dafa Rizqi Hidayat
X MIPA 1

Mungkin saya akan memberikan sebuah pertanyaan yang saya ingin tahu jawabannya terkait hal tersebut yaitu :

1. Apakah hewan tersebut dapat bebicara?
2. bagaimana cara hewan tersebut berkomunikasi dengan temannya?
3. Apakah Hewan tersebut berbulu?
4. Apakah hewan tersebut memiliki sayap?
5. Bagaimana cara organisme dapat bertumbuh atau berkembang?
6. Apakah hewan tersebut ganas atau jinak?
7. Apakah Hewan tersebut Bisa dipelihara?
8. Dimanakah Habitat organisme?
9. Termasuk kingdom apakah organisme?
10.Apa makanan yang organisme makan?
Unknown mengatakan…
Nida Fuji Anggraeni
X-MIPA 1

pertanyaan yang akan saya ajukan kurang lebih 10 pertanyaan.pertanyaan dimulai dari yang dasar sampai hal yang spesifik,hingga saya dapat menebak dengan benar dan yakin spesies/organisme yang terfikirkan itu.
2020159@man9-jkt.sch.id mengatakan…
Nama : Rajendra Armandhana Putra
Kelas : X IPS 1

Saya mungkin akan meberikan 5-7 pertanyaan untuk menebak organisme tersebut
1.Dari Kingdom mana organisme itu?
2.Ciri khusus apa yang dimiliki organisme tersebut?
3.Organisme tersebut Vetebrata atau Avertebrata?
4.Dimana habitat organisme tersebut?
5.Makanan apa yang biasa organisme itu makan?
6.Bagaimana ukurannya?
7.Bagaimana cara berkembang organisme tersebut
Unknown mengatakan…
Nabila Khairunnisa
X MIPA 2

Kurang lebih saya akan menanyakan empat pertanyaan seperti,
1. Dimana habitat organisme tersebut?
2. Apa saja karakteristik yang dimiliki organisme tersebut?
3. Termasuk apakah kingdom organisasi tersebut?
4. Dengan cara apakah organisme itu berkembang biak?
Hifzhii mengatakan…
Metode CT dapat diterapkan dalam masalah ini. Untuk dapat menebak dengan tepat spesies/organisme yang sedang bapak pikirkan, saya akan melayangkan 6 pertanyaan utama. Pertanyaan ini seperti berasal dari manakah Kingdom spesies yang dipikirkan. Pertanyaan ini akan berjumlah sesuai dengan klasifikasi taksonomi yang ada. Jika saya sudah berhasil mengetahui spesies tersebut, mungkin saya akan kembali menanyakan pertanyaan perinci. Seperti menanyakan ciri khusus hewan ini, atau lingkungan tempat tinggal hewan lalu pertanyaan-pertanyaan untuk menghilangkan kemungkinan - kemungkinan yang ada sehingga dapat membawa kita kepada hasil akhir.
Zahwa Rahma mengatakan…
Nama : Zahwa Rahma Nisa
Kelas : X IPS 1

Jika spesies/organisme yang dipikirkan bersifat umum, Maka tidak harus memiliki banyak pertanyaan, Hanya butuh sekitar 3-7 pertanyaan sudah lebih dari cukup.

Pertanyaan yang mungkin saja bisa menjadi pentunjuk untuk menebaknya adalah :
1) Apa salah satu ciri khas spesies/organisme tersebut?
2) Dimana habitat spesies/organisme tersebut berada?
3) Apa jenis makanan yang dimakan spesies/organisme tersebut?

Dan masih banyak pertanyaan umum lainnya yang dapat ditanya untuk dijadikan petunjuk tentang spesies/organisme apa yang sedang dipikirkan.

Namun jika spesies/organisme itu jarang ada dipikiran seseorang atau sulit dan asing ditebak walaupun sudah mengajukan pertanyaan dan mendapat ciri-cirinya dari 3-7 pertanyaan sebelumnya, Mungkin pertanyaan dapat bertambah sekitar 10-20 atau bahkan lebih.
Janeeeee mengatakan…
Marcella Jane
X MIPA 1

Saya akan menanyakan 6 pertanyaan, yaitu;
1. Bagaimana cara dia berjalan?
2. Berapa jumlah kakinya?
3. Dimana habitatnya?
4. Apa makanannya?
5. Bagaimana cara ia berkembang biak?
6. Apa ciri khasnya?
Unknown mengatakan…
ANINDITA AZAHRA
X IPS 2

Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan dibawah ini :
1. Sebutkan jaringan dasar apa saja yang terdapat pada hewan vertebrata dan manusia!

2. Organisme heterotrof berdasarkan jenis makanannya dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu herbivora, karnivora, dan omnivora. Berikut ini yang merupakan contoh organisme herbivora adalah

3. Apa saja karakteristik yang dimiliki oleh organisme tersebut?

4. Berdasarkan jumlah lapisan tubuhnya, hewan terbagi menjadi dua, yakni?

5. Sebutkan ciri-ciri kingdom Animalia secara umum!

6. Bagaimanakah cara organisme dapat tumbuh atau berkembang biak?

7. Apakah kelebihan dan kekurangan dari spesies/organisme tersebut?

8. Jelaskan 3 pengelompokan hewan berdasarkan jenis makanannya!

9. Apakah ciri khas dari organisme/spesies tersebut?

10. Dimanakah habitat spesies/organisme tersebut?
Hanayya Muthia mengatakan…
Hanayya Muthia Aulidina
X IPS 2

Saya akan menanyakan beberapa pertanyaan yaitu:
1. Organisme tersebut termasuk kingdom apa?
2. Organisme tersebut tinggal di habitat mana?
3. Dengan cara apa organisme tersebut berkembang biak?
4. Organisme tersebut makan apa?
5. Bagaimana cra organisme tersebut bernapas?
Unknown mengatakan…
Anindita Azahra
X IPS 2

Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan yaitu :
1. Sebutkan jaringan dasar apa saja yang terdapat pada hewan vertebrata dan manusia!
2. Organisme heterotrof berdasarkan jenis makanannya dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu herbivora, karnivora, dan omnivora. Berikut ini yang merupakan contoh organisme herbivora adalah
3. Apa saja karakteristik yang dimiliki oleh organisme tersebut?
4. Berdasarkan jumlah lapisan tubuhnya, hewan terbagi menjadi dua, yakni?
5. Sebutkan ciri-ciri kingdom Animalia secara umum!
6. Bagaimanakah cara organisme dapat tumbuh atau berkembang biak?
7. Apakah kelebihan dan kekurangan dari spesies/organisme tersebut?
8. Jelaskan 3 pengelompokan hewan berdasarkan jenis makanannya!
9. Apakah ciri khas dari organisme/spesies tersebut?
10. Dimanakah habitat spesies/organisme tersebut?
Unknown mengatakan…
Muhammad Sabilal Rosyad
X keagamaan
Absen 13

