Like Us




A. Apa Itu Computational Thinking?

Kemampuan berpikir kreatif, kritis dan komunikasi serta kolaborasi adalah kemampuan yang paling penting dalam (21st century learning) pembelajaran di abad kedua-puluh-satu, di antara kemampuan-kemampuan lainnya seperti membaca, matematik, sains. Siswa zaman sekarang perlu untuk mengembangkan keterampilan berpikir, menguasai pengetahuan tentang konten dari persoalan yang dihadapi (content knowledge), dan mempunyai kompetensi sosial dan emosional untuk mengarungi kehidupan dan lingkungan kerja yang semakin kompleks.

Di bidang “Computing” (diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi “komputasi”), kemampuan berpikir yang perlu dikuasai sejak pendidikan dasar adalah “Computational Thinking“ (CT). CT adalah proses berpikir untuk memformulasikan persoalan dan solusinya, sehingga solusi tersebut secara efektif dilaksanakan oleh sebuah agen pemroses informasi ("komputer", robot, atau manusia). CT adalah sebuah metoda dan proses berpikir untuk penyelesaian persoalan dengan menerapkan:
  • Dekomposisi dan formulasi persoalan, sedemikian rupa sehingga dapat diselesaikan dengan cepat dan efisien serta optimal dengan menggunakan komputer sebagai alat bantu; Organisasi dan analisis data secara logis;
  • Representasi data melalui abstraksi dalam bentuk model, dan melakukan simulasi;
  • Otomasi solusi melalui berpikir algoritmik (langkah-langkah yang terurut);
  • Identifikasi, analisis, dan implementasi solusi yang mungkin dengan tujuan langkah dan sumberdaya yang efisien dan efektif;
  • Pengenalan pola persoalan, generalisasi serta mentransfer proses penyelesaian persoalan ke sekumpulan persoalan sejenis.
Computational Thinking adalah sebuah cara berpikir untuk memecahkan persoalan, merancang sistem, memahami perilaku manusia. Computational Thinking melandasi konsep informatika. Di dunia saat ini dimana komputer ada di mana-mana untuk membantu berbagai segi kehidupan, Computational Thinking harus menjadi dasar bagaimana seseorang berpikir dan memahami dunia dengan persoalan-persoalannya yang semakin kompleks. Computational Thinking berarti berpikir untuk menciptakan dan menggunakan beberapa tingkatan abstraksi, mulai memahami persoalan sehingga mengusulkan pemecahan solusi yang efektif, efisien, “fair” dan aman. Computational Thinking berarti memahami konsekuensi dari skala persoalan dan kompleksitasnya, tak hanya demi efisiensi, tetapi juga untuk alasan ekonomis dan sosial.

Di negara maju, “Computer Science” (yang di Indonesia diterjemahkan sebagai “Informatika”) sudah mulai diajarkan sejak usia dini di tingkat pendidikan dasar, dengan materi dan kegiatan yang dirancang dengan mengacu ke kerangka kurikulum yang disusun oleh persatuan guru-guru, asosiasi profesi informatika, perusahaan terkemuka di bidang informatika dan TIK, serta organisasi-organisasi nirlaba yang peduli terhadap perlunya edukasi tentang informatika sejak usia dini [https://k12cs.org]. Kerangka kurikulum Informatika tersebut mendefinisikan lima bidang pengetahuan yaitu: Sistem Komputer (CE), Jaringan Komputer (NW), Analisis Data (DA), Algoritma dan Pemrograman (AP), dan Aspek Sosial dari pemanfaatan Informatika (SOC). Selain pengetahuan, juga didefinisikan praktek-praktek komputasi untuk mengemas pengetahuan dan memraktekkannya, yaitu: pembinaan menumbuhkan budaya komputasi, menciptakan artifak, berkolaborasi untuk mewujudkan suatu produk TIK, menguji dan memperbaiki/ menyempurnakan artefak TIK, mengenali dan mendefinisikan problemaproblema komputasi, berkomunikasi tentang komputasi, dan mengembangkan serta menggunakan abstraksi.

Berpikir itu dapat dipelajari dan diasah dengan berlatih, serta mengkonstruksi pola pikir berdasarkan pengalaman. Computational Thinking juga dapat dipelajari dengan cara berlatih menyelesaikan persoalan-persoalan yang terkait komputasi, melalui persoalan sehari-hari. Lewat latihan-latihan yang menarik, siswa menerapkan teknik yang cocok (dekomposisi, abstraksi, pengenalan pola, representasi data, algoritmik) untuk mendapatkan solusi. Setelah latihan, siswa diharapkan melakukan refleksi serta mengkonstruksi pengetahuan berpikir, kemudian membentuk pola berpikir komputasional, yang semakin lama semakin tajam, cepat, efisien, dan optimal.

Perbedaan ICT/TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dengan Informatika

Sejalan dengan itu, ICT (Information and Communication Technology, dalam bahasa Indonesia disebut Teknologi Informasi dan Komunikasi/TIK) mulai dibedakan dengan Informatika. TIK mengarah ke penggunaan teknologi dan perangkat/gadget, sedangkan Informatika mengarah ke keilmuan dan desain
produk-produk informatika baik yang nyata (piranti pintar), maupun yang abstrak seperti program aplikasi, dan algoritma.

Kemampuan TIK lebih mengarah ke penggunaan teknologi danperangkat/gadget, sedangkan Informatika mengarah ke keilmuankomputasinya. Penggunaan TIK yang dimaksud bukan hanya ketrampilan menggunakan gadget dan aplikasinya, tetapi juga kemampuan untuk menggunakan dan memanfaatkan konten dengan bijak.

Agar bangsa Indonesia mampu bersaing dengan negara lain, anak Indonesia tidak cukup menjadi pengguna teknologi saja, melainkan harus lebih kreatif dan inovatif untuk menciptakan produk-produk TIK. Untuk ini, siswa perlu mempelajari informatika.

(Sumber: Tantangan Bebras Indonesia Bahan Belajar Computational Thinking, NBO Bebras Indonesia)

CT adalah metode berpikir yang dipakai programmer ketika menulis program. Beberapa metode ini antara lain :

  • Decomposition : Kemampuan memecah data, proses atau masalah (kompleks) menjadi bagian-bagian yang lebih kecil atau menjadi tugastugas yang mudah dikelola. Misalnya memecah ‘Drive/Direktory’ dalam sebuah komputer berdasarkan komponen penyusunnya: File dan Direktory.
  • Pattern Recognition : Kemampuan untuk melihat persamaan atau bahkan perbedaan pola, tren dan keteraturan dalam data yang nantinya akan digunakan dalam membuat prediksi dan penyajian data. Misalnya mengenali pola file dokumen, file sistem, file eksekusion atau struktur data/file.
  • Abstraksi : Melakukan generalisasi dan mengidentifikasi prinsip-prinsip umum yang menghasilkan pola, tren dan keteraturan tersebut. Misalnya dengan menempatkan semua file sistem di folder Windows, file program di folder Program Files, file data/dokumen di Folder Mydocument dan file pendukung di Drive/Direktory terpisah.
  • Algorithm Design : Mengembangkan petunjuk pemecahan masalah yang sama secara step-by-step, langkah demi langkah, tahapan demi tahapan sehingga orang lain dapat menggunakan langkah/informasi tersebut untuk menyelesaikan permasalahan yang sama. Misalnya bagaimanakah langkah mencari file-file dokumen yang ada dalam sebuah komputer ?
Karakteristik berpikir komputasi adalah:
  1. Mampu memberikan pemecahan masalah menggunakan komputer atauperangkat lain.
  2. Mampu mengorganisasi dan menganalisa data.
  3. Mampu melakukan representasi data melalui abstraksi dengan suatu model atau simulasi.
  4. Mampu melakukan otomatisasi solusi melalui cara berpikir algoritma.
  5. Mampu melakukan identifikasi, analisa dan implementasi solusi dengan berbagai kombinasi langkah / cara dan sumber daya yang efisien danefektif.
  6. Mampu melakukan generalisasi solusi untuk berbagai masalah yang berbeda

Contoh
Computational Thinking (CT) :

Bagaimanakah(orgenazing/pengorganisasian) cara mengenali dan mengklasifikasikan organisme secara efektif dan efesien ?
  • Decomposition : Melihat dengan cara yang berbeda bagaimana organisme dapat diklasifikasikan. Misalnya, dengan membagi organisme tersebut berdasarkan habitatnya, organisme tersebut hidup di air atau organisme tersebut memiliki sayap untuk dapat terbang di udara.
  • Pattern Recognition : Mengembangkan metode untuk mengklasifikasikan dengan efesien beberapa organisme berdasarkan karakteristik bersama.
  • Abstraksi : Menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengklasifikasikan beberapa organisme berdasarkan metode ini dapat membantu Anda untuk memprediksi berapa banyak pertanyaan atau klasifikasi yang dibutuhkan untuk mengklasifikasikan semua organisme
    yang diketahui.
  • Algorithm Design : Pada bagian ini Anda tidak mengembangkan algoritma, tetapi Anda mungkin berpikir cara lain yang lebih efisien untuk  mengklasifikasikan organisme di luar metode yang digunakan dalam kegiatan ini.
Pertanyaan : 
Berapakah banyak pertanyaan yang harus anda ajukan kepada saya, sehingga anda mampu menebak dengan yakin Spesis / organisme yang terfikirkan oleh saya yang ada di bumi ini ?

Jawablah di komentar artikel ini dan dimohon kepada peserta didik untuk mejawab dengan menggunakan nama bukan Anonymous, berikan nama lengkap kalian dan gunakan email resmi MAN 9 Jakarta. Terima kasih.

675 Komentar

Aisyah mengatakan…
AISYAH SEKAR NASTITI
X IPS 2

Kurang lebih mungking 5, saya akan bertanya mengenai ciri" organisme tersebut, besar atau kecil, habitatnya seperti apa, herbivora atu karnivora, bergerak menggunakan apa, berwarna apa. Jika kurang akan saya tanya lebih spesifik lagi
Aisyah mengatakan…
AISYAH SEKAR NASTITI
X IPS 2

Kurang lebih mungking 5, saya akan bertanya mengenai ciri" organisme tersebut, besar atau kecil, habitatnya seperti apa, herbivora atu karnivora, bergerak menggunakan apa, berwarna apa. Jika kurang akan saya tanya lebih spesifik lagi
Unknown mengatakan…
Muhammad Reza Faturahman
X Ips 2
saya akan bertanya 10 pertanyaan seperti
1. dimanakah habitatnya
2. apa makanannya
3. berwarna apa kulit atau bulunya
4. termasuk spesies macam apa
5. kakinya berapa
6. bagaimana cara berkembang biaknya
7. ia bernafas menggunakan apa
8. ciri khusus dari spesies in apa
9. termasuk kedalam kingdom apa spesies ini
10. seperti apa bentuk nya
Unknown mengatakan…
Muhammad Reza Faturahman
Xips2
saya akan bertanya 10 pertanyaan seperti
1. dimanakah habitatnya
2. apa makanannya
3. berwarna apa kulit atau bulunya
4. termasuk spesies macam apa
5. kakinya berapa
6. bagaimana cara berkembang biaknya
7. ia bernafas menggunakan apa
8. ciri khusus dari spesies in apa
9. termasuk kedalam kingdom apa spesies ini
10. seperti apa bentuk nya
Unknown mengatakan…
jihan cantika X IPS 2
mungkin saya akan bertanya kurang lebih 4 pertanyaan
dimulai dari
dimanakah habitat spesies tersebut?
bagaimana spesies itu berkembang biak?
apakah organisme tersebut jenis karnivora, omnivora, atau herbivora?
apakah spesies tersebut langka?
Unknown mengatakan…
Syahwa Aulia
X IPS 2

Saya akan memberikan 6 pertanyaan, pertanyaan tersebut yaitu :
1. Berasal dari kingdom manakah organisme atau spesies ini?
2. Apakah termasuk spesies langka atau tidak?
3. Apakah ciri khas spesies ini?
4. Apakah ia termasuk hewan mamalia?
5. Berapa banyak kaki dan tangan yang spesies ini miliki?
6. Apakah spesies ini tinggal di daratan atau di lautan?
Unknown mengatakan…
Dwi Seftiani Syafitri
x-agama (04)

mungkin saya akan memberikan 5 pertanyaan.

1. Dimana hewan tersebut tinggal?
2. Apa jenis hewan tersebut?
3. Bagaimana cara berkembang biak hewan tersebut?
4. Apa makanan hewan tersebut?
5. Apa ciri fisik yang menonjol pada hewan tersebut?
Unknown mengatakan…
Najmi Camelia Qalby
X-Agama (19)

saya akan memberikan beberapa pertanyaan, yaitu :

1. bagaimana cara hewan tersebut berkembang biak?
2. dimana spesies tersebut tinggal?
3. apa makanan hewan tersebut?
4. bagaimana cara hewan tersebut bernafas?
5. apa ciri ciri hewan tersebut?
Unknown mengatakan…
Fatima Nayyara R. X MIPA 1

Sebelum nya saya sudah komentar tapiungkin jawabannya blm tepat.
Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan seperti, hewan tsb bernafas menggunakan apa, spesies dia apa? Jenis makanannya apa (Karni/Omni/herbi), habitatnya dimana dsbg jika setelah mendapat jawaban dari pertanyaan tsb nun saya blm dpt menebak nya saya akan berttlanya lebih spesifik lagi.
Unknown mengatakan…
Fatima Nayyara R. X MIPA 1

Sebelum nya saya sudah komentar tapiungkin jawabannya blm tepat.
Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan seperti, hewan tsb bernafas menggunakan apa, spesies dia apa? Jenis makanannya apa (Karni/Omni/herbi), habitatnya dimana dsbg jika setelah mendapat jawaban dari pertanyaan tsb nun saya blm dpt menebak nya saya akan berttlanya lebih spesifik lagi.
Unknown mengatakan…
Fatima Nayyara R. X MIPA 1

Sebelum nya saya sudah komentar tapi mungkin jawabannya blm tepat.
Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan seperti, hewan tsb bernafas menggunakan apa, spesies dia apa? Jenis makanannya apa (Karni/Omni/herbi), habitatnya dimana dsbg jika setelah mendapat jawaban dari pertanyaan tsb nun saya blm dpt menebak nya saya akan berttlanya lebih spesifik lagi.
Unknown mengatakan…
Nama : Zahra Fildzan Shabrina
Kelas X MIPA 2
Absen 36

menurut saya sesuai dengan organismenya, jika organisme tersebut termasuk organisme yang banyak diketahui orang saya hanya akan mengajukan sedikit pertanyaan, sedangkan kalau itu organisme langka kemungkinan saya akan mengajukan banyak pertanyaan

maaf pak saya cari-cari tenyata ini yang belum saya kerjakan bukan yang komentar yang satunya lagi pak huhuhu
Unknown mengatakan…
Nama : Zahra Fildzan Shabrina
Kelas X MIPA 2
Absen 36

menurut saya sesuai dengan organismenya, jika organisme tersebut termasuk organisme yang banyak diketahui orang saya hanya akan mengajukan sedikit pertanyaan, sedangkan kalau itu organisme langka kemungkinan saya akan mengajukan banyak pertanyaan

maaf pak saya cari-cari tenyata ini yang belum saya kerjakan bukan yang komentar yang satunya lagi pak huhuhu
Unknown mengatakan…
Mengatakan

Sarah Vania Rahma
X MIPA 2 (25)

Saya akan bertanya kurang lebih 5 pertanyaan, yang meliputi spesifikasi makhluk hidup tersebut atau ciri2 makhluk hidup tersebut
Unknown mengatakan…
Muhammad Mushthafa Masyhur
X MIPA 3
No. Absen 20

Mungkin saya akan memberikan sedikit pertanyaan,

1. Apa Ciri-ciri organisme tersebut?
2. Apakah spesies tersebut memiliki komunitas?
3. Bagaimana cara organisme berkembang biak?
4. Bagaimana cara organisme bertahan hidup?

