Like Us




A. Apa Itu Computational Thinking?

Kemampuan berpikir kreatif, kritis dan komunikasi serta kolaborasi adalah kemampuan yang paling penting dalam (21st century learning) pembelajaran di abad kedua-puluh-satu, di antara kemampuan-kemampuan lainnya seperti membaca, matematik, sains. Siswa zaman sekarang perlu untuk mengembangkan keterampilan berpikir, menguasai pengetahuan tentang konten dari persoalan yang dihadapi (content knowledge), dan mempunyai kompetensi sosial dan emosional untuk mengarungi kehidupan dan lingkungan kerja yang semakin kompleks.

Di bidang “Computing” (diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi “komputasi”), kemampuan berpikir yang perlu dikuasai sejak pendidikan dasar adalah “Computational Thinking“ (CT). CT adalah proses berpikir untuk memformulasikan persoalan dan solusinya, sehingga solusi tersebut secara efektif dilaksanakan oleh sebuah agen pemroses informasi ("komputer", robot, atau manusia). CT adalah sebuah metoda dan proses berpikir untuk penyelesaian persoalan dengan menerapkan:
  • Dekomposisi dan formulasi persoalan, sedemikian rupa sehingga dapat diselesaikan dengan cepat dan efisien serta optimal dengan menggunakan komputer sebagai alat bantu; Organisasi dan analisis data secara logis;
  • Representasi data melalui abstraksi dalam bentuk model, dan melakukan simulasi;
  • Otomasi solusi melalui berpikir algoritmik (langkah-langkah yang terurut);
  • Identifikasi, analisis, dan implementasi solusi yang mungkin dengan tujuan langkah dan sumberdaya yang efisien dan efektif;
  • Pengenalan pola persoalan, generalisasi serta mentransfer proses penyelesaian persoalan ke sekumpulan persoalan sejenis.
Computational Thinking adalah sebuah cara berpikir untuk memecahkan persoalan, merancang sistem, memahami perilaku manusia. Computational Thinking melandasi konsep informatika. Di dunia saat ini dimana komputer ada di mana-mana untuk membantu berbagai segi kehidupan, Computational Thinking harus menjadi dasar bagaimana seseorang berpikir dan memahami dunia dengan persoalan-persoalannya yang semakin kompleks. Computational Thinking berarti berpikir untuk menciptakan dan menggunakan beberapa tingkatan abstraksi, mulai memahami persoalan sehingga mengusulkan pemecahan solusi yang efektif, efisien, “fair” dan aman. Computational Thinking berarti memahami konsekuensi dari skala persoalan dan kompleksitasnya, tak hanya demi efisiensi, tetapi juga untuk alasan ekonomis dan sosial.

Di negara maju, “Computer Science” (yang di Indonesia diterjemahkan sebagai “Informatika”) sudah mulai diajarkan sejak usia dini di tingkat pendidikan dasar, dengan materi dan kegiatan yang dirancang dengan mengacu ke kerangka kurikulum yang disusun oleh persatuan guru-guru, asosiasi profesi informatika, perusahaan terkemuka di bidang informatika dan TIK, serta organisasi-organisasi nirlaba yang peduli terhadap perlunya edukasi tentang informatika sejak usia dini [https://k12cs.org]. Kerangka kurikulum Informatika tersebut mendefinisikan lima bidang pengetahuan yaitu: Sistem Komputer (CE), Jaringan Komputer (NW), Analisis Data (DA), Algoritma dan Pemrograman (AP), dan Aspek Sosial dari pemanfaatan Informatika (SOC). Selain pengetahuan, juga didefinisikan praktek-praktek komputasi untuk mengemas pengetahuan dan memraktekkannya, yaitu: pembinaan menumbuhkan budaya komputasi, menciptakan artifak, berkolaborasi untuk mewujudkan suatu produk TIK, menguji dan memperbaiki/ menyempurnakan artefak TIK, mengenali dan mendefinisikan problemaproblema komputasi, berkomunikasi tentang komputasi, dan mengembangkan serta menggunakan abstraksi.

Berpikir itu dapat dipelajari dan diasah dengan berlatih, serta mengkonstruksi pola pikir berdasarkan pengalaman. Computational Thinking juga dapat dipelajari dengan cara berlatih menyelesaikan persoalan-persoalan yang terkait komputasi, melalui persoalan sehari-hari. Lewat latihan-latihan yang menarik, siswa menerapkan teknik yang cocok (dekomposisi, abstraksi, pengenalan pola, representasi data, algoritmik) untuk mendapatkan solusi. Setelah latihan, siswa diharapkan melakukan refleksi serta mengkonstruksi pengetahuan berpikir, kemudian membentuk pola berpikir komputasional, yang semakin lama semakin tajam, cepat, efisien, dan optimal.