Saya akan memberikan banyak pertanyaan diantara saya akan menanyakan Jenis hewannya, Ciri ciri hewannya, apa yang dimakan oleh hewan tersebut, Dimana tempat tinggal nya, mempunyai bulu atau tidak, berapa kaki yang dimiliki nya, mungkin bisa ditanya kan juga apakah hewan tersebut hewan langka atau tidak, apakah hewan tersebut berbahaya atau tidak bahaya, dan bisakah hewan tersebut di konsumsi manusia.
Saya juga akan menggunakan Teknik Computational Thinking (CT) agar mempermudah saya dalam mengklasifikasi Organisme Secara tepat dan benar.
Unknown mengatakan…
بسم الله الرحمن الرحيم
Nama : Muhammad Irfan
Kelas : X IIK
Absen : 12

Menurut pendapat saya, pertanyaan yang dapat saya ajukan akan tidak banyak apabila spesies tersebut umum dikalangan banyak orang dan mungkin saya akan menanyakan beberapa hal-hal umum mengenai spesies tersebut, dan akan menjadi banyak pertanyaan yang saya ajukan apabila spesies yang bapak fikirkan lebih spesifik, seperti menanyakan ciri-ciri hewan, makanan nya, habitat nya, berbulu atau tidak, berapa banyak kaki yang dimilikinya, dan juga apakah spesies tersebut berstatus hewan dilindungi atau tidak. Saya juga akan menggunakan Teknik Computational Thinking (CT) agar mempermudah saya dalam mengkasifikasi Organisme Secara tepat dan benar, sekian terimakasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Unknown mengatakan…
Nailah Fatimah Putri Irena
X MIPA 3

Yang pertama saya akan menanyakan ciri fisik dari hewan tersebut, seperti :
- Apakah hewannya memiliki kaki?
- Berapa jumlah kaki yang ia miliki?
- Apakah hewannya memiliki sayap?
- Apakah hewannya memiliki sirip?
- Berparuh? Dan lain-lain

Yang kedua saya akan menanyakan dimana habitat hewan tersebut, apakah ia tinggal didarat? Diair? Atau keduanya?

Kemudian saya akan menanyakan apa yang hewan tersebut makan, apakah ia memakan tumbuhan? Daging? Atau keduanya?

Kemudian saya akan menanyakan cara hewan tersebut bergerak, apakah ia berjalan? Berenang? Terbang? Dan lain lain

Kemudian saya akan menanyakan apakah hewan tersebut dapat dipelihara atau tidak? Apabila bisa dipelihara maka kemudian hewan yang dipikirkan ada disekitar kita. Dan apabila tidak dapat dipelihara maka hewan tersebut mungkin terjaga

Kemudian saya akan menanyakan bagaimana cara hewan tersebut berkembang biak?

Apakah hewan tersebut adalah serangga?

Agar lebih pasti, saya akan menanyakan bagaimana suara hewan tersebut?

Dan masih banyak lagi

Jadi, untuk tau hewan apa yang bapak pikirkan memerlukan beberapa banyak pertanyaan agar tau pasti apa hewan tersebut

Sekian terimakasih..
Mungkin saya akan bertanya 5 pertanyaan yaitu
1.Dari manakah kingdom atau spesies itu berasal ?
2.Apakah organisme itu memiliki syap atau kaki ?
3. Bagaimna bentuk organisme tersebut ?
4. Dimana habitat organisme ?
5.Bagaimana Cara berkembangbiaknya ?
Dan masih banyak pertanyaan yang lebih umum lainnya yang dapat ditanyakan
Mungkin saya akan bertanya 5 pertanyaan yaitu
1.Dari manakah kingdom atau spesies itu berasal ?
2.Apakah organisme itu memiliki syap atau kaki ?
3. Bagaimna bentuk organisme tersebut ?
4. Dimana habitat organisme ?
5.Bagaimana Cara berkembangbiaknya ?
Dan masih banyak pertanyaan yang lebih umum lainnya yang dapat ditanyakan
Nanda Salsabila mengatakan…
Nanda Salsabila
X-Mipa 1
mungkin saya akan mengajukan beberapa pertanyaan
saya akan bertanya dari hal yang mendasar sampai hal yang cukup spesifik agar saya bisa menebaknya .
saya akan menebak apa yg bapak pikirkan menggunakan metode Decomposition yaitu kemampuan memecah data,proses atau masalah(kompleks) menjadi bagian lebih kecil/mejadi tugas tugas yang mudah dikelola
1. organisme atau spesies tersebut termasuk ke dalam kingdom apa ?
2. dimana habitatnya?
3. bagaimana cara berkembang biaknya?
4. apa ciri khas yang paling menonjol dari organisme tersebut?
Unknown mengatakan…
Nama : Nicholas Aditya
Kelas :10 IPA 1

Mungkin saya akan memberikan 8 pertanyaan;

1.apa jenis spesies tersebut
2.dimana habitat atau tempat tinggalnya
3.termasuk spesies apa itu
4.masuk dalam klasifikasi apa spesies tersebut
5.apakah dia merupakan mahluk hidup atau tidak
6.bagaimana dia cara berkembang biaknya
7.bagaimana dia bisa bertahan hidup
8.bagaimana ciri ciri fisiknya
Marwah Athifah mengatakan…
Marwah Athifah
X IPS 2 (12)

1. Organisme tersebut termasuk kedalam kingdom?
2. Dimana organisme tersebut tinggal?
3. Bagaimana organisme berkembang biak?
4. Bagaimana organisme tersebut mencari makan
5. Organisme tersebut makan apa?
6. Bagaimana cara organisme tersebut bernapas?
Unknown mengatakan…
Moch. Rifky Alfahreizi
X-Mipa 1

Saya akan membutuhkan 33 pertanyaan, yang tampaknya dengan jumlah relatif kecil karena akan menjawab pertanyaan dari miliaran kemungkinan,20 pertanyaan pertama bisa berpotensi menebak lebih dari 1 juta spesies kemungkinan,dan 13 pertanyaan lagi akan saya gunakan untuk bertanya dengan peluang -peluang yang bisa menjawab pertanyaan tersebut
Unknown mengatakan…
Rahmah Syarifah
X Mipa 1

Saya akan bertanya 3 pertanyaan yaitu :
1. Hewan itu tinggal dimana?
2. Makanannya apa?
3. Ciri yang menonjol pada dirinya?

Mungkin dengan bertanya dengan pertanyaan diatas saya dapat menyimpulkan spesies apa yang sedang bapak pikirkan.
Unknown mengatakan…
Rahmah Syarifah
X Mipa 1

Saya akan bertanya 3 pertanyaan yaitu :
1. Makanannya apa?
2. Hewan itu tinggal dimana?
3. Ciri yang menonjol pada dirinya?