Sekian Terimakasih.
syakira mumtazah mengatakan…
Nama : Syakira Mumtazah
Kelas : X Agama

Saya akan memberikan pertanyaan minimal 10 untuk mengetahui organisme tersebut. seperti tempat tinggalnya, ciri-ciri, dan lain-lain.

contoh :
1. dimanakah tempat tinggal organisme tersebut?
2. apakah ia tinggal di daratan?
3. apa yang ia gunakan untuk bernafas?
4. berapa jumlah kakinya?
5. berapa jumlah tangannya?
6. apa ciri-ciri yang sangat menonjol?
7. bagaimana cara hewan itu berkembang biak?
8. apa ukuran dari organisme tersebut?
9. dia berjalan dan berpindah tempat menggunakan apa?
10. termasuk kedalam kelompok pemakan apa?
Unknown mengatakan…
Muhammad Mushthafa Masyhur
X MIPA 3
NO. 20

Saya akan memberikan sedikit pertanyaan
1. apakah organisme makan?pakai apa? bagaimana caranya?

Sekian Terimakasih.
Unknown mengatakan…
Mushthafa Masyhur
X MIPA 3
NO. 20

Saya akan memberikan sedikit pertanyaan

1. apakah organisme makan? pakai apa? bagaimana caranya?

Sekian Terimakasih.
Jihan Sheila mengatakan…
Jihan Sheila Zakia Azhaar
kelas X-MIPA 3
Berapakah banyak pertanyaan yang harus anda ajukan kepada saya, sehingga anda mampu menebak dengan yakin Spesis / organisme yang terfikirkan oleh saya yang ada di bumi ini ? (Bisa saja anda menjawab 10, 12, 20 atau 25 pertanyaan. Seperti permainan “Siapa Dia ?”) Hal tersebut merupakan tantangan menarik namun bisa jadi sulit. Sebenarnya tantangan tersebut relatif mudah untuk dijawab ketika anda menerapkan Decomposition, yakni memecah data/proses/masalah menjadi data/proses/masalah yang lebih kecil. Misalnya : Organisme manakah yang ada di fikiran saya, coba tebak ? 1.Apakah organisme itu memiliki kaki ? 2.Apakah organisme itu memiliki sayap ?
3.Apakah organisme itu kulit/bulunya berpola garis Anda dapat menebak nama organisme yang ada di fikiran saya dengan mengajukan hanya 3 (tiga) pertanyaan tersebut dari 8 kemungkinan jawaban. Jawabannya adalah Harimau.
Jihan Sheila mengatakan…
Jihan Sheila Zakia Azhaar
kelas X-MIPA 3

Berapakah banyak pertanyaan yang harus anda ajukan kepada saya, sehingga anda mampu menebak dengan yakin Spesis / organisme yang terfikirkan oleh saya yang ada di bumi ini ? (Bisa saja anda menjawab 10, 12, 20 atau 25 pertanyaan. Seperti permainan “Siapa Dia ?”) Hal tersebut merupakan tantangan menarik namun bisa jadi sulit. Sebenarnya tantangan tersebut relatif mudah untuk dijawab ketika anda menerapkan Decomposition, yakni memecah data/proses/masalah menjadi data/proses/masalah yang lebih kecil. Misalnya : Organisme manakah yang ada di fikiran saya, coba tebak ? 1.Apakah organisme itu memiliki kaki ? 2.Apakah organisme itu memiliki sayap ?
3.Apakah organisme itu kulit/bulunya berpola garis Anda dapat menebak nama organisme yang ada di fikiran saya dengan mengajukan hanya 3 (tiga) pertanyaan tersebut dari 8 kemungkinan jawaban. Jawabannya adalah Harimau.
Jihan Sheila mengatakan…
Jihan Sheila Zakia Azhaar
kelas X-MIPA 3

Berapakah banyak pertanyaan yang harus anda ajukan kepada saya, sehingga anda mampu menebak dengan yakin Spesis / organisme yang terfikirkan oleh saya yang ada di bumi ini ? (Bisa saja anda menjawab 10, 12, 20 atau 25 pertanyaan. Seperti permainan “Siapa Dia ?”) Hal tersebut merupakan tantangan menarik namun bisa jadi sulit. Sebenarnya tantangan tersebut relatif mudah untuk dijawab ketika anda menerapkan Decomposition, yakni memecah data/proses/masalah menjadi data/proses/masalah yang lebih kecil. Misalnya : Organisme manakah yang ada di fikiran saya, coba tebak ? 1.Apakah organisme itu memiliki kaki ? 2.Apakah organisme itu memiliki sayap ?
3.Apakah organisme itu kulit/bulunya berpola garis Anda dapat menebak nama organisme yang ada di fikiran saya dengan mengajukan hanya 3 (tiga) pertanyaan tersebut dari 8 kemungkinan jawaban. Jawabannya adalah Harimau.
Unknown mengatakan…
Muhammad Daffa Fachrezi
X MIPA 2

1. Menurut tanggapan saya sikap ibob yang selalu mengganggu Kris adalah sikap yang tidak baik karena sikap yg dilakukan nya dapat merugikan orang lain, sangat mengganggu dan tidak menghargai orang lain.

2. - gunakan empati
- pilih dan pilah informasi sebelum di distribusikan
- jangan termakan informasi yang tidak benar

3. Karena ketika kita bermain media sosial, kita seperti berhadapan dengan manusia secara langsung, jadi penting sekali menerapkan sikap empati, menghargai antar pengguna media sosial yang lain, dengan mengerti atau memahami orang lain.

4. Pernah, banyak sekali berita hoax yang tersebar di media sosial jadi penting untuk kita memilih atau memilah berita yang tersebar dengan memastikan kebenaran dan keakuratan berita tersebut, jangan mudah percaya dan tidak seenaknya menyebar luaskan berita yang belum diketahui kebenarannya.

5. UU-ITE

6. Pernah, tetap mengutamakan empati, selalu berhati-hati dalam menggunakan media sosial, dan jadikan pelajaran untuk kedepannya.

7. Bullying, penyebaran berita hoax, ujaran kebencian, pelecehan, tindakan asusila, dll

8. Mencari tau kebenaran berita tersebut, melaporkan nya dan memblokir nya bila memang di perlukan
Aura Najwa Syawallani mengatakan…
Aura Najwa Syawallani
X MIPA 1


Mungkin 10 pertanyaan untuk mengetahui informasi yang lebih untuk organisme tersebut
Aura Najwa Syawallani mengatakan…
Aura Najwa Syawallani
X MIPA 1


Mungkin 10 pertanyaan untuk mengetahui informasi yang lebih untuk organisme tersebut
Faiz Arsyi P mengatakan…
Nama : Faiz Arsyi Pragata
Kelas : X MIPA 3

Mungkin saya akan menanyakan 6 pertanyaan seperti:
1. Organisme tersebut termasuk kedalam kingdom apa
2. Bagaimana bentuk organisme tersebut
3. Dimana habitat organisme tersebut
4. Bagaimana cara berkembang biak nya
5. Apa ciri yang menonjol dari organisme tersebut
6. Apa yang makanan dari organisme tersebut

Jika belum yakin dengan jawabannya saya akan memberi beberapa pertanyaan lagi
Faiz Arsyi P mengatakan…
Nama : Faiz Arsyi Pragata
Kelas : X MIPA 3

Mungkin saya akan menanyakan 6 pertanyaan seperti:
1. Organisme tersebut termasuk kedalam kingdom apa
2. Bagaimana bentuk organisme tersebut
3. Dimana habitat organisme tersebut
4. Bagaimana cara berkembang biak nya
5. Apa ciri yang menonjol dari organisme tersebut
6. Apa yang makanan dari organisme tersebut

Jika belum yakin dengan jawabannya saya akan memberi beberapa pertanyaan lagi
Unknown mengatakan…
Nabila Putri Effendy
X ipa 3

kurang lebih saya akan menanyakan 4 pertanyaan, yaitu :
1. dimana habitat organisme tersebut?
2. apa saja karakteristik yg dimiliki organisme tsb?
3. apa kelebihan dan kekurangan dari spesies/organisme tsb?
4. bagaimana cara berkembang biaknya organisme tersebut?


Unknown mengatakan…
Nabila Putri Effendy
X ipa 3

kurang lebih saya akan menanyakan 4 pertanyaan, yaitu :
1. dimana habitat organisme tersebut?
2. apa saja karakteristik yg dimiliki organisme tsb?
3. apa kelebihan dan kekurangan dari spesies/organisme tsb?
4. bagaimana cara berkembang biaknya organisme tersebut?
Unknown mengatakan…
Muhammad Mushthafa Masyhur
Kelas X MIPA 3
NO. 20

Mungkin saya akan memberikan sedikit pertanyaan

1. bagaimana cara organisme bertahan hidup? apa organisme makan? pakai apa?

sekian, terimakasih.
Unknown mengatakan…
Fakhri Rossi (9)
X MIPA 2

Pertanyaan yang akan saya ajukan mungkin ada
1. Dimana habitat organisme/spesies tsb?
2. Seberapa besar ukuran mereka?
3. Berapa dan apa saja bagian bagian tubuh mereka?
4. Apa makanan mereka?
5. Apa ciri khas mereka?
6. Bagaimana cara mereka bersuara?
Unknown mengatakan…
Naura Husna Hanani H 10 mipa 3

saya akan memberikan 3 pertanyaanyang akan menjawab informasi tentang organisme tersebut
Faiz Arsyi P mengatakan…
Nama : Faiz Arsyi Pragata
Kelas : X MIPA 3

Saya akan bertanya setidaknya 6 pertanyaan, yaitu
1. Termasuk kedalam kingdom apa organisme tersebut
2. Dimana habitat organisme tersebut
3. Bagaimana cara berkembang biak organisme tersebut
4. Apa makanan dari organisme tersebut
5. Apa ciri yang paling menonjol dari organisme tersebut
6. Bagaimana bentuk dari organisme tersebut

Setelah mengajukan pertanyaan tersebut bila belum tau jawabannya mungkin akan menanyakan beberapa pertanyaan lagi
Faiz Arsyi P mengatakan…
Nama : Faiz Arsyi Pragata
Kelas : X MIPA 3

Saya akan bertanya setidaknya 6 pertanyaan, yaitu
1. Termasuk kedalam kingdom apa organisme tersebut
2. Dimana habitat organisme tersebut
3. Bagaimana cara berkembang biak organisme tersebut
4. Apa makanan dari organisme tersebut
5. Apa ciri yang paling menonjol dari organisme tersebut
6. Bagaimana bentuk dari organisme tersebut

Setelah mengajukan pertanyaan tersebut bila belum tau jawabannya mungkin akan menanyakan beberapa pertanyaan lagi
Unknown mengatakan…
Nama : Alisya Azzahra
Kelas : 10 Mipa 3

Kurang lebih 7, saya akan bertanya mulai dari habitatnya sampai karakteristik spesies/organisme tersebut. Jika masih belum jelas saya akan bertanya lebih detail lagi, dengan itu mungkin saya dapat menebak spesies/organisme yang bapak pikirkan.
alya mengatakan…
Saya kemungkingnan akan bertanya 6 pertanyaan berdasarkan cara mengklasifikasi hewan. Lalu mungkin akan menambah beberapa pertanyaan addition jika belum benar.

Alya Azizah Achmad
X Mipa 2
Unknown mengatakan…
Nama : Alisya Azzahra
Kelas : 10 Mipa 3

Kurang lebih 5, saya akan bertanya mulai dari habitatnya sampai karakteristik spesies/organisme tersebut. Jika masih belum jelas saya akan bertanya lebih detail lagi, dengan itu mungkin saya dapat menebak spesies/organisme yang bapak pikirkan.
Rafli Hidayat mengatakan…
Rafli Hidayat
Kelas X-Mipa 3
No.Absen 30

Mungkin saya akan bertanya:
1.seperti apa wujdud fisiknya apakah memiliki sayap/tangan/tidak memiliki sayap dan tangan tapi memiliki 4kaki?
2.apakah dia hidup didarat atau diair?
3.termasuk spesies hewan apa?karnivora,herbivora,atau omnivora??
4.cara berkembang biak??melahirkan atau bertelur??
5.termasuk makhluk yang langka atau tidak??
6.cara ia bernafas?
7
Pertanyaa mengatakan…
Rama Febrian Saputra
Kelas X-MIPA 2
No Absen:23


Organisme di bumi sangatlah banyak, ada beribu-ribu organisme bahkan jutaan organisme yang tinggal di bumi. Jika, saya akan menebak organisme apa yang sedang bapak fikirkan, saya akan memberikan sekurang-kurangnya 10-15 pertanyaan bahkan lebih, seperti :
1. Darimana organisme itu berasal? (kingdom-divisi/filum-ordo-suku-marga-jenis)
2. Bagaimana cara organisme itu bernafas?
3. Dimana habitat organisme tersebut?
4. Bagaimana cara organisme itu bertahan hidup?
5. Apa yang dilakukan organisme itu jika ia melihat predatornya?
6. Bagaimana cara organisme itu berkembangbiak?
7. Ciri-ciri apa yang paling khas dari organisme itu?
8. Dimanakah organisme tersebut dapat ditemukan?
9. Apakah organisme itu termasuk organisme yang langka atau bahkan mudah ditemukan?
10. Apakah organisme itu termasuk herbivora/karnivora/omnivora/insektivora?
11. Seberapa besar tubuh organisme itu?
12. Apakah organisme itu jinak atau liar atau bahkan bisa dijadikan ternak?
13. Apakah organisme tersebut menguntungkan atau merugikan?
14. Untuk dapat berpindah tempat, menggunakan apa organisme itu bergerak?
15. Saat ini, apakah populasi organisme itu semakin meningkat atau menurun?
Mungkin dari pertanyaan-pertanyaan yang saya ajukan diatas, saya dapat menjawab organisme apa yang sedang bapak fikirkan. Namun, jika saya merasa masih kurang atau bahkan masih kesulitan menebak, saya akan bertanya lebih spesifik lagi, hingga saya dapat menemukan jawaban yang sebenarnya.
Unknown mengatakan…
Nurul Hamidiah Qudsi X Mipa 1

Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan

1. Bagaimana ciri ciri spesies hewan tersebut?
2. Dimanakah tempat spesies tersebut tinggal?
3. Spesies itu termasuk dalam genus apa?
4. Hewan tersebut termasuk pemakan apa? Apakah herbivore, karnivore, atau omnivore
5. Bagaimana hewan tersebut berkembangbiak?
Unknown mengatakan…
Muhammad Rangga Saputra
X Mipa 1

kurang lebih saya memiliki 4 pertanyaan untuk menebak spesies apa yang sedang bapak pikirkan
pertanyaan berikut yaitu :
1. dimana habitat organisme tersebut
2. ciri ciri apa yang dimiliki organisme tersebut sehingga orang dapat mengenalinya
3. bagaimana cara khusus berkembang biak organisme tersebut
4. termasuk kelompok apa organisme tersebut
Rafli Hidayat mengatakan…
Rafli Hidayat
X MIPA 3

Mungkin saya akan bertanya
1.sepeeti apa wujud fisiknya(memiliki sayap/dua tangan atau tidak memiliki kaki tetapi memiliki 4kaki)
2.Bagaimana ia berkembang biak?
3.Bagaiaman ia Bereproduksi?
4.Dimana Ia tinggal??
5.Termasuk Spesies Hewan Apa??
6.Termasuk langka atau tidak??
Unknown mengatakan…
husnul khotimah
x mipa 2

mungkin 3 pertanyaan seperti apa ciri ciri hewan tersebut?,bagaimana cara dia berkembang biak,berasal dari kingdom apa?.
siska matinatul amniyah mengatakan…
Saya akan mengajukan pertanyaan :
Apa ciri yang paling khas dari organisme tersebut?
siska matinatul amniyah mengatakan…
Siska MAtinatul Amniyah
X MIPA 1

Saya akan mengajukan pertanyaan :
Apa ciri yang paling khas dari organisme tersebut?

Naufal Kurnia Allamsyah
kelas : X- IPA 1
No Absen : 24

Mungkin saya akan mengajukan 7 pertanyaan
yakni:

1. Ada apa saja organisme di dunia ini?
2. Macam² organisme di dunia ini?
3.dimanakah organisme tinggal?
4. Dari mana asal organisme itu muncul?
5. Mengapa bisa disebut organisme?
6. Apa saja kelebihan dan kekurangan di macam² organisme itu?
7. Apa yang membuat organisme ini tetap ada? Hingga sekarang?
Unknown mengatakan…
NAMA:Muhammad Ijlalul Haqillah
Kelas:X MIPA 1
NO ABSen:18

Bagaimana cara hewan itu berjalan?
Dimana habitat hewan tersebut?
Apa manfaat hewan tersebut?
Bagaimana cara berkembangbiak hewan tersebut?