Perbedaan ICT/TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dengan Informatika

Sejalan dengan itu, ICT (Information and Communication Technology, dalam bahasa Indonesia disebut Teknologi Informasi dan Komunikasi/TIK) mulai dibedakan dengan Informatika. TIK mengarah ke penggunaan teknologi dan perangkat/gadget, sedangkan Informatika mengarah ke keilmuan dan desain
produk-produk informatika baik yang nyata (piranti pintar), maupun yang abstrak seperti program aplikasi, dan algoritma.

Kemampuan TIK lebih mengarah ke penggunaan teknologi danperangkat/gadget, sedangkan Informatika mengarah ke keilmuankomputasinya. Penggunaan TIK yang dimaksud bukan hanya ketrampilan menggunakan gadget dan aplikasinya, tetapi juga kemampuan untuk menggunakan dan memanfaatkan konten dengan bijak.

Agar bangsa Indonesia mampu bersaing dengan negara lain, anak Indonesia tidak cukup menjadi pengguna teknologi saja, melainkan harus lebih kreatif dan inovatif untuk menciptakan produk-produk TIK. Untuk ini, siswa perlu mempelajari informatika.

(Sumber: Tantangan Bebras Indonesia Bahan Belajar Computational Thinking, NBO Bebras Indonesia)

CT adalah metode berpikir yang dipakai programmer ketika menulis program. Beberapa metode ini antara lain :

  • Decomposition : Kemampuan memecah data, proses atau masalah (kompleks) menjadi bagian-bagian yang lebih kecil atau menjadi tugastugas yang mudah dikelola. Misalnya memecah ‘Drive/Direktory’ dalam sebuah komputer berdasarkan komponen penyusunnya: File dan Direktory.
  • Pattern Recognition : Kemampuan untuk melihat persamaan atau bahkan perbedaan pola, tren dan keteraturan dalam data yang nantinya akan digunakan dalam membuat prediksi dan penyajian data. Misalnya mengenali pola file dokumen, file sistem, file eksekusion atau struktur data/file.
  • Abstraksi : Melakukan generalisasi dan mengidentifikasi prinsip-prinsip umum yang menghasilkan pola, tren dan keteraturan tersebut. Misalnya dengan menempatkan semua file sistem di folder Windows, file program di folder Program Files, file data/dokumen di Folder Mydocument dan file pendukung di Drive/Direktory terpisah.
  • Algorithm Design : Mengembangkan petunjuk pemecahan masalah yang sama secara step-by-step, langkah demi langkah, tahapan demi tahapan sehingga orang lain dapat menggunakan langkah/informasi tersebut untuk menyelesaikan permasalahan yang sama. Misalnya bagaimanakah langkah mencari file-file dokumen yang ada dalam sebuah komputer ?
Karakteristik berpikir komputasi adalah:
  1. Mampu memberikan pemecahan masalah menggunakan komputer atauperangkat lain.
  2. Mampu mengorganisasi dan menganalisa data.
  3. Mampu melakukan representasi data melalui abstraksi dengan suatu model atau simulasi.
  4. Mampu melakukan otomatisasi solusi melalui cara berpikir algoritma.
  5. Mampu melakukan identifikasi, analisa dan implementasi solusi dengan berbagai kombinasi langkah / cara dan sumber daya yang efisien danefektif.
  6. Mampu melakukan generalisasi solusi untuk berbagai masalah yang berbeda

Contoh
Computational Thinking (CT) :

Bagaimanakah(orgenazing/pengorganisasian) cara mengenali dan mengklasifikasikan organisme secara efektif dan efesien ?
  • Decomposition : Melihat dengan cara yang berbeda bagaimana organisme dapat diklasifikasikan. Misalnya, dengan membagi organisme tersebut berdasarkan habitatnya, organisme tersebut hidup di air atau organisme tersebut memiliki sayap untuk dapat terbang di udara.
  • Pattern Recognition : Mengembangkan metode untuk mengklasifikasikan dengan efesien beberapa organisme berdasarkan karakteristik bersama.
  • Abstraksi : Menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengklasifikasikan beberapa organisme berdasarkan metode ini dapat membantu Anda untuk memprediksi berapa banyak pertanyaan atau klasifikasi yang dibutuhkan untuk mengklasifikasikan semua organisme
    yang diketahui.
  • Algorithm Design : Pada bagian ini Anda tidak mengembangkan algoritma, tetapi Anda mungkin berpikir cara lain yang lebih efisien untuk  mengklasifikasikan organisme di luar metode yang digunakan dalam kegiatan ini.
Pertanyaan : 
Berapakah banyak pertanyaan yang harus anda ajukan kepada saya, sehingga anda mampu menebak dengan yakin Spesis / organisme yang terfikirkan oleh saya yang ada di bumi ini ?