Mungkin dengan bertanya dengan pertanyaan diatas saya dapat menyimpulkan spesies apa yang sedang bapak pikirkan.
Unknown mengatakan…
Gelang Raya Ramadhan
X MIPA 1

Saya akan menebak dengan cara DECOMPOSITION. Mungkin kurang lebih saya akan bertanya 5 pertanyaan seperti cara berkembang Biak, dimana habitatnya, apa makanannya, bagaimana cara dia bergerak, spesies/jenis apa organisme tersebut.
Unknown mengatakan…
Gelang Raya Ramadhan
X MIPA 1

Saya akan menebak dengan cara DECOMPOSITION. Mungkin kurang lebih saya akan bertanya 5 pertanyaan seperti cara berkembang Biak, dimana habitatnya, apa makanannya, bagaimana cara dia bergerak, spesies/jenis apa organisme tersebut.
Unknown mengatakan…
Gelang Raya Ramadhan
X MIPA 1

Saya akan menebak dengan cara DECOMPOSITION. Mungkin kurang lebih saya akan bertanya 5 pertanyaan seperti cara berkembang Biak, dimana habitatnya, apa makanannya, bagaimana cara dia bergerak, spesies/jenis apa organisme tersebut.
Unknown mengatakan…
ALYA ANNISA
X MIPA 1

Apakah organisme itu memiliki kaki?
Apakah organisme itu memiliki sayap?
Apakah organisme itu kulit nya berpola garis?
Apakah organisme itu tinggal di habitat yang suhu nya dingin?
Unknown mengatakan…
Muhammad Azka Hibrizi
X MIPA 1

Mungkin saya akan memberikan 7 pertannyaan

1.Dimana organisme tersebut hidup ?
2.Jenis makanan apa yang dimakan organisme tersebut ?
3.Bagaimana cara berkembang biak organisme tersebut ?
4.Klasifikasi organisme tersebut ?
5.Berapa umur rata rata organisme tersebut ?
6.Berapa besar ukuran organisme tersebut ?
7. Apa ciri khas yang dimiliki organisme tersebut ?
Carrisa Azani Zukhruf mengatakan…
Carrisa Azani Zukhruf
X Mipa 3
Sekiranya saya akan menanyakan beberapa pertanyaan tentang bentuk, ciri, dan fisik yang lebih spesifik tentang jenis makhluk apa, habitatnya dimana, apakah herbivora, karnivora atau omnivora, dan ciri-ciri khusus yang dimiliki makhluk tersebut. Maka dari itu kurang lebih saya akan menanyakan 10 pertanyaan yang akan saya ajukan untuk lebih tepat menebak apa yang anda pikirkan tentang jenis dan organisme makhluk tersebut
Zalfa Safitri mengatakan…
Zalfa Safitri
X Mipa 3


Sekiranya saya akan bertanya beberapa pertanyaan dasar tentang bentuk, ciri dan jenis yang lebih spesifik yaitu tentang panjang atau tidaknya, besar atau kecil, lalu jenis makhluk apa, dimana habitatnya, apakah karnivora, herbivora atau omnivora, dan ciri ciri lainnya. Lalu saya akan bertanya lagi tentang kingdom, class dan lainnya juga cara reproduksi dan berkembang biak. Maka dari itu saya akan bertanya 10-15 pertanyaan agar lebih tepat menebak apa yang anda pikirkan tentang jenis dan organisme makhluk tersebut
Zalfa Safitri mengatakan…
Zalfa Safitri
X Mipa 3


Sekiranya saya akan bertanya beberapa pertanyaan dasar tentang bentuk, ciri dan jenis yang lebih spesifik yaitu tentang panjang atau tidaknya, besar atau kecil, lalu jenis makhluk apa, dimana habitatnya, apakah karnivora, herbivora atau omnivora, dan ciri ciri lainnya. Lalu saya akan bertanya lagi tentang kingdom, class dan lainnya juga cara reproduksi dan berkembang biak. Maka dari itu saya akan bertanya 10-15 pertanyaan agar lebih tepat menebak apa yang anda pikirkan tentang jenis dan organisme makhluk tersebut
Alif Angriawan Lagonah mengatakan…
Saya kira2 akan membutuhkan sekitar 6 pertanyaan karena saya akan menebak spesies berdasarkan taksonominya dari kingdom sampai genus, dan setelah saya mencapai genus maka saya akan mencoba menebak spesies yang sedang dipikirkan oleh pengguna, walaupun akurasinya tergantung kepada total spesies yang masuk ke dalam genus tersebut akan tetapi saya pikir itu sudah lumayan cukup
Alif Angriawan Lagonah mengatakan…
Alif Angriawan Lagonah
X MIPA 2

Saya kira2 akan bertanya sekitar 6 pertanyaan karena saya akan menanyakan taksonomi dari spesies yang sedang dipikirkan pengguna mulai dari kingdomnya hingga ke genusnya. Setelah sampai di genus maka saya akan mencoba untuk menebak spesies yang dipikirkan pengguna, walaupun akurasi tebakan saya bergantung pada banyaknya spesies yang masuk ke dalam genus tersebut akan tetapi menurut saya itu sudah lumayan cukup untuk saat ini
Arini Setiya Kusumastuty mengatakan…
Arini Setiya Kusumastuty
X MIPA 2

Menanyakan morfologi dalam hal ini sangat penting, morfologi sendiri berarti menanyakan karakteristik eksternal dan internal spesies atau organisme tersebut. Beberapa pertanyaan yang mungkin saya akan tanyakan sebagai berikut:

1. Bertanya mengenai tempat tinggal hewan tersebut apakah di darat, di air, ataupun keduanya?
2. Apakah hewan tersebut bersisik, atau berbulu atau bahkan tidak mempunyai bulu maupun sisik melainkan berduri atau mempunyai cangkang dan keras?
3. Hewan tersebut apakah bernafas menggunakan pundi-pundi udara, insang, atau paru-paru?
4. Apakah hewan tersebut melakukan aktivitasnya menggunakan kaki untuk berjalan, sayap untuk terbang, atau perut untuk bergerak?
5. Apakah hewan tersebut termasuk kedalam vertebrata atau invertebrata?
6. Bertanya tentang konsumsi makanan hewan tersebut apakah termasuk hewan karnivora, omnivora, dan herbivora atau bangkai sebagai makanannya?
7. Kita juga bisa bertanya tentang karakteristik alat gerak tangan atau kaki hewan tersebut, alat gerak diciptakan berbeda setiap hewan sesuai dengan kebutuhan hewan tersebut.
8. Mungkin kita bisa juga bertanya hal-hal yang menonjol dari hewan tersebut misal seperti apakah hewan tersebut termasuk hewan tercepat di dunia? kita pasti berpikiran hewan yang dimaksud adalah cheetah, Peregrine Falcon, dan Black Marlin. Hewan ini sangat berbeda karakteristik nya jika kita bertanya sesuai dengan point-point pertanyaan sebelumnya mungkin kita akan bisa menebak hewan tercepat di dunia yang dimaksud.