Itu pertanyaan yang saya Ajukan pak
Unknown mengatakan…
nama:Daffa pasya andaru
kelas: X mipa 1

Saya akan memberikan 5-6 pertanyaan untuk menebak organisme tersebut
1. Organisme tersebut termasuk dalam kingdom apa?
2. Dimana Organisme itu tinggal?
3. Bagaimana cara Organisme itu berkembang biak?
4. Bagaimana Organisme tersebut mencari makan?
5. Bagaimana cara Organisme tersebut bernafas?
6. Apakah Organisme tersebut termasuk Vertebrata atau Avertebrata

Unknown mengatakan…
Rachmania Putri(27)
X-MIPA 1

Terdapat 3 pertanyaan saya terhadap spesies(kelinci) / organisme di bumi ;
1.Bagaimana habitat dan cara bertahan hidup seekor kelinci?
2.Apakah kelinci berkelompok dengan sesama dan apakah mereka tahan dingin?
3.dan Dari manakah spesies itu berasal?
Unknown mengatakan…
Safaraz Afma Affandi
Kelas X MIPA 1

Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan seperti :
1. Darimana asalnya spesies/organisme itu berasal?(kingdom-divisi/filum-ordo-suku-marga-jenis)
2. Dengan cara apa spesies/organisme itu bernafas?
3. Dimana habitat spesies/organisme tersebut?
5. Bagaimana cara spesies/organisme itu berkembang biak?
6. Apa ciri yang paling khas dari organisme tersebut?
7. Apakah organisme itu termasuk langka atau mudah ditemukan?
8. Apa jenis spesies/organisme (herbivora/karnivora/omnivora/insektivora)?
9. Apa spesies/organisme menguntungkan atau merugikan bagi lingkungannya?
Dan beberapa pertanyaan lainnya untuk menanyakan ciri-ciri fisik organisme tersebut. Mungkin saya akan bisa menebak spesies/organisme apa yang sedang dipikirkan.
Unknown mengatakan…
Nama:Muhammad Ijlalul Haqillah
Kelas:XMIPA 1

Saya akan mengajukan pertanyaaan
1. Apakah organisme yang Hidupnya di tanah?
2. Bagaimana cara dia bernafas di tanah?
3. Berapa kepala yang ia miliki?
4. Apa manfaat organisme tersebut bagi tumbuhan?
5. Mengapa tanah membutuhkan organisme tersebut buat kesuburan?
6. Mengapa organisme tersebut suka sekali di tanah?
Unknown mengatakan…
Safaraz Afma Affandi
Kelas X MIPA 1

Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan seperti :
1. Darimana asalnya spesies/organisme itu berasal?(kingdom-divisi/filum-ordo-suku-marga-jenis)
2. Dengan cara apa spesies/organisme itu bernafas?
3. Dimana habitat spesies/organisme tersebut?
5. Bagaimana cara spesies/organisme itu berkembang biak?
6. Apa ciri yang paling khas dari organisme tersebut?
7. Apakah organisme itu termasuk langka atau mudah ditemukan?
8. Apa jenis spesies/organisme (herbivora/karnivora/omnivora/insektivora)?
9. Apa spesies/organisme menguntungkan atau merugikan bagi lingkungannya?
Dan beberapa pertanyaan lainnya untuk menanyakan ciri-ciri fisik organisme tersebut. Mungkin saya akan bisa menebak spesies/organisme apa yang sedang dipikirkan.
Unknown mengatakan…
nama : Salwa Ashma Ulya
kelas : x mipa 1
no absen : 31
petanyaan yang akan diajukan
1. dimanakah habitat itu tinggal ?
2. ciriciri organisme itu seperti apa ?
3. ukuran badannya kecil atau besar ?
4. apakah organisme ini berkelompok atau individu ?
5. termasuk omnivorav / karnivora atau herbivora ?
6. cara berkembangbiak ?
7. tempat tinggaldi tanah / di atas pohon atau di rawa rawa ?
8. cara melindungi dirinya ? (menggigit, menyengatatau lainnya)
RIKA FADILAH X-IPA 1 mengatakan…
RIKA FADILAH X-IPA 1
Absen 29


Saya akan mengajukan pertanyaan seperti ini:
1.Apakah organisme itu memiliki kaki?
2. Apakah organisme itu memiliki sayap?
3. Apakah organisme itu kulit atau bulunya berpola garis?
4. Apa warna yang dimilikinya?
lalu jika masi ragu saya akan memastikan jawaban dgn
mengajukan pertanyaan yang lebih spesifik lgi
Unknown mengatakan…
Nama : Ahmad Faroz Aryanto
Kelas: X MIPA 1

Saya akan memberikan beberapa pertanyaan :

1. Apakah organisme tersebut hewan?
2. Dimana organisme tersebut hidup?
3. Apakah organisme tersebut mamalia?
4. Apakah organisme tersebut berbobot besar?
5. Apakah organisme tersebut sangat kecil?
6. Apakah organisme tersebut herbivora?
7. Apakah organisme tersebut karnivora?
8. Apakah organisme tersebut bertelur atau melahirkan?
RIKA FADILAH X-IPA 1 mengatakan…
RIKA FADILAH X-IPA 1
Absen 29


Saya akan mengajukan pertanyaan seperti ini:
1.Apakah organisme itu memiliki kaki?
2. Apakah organisme itu memiliki sayap?
3. Apakah organisme itu kulit atau bulunya berpola garis?
4. Apa warna yang dimilikinya?
lalu jika masi ragu saya akan memastikan jawaban dgn
mengajukan pertanyaan yang lebih spesifik lgi
RIKA FADILAH X-IPA 1 mengatakan…
RIKA FADILAH X-IPA 1
Absen 29


Saya akan mengajukan pertanyaan seperti ini:
1.Apakah organisme itu memiliki kaki?
2. Apakah organisme itu memiliki sayap?
3. Apakah organisme itu kulit atau bulunya berpola garis?
4. Apa warna yang dimilikinya?
lalu jika masi ragu saya akan memastikan jawaban dgn
mengajukan pertanyaan yang lebih spesifik lgi
Murid mengatakan…
Nama : Djenar Maeysha Ayu
Kelas : X-MIPA 1

Saya mungkin akan mengajukan pertanyaan ini

1. "Dimanakah hewan tersebut hidup?"
2. "Apakah hewan itu memiliki kaki atau sayap?"
3. "Apakah bentuk hewan itu besar?"
4. "Bagaimana cara hewan itu bernafas?"
5. "Apa yang biasa hewan itu makan?"

Mungkin saya sudah bisa langsung menebak, apa yang bapak fikirkan. Namun jika saya masih ragu saya akan menambah beberapa pertanyaan lagi.
Blogger Selly mengatakan…
Selly Kemalla (33)
X MIPA 1

menurut saya, saya akan mengajukan beberapa pertanyaan lebih dalam organisasi tersebut contoh pertanyaan saya ajukan adalah :
1. apa ciri cirinya
2. bagaimana ukurannya
3. dimana habitatnya
4. apa warnanya
5. punya berapa kaki
6. apa yang menonjol dari organisasi tersebut
7. bagaimana cara mereka beradaptasi
8. pemakan apa mereka
Blogger Selly mengatakan…
Selly Kemalla (33)
X MIPA 1

menurut saya, saya akan mengajukan beberapa pertanyaan lebih dalam organisasi tersebut contoh pertanyaan saya ajukan adalah :
1. apa ciri cirinya
2. bagaimana ukurannya
3. dimana habitatnya
4. apa warnanya
5. punya berapa kaki
6. apa yang menonjol dari organisasi tersebut
7. bagaimana cara mereka beradaptasi
8. pemakan apa mereka
7. pemakan apa mereka
Luthfiyyatunnisa Raihanah X Mipa 1
Saya akan bertanya kurang lebih 6
1. Spesies apa?
2. Bernafas menggunakan apa?
3. Tinggal di darat/air?
4. Bagaimana cara berkembangbiaknya?
5. Mempunyai berapa kaki?
6. Termasuk jenis makanan apa organisme tersebut?
Unknown mengatakan…
Ali Salim
X MIPA 1
Absen 03

1. Apa ciri ciri fisik dari organisme tersebut?
2. Apa warna dari organisme tersebut?
3. Apa jenis organisme tersebut?
4. Dengan cara apa organisme itu bernafas?
5. Bagaimana bentuk dari spesies tersebut?
6. Bagaimana cara Organisme itu berkembang biak?
7. Dimana organisme tersebut hidup ?
Nadiyah Silmi Mahmudah mengatakan…
Nama :Nadiyah Silmi Mahmudah
Kelas :X Mipa 1

Saya akan memberikan 10 pertanyaan, antara lain:
1. Dimanakah habitatnya?
2. Bagaimana cara berkembangbiaknya?
3. Apa warnanya?
4. Apakah dia memiliki ekor?
5. Berapa jumlah kakinya?
6. Apakah ukurannya besar atau kecil?
7. Apakah dia berbulu/berlendir/bersisik?
8. Dia bernafas menggunakan apa?
9. Apakah dia hidup berkelompok?
10. Bagaimana caranya mencari makan?
HAEKAL SYAHREZA MIPA mengatakan…
Haekal Syahreza Muslim
Kelas:X MIPA-1
No:11

Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan:
1.Hidup dimanakah dia?
2.Ukuran tubuhnya besar/sedang/kecil?
3.Begerak dengan apa?
4.Berada dimanakah habitatnya?
5.Bagaimana dia bekembang biak?
6.Apakah dia hidup berkelompok?
7.Apa warna tubuhnya?
8.Apa jenis Makanannya?
9.Bagaimana dia bernafas?
10.Apa ciri khas dia ?
11.Apa dia langka/mudah di temukan?
Nadiyah Silmi Mahmudah mengatakan…
Nama :Nadiyah Silmi Mahmudah
Kelas :X Mipa 1

Saya akan memberikan 10 pertanyaan, antara lain:
1. Dimanakah habitatnya?
2. Bagaimana cara berkembangbiaknya?
3. Apa warnanya?
4. Apakah dia memiliki ekor?
5. Berapa jumlah kakinya?
6. Apakah ukurannya besar atau kecil?
7. Apakah dia berbulu/berlendir/bersisik?
8. Dia bernafas menggunakan apa?
9. Apakah dia hidup berkelompok?
10. Bagaimana caranya mencari makan?
Unknown mengatakan…
Nama : Nabila keisha ramadhani
Kelas : X IPA 1
NO ABSEN : 20
PERTANYAAN SAYA ADALAH :
1.JELASKAN FUNGSI PERINTAH RESTART DLM PROGRAM MAPLE !
2.SIAPA KAH ILMUAN YG PERTAMA KALI MEMIKIRKAN ADANYA KOMPUTASI MODERN!
3.TULISKAN TUJUAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Unknown mengatakan…
Abyan Hammami Mufid (1)
X MIPA 1

Bagaimana sistem pencernaan, pernapasan, ekskresi, saraf, dan reproduksi pada organisme tersebut,
Bagaimana ukurannya.
Unknown mengatakan…
marwah azizah ulum
x mipa 1
pertanyaan saya:
1. spesies apa dia?
2. pemakan daging,tumbuhan,atau omnivora?
3. hewan vertebrata/invertebrata?
4. bagaimana organisme tersebut berkembang biak?
5. apa organisme tersebut termasuk ovipar,ovovivipar,vivipar?
6. bagimana organisme tersebut bertahan hidup?
Unknown mengatakan…
Abyan Hammami Mufid (1)
X MIPA 1

Bagaimana sistem pencernaan, pernapasan, ekskresi, saraf, dan reproduksi pada organisme tersebut,
Bagaimana ukurannya.
Naufal Kurnia Allamsyah
Kelas : XMiPA 1
NO absen : 24

Saya akan menanyakan pertanyaan
1. Ia tinggal di daratan, perairan atau keduanya?
2. Ia spesies herbivora/karnivora/mamalia atau sebagainya?
3. Ia memiliki berapa kaki dan tangan?
4. Berapa besar dan panjang tubuhnya?
5. Spesies apa dia? langka? atau tidak
6. Makanan nya apa?
7. Dengan cara apa dia hidup? berkelompok? mandiri?
8. Apa yang membuat dia bisa bertahan hidup hingga sekarang?
9. Habitatnya dimana?
10. Bagaimana cara ia beradaptasi?

Mungkin itu yang akan saya tanya kan kurang lebih, karna dengan menanyakan kurang lebih 3/10 saja mungkin akan tergambarkan dan akan bisa lebih mengecilkan kemungkinan untuk menebak spesies yang diketahui atau yang saya ingin ketauhi.
Unknown mengatakan…
Abyan Hammami Mufid (1)
X MIPA 1

Bagaimana sistem pencernaan, pernapasan, ekskresi, saraf, dan reproduksi pada organisme tersebut,
Bagaimana ukurannya.
Unknown mengatakan…
Abyan Hammami Mufid (1)
X MIPA 1

Bagaimana sistem pencernaan, pernapasan, ekskresi, saraf, dan reproduksi pada organisme tersebut,
Bagaimana ukurannya.
Unknown mengatakan…
Fitria Maran Nurhalimah
Kelas X-MIPA-1
No.Absen:10

Mungkin saya akan memberikan pertanggungjawaban kurang lebih 5

1. Termasuk jenis hewan atau tumbuhan?
2. Jika hewan,hewan itu termasuk hewan darat,lau,atau udara?
3. Jika di darat,apa makanan yang di konsumsi oleh nya? daging, atau tumbuhan?
4. Bagaimana bentuk tubuh nya? Besar atau kecil?
5. Jika bentuk hewannya kecil,dari situ kita bisa simpulkan kalau hewan yang di maksud adalah kucing.
Unknown mengatakan…
Muhammad Hamdan al anam
X MIPA 1
NO.ABSEN 31
1.Apakah makhluk hidup memiliki habitatnya masing masing?
2.Bagaimana hewan tersebut berkembang biak?
3.Apakah makanannya berbeda dengan yang lain?
4.Apakah hewan memiliki perkembanganbiak yang berbeda?
5.Apakab hewan memiliki mamalia tersebut memiliki mamalia yang berbeda?
6.Apakah hewan tersebut termasuk karnivora?
7.Apakah hewan tersebut memiliki spesies yang langka?
Unknown mengatakan…
Muhammad Hamdan al anam
X MIPA 1
NO.ABSEN 31
1.Apakah makhluk hidup memiliki habitatnya masing masing?
2.Bagaimana hewan tersebut berkembang biak?
3.Apakah makanannya berbeda dengan yang lain?
4.Apakah hewan memiliki perkembanganbiak yang berbeda?
5.Apakab hewan memiliki mamalia tersebut memiliki mamalia yang berbeda?
6.Apakah hewan tersebut termasuk karnivora?
7.Apakah hewan tersebut memiliki spesies yang langka?
Unknown mengatakan…
Muhammad Hamdan al anam
X MIPA 1
NO.ABSEN 31
1.Apakah makhluk hidup memiliki habitatnya masing masing?
2.Bagaimana hewan tersebut berkembang biak?
3.Apakah makanannya berbeda dengan yang lain?
4.Apakah hewan memiliki perkembanganbiak yang berbeda?
5.Apakab hewan memiliki mamalia tersebut memiliki mamalia yang berbeda?
6.Apakah hewan tersebut termasuk karnivora?
7.Apakah hewan tersebut memiliki spesies yang langka?
Unknown mengatakan…
Abyan Hammami Mufid (1)
X MIPA 1

Bagaimana sistem pencernaan, pernapasan, ekskresi, saraf, dan reproduksi pada organisme tersebut,
Bagaimana ukurannya.
Nama : Muhammad Adhiaska H
Kelas : X MIPA 1

Saya mungkin membutuhkan sekitar 14 pertanyaan untuk menebak hewan apa yang bapak pikirkan. Pertanyaannya yakni :

1. Apa hewan yang bapak pikirkan? 
2. Apakah hewan tersebut bersuara? Jika iya, bagaimana suaranya?
3. Bagaimana ukuran hewan tersebut? Besar, kecil, atau sangat kecil sampai sulit dilihat?
4. Berapa jumlah kaki hewan tersebut? Jika tidak punya, apakah hewan tersebut hidup di air?
5. Apakah hewan tersebut banyak dipelihara?
6. Apakah hewan tersebut merupakan hewan ternak? Jika iya, apakah menghasilkan susu?
7. Apakah hewan tersebut merupakan reptil?
8. Apa makanan hewan tersebut?
9. Apakah hewan tersebut bergerak dengan jalan biasa atau lompat atau lainnya?
10. Apakah hewan tersebut berbulu?
11. Apakah hewan tersebut sering dijumpai atau hanya bisa dijumpai di hutan atau kebun binatang?
12. Apakah hewan tersebut nokturnal?
13. Apakah hewan tersebut biasa dimakan?
14. Adakah ciri-ciri khas yang dimiliki hewan tersebut? Jika iya, apa?