Jawablah di komentar artikel ini dan dimohon kepada peserta didik untuk mejawab dengan menggunakan nama bukan Anonymous, berikan nama lengkap kalian dan gunakan email resmi MAN 9 Jakarta. Terima kasih.

675 Komentar

Unknown mengatakan…
NAMA:RIFI ALEANDRA ATASYS
X MIPA 2

Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan seperti :
1. Darimana asalnya spesies/organisme itu berasal?
2. Dengan cara apa spesies/organisme itu bernafas?
3. Dimana habitat spesies/organisme tersebut?
5. Bagaimana cara spesies/organisme itu berkembang biak?
6. Apa ciri yang paling khas dari organisme tersebut?
7. Bagaimana cara spesies / organisme itu melindungi diri dari bahaya?
8. Apa jenis spesies/organisme?
Unknown mengatakan…
Nama : Siska Amalia
Kelas : X MIPA 3

Mungkin saya akan mengajukan beberapa pertanyaan di bawah ini

Kucing

1. Apakah hewan ini bisa di pelihara oleh manusia?
2. Hewan tersebut berkembang biak dengan cara?
3. Hewan tersebut bernafas menggunakan apa?
4. Berapa normal berat badan hewan tersebut?
5. Hewan tersebut mempunyai kaki berapa?
6. Apa makanan hewan tersebut?
Unknown mengatakan…
Raden Roro clara arista ashila f.
X-Mipa 3
Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan seperti :
1. Darimana asalnya spesies/organisme itu berasal?(kingdom-divisi/filum-ordo-suku-marga-jenis)
2. Dengan cara apa spesies/organisme itu bernafas?
3. Dimana habitat spesies/organisme tersebut?
5. Bagaimana cara spesies/organisme itu berkembang biak?
6. Apa ciri yang paling khas dari organisme tersebut?
7. Apakah organisme itu termasuk langka atau mudah ditemukan?
8. Apa jenis spesies/organisme (herbivora/karnivora/omnivora/insektivora)?
9. Apa spesies/organisme menguntungkan atau merugikan bagi lingkungannya?
Dan beberapa pertanyaan lainnya untuk menanyakan ciri-ciri fisik organisme tersebut. Mungkin saya akan bisa menebak spesies/organisme apa yang sedang dipikirkan.
Unknown mengatakan…
Nama : Siska Amalia
Kelas : X MIPA 3

Mungin saya akan mengajukan beberapa pertanyaan dibawah ini tentang habitat Kucing :

1. Apakah hewan ini bisa dipelihara oleh manusia?
2. Hewan tersebut berkembang biak dengan cara apa?
3. Berapa normal berat badan hewan tersebut?
4. Hewan tersebut bernafas dengan apa?
5. Apa makanan dari hewan tersebut?
Unknown mengatakan…
Nama:Fahrezha Achmad rizky
Kelas:mipa 2
No.absen 10
Sya akan Bertanya tentang organisme yg bapak maksud..pertanyaannya..1.apakah yg dimaksud oleh organisme ITU sendiri,2.Ada berapa Jenis organisme tersebut,3.APA Ciri ciri organisme tersebut,4.bagaimana Cara organisme tersebut berkembang Biak,5.bagaimana Cara organisme ITU bertahan hidup,6.di lingkungan seperti apa ia mampu bertahan hidup
Unknown mengatakan…
Nama : Siska Amalia
Kelas : X MIPA 3

Mungkin saya akan mengajukan beberapa pertanyaan tentang habitat kucing :

1. Apakah hewan ini bisa dipelihara oleh manusia?
2. Hewan ini berkembang biak dengan cara apa?
3. Berapa normal berat badan hewan tersebut?
4. Apa makanan dari hewan tersebut?
5. Hewan ini bernafas menggunakan salah satu dari organ tubuhnya, yaitu?
Dhiandra Nur Aisya mengatakan…
Nama : Dhiandra Nur Aisya(8)
Kelas : X IPA 1

Mungkin kurang lebih 5 pertanyaan. Saya akan menanyakan :
1.Bentuknya kecil atau besar?
2.Berapa jumlah kakinya?
3.Tempat habitatnya darat atau laut?4.Cara berkembang biaknya?
5.Makanan apa yang dimakan spesies itu?
Kalau masih belun jelas akan saya tanyakan ciri unik dari spesies itu.
Nama : Heksa Nur Fatimah
Kelas : X MIPA 3
Absen : 16