Mungkin akan mudah menebak jika hewan tersebut mempunyai karakteristik yang sering ditemui disekitar lingkungan, oleh karena itu kita bisa menebak hewan tersebut dengan mudah.
Qolbi Asyifa mengatakan…
Qolbi Asyifa
X MIPA 2

1.Apakah makhluk tersebut berukuran besar atau kecil?
2.Termasuk ke dalam golongan tumbuhan, mikroorganisme atau hewan?
3.Apa ciri spesies tersebut?
4.Apa jenis spesies tersebut?
5.Termasuk dalam genus apakah spesius tersebut?
6.Apakah kekhasan dari spesies tersebut?
7.Pernahkah saya atau bapak melihat atau berinteraksi dengan spesies tersebut?
8.Apakah spesies tersebut mudah dikenali?
9.Apakah spesies tersebut memiliki nama latin?
10.Apakah spesies tersebut memiliki kesamaan fisik dengan spesies tertentu?
11.Apakah spesies itu telah mengalami perubahan sejak masa lampau?
12.Apakah spesies tersebut telah ada sejak masa lampau?
13.Apakah spesies tersebut membentuk komunitas?
14.Spesies tersebut memiliki habitat seperti apa?
Zalfa Safitri mengatakan…
Zalfa Safitri
X Mipa 3


Sekiranya saya akan bertanya beberapa pertanyaan dasar tentang bentuk, ciri dan jenis yang lebih spesifik yaitu tentang panjang atau tidaknya, besar atau kecil, lalu jenis makhluk apa, dimana habitatnya, apakah karnivora, herbivora atau omnivora, dan ciri ciri lainnya. Lalu saya akan bertanya lagi tentang kingdom, class dan lainnya juga cara reproduksi dan berkembang biak. Maka dari itu saya akan bertanya 10-15 pertanyaan agar lebih tepat menebak apa yang anda pikirkan tentang jenis dan organisme makhluk tersebut
Zalfa Safitri mengatakan…
Zalfa Safitri
X Mipa 3


Sekiranya saya akan bertanya beberapa pertanyaan dasar tentang bentuk, ciri dan jenis yang lebih spesifik yaitu tentang panjang atau tidaknya, besar atau kecil, lalu jenis makhluk apa, dimana habitatnya, apakah karnivora, herbivora atau omnivora, dan ciri ciri lainnya. Lalu saya akan bertanya lagi tentang kingdom, class dan lainnya juga cara reproduksi dan berkembang biak. Maka dari itu saya akan bertanya 10-15 pertanyaan agar lebih tepat menebak apa yang anda pikirkan tentang jenis dan organisme makhluk tersebut
Unknown mengatakan…
Nayra Auliya
X MIPA 2

Kira-kira saya akan menanyakan 5-10 pertanyaan. Pertanyaan yang saya lontarkan mulai dari habitat, jenis makanan, ciri morfologi yang menonjol, cara berkembang biak, dan termasuk hewan yang memiliki tulang belakang atau sebaliknya.
Unknown mengatakan…
Nama : Muhammad Satrya Andhika Agus
Kelas : X – IIK

Mungkin saya akan bertanya kurang lebih dari 10 pertanyaan :

1. Spesies atau organisme tersebut termasuk ke dalam Kingdom apa?
2. Berasal dari negara mana spesies atau organisme tersebut?
3. Apa ciri khas yang dimiliki organisme tersebut ?
4. Dimana habitat spesies atau organisme tersebut ?
5. Bagaimana rupa atau bentuk spesies atau organisme tersebut ?
6. Bagaimana cara spesies atau organisme tersebut makan, bernapas dan berkembang biak?
7. Apa kelebihan dan kekurangan dari spesis/organisme tersebut?
8. Apa yang menjadi ciri khas dari spesies atau organisme tersebut ? Warna nya kah atau perkembangbiakannya ?
9. Apakah spesies atau organisme tersebut termasuk hewan langka ?
10. Apa saja sih makanan hewan tersebut?

Lalu saya akan memberikan pertanyaan pertanyaan yang lebih spesifik lagi dan melakukan klasifikasi mengenai hewan yang sedang bapak pikirkan.
Unknown mengatakan…
Nama: Nadya ayu rachmadani
Kelas: X MIPA3
Mungkin saya akan berikan 10 pertanyaan kurang lebih. dimulai dari berasal dari kingdom

manakah organisme atau spesies ini berasal?, Apa ciri khas spesies atau organisme ini?. Lalu saya akan mencoba memberikan pertanyaan yang akan menghilangkan atau mengurangi adanya kemungkinan kemungkinan pertanyaan lain yang akan berakhir ke hasil jawaban akhir.
Unknown mengatakan…
Nama: Nadya ayu rachmadani
Kelas: X MIPA3
Mungkin saya akan berikan 10 pertanyaan kurang lebih. dimulai dari berasal dari kingdom

manakah organisme atau spesies ini berasal?, Apa ciri khas spesies atau organisme ini?. Lalu saya akan mencoba memberikan pertanyaan yang akan menghilangkan atau mengurangi adanya kemungkinan kemungkinan pertanyaan lain yang akan berakhir ke hasil jawaban akhir.
Fadhila mengatakan…
Nama : Laila Fadhila
Kelas : X MIPA 3

1. Kurangnya menghargai orang lain
2. Gunakan empati, pilah pilih informasi sebelum didistribusikan, jangan termakan informasi yang tidak benar.
3.Karena Kita Sedang Berkomunikasi dengan Manusia jadi Dianggap sebagai berkomunikasi langsung.
4. Pernah, yang saya lakukan adalah bertanya dengan orang yang lebih tahu dan mencari sumber kebenarannya , saya berhati² dalam pilih informasi
5. Undang-Undang ITE
6. Pernah, sebaiknya hal tersebut menjadi pelajaran bagi diri kita untuk lebih berhati-hati dalam bermedia sosial
7. Berita hoax, asusila, kekerasan, pelecehan, ujaran kebencian, pencemaran nama baik.
8. Harus berhati-hati, melaporkan kepihak berwajib, dan memblokirnya.
Fadhila mengatakan…
Nama : Laila Fadhila
Kelas : X MIPA 3

perkiraan saya akan menanyakan beberapa hal yang saya pikirkan seperti beberapa pertanyaan dasar tentang bentuk, ciri dan jenis yang lebih spesifik yaitu tentang panjang atau tidaknya, besar atau kecil, lalu jenis makhluk apa, dimana habitatnya, apakah karnivora, herbivora atau omnivora, dan ciri ciri lainnya. Lalu saya akan bertanya lagi tentang kingdom, class dan lainnya juga cara reproduksi dan berkembang biak.menanyakan taksonomi dari spesies yang sedang dipikirkan pengguna mulai dari kingdomnya hingga ke genusnya. dan lainnya juga cara reproduksi dan berkembang biak.Maka dari itu saya akan bertanya 10-15 pertanyaan agar lebih tepat menebak apa yang anda pikirkan tentang jenis dan organisme makhluk tersebut setelah saya mencapai genus maka saya akan mencoba menebak spesies yang sedang dipikirkan oleh pengguna, walaupun akurasinya tergantung kepada total spesies yang masuk ke dalam genus tersebut akan tetapi saya pikir itu sudah lumayan cukup, begitulah perkiraan pertanyaan dari saya.
Syira mengatakan…
Nama: Syira Aulia Akasyah
Kelas: X MIPA 2

Mungkin tidak akan begitu banyak.