Jika saya masih ragu, saya akan menambah beberapa pertanyaan lagi.
Nama : Muhammad Adhiaska H
Kelas : X MIPA 1

Saya mungkin membutuhkan sekitar 14 pertanyaan untuk menebak hewan apa yang bapak pikirkan. Pertanyaannya yakni :

1. Apa hewan yang bapak pikirkan? :)
2. Apakah hewan tersebut bersuara? Jika iya, bagaimana suaranya?
3. Bagaimana ukuran hewan tersebut? Besar, kecil, atau sangat kecil sampai sulit dilihat?
4. Berapa jumlah kaki hewan tersebut? Jika tidak punya, apakah hewan tersebut hidup di air?
5. Apakah hewan tersebut banyak dipelihara?
6. Apakah hewan tersebut merupakan hewan ternak? Jika iya, apakah menghasilkan susu?
7. Apakah hewan tersebut merupakan reptil?
8. Apa makanan hewan tersebut?
9. Apakah hewan tersebut bergerak dengan jalan biasa atau lompat atau lainnya?
10. Apakah hewan tersebut berbulu?
11. Apakah hewan tersebut sering dijumpai atau hanya bisa dijumpai di hutan atau kebun binatang?
12. Apakah hewan tersebut nokturnal?
13. Apakah hewan tersebut biasa dimakan?
14. Adakah ciri-ciri khas yang dimiliki hewan tersebut? Jika iya, apa?

Jika saya masih ragu, saya akan menambah beberapa pertanyaan lagi yang lebih spesifik.
Unknown mengatakan…
Silmi Hanifah
X mipa 2

mungkin saya akan mengajukan 3-5 pertanyaan.Yang pertama mengetahui tempat hidupnya di darat atau air.Kedua tentang ciri fisik, apakah ia termasuk hewan berbulu atau berambut.Ketiga apakah dia termasuk karnivora/herbivora/omnivora?Keempat, saya akan menanyakan ciri fisik spesial dr hewan tersebut.Jika perlu, saya akan menanyakan cara berkembang biak hewan tersebut.
Nama : Muhammad Adhiaska H
Kelas : X MIPA 1

Saya mungkin membutuhkan sekitar 14 pertanyaan untuk menebak hewan apa yang bapak pikirkan. Pertanyaannya yakni :

1. Apa hewan yang bapak pikirkan? :)
2. Apakah hewan tersebut bersuara? Jika iya, bagaimana suaranya?
3. Bagaimana ukuran hewan tersebut? Besar, kecil, atau sangat kecil sampai sulit dilihat?
4. Berapa jumlah kaki hewan tersebut? Jika tidak punya, apakah hewan tersebut hidup di air?
5. Apakah hewan tersebut banyak dipelihara?
6. Apakah hewan tersebut merupakan hewan ternak? Jika iya, apakah menghasilkan susu?
7. Apakah hewan tersebut merupakan reptil?
8. Apa makanan hewan tersebut?
9. Apakah hewan tersebut bergerak dengan jalan biasa atau lompat atau lainnya?
10. Apakah hewan tersebut berbulu?
11. Apakah hewan tersebut sering dijumpai atau hanya bisa dijumpai di hutan atau kebun binatang?
12. Apakah hewan tersebut nokturnal?
13. Apakah hewan tersebut biasa dimakan?
14. Adakah ciri-ciri khas yang dimiliki hewan tersebut? Jika iya, apa?

Dengan pertanyaan ini mungkin saya dapat menebak hewan apa yang bapak pikirkan.
Unknown mengatakan…
Pasha Ahmad
X MIPA-2
Absen 30

Pertanyaan:
- Tempat hidup hewan tersebut (Air, darat, udara)
- Cara berkembang biak (Lahir, telur, membelah diri, dll)
- Cara bergerak (Berenang, berjalan, melata, dll)
- Cara bernafas (Insang, hidung, dll)
- Pertumbuhan (Tumbuh keatas, tumbuh akar, dll)
- Jenis makanan (Herbivora, Karnivorsa, dll)
- Keterlihatan makhluk (Kasatmata atau pakai mikroskop)
- Bioma (Tropis, kutub, dll)
- Umur (Harian, bulanan, dll)
- dll
Unknown mengatakan…
IQBAL VIRDIANSYAH
X MIPA 2

1. apa nama latin spesies yang bapak pikirkan
2. berapa kaki yang dimiliki spesies tsb
3. dimanakah habitat spesies tsb
4. apa makanan spesies tsb
5. berapa kisaran berat spesies tsb
6. bagaimana cara bergerak spesies tsb (berjalan, terbang, melata, dll)
7. bagaimana spesies tsb berkembang biak
8. apa ciri yang paling unik / berbeda dari yang lain dari spesies tsb
9. bagaimana cara spesies tsb mencari/memangsa makanannya/mangsanya
10. apa yang dilakukan spesies tsb jika merasa terancam/dalam bahaya
11. bagaimana sistem pernapasan spesies tsb
12. bagaimana proses pertumbuhan spesies tsb

Unknown mengatakan…
Assalamualaikum,
MUHAMMAD SA'ID RUSYDI
Kelas : X MIPA-1
Absen : 19

Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan,
• tentang bagaimana ciri-ciri pada organisme tersebut.
Seperti;
1). Dari mana asalnya spesies/organisme itu berasal?
(Kingdom-devisi/ filium- ordo- suku- marga- jenis)
2). Dengan cara apa spesies/organisme itu bernafas?
3). Dimana habitat spesies/organisme tersebut?
4). Bagaimana cara organisme itu berkembang biak?
5). Apa jenis spesies/organisme tersebut
(Herbivora, Karnivora, atau Omnivora)
6). Dan apa ciri yang paling khas yang ada pada spesies/organisme tersebut?

Dengan beberapa pertanyaan yang saya ajukan mengenai ciri-ciri spesies/organisme tersebut. Mungkin saya bisa menebak spesies/organisme apa yang sedang bapak pikirkan.
Unknown mengatakan…
Lutfi Maulana Yusuf
X IPA-2

Yang saya tanyakan mungkin Hanya 5 soal, Tapi hal yang Lebih Penting menanyakan dengan Detail Seperti Ciri Fisik hewan Tersebut Termasuk Kingdom apakah Hewan tersebut, Hidup di Habitat apa, Bernafas menggunakan apa, Berkembang Biak Dengan apa.
Unknown mengatakan…
Assalamualaikum,
MUHAMMAD SA'ID RUSYDI
Kelas : X MIPA-1
Absen : 19

Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan,
• tentang bagaimana ciri-ciri pada organisme tersebut.
Seperti;
1). Dari mana asalnya spesies/organisme itu berasal?
(Kingdom-devisi/ filium- ordo- suku- marga- jenis)
2). Dengan cara apa spesies/organisme itu bernafas?
3). Dimana habitat spesies/organisme tersebut?
4). Bagaimana cara organisme itu berkembang biak?
5). Apa jenis spesies/organisme tersebut
(Herbivora, Karnivora, atau Omnivora)
6). Dan apa ciri yang paling khas yang ada pada spesies/organisme tersebut?

Dengan beberapa pertanyaan yang saya ajukan mengenai ciri-ciri spesies/organisme tersebut. Mungkin saya bisa menebak spesies/organisme apa yang sedang bapak pikirkan.
Unknown mengatakan…
Nama: Marsya Saskia Fachrunnisa
Kelas: X-MIPA 2
Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan seperti:
1.Apa itu hewan karnivora?
2. Apakah hewan karnivora bisa berkembang biak?
3.Bisakah hewan tersebut hidup di dua alam?
4.Jika bisa sebutkan hewan apa sajakah itu?
Unknown mengatakan…
NAMA:Rafa Kayla Dahayu
KELAS:X-MIPA2
NO ABSEN:31

1."bagaimanakah cara hewan tersebut berkembang biak?"
2."apa makanan hewan tersebut?"
3."bagaimana cara hewan itu bernafas?"
4."apakah spesies hewan tersebut"
Unknown mengatakan…
Latifah Alya Erwina (17)
X MIPA 2

5 pertanyaan
1. Dimanakah habitat organisme tersebut
2. Jenis apakah organisme tsb? (mamalia, dsb)
3. Dengan apakah organisme tsb bernafas?
4. Berapakah kaki organisme tsb
5. Ukuran organisme tersebut


Nadiyah Silmi Mahmudah mengatakan…
Nama :Nadiyah Silmi Mahmudah
Kelas :X Mipa 1

Saya akan memberikan 10 pertanyaan, antara lain:
1. Dimanakah habitatnya?
2. Bagaimana cara berkembangbiaknya?
3. Apa warnanya?
4. Apakah dia memiliki ekor?
5. Berapa jumlah kakinya?
6. Apakah ukurannya besar atau kecil?
7. Apakah dia berbulu/berlendir/bersisik?
8. Dia bernafas menggunakan apa?
9. Apakah dia hidup berkelompok?
10. Bagaimana caranya mencari makan?
Azzah Rania Haleakala X MIPA 2

Jawaban:
Paling sedikit ditanyakan bentuk dan atau suara spesies tersebut.
Paling banyak ditanyakan kurang lebih 5. Diantaranya:
1. Habitatnya;
2. Cara reproduksinya;
3. Caranya bernapas;
4. Ciri khasnya (kebiasaan, bentuk, dll)
5. Apa makanannya.
Unknown mengatakan…

Nama: Aisyah Nurmutia Zahra
kelas : X MIPA 2


saya akan memberikan 10 pertanyaan, kemudian saya akan menyimpulkan organisme apa yg sedang bapak pikirkan

pertanyaan :

apakah hewan tersebut hidup di air? atau di darat?
apakah hewan ini termasuk hewan peliharaan?
apakah hewan tersebut karnivora? atau herbivora?
apakah hewan tersebut termasuk hewan mamalia?
dimana habitat hewan tersebut tinggal?
apakah hewan tersebut termasuk salah satu hewan yg dilindungi?
berapa kira kira bobot hewan tersebut?
berapa jumlah kaki nya?
apakah hewan tersebut membahayakan manusia?
bagaimana cara hewan tersebut berkembang biak?

Luthfiyyatunnisa Raihanah X Mipa 1
Absen 14
Saya akan bertanya kurang lebih 6
1. Spesies apa?
2. Bernafas menggunakan apa?
3. Tinggal di darat/air?
4. Bagaimana cara berkembangbiaknya?
5. Mempunyai berapa kaki?
6. Termasuk jenis makanan apa?
Luthfiyyatunnisa Raihanah X Mipa 1
Absen 14
Saya akan bertanya kurang lebih 6
1. Spesies apa?
2. Bernafas menggunakan apa?
3. Tinggal di darat/air?
4. Bagaimana cara berkembangbiaknya?
5. Mempunyai berapa kaki?
6. Termasuk jenis makanan apa?
Nama : Muhammad Adhiaska H
Kelas : X MIPA 1

Saya mungkin membutuhkan sekitar 14 pertanyaan untuk menebak hewan apa yang bapak pikirkan. Pertanyaannya yakni :

1. Apa hewan yang bapak pikirkan? : )
2. Apakah hewan tersebut bersuara? Jika iya, bagaimana suaranya?
3. Bagaimana ukuran hewan tersebut? Besar, kecil, atau sangat kecil sampai sulit dilihat?
4. Berapa jumlah kaki hewan tersebut? Jika tidak punya, apakah hewan tersebut hidup di air?
5. Apakah hewan tersebut banyak dipelihara?
6. Apakah hewan tersebut merupakan hewan ternak? Jika iya, apakah menghasilkan susu?
7. Apakah hewan tersebut merupakan reptil?
8. Apa makanan hewan tersebut?
9. Apakah hewan tersebut bergerak dengan jalan biasa atau lompat atau lainnya?
10. Apakah hewan tersebut berbulu?
11. Apakah hewan tersebut sering dijumpai atau hanya bisa dijumpai di hutan atau kebun binatang?
12. Apakah hewan tersebut nokturnal?
13. Apakah hewan tersebut biasa dimakan?
14. Adakah ciri-ciri khas yang dimiliki hewan tersebut? Jika iya, apa?

Jika saya masih ragu, saya akan menambah beberapa pertanyaan lagi.
Luthfiyyatunnisa Raihanah X Mipa 1
Absen 14
Saya akan bertanya kurang lebih 6
1. Spesies apa?
2. Bernafas menggunakan apa?
3. Tinggal di darat/air?
4. Bagaimana cara berkembangbiaknya?
5. Mempunyai berapa kaki?
6. Termasuk jenis makanan apa?
Unknown mengatakan…
Fitria Maran Nurhalimah perempuan
X-MIPA-1
No.Absen:10

Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan seperti:

1. Jenis apakah yang ada di fikirannya?hewan atau tumbuhan?
2. Jika hewan?hewan tersebut berada di darat,laut,atau udara??
3. Jika darat,apakah hewan tersebut termasuk hewan pemakan daging?
4. Bagaimana bentuk tubuh hewan tersebut?besar atau kecil?
5. Ada berapa kaki hewan tersebut?ada 2 atau 4?