Saya akan mengajukan pertanyaan,yaitu :
1.Berapa lama organisme itu dapat hidup?
2.Apa yang dimakan oleh organisme?
3.Biasanya organisme hidup didaerah seperti apa?
4.Apa ciri khas dari organisme tersebut?
5.Apa makanan sehari-harinya?
6.Berapa ukuran tubuhnya?
Nama : Heksa Nur Fatimah
Kelas : X MIPA 3
Absen : 16

Saya akan mengajukan pertanyaan,yaitu :
1.Berapa lama organisme itu dapat hidup?
2.Apa yang dimakan oleh organisme?
3.Biasanya organisme hidup didaerah seperti apa?
4.Apa ciri khas dari organisme tersebut?
5.Apa makanan sehari-harinya?
6.Berapa ukuran tubuhnya?
Nama : Heksa Nur Fatimah
Kelas : X MIPA 3
Absen : 16

Saya akan mengajukan pertanyaan,yaitu :
1.Berapa lama organisme itu dapat hidup?
2.Apa yang dimakan oleh organisme?
3.Biasanya organisme hidup didaerah seperti apa?
4.Apa ciri khas dari organisme tersebut?
5.Apa makanan sehari-harinya?
6.Berapa ukuran tubuhnya?
Naila Ramadani mengatakan…
Nama : Naila Ramadani
Kelas : X MIPA 1
Absen : 22


Saya akan mengajukan 11 pertanyaan, yaitu:

1. Apakah spesies / organisme tersebut termasuk hewan,atau tumbuhan?
2. Dimanakah tempat spesies/organisme tersebut tinggal? apakah di darat atau di air?
3. Jika spesies itu hewan ,apakah spesies itu termasuk karnivora, herbivora atau omnivora?
4. Bagaimana cara spesies tersebut beradaptasi dengan lingkungannya?
5. Bagaimana cara spesies/organisme itu berkembang biak?
6. Apa ciri khusus spesies/organisme tersebut?
7. Apa ukuran spesies/organisme tersebut?
8. Apakah spesies itu memiliki kaki?
9. Apakah spesies itu dapat terbang?
10. Apa warna kulit atau bulu spesies itu?
11. Apakah spesies tersebut hidup berkelompok?

jika saya masih ragu maka saya akan mengajukan beberapa pertanyaan lagi.
Alyshia Aurelia Quaneisha
X MIPA 3

Mungkin saya akan memberikan beberapa pertanyaan, seperti :
1. Dimana habitat dari spesies/organisme tersebut?
2. Termasuk jenis apa spesies/organisme tersebut?(misalnya : mamalia/aves/reptil/amphibi)
3. Bagaimana cara spesies/organisme tersebut berkembangbiak?(misalnya : ovipar/vivipar/ovovivipar/tunas/fragmentasi)
4. Bagaimana ciri khas dari spesies/organisme tersebut?
5. Apakah spesies/organisme tersebut termasuk spesies langka?
6. Bagaimana cara spesies/organisme tersebut beradaptasi dengan lingkungannya?

Jika saya masih belum bisa menebak, saya mungkin akan menanyakan beberapa pertanyaan lagi.
Unknown mengatakan…
Adinda Wulan Chairil Putri
Kelas X MIPA 2
No.Absen : 2

Saya akan bertanya beberapa pertanyaan untuk mengetauhi informasi lebih dalam tentang organisme tersebut.
- Darimana asal organisme tersebut?
- Apakah hewan itu mamalia?
- Berapa kaki yang dia miliki?
- Apakah dia amphibi?
- Apakah organisme itu termasuk organisme yang langka atau bahkan mudah ditemukan?
- Apakah dia berbulu?
Dan beberapa pertanyaan lainnya untuk menanyakan ciri-ciri fisik organisme tersebut. Mungkin saya akan bisa menebak spesies/organisme apa yang sedang dipikirkan.
Unknown mengatakan…
Nama: Adha rafiq ibrahim hentihu
Kelas: x-mipa 3
No absen: 2

Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan seperti ini:
1. Apakah nama hewan tersebut?
2. Dimanakah habitat hewan tersebut?
3. Apakah makanan hewan tersebut?
4. Berapakah jumlah kaki hewan tersebut?
5. Mengapa telingahewan tersebut panjang?
6. Bagaimana cara hewan tersebut berjalan?
7. Bagaimana cara hewan tersebt berkembang biak?
Unknown mengatakan…
Aprilia salsa nabila
Kelas :X MIPA 2
Absen : 5