Sekiranya, saya hanya akan bisa mengajukan kurang lebih 11 pertanyaan saja.

Dan pertanyaan-pertanyaan itu ialah:

1. Apa nama spesies tersebut?
2. Bagaimana bentuk dari spesies tersebut?
3. Apa habitat spesies tersebut?
4. Dimana kita bisa menemukan spesies tersebut?
5. Bagaimana cara spesies tersebut berjalan?
6. Jika spesies tersebut berjalan menggunakan kaki, berapakah kaki yang dimiliki oleh spesies tersebut?
7. Apakah spesies termasuk kedalam karnivora? herbivora? atau omnivora?
8. Apakah spesies tersebut memiliki duri di tubuhnya? ataukah tidak?
9. Apakah spesies tersebut memiliki keunikan? jika ada, apa saja keunikannya?
10. Bagaimana dengan ukuran spesies tersebut?
11. Bagaimana pula dengan cara bernafas spesies tersebut?
Syira mengatakan…
Nama: Syira Aulia Akasyah
Kelas: X MIPA 2

Mungkin tidak akan begitu banyak.

Sekiranya, saya hanya akan bisa mengajukan kurang lebih 11 pertanyaan saja.

Dan pertanyaan-pertanyaan itu ialah:

1. Apa nama spesies tersebut?
2. Bagaimana bentuk dari spesies tersebut?
3. Apa habitat spesies tersebut?
4. Dimana kita bisa menemukan spesies tersebut?
5. Bagaimana cara spesies tersebut berjalan?
6. Jika spesies tersebut berjalan menggunakan kaki, berapakah kaki yang dimiliki oleh spesies tersebut?
7. Apakah spesies termasuk kedalam karnivora? herbivora? atau omnivora?
8. Apakah spesies tersebut memiliki duri di tubuhnya? ataukah tidak?
9. Apakah spesies tersebut memiliki keunikan? jika ada, apa saja keunikannya?
10. Bagaimana dengan ukuran spesies tersebut?
11. Bagaimana pula dengan cara bernafas spesies tersebut?
Syira mengatakan…
Nama: Syira Aulia Akasyah
Kelas: X MIPA 2

Mungkin tidak akan begitu banyak.

Sekiranya, saya hanya akan bisa mengajukan kurang lebih 11 pertanyaan saja.

Dan pertanyaan-pertanyaan itu ialah:

1. Apa nama spesies tersebut?
2. Bagaimana bentuk dari spesies tersebut?
3. Apa habitat spesies tersebut?
4. Dimana kita bisa menemukan spesies tersebut?
5. Bagaimana cara spesies tersebut berjalan?
6. Jika spesies tersebut berjalan menggunakan kaki, berapakah kaki yang dimiliki oleh spesies tersebut?
7. Apakah spesies termasuk kedalam karnivora? herbivora? atau omnivora?
8. Apakah spesies tersebut memiliki duri di tubuhnya? ataukah tidak?
9. Apakah spesies tersebut memiliki keunikan? jika ada, apa saja keunikannya?
10. Bagaimana dengan ukuran spesies tersebut?
11. Bagaimana pula dengan cara bernafas spesies tersebut?
Yusadiningrat M. D. mengatakan…
Yusadiningrat M. D.
X MIPA 2
Mungkin saya akan memberikan kurang lebih 4 pertanyaan.
1. Termasuk dalam kingdom apa?
2. Bagaimana cara dia bernafas?
3. Bagaimana cara dia bereproduksi?
4. Dimana habitat ia tinggal?
Jika ingin lebih spesifik lagi, saya akan tanyakan terkait taksonominya. Seperti Kingdom - Filum - Kelas - Ordo - Famili - Genus - Spesies.
Khansahfsh mengatakan…
Nama : Khansa Hafishah Nabilah
Kelas : X MIPA 3

Saya akan memberikan 5-6 pertanyaan untuk menebak organisme tersebut
1. Organisme tersebut termasuk dalam kingdom apa?
2. Dimana Organisme itu tinggal?
3. Bagaimana cara Organisme itu berkembang biak?
4. Bagaimana Organisme tersebut mencari makan?
5. Bagaimana cara Organisme tersebut bernafas?
6. Apakah Organisme tersebut termasuk Vertebrata atau Avertebrata?
Khansahfsh mengatakan…
Nama : Khansa Hafishah Nabilah
Kelas : X MIPA 3

Saya akan memberikan 5-6 pertanyaan untuk menebak organisme tersebut
1. Organisme tersebut termasuk dalam kingdom apa?
2. Dimana Organisme itu tinggal?
3. Bagaimana cara Organisme itu berkembang biak?
4. Bagaimana Organisme tersebut mencari makan?
5. Bagaimana cara Organisme tersebut bernafas?
6. Apakah Organisme tersebut termasuk Vertebrata atau Avertebrata?
Unknown mengatakan…
Nama: Nadya ayu rachmadani
Kelas: X MIPA3

Mungkin saya akan berikan 10 pertanyaan kurang lebih. dimulai dari berasal dari kingdom manakah organisme atau spesies ini berasal?, Apa ciri khas spesies atau organisme ini?. Lalu saya akan mencoba memberikan pertanyaan yang akan menghilangkan atau mengurangi adanya kemungkinan kemungkinan pertanyaan lain yang akan berakhir ke hasil jawaban akhir.
Hadi mengatakan…
Hadi Ferdiansyah
X MIPA 1

Pertanyaan yang saya berikan tidak bisa diperkirakan
Saya akan memberikan ciri ciri apa yang sedang dipikirkan oleh bapak sendiri, bapak cukup menjawab iya jika ciri ciri yang saya berikan benar, dan menjawab tidak jika ciri ciri yang saya berikan salah. Ciri ciri yang saya berikan tergantung kepada hal yang bapak pikirkan, jika itu hal umum makan saya dapat menebak hanya dengan memberikan beberapa ciri ciri saja. Namun jika sudah tergolong khusus butuh beberapa ciri ciri yang saya berikan untuk menebak apa yang bapak pikirkan.
Unknown mengatakan…
Nama: Nadya Ayu Rachmadani
Kelas: X MIPA 3

Mungkin saya akan berikan 10 pertanyaan kurang lebih. dimulai dari berasal dari kingdom manakah organisme atau spesies ini berasal?, Apa ciri khas spesies atau organisme ini?. Lalu saya akan mencoba memberikan pertanyaan yang akan menghilangkan atau mengurangi adanya kemungkinan kemungkinan pertanyaan lain yang akan berakhir ke hasil jawaban akhir.
Unknown mengatakan…
Nama: Nadya Ayu Rachmadani
Kelas: X MIPA 3

Mungkin saya akan berikan 10 pertanyaan kurang lebih. dimulai dari berasal dari kingdom manakah organisme atau spesies ini berasal?, Apa ciri khas spesies atau organisme ini?. Lalu saya akan mencoba memberikan pertanyaan yang akan menghilangkan atau mengurangi adanya kemungkinan kemungkinan pertanyaan lain yang akan berakhir ke hasil jawaban akhir.
Unknown mengatakan…
Nama: Nadya Ayu Rachmadani
Kelas: X MIPA 3