Kemungkinan besar kita bisa menyimpulkan hewan apa yang di fikirkan. Jika dari pertanyaan di atas masih ada yang kurang untuk menuju apa yang di fikirkan ada kemungkinan pula saya menambahkan beberapa pertanyaan lagi
Salwa Nurul Fadhilah
Kelas X IPA 2
Absen 23

mungkin saya akan menyanyakan beberapa pertanyaan seperti
1. karakteristik tubuh dari organisme tersebut (jumlah kaki, ukuran dan berat tubuh, berbulu/berambut, warna bulu/rambut, makanan yang biasa dimakan,)
2. habitat / asal dari organisme tersebut,
3. ciri yang paling menggambarkan dari organisme tersebut(salah satu bagian tubuh organisme yang paling menggambarkan organisme tersebut)
4. jenis dari organisme tersebut (seperti mamalia/reptil/aves/amphibi)
Unknown mengatakan…
marwah azizah ulum
x mipa 1
pertanyaan saya:
1. spesies apa dia?
2. pemakan daging,tumbuhan,atau omnivora?
3. hewan vertebrata/invertebrata?
4. bagaimana organisme tersebut berkembang biak?
5. apa organisme tersebut termasuk ovipar,ovovivipar,vivipar?
6. bagimana organisme tersebut bertahan hidup?
Unknown mengatakan…
Silmi Hanifah
X mipa 2

Saya berpikir akan mengajukan 4 pertanyaan awal, namun ada kemungkinan menambah pertanyaan jika saya masih ragu.
Pertama, saya akan menkonfirmasi habitatnya
Kedua saya akan menkonfirmasi apakah ia berbulu atau berambut
Kemudian saya akan memastikan ciri fisik hewan tersebut
Lalu saya akan menebak ciri fisik khusus hewan tersebut.
Sekian, terimakasih
Unknown mengatakan…
IQBAL VIRDIANSYAH
X MIPA 2

1. apa nama latin spesies yang bapak pikirkan
2. berapa kaki yang dimiliki spesies tsb
3. dimanakah habitat spesies tsb
4. apa makanan spesies tsb
5. berapa kisaran berat spesies tsb
6. bagaimana cara bergerak spesies tsb (berjalan, terbang, melata, dll)
7. bagaimana spesies tsb berkembang biak
8. apa ciri yang paling unik / berbeda dari yang lain dari spesies tsb
9. bagaimana cara spesies tsb mencari/memangsa makanannya/mangsanya
10. apa yang dilakukan spesies tsb jika merasa terancam/dalam bahaya
11. bagaimana sistem pernapasan spesies tsb
12. bagaimana proses pertumbuhan spesies tsb

Unknown mengatakan…
1. Apakah spesies/organisme tersebut merupakan hewan mamalia?
2. Apakah spesies/organisme tersebut dapat dijadikan hewan peliharaan?
3. Berapakah jumlah kaki yang dimiliki spesies/organisme tersebut?
4. Apakah hewan tersebut memiliki ciri yang hewan lain tidak punya?
5. Apakah hewan tersebut termasuk hewan yang besar?
6. Bagaimana cara perkembangbiakkan spesies/ organisme tersebut?
Unknown mengatakan…
Nama:faris yusuf al mufid
Kelas:X-IPA2
Absen:11

1.apa itu karnivora?
2.apakah karnivora hidup di 2 alam?
3.apakah mereka berkaki?
4.dimana mereka tinggal?
5.apa makanan pokok hewan karnivora?
Unknown mengatakan…
Nama : Ali Yafi Yasya Ridho
Kelas : X IPA 2

Mungkin hanya beberapa pertanyaan saja
1. Organisme tersebut termasuk ke dalam kingdom?
2. Bagaimana cara organisme tersebut berkembang biak?
3. organisme tersebut bernapas dengan?
4. Dimanakah organisme tersebut dapat ditemukan?
5. Apa ciri-ciri organisme tersebut?
Unknown mengatakan…
Nama : Ali Yafi Yasya Ridho
Kelas : X IPA 2

Mungkin hanya beberapa pertanyaan saja
1. Organisme tersebut termasuk ke dalam kingdom?
2. Bagaimana cara organisme tersebut berkembang biak?
3. organisme tersebut bernapas dengan?
4. Dimanakah organisme tersebut dapat ditemukan?
5. Apa ciri-ciri organisme tersebut?
Blogger Selly mengatakan…
Selly Kemalla (33)
X MIPA 1

menurut saya, saya akan mengajukan beberapa pertanyaan lebih dalam organisasi tersebut contoh pertanyaan saya ajukan adalah :
1. apa ciri cirinya
2. bagaimana ukurannya
3. dimana habitatnya
4. apa warnanya
5. punya berapa kaki
6. apa yang menonjol dari organisasi tersebut
7. bagaimana cara mereka beradaptasi
8. pemakan apa mereka
7. pemakan apa mereka
Unknown mengatakan…
1. Apakah spesies/organisme tersebut merupakan hewan mamalia?
2. Apakah spesies/organisme tersebut dapat dijadikan hewan peliharaan?
3. Berapakah jumlah kaki yang dimiliki spesies/organisme tersebut?
4. Apakah spesies/ organisme tersebut bisa dipelihara?
5. Apakah hewan tersebut memilki ciri khusus yang tidak dipunyai hewan lain?
6. Bagaimana cara perkembang biakkan hewan tersebyt?
Unknown mengatakan…
Lutfi Maulana Yusuf
Kelas X IPA-2

Hanya 5 Soal
1.Termasuk kingdom manakah organisme tersebut?
2. Ciri Fisik Detail organisme tersebut
3. Dimanakah habitat hewan Tersebut
4. Bagaimana cara berkembang biak
5. Makanan yang biasa di makan hewan tersebut

Jika saya masih belum bisa menebak mungkin saya bisa Menanyakan beberapa soal lagi
Unknown mengatakan…
Naila Nurusyifa X IPA 2
absen 25

saya akan bertanya mengenai habitat, ciri ciri, atau manfaat hewan tersebut

contoh:
-apakah hewan tersebut memiliki 2 kaki?
-apakah hewan tersebut bertelur?
-apakah hewan termasuk jenis hewan unggas?
-apakah kaki hewan tersebut berselaput?
-apakah hewan tersebut hidup di darat?
Badrina alfi x mipa 2 mengatakan…
mungkin saya tidak akan mengajukan banyak pertanyaan, saya hanya akan mengajukan beberapa pertanyaan seperti :
1. termasuk ke dalam jenis apa hewan tersebut, herbivora,karnivora, atau omnivora?
2.apa hewan itu termasuk mamalia?
3. Apa ciri fisik yang khas pada hewan tersebut?
4. hewan tersebut tinggal dimana?
5. Berkaki berapa hewan tersebut?
6. Bagaimana cara hewan itu bertahan hidup?
7. Bagaimana cara hewan tersebut berkembang biak?
Unknown mengatakan…
marwah azizah ulum
x mipa 1
pertanyaan saya:
1. spesies apa dia?
2. pemakan daging,tumbuhan,atau omnivora?
3. hewan vertebrata/invertebrata?
4. bagaimana organisme tersebut berkembang biak?
5. apa organisme tersebut termasuk ovipar,ovovivipar,vivipar?
6. bagimana organisme tersebut bertahan hidup?
Unknown mengatakan…
marwah azizah ulum
x mipa 1
pertanyaan saya:
1. spesies apa dia?
2. pemakan daging,tumbuhan,atau omnivora?
3. hewan vertebrata/invertebrata?
4. bagaimana organisme tersebut berkembang biak?
5. apa organisme tersebut termasuk ovipar,ovovivipar,vivipar?
6. bagimana organisme tersebut bertahan hidup?
Unknown mengatakan…
Gadis Ramadhani N.A / X MIPA 2 / 13
1. Apakah spesies/organisme tersebut merupakan hewan mamalia?
2. Apakah spesies/organisme tersebut dapat dijadikan hewan peliharaan?
3. Berapakah jumlah kaki yang dimiliki spesies/organisme tersebut?
4. apakah spesie/organisme tersebut dapat dipelihara?
5. apakah spesies/ organisme tersebut memilki ciri khusu yang tidak dipunyai hewan lain?
6. spesies/ organisme tersebut termasuk hewan kecil atau besar?
Unknown mengatakan…
Nama : Aisyah Nurmutia Zahra
kelas : X MIPA 2

saya akan memberikan pertanyaan untuk pak Yoga, setelah itu saya akan menyimpulkan organisme apa yg sedang bapak pikirkan

pertanyaan :

apakah hewan tersebut hidup di air? atau di darat?
apakah hewan ini termasuk hewan peliharaan?
apakah hewan tersebut karnivora? atau herbivora?
apakah hewan tersebut termasuk hewan mamalia?
dimana habitat hewan tersebut tinggal?
apakah hewan tersebut termasuk salah satu hewan yg dilindungi?
berapa kira kira bobot hewan tersebut?
berapa jumlah kaki nya?
apakah hewan tersebut membahayakan manusia?
bagaimana cara hewan tersebut berkembang biak?

Unknown mengatakan…
Fitria Maran Nurhalimah perempuan
X-MIPA-1
No.Absen:10

Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan seperti:

1. Jenis apakah yang ada di fikirannya?hewan atau tumbuhan?
2. Jika hewan?hewan tersebut berada di darat,laut,atau udara??
3. Jika darat,apakah hewan tersebut termasuk hewan pemakan daging?
4. Bagaimana bentuk tubuh hewan tersebut?besar atau kecil?
5. Ada berapa kaki hewan tersebut?ada 2 atau 4?

Kemungkinan besar kita bisa menyimpulkan hewan apa yang di fikirkan. Jika dari pertanyaan di atas masih ada yang kurang untuk menuju apa yang di fikirkan ada kemungkinan pula saya menambahkan beberapa pertanyaan lagi
Unknown mengatakan…
KAYLA EL SYAM
X MIPA 2 INFORMATIKA
KAMIS, 12/08/2021

Seperti yang sudah di jelaskan di atas cara mengklasifikasikan organisme secara efektif dan efisien terdapat 4 cara :
1. Decomposition
2. Pattern recognition
3. Abstraksi
4. Algorithm Design.

Menurut saya ini adalah sebuah pembelajaran yang menarik di zaman sekarang yaitu computational thinking dengan sistem yang ada, dimana terdapat decomposition yakni memecah data atau masalah yang besar menjadi bagian bagian yang kecil atau menjadi tugas tugas yang mudah di kelola, dan untuk pemecahannya terdapat Pattern recognition yakni dengan kemampuan melihat persamaan atau perbedaan pola.

Dan, saya akan mengajukan 6 pertanyaan tentang organisme yaitu :
1. Apakah hewan tersebut berhabitat di daratan? atau bahkan ia bisa hidup di perairan juga daratan?
2. Apakah hewan tersebut termasuk ke dalam kategori hewan buas?
3. Apa sajakah warna yang dimiliki hewan tersebut? apakah ada yang berwarna belang-belang?
4. Hewan tersebut memiliki berapa kaki? 2, 4, atau 6?
5. Hewan tersebut termasuk ovipar atau vivipar?
6. Jenis makanan apakah yang dimakan hewan tersebut?

Sekian, Terimakasih
Unknown mengatakan…
marwah azizah ulum
x mipa 1
pertanyaan saya:
1. spesies apa dia?
2. pemakan daging,tumbuhan,atau omnivora?
3. hewan vertebrata/invertebrata?
4. bagaimana organisme tersebut berkembang biak?
5. apa organisme tersebut termasuk ovipar,ovovivipar,vivipar?
6. bagimana organisme tersebut bertahan hidup?
Rafiq Haqqani mengatakan…
Nama : Rafiq Haqqani
Kelas : X IPA-2
Absen : 32

Ada 5 pertanyaan yang akan saya ajukan, yaitu:

1. Dimana organisme tersebut tinggal? apakah di darat, di air, atau dapat hidup dikeduanya.
2. Bagaimana cara organisme tersebut berkembang biak? apakah melahirkan, bertelur, ataupun bertelur dan melahirkan.
3. Termasuk dalam golongan apa organisme tersebut jika dilihat berdasarkan jenis makanannya? herbivora, karnivora, atau omnivora.
4. Bagaimana ciri-ciri fisik organisme tersebut? seperti warna kulit, bentuk badan, ataupun ciri-ciri yang menonjol lainnya.
5. Bagaimana cara organisme tersebut bergerak? apakah berjalan, berenang, terbang, dan sebagainya.
Unknown mengatakan…
marwah azizah ulum
x mipa 1
pertanyaan saya:
1. spesies apa dia?
2. pemakan daging,tumbuhan,atau omnivora?
3. hewan vertebrata/invertebrata?
4. bagaimana organisme tersebut berkembang biak?
5. apa organisme tersebut termasuk ovipar,ovovivipar,vivipar?
6. bagimana organisme tersebut bertahan hidup?
Naura Rafifah Surya X MIPA II
(maaf pak saya tidak pakai akun man, soalnya saya gatau cara gantinya🙁)

sepertinya saya tidak akan memberi banyak pertanyaan karena saya akan langsung menanyakan ke hal yang spesifik yang dapat langsung terpikirkan oleh bapak.
seperti:
- hewan ini berasal dari mana?
- hewan ini hidup di darat/laut/udara?
- hewan ini banyak ditemui atau langka?
- dan menanyai tentang ciri fisik/ciri khas hewan tersebut.

contoh:
- hewan apakah yang terdapat di bagian timur Indonesia dan mempunyai pulau sendiri?
- hewan apakah yang dapat hidup di darat dan di air, tetapi lebih sering di darat?
- hewan apakah yang termasuk ke kategori hewan langka dan termasuk hewan purba?
- hewan apakah yang dijuluki sebagai kadal terbesar di dunia?
Unknown mengatakan…
rafa kayla dahayu
x-mipa2
1."apakah organisme tersebut bertelur atau melahirkan?"
2."Dimana organisme tersebut hidup?"
3."Apakah organisme tersebut hewan?"
4."Apakah organisme itu memiliki kaki?"
5." Apakah organisme itu memiliki sayap?"
Rafiq Haqqani mengatakan…
Nama : Rafiq Haqqani
Kelas : X IPA-2
Absen : 32

Ada 5 pertanyaan yang akan saya ajukan, yaitu:

1. Dimana organisme tersebut tinggal? apakah di darat, di air, atau dapat hidup dikeduanya.
2. Bagaimana cara organisme tersebut berkembang biak? apakah melahirkan, bertelur, ataupun bertelur dan melahirkan.
3. Termasuk dalam golongan apa organisme tersebut jika dilihat berdasarkan jenis makanannya? herbivora, karnivora, atau omnivora.
4. Bagaimana ciri-ciri fisik organisme tersebut? seperti warna kulit, bentuk badan, ataupun ciri-ciri yang menonjol lainnya.
5. Bagaimana cara organisme tersebut bergerak? apakah berjalan, berenang, terbang, dan sebagainya.
Unknown mengatakan…
Nama : Nadia Zahra
Kelas : X MIPA 2
No.absen : 24

Kemungkinan saya akan mengajukan pertanyaan yang tepat untuk mengetahui informasi yang jelas dari organisme tersebut, seperti :
1. Apakah jenis spesies organisme tersebut (herbivora,karnivora,omnivora)?
2. Dimanakah habitat organisme tersebut?
3. Dengan cara apakah organisme tersebut berkembang biak?
4. Dengan menggunakan apakah organisme itu bergerak?
5. Bagaimana organisme tersebut bernafas?
6. Apakah organisme tersebut mudah ditemukan?
Rafiq Haqqani mengatakan…
Nama : Rafiq Haqqani
Kelas : X IPA-2
Absen : 32

Ada 5 pertanyaan yang akan saya ajukan, yaitu:

1. Dimana organisme tersebut tinggal? apakah di darat, di air, atau dapat hidup dikeduanya.
2. Bagaimana cara organisme tersebut berkembang biak? apakah melahirkan, bertelur, ataupun bertelur dan melahirkan.
3. Termasuk dalam golongan apa organisme tersebut jika dilihat berdasarkan jenis makanannya? herbivora, karnivora, atau omnivora.
4. Bagaimana ciri-ciri fisik organisme tersebut? seperti warna kulit, bentuk badan, ataupun ciri-ciri yang menonjol lainnya.
5. Bagaimana cara organisme tersebut bergerak? apakah berjalan, berenang, terbang, dan sebagainya.
Kayla El Syam mengatakan…
NAMA : KAYLA EL SYAM
X MIPA 2 INFORMATIKA
KAMIS, 12/08/2021

Seperti yang sudah dijelaskan diatas cara mengklasifikasikan organisme secara efektif dan efesien terdapat 4 cara :
• Decomposition
• Pattern Recognition
• Abstraksi
• Algorithm Design

Saya akan mengajukan 6 pertanyaan tentang organisme yaitu :
1. Apakah hewan tersebut berhabitat di daratan? Atau bahkan ia dapat hidup di daratan juga perairan?
2. Apa sajakah warna kulit yang dimiliki oleh hewan tersebut? Apakah belang-belang, putih, hitam?
3. Hewan tersebut memiliki berapa kaki? 2,4, atau 6?
4. Hewan tersebut termasuk hewan ovipar atau vivipar?
5. Apakah hewan tersebut termasuk ke dalam kategori hewan buas?
6. Jenis makanan apakah yang dimakan hewan tersebut?

Sekian, Terimakasih pertanyaan dari saya.
Novia Alya X Mipa -1 mengatakan…
Novia Alya Cahya Anggraini
Kelas X - MIPA 1
No. Absen : 26

Saya akan memberikan beberapa pertanyaan utk mengetahui informasi Lebih dalam seputar organisme tsb.

1. Ia Hidup Di Daratan atau Di Perairan ?
2. Ia termasuk Golongan Herbivora/Karnivora atau sebaginya ?
3. Ia Bernafas Menggunakan Apa?
4. Apakah ia Didalam Hidup Membutuhkan Air ?
5. Apakah Makanan nya berbeda Dengan hewan2 Lain ?
6. Apakah ia Memiliki Habitat yang tetap ?
7. Apakah Ia dapat menyesuaikan Diri dengan Lingkungan nya

Mungkin itu yang akan saya tanyakan, kuranglebih nya itu Sudah bisa menggambarkan Spesies yang diketahui atau Yang ingin Saya Ketahui, Trimakasih
Novia Alya X Mipa -1 mengatakan…
Novia Alya Cahya Anggraini
Kelas X - MIPA 1
No. Absen : 26

Saya akan memberikan beberapa pertanyaan utk mengetahui informasi Lebih dalam seputar organisme tsb.