Saya ingin bertanya?
1. apakah yang anda pikirkan itu berupa hewan atau benda?
2. Kalaupun yang anda pikirkan berupa hewan hidupnya di satu alam atau dua alam ( maksud nya itu hidupnya di darat aja apa didarat dan air ?
3. Dimanakah habitat hewan tsb
Unknown mengatakan…
Aprilia salsa nabila
Kelas :X MIPA 2
Absen : 5

Saya ingin bertanya?
1. apakah yang anda pikirkan itu berupa hewan atau benda?
2. Kalaupun yang anda pikirkan berupa hewan hidupnya di satu alam atau dua alam ( maksud nya itu hidupnya di darat aja apa didarat dan air ?
3. Dimanakah habitat hewan tsb
Unknown mengatakan…
Aprilia salsa nabila
Kelas :X MIPA 2
Absen : 5

Saya ingin bertanya?
1. apakah yang anda pikirkan itu berupa hewan atau benda?
2. Kalaupun yang anda pikirkan berupa hewan hidupnya di satu alam atau dua alam ( maksud nya itu hidupnya di darat aja apa didarat dan air ?
3. Dimanakah habitat hewan tsb
Unknown mengatakan…
Adelia Mukhbita Alya
X MIPA 3

saya akan langsung menanyakan spesies/organisme apa yang bapak pikirkan. karena tidak ada peraturan yang melarang hal tersebut. namun, jika tidak boleh,
saya akan menanyakan sesuai dengan klasifikasi makhluk hidup seperti berikut:
1.termasuk dalam kingdom apakah organisme ini?
2.termasuk dalam divisio/phylum apakah organisme ini?
3.termasuk dalam classis apakah organisme ini?
4.termasuk dalam ordo apakah organisme ini?
5.termasuk dalam familia apakah organisme ini?
6.termasuk dalam genus apakah organisme ini?
setelah memecah data2 tersebut, barulah kita bisa mengidentifikasi spesies organisme tersebut dengan tepat
Unknown mengatakan…
Adelia Mukhbita Alya
X MIPA 3

saya akan langsung menanyakan spesies/organisme apa yang bapak pikirkan. karena tidak ada peraturan yang melarang hal tersebut. namun, jika tidak boleh
saya akan menanyakan sesuai dengan klasifikasi makhluk hidup seperti berikut:
1.termasuk dalam kingdom apakah organisme ini?
2.termasuk dalam divisio/phylum apakah organisme ini?
3.termasuk dalam classis apakah organisme ini?
4.termasuk dalam ordo apakah organisme ini?
5.termasuk dalam familia apakah organisme ini?
6.termasuk dalam genus apakah organisme ini?
setelah memecah data2 tersebut, barulah kita bisa mengidentifikasi spesies organisme tersebut
Unknown mengatakan…
Adelia Mukhbita Alya
X MIPA 3

saya akan langsung menanyakan spesies/organisme apa yang bapak pikirkan. karena tidak ada peraturan yang melarang hal tersebut. namun, jika tidak boleh,
saya akan menanyakan sesuai dengan klasifikasi makhluk hidup seperti berikut:
1.termasuk dalam kingdom apakah organisme ini?
2.termasuk dalam divisio/phylum apakah organisme ini?
3.termasuk dalam classis apakah organisme ini?
4.termasuk dalam ordo apakah organisme ini?
5.termasuk dalam familia apakah organisme ini?
6.termasuk dalam genus apakah organisme ini?
setelah memecah data2 tersebut, barulah kita bisa mengidentifikasi spesies organisme tersebut.
Unknown mengatakan…
Ghaisanazka Naftaly Firhan
Kelas X MIPA 3
Absen 13

Pertanyaan yang akan saya berikan pastinya akan mencakup jenis, ukuran, habitat, cara berkembang biak, jenis makanan yang di konsumsi, dan ciri ciri fisik organisme tersebut
Unknown mengatakan…
Nama : Ammar Anggoro Putra
Kelas : X MIPA 1

Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan
1. Hidup dimanakah hewan tersebut?(darat,laut,udara)
2. Cara berkembang biak hewan tersebut?
3. Apa jenis hewan tersebut?(Herbivora,karnivora,omnivora)?
4. Cara bernafas?
5. Ukuran hewan tersebut?(besar,sedang,kecil)
Unknown mengatakan…
Nama : Ammar Anggoro Putra
Kelas : X MIPA 1

Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan
1. Hidup dimanakah hewan tersebut?(darat,laut,udara)
2. Cara berkembang biak hewan tersebut?
3. Apa jenis hewan tersebut?(herbivora,karnivora,omnivora)
4. Cara bernafas?
5. Ukuran hewan tersebut?(besar,sedang,kecil)
Unknown mengatakan…
9 pertanyaan
1. dimanakah habitat spesies/organisme ?
2. Bagaimanakah spesies / organisme itu bertahan hidup ?
3. Jenis makanan apa yang dimakan oleh spesies/organisme tersebut
4. Bagaimana cara perkembangbiakan spesies/organisme tersebut ?
5. Apakah spesies/organisme tersebut hidup berkelompok?
6. Apa ciri khas yang paling menonjol dari spesies atau organisme tersebut?
7. Bagaimana cara spesies/organisme itu bergerak?
8. Bagaimana cara spesies/organisme tersebut beradaptasi dengan habitatnya?
9. Bagaimana cara spesies/organisme tersebut melindungi diri ?
Unknown mengatakan…
Mungkin yg saya tanyakan hanya beberapa soal saja.
1.Kingdom manakah organisme tersebut?
2.Ciri fisik Detailnya organisme tersebut
3.Dari manakah habitat hewan tersebut
4. Bagaimana cara berkembang biaknya?
5. Apa makanan yg bisa di makan hewan tersebut?
Unknown mengatakan…
Achmad Arif Nazaruddin
Kelas X MIPA 2

TIDAK BANYAK YG SAYA AKAN TANYAKAN CUKUP BEBERAPA SOAL SAJA
1kingdom manakah organisme tersebut
2.ciri fisik Detailnya organisme tersebut
3.dimanakah habitat hewan itu
4.bagaimana cara ia berkembang biak
5.makanan yg bisa hewan itu makan
Unknown mengatakan…
nama:Rifa Nur TSALITSAH
Kelas:X MIPA 1


Apa ciri-ciri organisme tersebut, Darimana asal organisme itu, Termasuk jenis apa organisme itu, Dimana habitatnya, Apakah ukuran organisme itu besar atau malah sebaliknya, Bagaimana cara organisme itu berkembang biak, dan bertahan hidup.
Unknown mengatakan…
Nama:Rifa Nur Tsalitsah
Kelas:X MIPA 1

1.apa makananya
2.kakinya berapa
3.Apakah spesies/organisme tersebut dapat dijadikan hewan peliharaan?
4.Apakah spesies/organisme tersebut merupakan hewan mamalia?
5.Bagaimana cara perkembang biakkan hewan tersebit?
Unknown mengatakan…
Nama : Amirah Hasna R ( X MIPA 1 )
saya akan menanyakan beberapa pertanyaan, seperti :
1. Spesies tersebut termasuk ke dalam kingdom apa ?
2. Dimana habitat asal spesies tersebut ?
3. Apakah ada spesifik dari ekosistem mana spesies tersebut ?
4. Bagaimana cara berkembang biaknya ?
5. Bagaimana juga cara dia bernapas ?
6. Termasuk dalam golongan karnivora,herbivora atau omnivora ?
7. Ciri khas atau karakteristiknya adalah ?
8. Bagaimana bentuk fisiknya ?
Unknown mengatakan…
Nama : Afifah Tri Handayani
Kelas : X MIPA 3
Absen : 03

Pertanyaan saya mengenai pertanyaan tersebut

1.) Makhluk hidup apakah yang sedang bapak fikirkan tersebut?
2.) Bagaimanakah ciri-ciri makhluk hidup tersebut?
3.) Hidup dimanakah makhluk hidup tersebut?
4.) Termasuk jenis apakah hewan tersebut?
Unknown mengatakan…
Nama : Afifah Tri Handayani
Kelas : X MIPA 3
Absen : 03
.) Hewan apakah yang sedang bapak fikirkan tersebut?
2.) Termasuk jenis apakah hewan tersebut?
3.) Hidup dimanakah hewan tersebut?
4.) Makanan apa yang dimakan oleh hewan tersebut?
Unknown mengatakan…
1. Hidup dimana kah spesies itu?
2. bagaimana cara spesies itu bergerak?
3. bagaimana cara berkembang biak spesies itu?
4. apa nama latin dari spesies itu?
Unknown mengatakan…
1. dimana habitat spesies itu?
2. bagaimana cara spesies itu bergerak?
3. bagaimana cara spesies itu berkembang biak?
4. apa nama latin spesies itu?
Afifah Tri Handayani mengatakan…
Nama : Afifah Tri Handayani
Kelas : X MIPA 3
Absen : 03