Mungkin saya akan berikan 10 pertanyaan kurang lebih. dimulai dari berasal dari kingdom manakah organisme atau spesies ini berasal?, Apa ciri khas spesies atau organisme ini?. Lalu saya akan mencoba memberikan pertanyaan yang akan menghilangkan atau mengurangi adanya kemungkinan kemungkinan pertanyaan lain yang akan berakhir ke hasil jawaban akhir.
Nama : Salsabila Fitri Maghfirah
Kelas : X MIPA 2

Mungkin saya akan bertanya antara 5 hingga 10 pertanyaan, kemudian baru dapat menebak spesies tersebut dengan yakin. Pertanyaan yang akan saya ajukan kurang lebih seperti ini :
1. Dimanakah spesies tersebut tinggal?
2. Spesies tersebut termasuk herbivora, karnivora, atau omnivora?
3. Apakah terdapat ciri khas pada spesies tersebut?
4. Spesies terebut termasuk ovipar, vivipar, atau ovovivipar?
5. Apakah spesies tersebut termasuk spesies yang hampir punah atau tidak?
Setelah bertanya hal-hal di atas, mungkin saya sudah dapat menebaknya. Namun jika masih kurang yakin, saya akan mengajukan beberapa pertanyaan lagi.
Unknown mengatakan…
Nama: Muhammad Ahya Aulia
Kelas: X MIPA 2

Untuk menebak suatu organisme diperlukan informasi mengenai hal-hal yang mendasar terlebih dahulu seperti Jumlah kaki, Habitat dan Bentuk tubuh.
Kemudian baru hal-hal yang mengarah ke spesies tersebut seperti Ciri khas, Cara makan, Cara bertahan hidup, Kegiatan yang sering dilakukan disaat tertentu karena beberapa spesies memiliki kegiatan disaat tertentu seperti berhibernasi atau lainnya.
Dengan begitu saya memiliki gambaran dan bisa menebak apakah jenis spesies itu dengan lebih mudah
Nama : Nurul Huwaina Fadilla
Kelas : X MIPA 3

Organisme di bumi sangatlah banyak, ada beribu-ribu organisme bahkan jutaan organisme yang tinggal di bumi. Jika, saya akan menebak organisme apa yang sedang bapak fikirkan, saya akan memberikan sekurang-kurangnya 10-15 pertanyaan bahkan lebih, seperti :
1. Darimana organisme itu berasal? (kingdom-divisi/filum-ordo-suku-marga-jenis)
2. Bagaimana cara organisme itu bernafas?
3. Dimana habitat organisme tersebut?
4. Bagaimana cara organisme itu bertahan hidup?
5. Apa yang dilakukan organisme itu jika ia melihat predatornya?
6. Bagaimana cara organisme itu berkembangbiak?
7. Ciri-ciri apa yang paling khas dari organisme itu?
8. Dimanakah organisme tersebut dapat ditemukan?
9. Apakah organisme itu termasuk organisme yang langka atau bahkan mudah ditemukan?
10. Apakah organisme itu termasuk herbivora/karnivora/omnivora/insektivora?
11. Seberapa besar tubuh organisme itu?
12. Apakah organisme itu jinak atau liar atau bahkan bisa dijadikan ternak?
13. Apakah organisme tersebut menguntungkan atau merugikan?
14. Untuk dapat berpindah tempat, menggunakan apa organisme itu bergerak?
15. Saat ini, apakah populasi organisme itu semakin meningkat atau menurun?
Mungkin dari pertanyaan-pertanyaan yang saya ajukan diatas, saya dapat menjawab organisme apa yang sedang bapak fikirkan. Namun, jika saya merasa masih kurang atau bahkan masih kesulitan menebak, saya akan bertanya lebih spesifik lagi, hingga saya dapat menemukan jawaban yang sebenarnya.
Nama : Nurul Huwaina Fadilla
Kelas : X MIPA 3

Organisme di bumi sangatlah banyak, ada beribu-ribu organisme bahkan jutaan organisme yang tinggal di bumi. Jika, saya akan menebak organisme apa yang sedang bapak fikirkan, saya akan memberikan sekurang-kurangnya 10-15 pertanyaan bahkan lebih, seperti :
1. Darimana organisme itu berasal? (kingdom-divisi/filum-ordo-suku-marga-jenis)
2. Bagaimana cara organisme itu bernafas?
3. Dimana habitat organisme tersebut?
4. Bagaimana cara organisme itu bertahan hidup?
5. Apa yang dilakukan organisme itu jika ia melihat predatornya?
6. Bagaimana cara organisme itu berkembangbiak?
7. Ciri-ciri apa yang paling khas dari organisme itu?
8. Dimanakah organisme tersebut dapat ditemukan?
9. Apakah organisme itu termasuk organisme yang langka atau bahkan mudah ditemukan?
10. Apakah organisme itu termasuk herbivora/karnivora/omnivora/insektivora?
11. Seberapa besar tubuh organisme itu?
12. Apakah organisme itu jinak atau liar atau bahkan bisa dijadikan ternak?
13. Apakah organisme tersebut menguntungkan atau merugikan?
14. Untuk dapat berpindah tempat, menggunakan apa organisme itu bergerak?
15. Saat ini, apakah populasi organisme itu semakin meningkat atau menurun?
Mungkin dari pertanyaan-pertanyaan yang saya ajukan diatas, saya dapat menjawab organisme apa yang sedang bapak fikirkan. Namun, jika saya merasa masih kurang atau bahkan masih kesulitan menebak, saya akan bertanya lebih spesifik lagi, hingga saya dapat menemukan jawaban yang sebenarnya.
Nama : Nurul Huwaina Fadilla
Kelas : X MIPA 3

Organisme di bumi sangatlah banyak, ada beribu-ribu organisme bahkan jutaan organisme yang tinggal di bumi. Jika, saya akan menebak organisme apa yang sedang bapak fikirkan, saya akan memberikan sekurang-kurangnya 10-15 pertanyaan bahkan lebih, seperti :
1. Darimana organisme itu berasal? (kingdom-divisi/filum-ordo-suku-marga-jenis)
2. Bagaimana cara organisme itu bernafas?
3. Dimana habitat organisme tersebut?
4. Bagaimana cara organisme itu bertahan hidup?
5. Apa yang dilakukan organisme itu jika ia melihat predatornya?
6. Bagaimana cara organisme itu berkembangbiak?
7. Ciri-ciri apa yang paling khas dari organisme itu?
8. Dimanakah organisme tersebut dapat ditemukan?
9. Apakah organisme itu termasuk organisme yang langka atau bahkan mudah ditemukan?
10. Apakah organisme itu termasuk herbivora/karnivora/omnivora/insektivora?
11. Seberapa besar tubuh organisme itu?
12. Apakah organisme itu jinak atau liar atau bahkan bisa dijadikan ternak?
13. Apakah organisme tersebut menguntungkan atau merugikan?
14. Untuk dapat berpindah tempat, menggunakan apa organisme itu bergerak?
15. Saat ini, apakah populasi organisme itu semakin meningkat atau menurun?
Mungkin dari pertanyaan-pertanyaan yang saya ajukan diatas, saya dapat menjawab organisme apa yang sedang bapak fikirkan. Namun, jika saya merasa masih kurang atau bahkan masih kesulitan menebak, saya akan bertanya lebih spesifik lagi, hingga saya dapat menemukan jawaban yang sebenarnya.
Unknown mengatakan…
Nadia Nur Fazira
X MIPA 2