1. Ia Hidup Di Daratan atau Di Perairan ?
2. Ia termasuk Golongan Herbivora/Karnivora atau sebaginya ?
3. Ia Bernafas Menggunakan Apa?
4. Apakah ia Didalam Hidup Membutuhkan Air ?
5. Apakah Makanan nya berbeda Dengan hewan2 Lain ?
6. Apakah ia Memiliki Habitat yang tetap ?
7. Apakah Ia dapat menyesuaikan Diri dengan Lingkungan nya

Mungkin itu yang akan saya tanyakan, kuranglebih nya itu Sudah bisa menggambarkan Spesies yang diketahui atau Yang ingin Saya Ketahui, Trimakasih
Unknown mengatakan…
Fitria Maran Nurhalimah perempuan
X-MIPA-1
No.Absen:10

Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan seperti:

1. Jenis apakah yang ada di fikirannya?hewan atau tumbuhan?
2. Jika hewan?hewan tersebut berada di darat,laut,atau udara??
3. Jika darat,apakah hewan tersebut termasuk hewan pemakan daging?
4. Bagaimana bentuk tubuh hewan tersebut?besar atau kecil?
5. Ada berapa kaki hewan tersebut?ada 2 atau 4?

Kemungkinan besar kita bisa menyimpulkan hewan apa yang di fikirkan. Jika dari pertanyaan di atas masih ada yang kurang untuk menuju apa yang di fikirkan ada kemungkinan pula saya menambahkan beberapa pertanyaan lagi
Novia Alya X Mipa -1 mengatakan…
Novia Alya Cahya Anggraini
Kelas X - MIPA 1
No. Absen : 26

Saya akan memberikan beberapa pertanyaan utk mengetahui informasi Lebih dalam seputar organisme tsb.

1. Ia Hidup Di Daratan atau Di Perairan ?
2. Ia termasuk Golongan Herbivora/Karnivora atau sebaginya ?
3. Ia Bernafas Menggunakan Apa?
4. Apakah ia Didalam Hidup Membutuhkan Air ?
5. Apakah Makanan nya berbeda Dengan hewan2 Lain ?
6. Apakah ia Memiliki Habitat yang tetap ?
7. Apakah Ia dapat menyesuaikan Diri dengan Lingkungan nya

Mungkin itu yang akan saya tanyakan, kuranglebih nya itu Sudah bisa menggambarkan Spesies yang diketahui atau Yang ingin Saya Ketahui, Trimakasih
Rafiq Haqqani mengatakan…
Nama : Rafiq Haqqani
Kelas : X IPA-2
Absen : 32

Ada 5 pertanyaan yang akan saya ajukan, yaitu:

1. Dimana organisme tersebut tinggal? apakah di darat, di air, atau dapat hidup dikeduanya.
2. Bagaimana cara organisme tersebut berkembang biak? apakah melahirkan, bertelur, ataupun bertelur dan melahirkan.
3. Termasuk dalam golongan apa organisme tersebut jika dilihat berdasarkan jenis makanannya? herbivora, karnivora, atau omnivora.
4. Bagaimana ciri-ciri fisik organisme tersebut? seperti warna kulit, bentuk badan, ataupun ciri-ciri yang menonjol lainnya.
5. Bagaimana cara organisme tersebut bergerak? apakah berjalan, berenang, terbang, dan sebagainya.
Azzah Rania Haleakala X MIPA 2

Jawaban:
Paling sedikit ditanyakan bentuk dan atau suara spesies tersebut.
Paling banyak ditanyakan kurang lebih 6. Diantaranya:
1. Habitat spesies itu;
2. Caranya bernapas;
3. Cara reproduksinya;
4. Ciri khasnya (kebiasaan, bentuk, warna, suara, dll);
5. Caranya mendapat sumber energi (makan / minum);
6. Klasifikasi ilmiahnya (kelas, ordo, famili, genus, dll).
Malik Assalam mengatakan…
Malik Assalam
X Ipa 3
18

1.Genus apa?
2.Spesies apa?
Khansa Aqila Nasywa
Kelas X MIPA 1
No.Absen 13

Saya mungkin akan memberikan beberapa pertanyaan untuk mengetahui tentang informasi ini lebih dalam.

1.Hewan tersebut karnivora,herbivora, atau omnivora ?
2.Hewan tersebut bernapas menggunakan ?
3.Dimana habitat hewan tersebut ?
4.Apa yang dia makan sehari-hari ?
5.Jika,dia karnivora bagaimana cara memburu mangsanya ?
6.Apa warna hewan tersebut ?
7.Hewan tersebut mempunyai berapa kaki atau malah tidak mempunyai kaki,melaikan sirip ?
8.Apakah hewan itu jinak atau buas/liar ?
9.Apakah hewan tersebut dapat ditemukn di kebun binatang ?
10.Termasuk spesies apa hewan tersebut tergolongkan ?

Itu yang akan saya tanyakan, kurang lebihnya dengan jawaban pertanyaan tersebut kita dapat mengidentifikasi apa sebenarnya jenis hewan tersebut, terima kasih :)
Malik Assalam mengatakan…
Malik Assalam
X Ipa 3

1.Genus apa?
2.Spesies apa?
Unknown mengatakan…
Nama: Raza Agha.H
Kelas: X MIPA 3
No.Absen: 31

apakah hewan tersebut berkaki dua?
apakah hewan tersebut memiliki sayap?
apakah hewan tersebut bisa terbang?
apakah hewan tersebut bersiul?

Burung
Malik Assalam mengatakan…
Malik assalam
X ipa 3

1.Berkaki berapa?
2.Herbivora/Karnivora/?
3.Hidup dimana?
4.Cara berkembang biak?
5.Panjang tubuh uk.dewasa dan anak anak
6.Genus apa?
7.Spesies apa?
Unknown mengatakan…
Nama : Amira Latifa
Kelas: X IPA 3


Saya akan mengajukan 5 pertanyaan :
- apakah hewan tersebut langka atau tidak.
- dimanakah ia tinggal? di daratan atau laut atau keduanya.
- apakah ia herbivora/karnivora/omnivora.
- dapat dipelihara atau tidak.
- bagaimana ia berkembang biak?
Unknown mengatakan…
Nama : Fasya Nabila Salim
Kelas : X MIPA 3

Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan, diantaranya :
1. Termasuk kindom apa hewan tersebut?
2. Dimana habitat nya?
3. Apa ciri ciri khas hewan tersebut?
4. Bagaimana cara dia menangkap mangsa?
5. Apa jenis makanan hewan tersebut?
Unknown mengatakan…
Nama : Fasya Nabila Salim
Kelas : X MIPA 3

Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan, diantaranya :
1. Termasuk kindom apa hewan tersebut?
2. Dimana habitat nya?
3. Apa ciri ciri khas hewan tersebut?
4. Bagaimana cara dia menangkap mangsa?
5. Apa jenis makanan hewan tersebut?
Nama : Hafiz Sastera Wiguna
Kelas : X IPA 2

Mungkin saya akan memberikan beberapa pertanyaan karena saya ingin menanyakan spesifikasi makhluk hidup tersebut atau ciri ciri makhluk hidup tersebut.Saya ingin menanyakan :

1.Apakah spesies tersebut hidup didarat?
2.Apakah spesies tersebut pemakan daging?
3.Apakah spesies tersebut berkaki 4?
4.Apakah spesies tersebut memiliki bulu?
5.Apakah spesies tersebut hanya memiliki 1 warna?
6.Apakah spesies tersebut berasal dari bagian timur Indonesia?
7.Apakah spesies tersebut memiliki taring?
8.Apakah spesies tersebut termasuk mamalia?
9.Apakah ciri khas yang dimiliki spesies tersebut?
10.Apakah spesies tersebut keberadaannya sudah langka?
Unknown mengatakan…
Nama : Fatih Rifqi Ali
Kelas : X MIPA 3
1.dimana habitat hewan tersebut?
2.dengan cara apa hewan tersebut berkembang biak?
3.berapa berat umum hewan tersebut?
Nama : Hafiz Sastera Wiguna
Kelas : X IPA 2

Mungkin saya akan memberikan beberapa pertanyaan karena saya ingin menanyakan spesifikasi makhluk hidup tersebut atau ciri ciri makhluk hidup tersebut.Saya ingin menanyakan :

1.Apakah spesies tersebut hidup didarat?
2.Apakah spesies tersebut pemakan daging?
3.Apakah spesies tersebut berkaki 4?
4.Apakah spesies tersebut memiliki bulu?
5.Apakah spesies tersebut hanya memiliki 1 warna?
6.Apakah spesies tersebut berasal dari bagian timur Indonesia?
7.Apakah spesies tersebut memiliki taring?
8.Apakah spesies tersebut termasuk mamalia?
9.Apakah ciri khas yang dimiliki spesies tersebut?
10.Apakah spesies tersebut keberadaannya sudah langka?
Khansa Aqila Nasywa
Kelas X MIPA 1
No.Absen 13

Mungkin saya akan mengajukan pertanyaan,sebagai berikut:
1. Apakah hewan tersebut karnivora,herbivora atau omnivora ?
2. Berapa kaki yang dimiliki hewan tersebut ?
3. Bagaimana cara hewan tersebut bernapas ?
4. Bagaimana cara hewan tersebut berkembang biak ?
5. Bagaimana cara "dia" menemukan makanan sehari-hari "nya" ?
6. termasuk spesies apa hewan tersebut ?
7. Apa warna hewan tersebut ?
8. Apa hewan tersebut termasuk hewan yang dilindungi ?
9. Apa hewan tersebut sudah punah ?
10. Apa habitat hewan tersebut

Mungkin begitulah yang akan saya pertanyakan agar kita dapat mengidentifikasi hewan tersebut, kurang lebih nya mohon maaf, sekian dan terimakasih
Unknown mengatakan…
Raden Roro clara arista ashila f.
X-MIPA 3
Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan seperti :
1. Darimana asalnya spesies/organisme itu berasal?(kingdom-divisi/filum-ordo-suku-marga-jenis)
2. Dengan cara apa spesies/organisme itu bernafas?
3. Dimana habitat spesies/organisme tersebut?
5. Bagaimana cara spesies/organisme itu berkembang biak?
6. Apa ciri yang paling khas dari organisme tersebut?
7. Apakah organisme itu termasuk langka atau mudah ditemukan?
8. Apa jenis spesies/organisme (herbivora/karnivora/omnivora/insektivora)?
9. Apa spesies/organisme menguntungkan atau merugikan bagi lingkungannya?
Dan beberapa pertanyaan lainnya untuk menanyakan ciri-ciri fisik organisme tersebut. Mungkin saya akan bisa menebak spesies/organisme apa yang sedang dipikirkan.
Rafiq Haqqani mengatakan…
Nama : Rafiq Haqqani
Kelas : X IPA-2
Absen : 32

Ada 5 pertanyaan yang akan saya ajukan, yaitu:

1. Dimana organisme tersebut tinggal? apakah di darat, di air, atau dapat hidup dikeduanya.
2. Bagaimana cara organisme tersebut berkembang biak? apakah melahirkan, bertelur, ataupun bertelur dan melahirkan.
3. Termasuk dalam golongan apa organisme tersebut jika dilihat berdasarkan jenis makanannya? herbivora, karnivora, atau omnivora.
4. Bagaimana ciri-ciri fisik organisme tersebut? seperti warna kulit, bentuk badan, ataupun ciri-ciri yang menonjol lainnya.
5. Bagaimana cara organisme tersebut bergerak? apakah berjalan, berenang, terbang, dan sebagainya.
Nama : Hafiz Sastera Wiguna
Kelas : X IPA 2

Mungkin saya akan memberikan beberapa pertanyaan karena saya ingin menanyakan spesifikasi makhluk hidup tersebut atau ciri ciri makhluk hidup tersebut.Saya ingin menanyakan :

1.Apakah spesies tersebut hidup didarat?
2.Apakah spesies tersebut pemakan daging?
3.Apakah spesies tersebut berkaki 4?
4.Apakah spesies tersebut memiliki bulu?
5.Apakah spesies tersebut hanya memiliki 1 warna?
6.Apakah spesies tersebut berasal dari bagian timur Indonesia?
7.Apakah spesies tersebut memiliki taring?
8.Apakah spesies tersebut termasuk mamalia?
9.Apakah ciri khas yang dimiliki spesies tersebut?
10.Apakah spesies tersebut keberadaannya sudah langka?
Unknown mengatakan…
Raden Roro clara arista ashila f.
X-Mipa 3
Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan seperti :
1. Darimana asalnya spesies/organisme itu berasal?(kingdom-divisi/filum-ordo-suku-marga-jenis)
2. Dengan cara apa spesies/organisme itu bernafas?
3. Dimana habitat spesies/organisme tersebut?
5. Bagaimana cara spesies/organisme itu berkembang biak?
6. Apa ciri yang paling khas dari organisme tersebut?
7. Apakah organisme itu termasuk langka atau mudah ditemukan?
8. Apa jenis spesies/organisme (herbivora/karnivora/omnivora/insektivora)?
9. Apa spesies/organisme menguntungkan atau merugikan bagi lingkungannya?
Dan beberapa pertanyaan lainnya untuk menanyakan ciri-ciri fisik organisme tersebut. Mungkin saya akan bisa menebak spesies/organisme apa yang sedang dipikirkan.
Unknown mengatakan…
Nama: Hazel Radeihan Javierazak
Kelas: X MIPA 3

Saya akan bertanya 5 pertanyaan yaitu

1.Termasuk kingdom apa organisme tersebut?
2.Apakah organisme tersebut memiliki kaki?
3.Dimana habitat organisme itu?
4.Dengan cara apa organisme tersebut berkembang biak?
5.Organisme tersebut bernafas dengan apa?
Unknown mengatakan…
Nama : Fatih Rifqi Ali
Kelas : X MIPA 3
Berikut pertanyaan yang saya ajukan, untuk membantu saya dalam menebak hewan yang dimaksud:
1. di mana habitat hewat tsb?
2. bagaimana cara hewan tsb berkembang biak?
3. berapa berat umum hewan tsb?
4. bagaimana cara hewan tsb melindungi dirinya dari ancaman?
5. ada diposisi mana hewan tsb dalam rantai makananan?
Unknown mengatakan…
Muhammad faqih muzadid
X mipa 3


1.berkaki berapa?
2.makan apa?
3.hidup dimana?
4.genus apa?
5.bagaimana cara berkembang biak?
6.sepesies apa?
7.tidur kapan?
Unknown mengatakan…
NAMA : MUHAMMAD HAFIZH SETIAWAN
KELAS : X MIPA 3
TANGGAL : 12-08-2021

PERTANYAAN SAYA
1. DIMANA HABITAT HEWAN ITU ? DI DARAT DAN AIR
2. APAKAH HEWAN TERSEBUT BERUKURAN BESAR ATAU KECIL ? BESAR
2. BERDASARKAN PENGELOMPOKKAN JENIS MAKANAN HEWAN TERSEBUT TERMASUK HEWAN ? KARNIVORA
3. BAGAIMANA CARA BERKEMBANG BIAK HEWAN TERSEBUT ? BERTELUR
4. APA KELOMPOK VERTEBRATA HEWAN TERSEBUT ? REPTIL
5. APAKAH HEWAN TERSEBUT BERDARAH PANAS ATAU BERDARAH DINGIN ? BERDARAH DINGIN
6. APAKAH BINATANG INI DI PELIHARA OLEH MANUSIA ? TIDAK
7. BERAPAKAH JUMLAH KAKI YANG DIMILIKI HEWAN TERSEBUT ? 4
8. APAKAH HEWAN TERSEBUT MEMPUNYAI SISIK ? IYA
9. APA WARNA HEWAN ITU ? HIJAU TUA
10.BAGAIMANA BENTUK MULUT DAN GIGINYA ? MONCONG, BERBENTUK V DAN GIGINYA BERTARING
Unknown mengatakan…
NAMA : MUHAMMAD HAFIZH SETIAWAN
KELAS : X MIPA 3
TANGGAL : 12-08-2021