Saya akan memberikan beberapa pertanyaan untuk mengetahui informasi dari hewan tersebut
1.) Apa nama hewan yang sedang bapak fikirkan tersebut?
2.) Bagaimanakah ciri-ciri hewan tersebut?
3.) Hidup didarat atau di air hewan tersebut?
4.) Termasuk jenis apakah hewan itu?
5.) Bagaimana cara berkembang biak hewan itu?
6.) Dimanakah habitat hewan tersebut?
Nama : Hauzan Arib Arkan
Kelas : X-MIPA 3
No.Absen : 14

saya akan memberikan beberapa pertanyaan untuk mengetahui informasi lebih dalam dari organisme itu


1. termasuk kingdom apa organisme tersebut?
2. dimanakah habitatnya?
3. bagaimana cara ia berkmbang biak?
4. apa ciri ciri dari organisme tersebut?
5. apa makanan organisme tersebut?
6. Keunikan apa yang dimiliki organisme tersebut?
Nama : Hauzan Arib Arkan
Kelas : X-MIPA 3
Absen : 14

saya akan memberikan beberapa pertanyaan untuk mengetahui informasi lebih dalam dari organisme itu

1. Darimana asalnya spesies/organisme itu berasal?
2. Dimana habitat spesies/organisme tersebut?
3. Bagaimana cara spesies/organisme itu berkembang biak?
4.Makanan apa yang biasa dimakan spesies/organisme tersebut?
5.Ciri unik apa yang dimiliki spesies/organisme tersebut?
Nama : Hauzan Arib Arkan
Kelas : X-MIPA 3
Absen : 14

saya akan memberikan beberapa pertanyaan untuk mengetahui informasi lebih dalam dari organisme itu

1. Darimana asalnya spesies/organisme itu berasal?
2. Dimana habitat spesies/organisme tersebut?
3. Bagaimana cara spesies/organisme itu berkembang biak?
4.Makanan apa yang biasa dimakan spesies/organisme tersebut?
5.Ciri unik apa yang dimiliki spesies/organisme tersebut?
Nama : Hauzan Arib Arkan
Kelas : X-MIPA 3
Absen : 14

saya akan memberikan beberapa pertanyaan untuk mengetahui informasi lebih dalam dari organisme itu

1. Darimana asalnya spesies/organisme itu berasal?
2. Dimana habitat spesies/organisme tersebut?
3. Bagaimana cara spesies/organisme itu berkembang biak?
4.Makanan apa yang biasa dimakan spesies/organisme tersebut?
5.Ciri unik apa yang dimiliki spesies/organisme tersebut?
Nama : Hauzan Arib Arkan
Kelas : X-MIPA 3
Absen : 14

saya akan memberikan beberapa pertanyaan untuk mengetahui informasi lebih dalam dari organisme itu

1. Darimana asalnya spesies/organisme itu berasal?
2. Dimana habitat spesies/organisme tersebut?
3. Bagaimana cara spesies/organisme itu berkembang biak?
4.Makanan apa yang biasa dimakan spesies/organisme tersebut?
5.Ciri unik apa yang dimiliki spesies/organisme tersebut?
Nama : Hauzan Arib Arkan
Kelas : X-MIPA 3
Absen : 14

saya akan memberikan beberapa pertanyaan untuk mengetahui informasi lebih dalam dari organisme itu

1. Darimana asalnya spesies/organisme itu berasal?
2. Dimana habitat spesies/organisme tersebut?
3. Bagaimana cara spesies/organisme itu berkembang biak?
4.Makanan apa yang biasa dimakan spesies/organisme tersebut?
5.Ciri unik apa yang dimiliki spesies/organisme tersebut?
Unknown mengatakan…
vaza Difa XMIPA1 no absen 35
Sebanyak apa yang bisa saya ketahui dan mendapatkan ilmu baru dari apa yang anda pikirkan. jumlah spesies atau organisme di bumi ini tidak terhitung dan tidak tepat meskipun kita mengumpulkan semua data spesies,spesies baru akan muncul setiap saat dengan kecepatan 18.000 spesies per tahun, Bahkan jika kita mengambil perkiraan yang lebih konservatif, yakni 8,7 juta spesies kehidupan di Bumi, maka kita hanya menjelaskan dan memberi nama sekitar 25% bentuk kehidupan di planet ini. Jika angka 1 triliun itu benar, maka kita telah melakukan pekerjaan yang sangat buruk, dengan 99,99% spesies masih menunggu deskripsi.
Unknown mengatakan…
Nama : Aryaputra Hadi Nugroho
Kelas : X MIPA 2
No.absen : 6

Pertanyaan yg ingin saya ajukan
1. Hewan itu apakah mamalia atau herbivora atau karnivora atau omnivora?
2. Tinggal di daerah mana hewan tersebut?
3. Makanan hewan tersebut apa?
Unknown mengatakan…
Nama Aryaputra Hadi Nugroho
Kelas X MIPA 2
No.absen 6