Saya akan bertanya hal apa saja yang bisa dijelaskan mengenai organisme tersebut, namun jika saya menanyakannya secara terperinci,maka pertanyaan yang akan saya ajukan yaitu mengenai jenisnya, habitatnya, makanannya, nama/panggilan umumnya, cara berkembangbiaknya, manfaatnya bagi lingkungan sekitar/manusia, populasinya, berbahaya atau tidak, dan sifat merugikan organisme tersebut bagi manusia

Terimakasih, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Unknown mengatakan…
Nadia Nur Fazira
X MIPA 2

Saya akan bertanya hal apa saja yang bisa dijelaskan mengenai organisme tersebut, namun jika saya menanyakannya secara terperinci,maka pertanyaan yang akan saya ajukan yaitu mengenai jenisnya, habitatnya, makanannya, nama/panggilan umumnya, cara berkembangbiaknya, manfaatnya bagi lingkungan sekitar/manusia, populasinya, berbahaya atau tidak, dan sifat merugikan organisme tersebut bagi manusia

Terimakasih, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Unknown mengatakan…
Nadia Nur Fazira
X MIPA 2

Saya akan bertanya hal apa saja yang bisa dijelaskan mengenai organisme tersebut, namun jika saya menanyakannya secara terperinci,maka pertanyaan yang akan saya ajukan yaitu mengenai jenisnya, habitatnya, makanannya, nama/panggilan umumnya, cara berkembangbiaknya, manfaatnya bagi lingkungan sekitar/manusia, populasinya, berbahaya atau tidak, dan sifat merugikan organisme tersebut bagi manusia

Terimakasih, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Fatimah Nurlaily mengatakan…
FATIMAH NURLAILY X IPA 3


1. Apa ciri khas yang dimiliki organisme tersebut ?
2. Apakah spesies tersebut membentuk komunitas?
3. Apakah organisme itu kulit nya berpola garis?
4. Apa makanan yang organisme makan?
Nama : Nurul Huwaina Fadilla
Kelas : X MIPA 3

Organisme di bumi sangatlah banyak, ada beribu-ribu organisme bahkan jutaan organisme yang tinggal di bumi. Jika, saya akan menebak organisme apa yang sedang bapak fikirkan, saya akan memberikan sekurang-kurangnya 10-15 pertanyaan bahkan lebih, seperti :
1. Darimana organisme itu berasal? (kingdom-divisi/filum-ordo-suku-marga-jenis)
2. Bagaimana cara organisme itu bernafas?
3. Dimana habitat organisme tersebut?
4. Bagaimana cara organisme itu bertahan hidup?
5. Apa yang dilakukan organisme itu jika ia melihat predatornya?
6. Bagaimana cara organisme itu berkembangbiak?
7. Ciri-ciri apa yang paling khas dari organisme itu?
8. Dimanakah organisme tersebut dapat ditemukan?
9. Apakah organisme itu termasuk organisme yang langka atau bahkan mudah ditemukan?
10. Apakah organisme itu termasuk herbivora/karnivora/omnivora/insektivora?
11. Seberapa besar tubuh organisme itu?
12. Apakah organisme itu jinak atau liar atau bahkan bisa dijadikan ternak?
13. Apakah organisme tersebut menguntungkan atau merugikan?
14. Untuk dapat berpindah tempat, menggunakan apa organisme itu bergerak?
15. Saat ini, apakah populasi organisme itu semakin meningkat atau menurun?
Mungkin dari pertanyaan-pertanyaan yang saya ajukan diatas, saya dapat menjawab organisme apa yang sedang bapak fikirkan. Namun, jika saya merasa masih kurang atau bahkan masih kesulitan menebak, saya akan bertanya lebih spesifik lagi, hingga saya dapat menemukan jawaban yang sebenarnya.
Unknown mengatakan…
Nama : Annida Fauziyah
Kelas : X MIPA 2

mungkin saya akan mengajukan bbrp pertanyaan dibawah ini
1. termasuk kingdom apa organisme tersebut?
2. dimanakah habitatnya?
3. apakah dia berkembang biak dan bagaimana cara dia berkembang biak?
4. apa ciri ciri fisik dari organisme tersebut?
5. apa makanan organisme tsb?
lalu jika masi ragu saya akan memastikan jawaban dgn
mengajukan pertanyaan yang lebih spesifik lgi
Unknown mengatakan…
Nama : Annida Fauziyah
Kelas : X MIPA 2

mungkin saya akan mengajukan bbrp pertanyaan dibawah ini
1. termasuk kingdom apa organisme tersebut?
2. dimanakah habitatnya?
3. apakah dia berkembang biak dan bagaimana cara dia berkembang biak?
4. apa ciri ciri fisik dari organisme tersebut?
5. apa makanan organisme tsb?
lalu jika masi ragu saya akan memastikan jawaban dgn
mengajukan pertanyaan yang lebih spesifik lgi
Unknown mengatakan…
Nama : Annida Fauziyah
Kelas : X MIPA 2

mungkin saya akan mengajukan bbrp pertanyaan dibawah ini
1. termasuk kingdom apa organisme tersebut?
2. dimanakah habitatnya?
3. apakah dia berkembang biak dan bagaimana cara dia berkembang biak?
4. apa ciri ciri fisik dari organisme tersebut?
5. apa makanan organisme tsb?
lalu jika masi ragu saya akan memastikan jawaban dgn
mengajukan pertanyaan yang lebih spesifik lgi
Unknown mengatakan…
Najwa Husna - X MIPA 2

saya akan mengajukan satu pertanyaan
1. Bagaimana ciri ciri organisme tersebut?
Saira Azahra X-IPS2 mengatakan…
Saira azahra X-IPS2
1. Sikap yang dimiliki Ibob merupakan sikap yang tidak baik. Ibob tidak tau cara menghargai orang lain, sehingga dapat menggangu orang yang ada di sekitar nya.

2. - Gunakan empati dalam berkomunikasi.
- pilah dan pilih informasi yang akan disampaikan.
- jangan sampai termakan dengan informasi yang tidak benar (Hoax).
- Berhati-hatilah jika ingin menuliskan pesan atau infromasi, jangan sampai ketikan atau ucapan kita mengandung ujaran kebencian.
- mematuhi UU berkomunikasi di media sosial.

3. Karena kita saling berkomunikasi dengan sesama manusia di balik akun (virtual) jadi kita tetap harus mempunyai empati saat berkomunikasi, agar kita mengerti apa yang di rasakan oleh orang lain dan tidak menyinggung perasaan orang lain . Jika kita tidak punya empati makan orang lain akan tersinggung dan marah terhadap kita.