PERTANYAAN SAYA
1. DIMANA HABITAT HEWAN ITU ? DI DARAT DAN AIR
2. APAKAH HEWAN TERSEBUT BERUKURAN BESAR ATAU KECIL ? BESAR
2. BERDASARKAN PENGELOMPOKKAN JENIS MAKANAN HEWAN TERSEBUT TERMASUK HEWAN ? KARNIVORA
3. BAGAIMANA CARA BERKEMBANG BIAK HEWAN TERSEBUT ? BERTELUR
4. APA KELOMPOK VERTEBRATA HEWAN TERSEBUT ? REPTIL
5. APAKAH HEWAN TERSEBUT BERDARAH PANAS ATAU BERDARAH DINGIN ? BERDARAH DINGIN
6. APAKAH BINATANG INI DI PELIHARA OLEH MANUSIA ? TIDAK
7. BERAPAKAH JUMLAH KAKI YANG DIMILIKI HEWAN TERSEBUT ? 4
8. APAKAH HEWAN TERSEBUT MEMPUNYAI SISIK ? IYA
9. APA WARNA HEWAN ITU ? HIJAU TUA
10.BAGAIMANA BENTUK MULUT DAN GIGINYA ? MONCONG, BERBENTUK V DAN GIGINYA BERTARING
Unknown mengatakan…
Nama : Fatih Rifqi Ali
Kelas : X MIPA 3
berikut pwertanyaan yang saya ajukan, untuk membantu saya menebak hewan yang dimaksud:
1. Di mana habitat hewan tsb?
2. Bagaimana cara hewan tsb berkembang biak?
3. Bagaimana cara hewan tsb melidungi diri dari ancaman?
4. Di mana posisi hewan tsb dalam rantai makanan?
5. Berapa berat umum hewan tsb?
6. Berapa tinggi atau panjang umum hewan tsb?
Naura Rafifah Surya X MIPA II
(maaf pak tidak pake akun man, soalnya gatau cara gantinya😔)

sepertinya saya tidak akan memberi banyak pertanyaan karena saya akan langsung memberikan pertanyaan ke hal yang spesifik yang menurut saya dapat membuat bapak langsung tau jawabannya.
seperti:
- hewan ini berasal dari mana?
- hewan ini hidup di darat atau laut?
- hewan ini banyak ditemui atau langka?
- dan memberikan pertanyaan tentang ciri fisik/khas hewa tersebut.

contoh:
- hewan apakah yang berasal dari bagian timur Indonesia dan mempunyai pulau sendiri?
- hewan apakah yang hidup di darat dan di air, tetapi lebih sering di darat?
- hewan apakah yang sudah termasuk kedalam kategori langka dan termasuk hewan purba?
- hewan apakah yang mempunya julukan kadal terbesar di dunia?
muhamad fathir Xmipa2 mengatakan…
NAMA:MUHAMAD FATHIR (20)
KELAS: X-MIPA2

Saya akan berikan 4 pertanyaan,dalam 4 prtanyaan tersebut saya akan menanyakan ciri-ciri spesies lumba" yg dimaksud adalah sebagai berikut:

1.hewan tersebut tinggal dimna?
2.berkaki atau tidak?
3.hewan tersebut mamalia/herbifora?
4.bagai mana cara bergeraknya?
Naura Rafifah Surya X MIPA II
(maaf pak tidak pake akun man, soalnya gatau cara gantinya😔)

sepertinya saya tidak akan memberi banyak pertanyaan karena saya akan langsung memberikan pertanyaan ke hal yang spesifik yang menurut saya dapat membuat bapak langsung tau jawabannya.
seperti:
- hewan ini berasal dari mana?
- hewan ini hidup di darat atau laut?
- hewan ini banyak ditemui atau langka?
- dan memberikan pertanyaan tentang ciri fisik/khas hewa tersebut.

contoh:
- hewan apakah yang berasal dari bagian timur Indonesia dan mempunyai pulau sendiri?
- hewan apakah yang hidup di darat dan di air, tetapi lebih sering di darat?
- hewan apakah yang sudah termasuk kedalam kategori langka dan termasuk hewan purba?
- hewan apakah yang mempunya julukan kadal terbesar di dunia?
Naura Rafifah Surya X MIPA II
(maaf pak tidak pake akun man, soalnya gatau cara gantinya��)

sepertinya saya tidak akan memberi banyak pertanyaan karena saya akan langsung memberikan pertanyaan ke hal yang spesifik yang menurut saya dapat membuat bapak langsung tau jawabannya.
seperti:
- hewan ini berasal dari mana?
- hewan ini hidup di darat atau laut?
- hewan ini banyak ditemui atau langka?
- dan memberikan pertanyaan tentang ciri fisik/khas hewa tersebut.

contoh:
- hewan apakah yang berasal dari bagian timur Indonesia dan mempunyai pulau sendiri?
- hewan apakah yang hidup di darat dan di air, tetapi lebih sering di darat?
- hewan apakah yang sudah termasuk kedalam kategori langka dan termasuk hewan purba?
- hewan apakah yang mempunya julukan kadal terbesar di dunia?
Unknown mengatakan…
nama:vaza Difa
kelas : x mipa1
nomer absen: 35
Sebanyak apa yang bisa saya ketahui dan mendapatkan ilmu baru dari apa yang anda pikirkan. jumlah spesies atau organisme di bumi ini tidak terhitung dan tidak tepat meskipun kita mengumpulkan semua data spesies,spesies baru akan muncul setiap saat dengan kecepatan 18.000 spesies per tahun, Bahkan jika kita mengambil perkiraan yang lebih konservatif, yakni 8,7 juta spesies kehidupan di Bumi, maka kita hanya menjelaskan dan memberi nama sekitar 25% bentuk kehidupan di planet ini. Jika angka 1 triliun itu benar, maka kita telah melakukan pekerjaan yang sangat buruk, dengan 99,99% spesies masih menunggu deskripsi.
Unknown mengatakan…
nama:vaza Difa
kelas : x mipa1
nomer absen: 35
Sebanyak apa yang bisa saya ketahui dan mendapatkan ilmu baru dari apa yang anda pikirkan. jumlah spesies atau organisme di bumi ini tidak terhitung dan tidak tepat meskipun kita mengumpulkan semua data spesies,spesies baru akan muncul setiap saat dengan kecepatan 18.000 spesies per tahun, Bahkan jika kita mengambil perkiraan yang lebih konservatif, yakni 8,7 juta spesies kehidupan di Bumi, maka kita hanya menjelaskan dan memberi nama sekitar 25% bentuk kehidupan di planet ini. Jika angka 1 triliun itu benar, maka kita telah melakukan pekerjaan yang sangat buruk, dengan 99,99% spesies masih menunggu deskripsi.
Naura Rafifah Surya X MIPA II
(maaf pak tidak pake akun man, soalnya gatau cara gantinya)

sepertinya saya tidak akan memberi banyak pertanyaan karena saya akan langsung memberikan pertanyaan ke hal yang spesifik yang menurut saya dapat membuat bapak langsung tau jawabannya.
seperti:
- hewan ini berasal dari mana?
- hewan ini hidup di darat atau laut?
- hewan ini banyak ditemui atau langka?
- dan memberikan pertanyaan tentang ciri fisik/khas hewa tersebut.

contoh:
- hewan apakah yang berasal dari bagian timur Indonesia dan mempunyai pulau sendiri?
- hewan apakah yang hidup di darat dan di air, tetapi lebih sering di darat?
- hewan apakah yang sudah termasuk kedalam kategori langka dan termasuk hewan purba?
- hewan apakah yang mempunya julukan kadal terbesar di dunia?
Unknown mengatakan…
Nama: Muhammad Al-Fatih
Kls:X MIPA 2
No.Absen: 21

Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan yaitu sebagai berikut:
1.Apakah jenis organisme itu adalah fauna atau flora??
2.Di alam manakah organisme itu tinggal?
3.Apa yang organisme tersebut konsumsi untuk bertahan hidup
4.Apakah dia adalah spesies yang telah punah?
5.Apakah spesies tersebut adalah spesies yang langka?
6.Apakah itu adalah salah satu spesies yang ada di Indonesia?
Nama : Hafiz Sastera Wiguna
Kelas : X MIPA 2

Saya ingin bertanya beberapa pertanyaan karena saya ingin menanyakan spesifikasi makhluk hidup tersebut atau ciri ciri makhluk hidup tersebut.Yang saya ingin tanyakan :

1.Apakah spesies tersebut hidup didarat?
2.Apakah spesies tersebut pemakan daging?
3.Apakah spesies tersebut berkaki empat?
4.Apakah spesies tersebut memiliki lebih dari satu warna?
5.Bagaimana spesies tersebut berkembang biak?
6.Apakah spesies tersebut termasuk mamalia?
7.Apakah spesies tersebut termasuk hewan yang dilindungi?
8.Apakah spesies tersebut berbadan besar?
9.Apakah spesies tersebut berasal dari Indonesia bagian timur?
10.Apa kerabat spesies yang bapak pikirkan?
Unknown mengatakan…
Nama : Innayah Aulia Marsidi
Kelas : X MIPA 3
Absen : 17

Saya akan mengajukan pertanyaan, diantarannya :
1. Berasal dari mana kingdom/organisme itu ?
2. Dimana tempat tinggal atau habitnya berada?
3. Hewan tersebut termasuk kedalam golongan karnivora, omnivora atau herbivora ?
4. Ciri - ciri dari hewan tersebut adalah?
Unknown mengatakan…
Fitria Maran Nurhalimah
X-MIPA-1
No.Absen:10

Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan seperti:

1. Jenis apakah yang ada di fikirannya?hewan atau tumbuhan?
2. Jika hewan?hewan tersebut berada di darat,laut,atau udara??
3. Jika darat,apakah hewan tersebut termasuk hewan pemakan daging?
4. Bagaimana bentuk tubuh hewan tersebut?besar atau kecil?
5. Ada berapa kaki hewan tersebut?ada 2 atau 4?

Kemungkinan besar kita bisa menyimpulkan hewan apa yang di fikirkan. Jika dari pertanyaan di atas masih ada yang kurang untuk menuju apa yang di fikirkan ada kemungkinan pula saya menambahkan beberapa pertanyaan lagi
muhamad fathir Xmipa2 mengatakan…
nama: muhamad fathir
kelas:X-MIPA 2
absen:20

saya akan berikan 4 pertanyaan dalam 4 pertanyaan tersebut saya akan menanyakanciri-ciri spesies lumba" yang dimaksud sebagai berikut

1.hewan ini tinggal di mana?
2.mempunyai kaki atau tidak?
3.apakah hewan ini mamalia/herbivora?
4.cara bergerak hewan tersebut?
Unknown mengatakan…
No Absen 25

1. Apa itu spesies?
2. Bagaimana cara berkembang Biaknya?
3. Tinggal dimana habitatnya?
4. Hidup di darat/air?
5. Badannya kecil/besar?
Naura Rafifah Surya X MIPA II

sepertinya saya tidak akan memberi banyak pertanyaan karena saya akan langsung memberikan pertanyaan ke hal yang spesifik yang menurut saya dapat membuat bapak langsung tau jawabannya.
seperti:
- hewan ini berasal dari mana?
- hewan ini hidup di darat atau laut?
- hewan ini banyak ditemui atau langka?
- dan memberikan pertanyaan tentang ciri fisik/khas hewa tersebut.

contoh:
- hewan apakah yang berasal dari bagian timur Indonesia dan mempunyai pulau sendiri?
- hewan apakah yang hidup di darat dan di air, tetapi lebih sering di darat?
- hewan apakah yang sudah termasuk kedalam kategori langka dan termasuk hewan purba?
- hewan apakah yang mempunya julukan kadal terbesar di dunia?
Unknown mengatakan…
Restu Hayu Ramadhani
X MIPA 3

1. Apakah hewan tersebut tinggal di darat? (Iya)
2. Apakah hewan tersebut mamalia? (Tidak)
3. Apakah hewan tersebut dapat di pelihara? (Tidak)
4. Apakah hewan tersebut dilindungi? (Iya)
5. Apakah hewan tersebut hampir punah? (Iya)
6. Apakah hewan tersebut termasuk reptil? (Iya)
7. Apakah hewan tersebut hanya ada di Indonesia? (Iya)

Jawaban : komodo
Unknown mengatakan…
Restu Hayu Ramadhani
X MIPA 3

1. Apakah hewan tersebut tinggal di darat? (Iya)
2. Apakah hewan tersebut mamalia? (Tidak)
3. Apakah hewan tersebut dapat di pelihara? (Tidak)
4. Apakah hewan tersebut dilindungi? (Iya)
5. Apakah hewan tersebut hampir punah? (Iya)
6. Apakah hewan tersebut termasuk reptil? (Iya)
7. Apakah hewan tersebut hanya ada di Indonesia? (Iya)

Jawaban : komodo
Unknown mengatakan…
Nama : Naila Ramadani
Kelas : X MIPA 1
Absen : 22


Saya akan mengajukan 10 pertanyaan, yaitu:

1. Apakah spesies / organisme tersebut termasuk hewan,atau tumbuhan?
2. Dimanakah tempat spesies/organisme tersebut tinggal? apakah di darat atau di air?
3.Jika spesies itu hewan ,apakah spesies itu termasuk karnivora, herbivora atau omnivora?
4. Bagaimana cara spesies tersebut beradaptasi dengan lingkungannya?
5. Bagaimana cara spesies/organisme itu berkembang biak?
6. Apa ciri khusus spesies/organisme tersebut?
7. Apa ukuran spesies/organisme tersebut?
8. Apakah spesies itu memiliki kaki?
9.Apakah spesies itu dapat terbang?
10. Apa warna kulit atau bulu spesies itu?

jika saya masih ragu maka saya akan mengajukan beberapa pertanyaan lagi.
Unknown mengatakan…
Nama : Naila Ramadani
Kelas : X MIPA 1
Absen : 22


Saya akan mengajukan 11 pertanyaan, yaitu:

1. Apakah spesies / organisme tersebut termasuk hewan,atau tumbuhan?
2. Dimanakah tempat spesies/organisme tersebut tinggal? apakah di darat atau di air?
3.Jika spesies itu hewan ,apakah spesies itu termasuk karnivora, herbivora atau omnivora?
4. Bagaimana cara spesies tersebut beradaptasi dengan lingkungannya?
5. Bagaimana cara spesies/organisme itu berkembang biak?
6. Apa ciri khusus spesies/organisme tersebut?
7. Apa ukuran spesies/organisme tersebut?
8. Apakah spesies itu memiliki kaki?
9.Apakah spesies itu dapat terbang?
10. Apa warna kulit atau bulu spesies itu?
11. Apakah spesies tersebut hidup berkelompok?

jika saya masih ragu maka saya akan mengajukan beberapa pertanyaan lagi.
Unknown mengatakan…
No Absen 25
Nama: Nayla zahra
Kelas: x MIPA 1

1. Apa itu spesies?
2. Bagaimana cara berkembang biaknya?
3. Badannya kecil/besar?
4. Hidup di darat/air?
5. Tinggal dimana habitatnya?
Unknown mengatakan…
Nama:Fitri sari ramadhani
Kelas:x mipa 2 [12]

Saya akan memberikan beberapa pertanyaan yaituu:
1. berapa bnyak spesies yang ada dibumi?
2.bagaimana organisme atau spesies itu berkembang biak
3.apa jenisnya?
4.apa ciri ciri fisiknya?
Unknown mengatakan…
Tiara Shabrina Martianadariento (37)
X MIPA 3

9 Pertanyaan
1. Dimanakah habitat spesies/organisme tersebut?
2. Berjenis apakah spesies/organisme tersebut?
3. Bagaimana cara spesies/organisme tersebut berkembang biak?
4. Bagaimana cara spesies/organisme tersebut bergerak?
5. Dengan cara apa spesies/organisme tersebut bernafas?
6. Apakah spesies/organisme tersebut dapat dipelihara oleh manusia?
7. Apakah spesies/organisme tersebut memiliki kaki? Jika ada, berapakah jumlah kakinya?
8. Apakah spesies/organisme tersebut memiliki bulu?
9. Apa ciri khas yang paling menonjol dari spesies/organisme tersebut?
Naila Ramadani mengatakan…
Nama : Naila Ramadani
Kelas : X MIPA 1
Absen : 22