4. Pernah. Pertama- tama saya harus mencari tahu lebih lanjut lagi tentang berita itu, mencari dari berbagai sumber yang terpercaya, jika ternyata berita itu salah atau tidak ada kebenarannya maka saya tidak akan membaca nya lagi dan saya akan memberitahu kepada orang lain tentang berita hoax itu , Agar tidak ada lagi orang yang terkena dampak akibat berita hoax itu.

5. Undang-undang ITE ( Informasi dan Transaksi Elektronik )

6. Pernah. Dengan adanya kasus tersebut menjadi kan pelajaran bagi kita khususnya pengguna media sosial agar lebih berhati hati lagi dalam menggunakan media sosial dan lebih menjaga etika dalam bersosial media.

7. Informasi yang menyesatkan, hoax , ujaran atau simbol kebencian, penipuan atau penggelapan, spam, kekerasan atau organisasi berbahaya, perundungan ( bullying), pelecehan, ketelanjangan atau aktivitas seksual, pencemaran nama baik.

8. berhati hati , Segera melaporkan kepada pihak berwajib , dan memblokir akun hoax tersebut.
Saira Azahra X-IPS2 mengatakan…
1. Sikap yang dimiliki Ibob merupakan sikap yang tidak baik. Ibob tidak tau cara menghargai orang lain, sehingga dapat menggangu orang yang ada di sekitar nya.

2. - Gunakan empati dalam berkomunikasi.
- pilah dan pilih informasi yang akan disampaikan.
- jangan sampai termakan dengan informasi yang tidak benar (Hoax).
- Berhati-hatilah jika ingin menuliskan pesan atau infromasi, jangan sampai ketikan atau ucapan kita mengandung ujaran kebencian.
- mematuhi UU berkomunikasi di media sosial.

3. Karena kita saling berkomunikasi dengan sesama manusia di balik akun (virtual) jadi kita tetap harus mempunyai empati saat berkomunikasi, agar kita mengerti apa yang di rasakan oleh orang lain dan tidak menyinggung perasaan orang lain . Jika kita tidak punya empati makan orang lain akan tersinggung dan marah terhadap kita.

4. Pernah. Pertama- tama saya harus mencari tahu lebih lanjut lagi tentang berita itu, mencari dari berbagai sumber yang terpercaya, jika ternyata berita itu salah atau tidak ada kebenarannya maka saya tidak akan membaca nya lagi dan saya akan memberitahu kepada orang lain tentang berita hoax itu , Agar tidak ada lagi orang yang terkena dampak akibat berita hoax itu.

5. Undang-undang ITE ( Informasi dan Transaksi Elektronik )

6. Pernah. Dengan adanya kasus tersebut menjadi kan pelajaran bagi kita khususnya pengguna media sosial agar lebih berhati hati lagi dalam menggunakan media sosial dan lebih menjaga etika dalam bersosial media.

7. Informasi yang menyesatkan, hoax , ujaran atau simbol kebencian, penipuan atau penggelapan, spam, kekerasan atau organisasi berbahaya, perundungan ( bullying), pelecehan, ketelanjangan atau aktivitas seksual, pencemaran nama baik.

8. berhati hati , Segera melaporkan kepada pihak berwajib , dan memblokir akun hoax tersebut.
Saira Azahra X-IPS2 mengatakan…
1. Sikap yang dimiliki Ibob merupakan sikap yang tidak baik. Ibob tidak tau cara menghargai orang lain, sehingga dapat menggangu orang yang ada di sekitar nya.

2. - Gunakan empati dalam berkomunikasi.
- pilah dan pilih informasi yang akan disampaikan.
- jangan sampai termakan dengan informasi yang tidak benar (Hoax).
- Berhati-hatilah jika ingin menuliskan pesan atau infromasi, jangan sampai ketikan atau ucapan kita mengandung ujaran kebencian.
- mematuhi UU berkomunikasi di media sosial.

3. Karena kita saling berkomunikasi dengan sesama manusia di balik akun (virtual) jadi kita tetap harus mempunyai empati saat berkomunikasi, agar kita mengerti apa yang di rasakan oleh orang lain dan tidak menyinggung perasaan orang lain . Jika kita tidak punya empati makan orang lain akan tersinggung dan marah terhadap kita.

4. Pernah. Pertama- tama saya harus mencari tahu lebih lanjut lagi tentang berita itu, mencari dari berbagai sumber yang terpercaya, jika ternyata berita itu salah atau tidak ada kebenarannya maka saya tidak akan membaca nya lagi dan saya akan memberitahu kepada orang lain tentang berita hoax itu , Agar tidak ada lagi orang yang terkena dampak akibat berita hoax itu.

5. Undang-undang ITE ( Informasi dan Transaksi Elektronik )

6. Pernah. Dengan adanya kasus tersebut menjadi kan pelajaran bagi kita khususnya pengguna media sosial agar lebih berhati hati lagi dalam menggunakan media sosial dan lebih menjaga etika dalam bersosial media.

7. Informasi yang menyesatkan, hoax , ujaran atau simbol kebencian, penipuan atau penggelapan, spam, kekerasan atau organisasi berbahaya, perundungan ( bullying), pelecehan, ketelanjangan atau aktivitas seksual, pencemaran nama baik.

8. berhati hati , Segera melaporkan kepada pihak berwajib , dan memblokir akun hoax tersebut.
Unknown mengatakan…
Najah Al Karimah X MIPA 1

Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan seperti :
1. Darimana asalnya spesies/organisme itu berasal?(kingdom-divisi/filum-ordo-suku-marga-jenis)
2. Dengan cara apa spesies/organisme itu bernafas?
3. Dimana habitat spesies/organisme tersebut?
5. Bagaimana cara spesies/organisme itu berkembang biak?
6. Apa ciri yang paling khas dari organisme tersebut?
7. Apakah organisme itu termasuk langka atau mudah ditemukan?
8. Apa jenis spesies/organisme (herbivora/karnivora/omnivora/insektivora)?
9. Apa spesies/organisme menguntungkan atau merugikan bagi lingkungannya?
Dan beberapa pertanyaan lainnya untuk menanyakan ciri-ciri fisik organisme tersebut. Mungkin saya akan bisa menebak spesies/organisme apa yang sedang dipikirkan.
Unknown mengatakan…
Naurah Aisyah Andriany
Kelas X-IPS 2
No.Absen : 23

Mungkin saya akan memberikan beberapa pertanyaan untuk mengetahui informasi lebih dalam dari organisme itu. Contoh pertanyaan yang saya ajukan adalah seperti Apa ciri-ciri organisme tersebut, Darimana asal organisme itu, Termasuk jenis apa organisme itu, Dimana habitatnya, Apakah ukuran organisme itu besar atau malah sebaliknya, Bagaimana cara organisme itu berkembang biak, dan bertahan hidup.
1 – 200 dari 242 Lebih baru Terbaru
Lebih baru Lebih lama

Teknologi

FB GEG East Jakarta