Saya akan mengajukan 11 pertanyaan, yaitu:

1. Apakah spesies / organisme tersebut termasuk hewan,atau tumbuhan?
2. Dimanakah tempat spesies/organisme tersebut tinggal? apakah di darat atau di air?
3.Jika spesies itu hewan ,apakah spesies itu termasuk karnivora, herbivora atau omnivora?
4. Bagaimana cara spesies tersebut beradaptasi dengan lingkungannya?
5. Bagaimana cara spesies/organisme itu berkembang biak?
6. Apa ciri khusus spesies/organisme tersebut?
7. Apa ukuran spesies/organisme tersebut?
8. Apakah spesies itu memiliki kaki?
9.Apakah spesies itu dapat terbang?
10. Apa warna kulit atau bulu spesies itu?
11. Apakah spesies tersebut hidup berkelompok?

jika saya masih ragu maka saya akan mengajukan beberapa pertanyaan lagi.
Naila Ramadani mengatakan…
Nama : Naila Ramadani
Kelas : X MIPA 1
Absen : 22


Saya akan mengajukan 11 pertanyaan, yaitu:

1. Apakah spesies / organisme tersebut termasuk hewan,atau tumbuhan?
2. Dimanakah tempat spesies/organisme tersebut tinggal? apakah di darat atau di air?
3.Jika spesies itu hewan ,apakah spesies itu termasuk karnivora, herbivora atau omnivora?
4. Bagaimana cara spesies tersebut beradaptasi dengan lingkungannya?
5. Bagaimana cara spesies/organisme itu berkembang biak?
6. Apa ciri khusus spesies/organisme tersebut?
7. Apa ukuran spesies/organisme tersebut?
8. Apakah spesies itu memiliki kaki?
9.Apakah spesies itu dapat terbang?
10. Apa warna kulit atau bulu spesies itu?
11. Apakah spesies tersebut hidup berkelompok?

jika saya masih ragu maka saya akan mengajukan beberapa pertanyaan lagi.
Unknown mengatakan…
saabira ran dzikrullah
absen 34
kelas X MIPA 3

sebenarnya saya tidak tertarik. tapi kalau disuruh jawab, mungkin saya akan menanyakan ciri cirinya, darimana asalnya, ukuran nya, dimana habitat nya, dan cara berkembangbiak nya.
Unknown mengatakan…
Apakah hewan itu bisa terbang?
dimanakah hewan itu tinggal?
Apakah hewan tsb hidup di 2 alam?
bagaimana hewan itu bernafas?
bagaimana Mereka melangsungkan hidupnya?
Unknown mengatakan…
Nama Muhammad Fadhil Rabbani
Kelas X MIPA 3

1.apakah dia ampibi?
2.Seberapa banyak populasi nya?
3.Di mana habita asli mereka?
4.apakah dia berbahaya atau tidak?
5.seberapa lama ia hidup?
Unknown mengatakan…
apakah hewan tsb bisa terbang?
dimana habitat hewan tsb?
makanan apa yg bisa dimakan oleh hewan tsb?
apakah hewan tsb bisa hidup di 2 alam?
Unknown mengatakan…
Nama : Nailah Raihanah Putri
Kelas : X MIPA-2

Kemungkinan saya akan mengajukan 3-5 pertanyaan untuk dapat menebak spesies yang dipikirkan. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang mungkin akan saya ajukan :
1. Di mana habitat spesies tersebut?
2. Apakah spesies tersebut termasuk jenis buas/jenis yang biasa dipelihara?
3. Apa ciri khusus spesies tersebut (kebiasaan yang dilakukan)?
4. Termasuk kelompok manakah spesies tersebut berdasarkan makanan yg dikonsumsi?
5. Bagaimana cara spesies itu berkembang biak?
Unknown mengatakan…
Nama Muhammad Fadhil Rabbani
Kelas X MIPA 3

1.apakah dia ampibi?
2.Seberapa banyak populasi nya?
3.Di mana habita asli mereka?
4.apakah dia berbahaya atau tidak?
5.seberapa lama ia hidup?
Unknown mengatakan…
Nama Muhammad Fadhil Rabbani (19)
Kelas X MIPA 3

1.apakah dia ampibi ?
2.sebarapa banyka populasi nya?
3.dimana habitat asli mereka?
4.apakah dia berbahaya?
5.berapa lama ia hidup?
Unknown mengatakan…
Fitria Maran Nurhalimah
X-MIPA-1
No.Absen:10

Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan seperti:

1. Jenis apakah yang ada di fikirannya?hewan atau tumbuhan?
2. Jika hewan?hewan tersebut berada di darat,laut,atau udara??
3. Jika darat,apakah hewan tersebut termasuk hewan pemakan daging?
4. Bagaimana bentuk tubuh hewan tersebut?besar atau kecil?
5. Ada berapa kaki hewan tersebut?ada 2 atau 4?

Kemungkinan besar kita bisa menyimpulkan hewan apa yang di fikirkan. Jika dari pertanyaan di atas masih ada yang kurang untuk menuju apa yang di fikirkan ada kemungkinan pula saya menambahkan beberapa pertanyaan lagi
Unknown mengatakan…
Fitria Maran Nurhalimah
X-MIPA-1
No.Absen:10

Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan seperti:

1. Jenis apakah yang ada di fikirannya?hewan atau tumbuhan?
2. Jika hewan?hewan tersebut berada di darat,laut,atau udara??
3. Jika darat,apakah hewan tersebut termasuk hewan pemakan daging?
4. Bagaimana bentuk tubuh hewan tersebut?besar atau kecil?
5. Ada berapa kaki hewan tersebut?ada 2 atau 4?

Kemungkinan besar kita bisa menyimpulkan hewan apa yang di fikirkan. Jika dari pertanyaan di atas masih ada yang kurang untuk menuju apa yang di fikirkan ada kemungkinan pula saya menambahkan beberapa pertanyaan lagi
Blogger mengatakan…
Nama : Dhiandra Nur Aisya (8)
Kelas : X IPA 1

Mungkin kurang lebih 5 pertanyaan. Saya akan menanyakan bentuknya kecil atau besar, jumlah kakinya, tempat habitatnya darat atau laut, cara berkembang biaknya, dan makanan yang dimakan spesies itu. Kalau masih belum jelas akan saya tanyakan ciri unik dari spesies itu.
Blogger mengatakan…
Nama : Dhiandra Nur Aisya (8)
Kelas : X IPA 1

Mungkin kurang lebih 5 pertanyaan. Saya akan menanyakan bentuknya kecil atau besar, jumlah kakinya, tempat habitatnya darat atau laut, cara berkembang biaknya, dan makanan yang dimakan spesies itu. Kalau masih belum jelas akan saya tanyakan ciri unik dari spesies itu.
Dhiandra Nur Aisya mengatakan…
Nama : Dhiandra Nur Aisya(8)
Kelas : X IPA 1

Mungkin kurang lebih 5 pertanyaan. Saya akan menanyakan :
1.Bentuknya kecil atau besar?
2.Berapa jumlah kakinya?
3.Tempat habitatnya darat atau laut?4.Cara berkembang biaknya?
5.Makanan apa yang dimakan spesies itu?
Kalau masih belun jelas akan saya tanyakan ciri unik dari spesies itu.
Unknown mengatakan…
Nama : Putri Anggraeni R
Kelas : X MIPA 3
Absen : 30

saya akan mengajukan beberapa pertanyaan, yaitu :
1. termasuk kingdom apa organisme tersebut?
2. apa ciri khas organisme tersebut?
3. dimana habitat organisme tersebut?
4. jenis makanan apa yang organisme itu konsumsi?
5. bagaimana organisme tersebut mencari makanan?
sal mengatakan…
Nama: Almadeen Salma Tsabita
Kelas: X Mipa 1
Absen: 4

Saya mungkin membutuhkan pertanyaan sekitar 11 untuk menebak hewan apa yang bapak pikirkan. Pertanyaannya yakni :

1. Dimana habitat hewan tersebut?
2. Apakah itu hewan mamalia
3. Apakah hewan itu memiliki ekor?
4. Berapa jumlah kaki hewan tersebut?
5. Apakah hewan tersebut hewan jinak?
6. Apa makanan hewan tersebut?
7. Bagaimama cara hewan tersebut bergerak?
8. Apakah hewan tersebut berbulu? jikat tidak, apakah hewan itu bersisik?
9. Kapan waktu hewan itu tidur?
10. Apakah hewan tersebut dapat dikonsumsi?
11. Apa ciri khas yang dimiliki hewan tersebut?

Jika saya masih ragu, ada kemungkinan saya akan menambah beberapa pertanyaan
Unknown mengatakan…
Naila Salsabila
X MIPA 3
No. Absen : 25

Saya akan menanyakan kurang lebih 10 pertanyaan

1. apakah hewan tersebut hidup di darat atau di laut?
2. apakah hewan tersebut dapat di pelihara?
3. apakah hewan tersebut mempunyai kaki? kalau iya, mempunyai berapa kaki?
4. apa ia memiliki buntut?
5. apa ia berbulu?
6. hewan tersebut termasuk ovipar, vivipar, atau ovovivipar?
7. apa ia besar? atau ia kecil?
8. apa ia melompat? atau melata?
9. termasuk herbivora, omnivora, atau karnivora?
10. apa ia predator?
11. apa ia halal?
Unknown mengatakan…
Muhammad Nur Ihsan
X IPA 2
ABSEN : 23

Saya akan memberikan beberpa pertanyaan untuk mengetahui ogrganisme tersebut. Bagaimana spesies itu berkembang biak, Apakah spesies terebut amfibi, Kenapa kulit hewan tersebut berbentuk seperti itu, Dan bagaimana hewan tersebut bertahan hidup disuatu hutan, Dan yang terakhir Apakah organisme tersebut bertubuh besar atau kecil.
Unknown mengatakan…
Nusaibah Al Dzikria
Kelas:X MIPA 2
No. Absen:29

Mungkin saya akan mengajukan beberapa pertanyaan untuk dapat menebak organisme/spesies apa yang sedang di fikirkan oleh bapak

1. Apakah hewan itu termasuk jenis hewan karnivora,omnivora,atau herbivora?
2. Dimana hewan itu tinggal apa di darat, di laut, atau di darat dan di laut?
3. Apakah hewan itu bernafas dengan paru-paru, insang, atau alat pernapasan lainnya?
4. Apakah hewan tersebut bergerak dengan cara berjalan, terbang, berenang atau alat gerak lainnya?
5. Apakah hewan itu tergolong hewan pemangsa atau hewan pemburu?
6. Hewan itu berkembang biak dengan cara melahirkan, bertelur, atau melahirkan dan bertelur?
7. Apakah hewan tersebut tergolong hewan punah?
8. Apakah hewan tersebut bertubuh besar atau kecil?

Sekian pertanyaan nya terimakasih
Unknown mengatakan…
Nazwa Azzahra Maharani
Kelas X-MIPA 3
No.Absen: 28
Apakah organisme membelah diri?
Unknown mengatakan…
Nazwa Azzahra Maharani
Kelas X-MIPA 3
No.Absen: 28
Apakah organisme membelah diri?
Unknown mengatakan…
Nazwa Azzahra Maharani
Kelas X-MIPA 3
No.Absen: 28
Apakah organisme membelah diri?
Unknown mengatakan…
Nusaibah Al Dzikria
Kelas:X MIPA 2
No. Absen:29

Mungkin saya akan mengajukan beberapa pertanyaan
1. Apakah hewan itu termasuk jenis hewan karnivora,omnivora,atau herbivora?
2. Dimana hewan itu tinggal apa di darat, di laut, atau di darat dan di laut?
3. Apakah hewan itu bernafas dengan paru-paru, insang, atau alat pernapasan lainnya?
4. Apakah hewan tersebut bergerak dengan cara berjalan, terbang, berenang atau alat gerak lainnya?
5. Apakah hewan itu tergolong hewan pemangsa atau hewan pemburu?
6. Hewan itu berkembang biak dengan cara melahirkan, bertelur, atau melahirkan dan bertelur?
7. Apakah hewan tersebut tergolong hewan punah?
8. Apakah hewan tersebut berbadan besar atau kecil?

Sekian pertanyaan dari saya terimakasih
Unknown mengatakan…
Nama: Sarjis Resh Aina
No. Absen: 35
Kelas: X Mipa 3

Assalamualaikum Wr Wb. Saya akan menanyakan beberapa pertanyaan yang mungkin sedang bapak pikirkan.

1. Hewan apa yang suka makan wortel?
2. Hewan apa yang bergerak dengan cara melompat?
3. Apa ciri khas dari hewan tersebut?
4. Apakah hewan ini dapat dipeliharan?
5. Bagaimana bentuk kuping hewan tersebut?
6. Bagaimana cara hewan tersebut berkembamg biak?
7. Bagaimana bentuk gigi dari hewan ini?
8. Apakah hewan ini termasuk binatang buas?
9. Bagaimana ukuran hewan ini? (besar/kecil)
10. Berapakah jumlah kaki dari hewan ini?
Halo mengatakan…
Nama: Kaysa Tabyna Syahbanda
Absen: 12
Kelas: X IPA 1


1. Apakah spesies tersebut vertebrata/invertebrata ?
2. Termasuk kelas apakah spesies tersebut apakah reptil, amfibi, reptilia, aves, atau mamalia ?
3. Apakah spesies tersebut termasuk karnivora, omnivora, herbivora ?
4. Berapa banyak kaki yang spesies tersebut punya ?
5. Dimanakah spesies itu tinggal?
6. Bagaimana cara spesies itu berkembang biak apakah ovipar, vivipar, atau ovovivipar?
7. Apakah karakteristik yang mencolok dari spesies tersebut ?
8. Apakah spesies itu aktif di siang hari atau malam hari ?
9. Apakah spesies itu adalah hewan peliharaan, hewan peternakan, atau hewan liar ?
10. Bagaimanakah cara spesies itu bergerak, apakah berjalan, berenang atau melata ?
11. Bagaimanakah ukuran spesies tersebut ?
12. Bagaimakah bunyi/suara spesies itu ?
13. Apakah warna atau pola bulu/rambut/sisik spesies itu ?
14. Apakah spesies itu adalah spesies yang hampir punah/dilindungi atau tidak ?

Unknown mengatakan…
Annisa Fathiya Rahmadhani X MIPA 3

Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan seperti :
1. Apakah organisme itu memiliki kaki?
2. Apakah organisme itu memiliki sayap?
3. Apakah organisme itu memiliki bulu?
4. Berjenis apakah organisme tersebut?
5. Dimana habitat organisme tersebut?
6. Bagaimana cara organisme tersebut berkembangbiak?
7. Apa makanan organisme tersebut?

Dengan begitu mungkin saya bisa tau hewan apa yang sedang bapak pikirkan.
Halo mengatakan…
Nama: Kaysa Tabyna Syahbanda
Kelas: X IPA 1
Absen: 12

1. Apakah spesies tersebut vertebrata/invertebrata ?
2. Termasuk kelas apakah spesies tersebut apakah reptil, amfibi, reptilia, aves, atau mamalia ?
3. Apakah spesies tersebut termasuk karnivora, omnivora, herbivora ?
4. Berapa banyak kaki yang spesies tersebut punya ?
5. Dimanakah spesies itu tinggal?
6. Bagaimana cara spesies itu berkembang biak apakah ovipar, vivipar, atau ovovivipar?
7. Apakah karakteristik yang mencolok dari spesies tersebut ?
8. Apakah spesies itu aktif di siang hari atau malam hari ?
9. Apakah spesies itu adalah hewan peliharaan, hewan peternakan, atau hewan liar ?
10. Bagaimanakah cara spesies itu bergerak, apakah berjalan, berenang atau melata ?
11. Bagaimanakah ukuran spesies tersebut ?
12. Bagaimakah bunyi/suara spesies itu ?
13. Apakah warna bulu/rambut/sisik spesies itu ?
14. Apakah spesies itu adalah spesies yang hampir punah/dilindungi atau tidak ?
Lebih baru Lebih lama

Teknologi

FB GEG East Jakarta