1. Jenis pemakan apa hewan tersebut?
2. Dimana tempat tinggal hewan tersebut
3. Spesies itu termasuk dalam kingdom apa?
21.01.107@mansel.id mengatakan…
Nama : Wadziah Al Abidah
Kelas : XMIPA 2
Absen : 36

1.Apa yang di maksud dengan spesies/organisme?
2.Berapa banyak spesies yang ada di bumi?
3.Apa contoh spesies?
4.Apa ciri2 spesies?
5.Ilmuwan berrnama siapa yang pertama memberikan definisi biologis istilah "spesies" ?
21.01.107@mansel.id mengatakan…
Wadziah Al Abidah
X MIPA 2
Absen 36

1.Apa yang di maksud dengan spesies/rganisasi?
2.Berapa banyak spesies yang ada di bumi?
3.apa contoh dan ciri ciri spesies tersebut?
21.01.107@mansel.id mengatakan…
Nama Wadziah Al Abidah
Kelas X MIPA 2
Absen 36

1.apa yang di maksud dengen spesies atau organisasi?
2.berapa banyak spesies yang ada di bumi?
3.apa saja contoh spesies?
4.apa saja ciri ciri spesies?
5.ilmuan bernama siapa yang pertama kali memberika definisi biologis istilah spesies
21.01.107@mansel.id mengatakan…
Nama Wadziah Al Abidah
Kelas X MIPA 2
Absen 36

1.apa yang di maksud dengen spesies atau organisasi?
2.berapa banyak spesies yang ada di bumi?
3.apa saja contoh spesies?
4.apa saja ciri ciri spesies?
5.ilmuan bernama siapa yang pertama kali memberika definisi biologis istilah spesies
Unknown mengatakan…
1. Apa nama latin pesies itu?
2. Dimana habitat spesies itu?
3. Bagaimana cara spesies itu bergerak?
4. Bagaimana spesies itu berkembang biak?
Kemal mengatakan…
M.Kemal Darwinsyah
Kelas X IPA-2

5 Pertanyaan
1.Termasuk kingdom manakah organisme tersebut?
2.Bagaimana ciri fisik organisme tersebut?
3.Dimanakah habitatnya?
4.Bagaimana cara organisme tersebut berkembang biak?
5.Apa makanan yang biasa di makan organisme tersebut untuk bertahan hidup?
Kemal mengatakan…
M.Kemal Darwinsyah
X IPA-2

5 Pertanyaan
1.Termasuk kingdom manakah organisme tersebut?
2.Bagaimana ciri fisik organisme tersebut?
3.Dimanakah habitat hewan tersebut?
4.Bagaimana cara organisme tersebut berkembang biak?
5.Apa makanan yang biasa dimakan oleh organisme tersebut untuk bertahan hidup?
Catur Yoga Meiningdias mengatakan…
Saya mempunyai 8 pertanyaan untuk dapat menjawab apa yang dipikirkan, contoh pertanyaan adalah:
Unknown mengatakan…
Nabila fauziyah
Kelas X-IPS 1
No.absen: 24
Pertama tama saya akan menanyakan 6 pertanyaan atau kurang. Saya akan menanyakan dari manakah kingdom spesies yang dipikirkan misalnya seperti dari plantae, mamalia, fungi, dan lain lain. Setelahnya, pertanyaan akan berjumlah sesuai dengan pembagian dari kingdom yang sudah dipastikan. Dengan klasifikasi yang tepat saya akan dapat menebak spesies/organisme yang dipikirkan.
Unknown mengatakan…
Nama: Muhammad Isma Maulana
Kelas:x ips 1
No absen:19
-pohon
-ikan
-beruang
-burung
-bunga
-lumba-lumba
-harimau
-ayam
1.apakah organisme itu memiliki kaki?
2.apakah organisme itu memiliki bulu?
3.apakah organisme itu memiliki sayap?
Anda dapat menebak nama organisme tersebut yg ada di fikiran saya dengan mengajukan pertanyaan 3.dari ke tiga jawaban tersebut adalah burung
Unknown mengatakan…
Nabila fauziyah
kelas x-ips 1
No.absen 24
Pertama tama saya akan menanyakan 6 pertanyaan atau kurang. Saya akan menanyakan dari manakah kingdom spesies yang dipikirkan misalnya seperti dari plantae, mamalia, fungi, dan lain lain. Setelahnya, pertanyaan akan berjumlah sesuai dengan pembagian dari kingdom yang sudah dipastikan. Dengan klasifikasi yang tepat saya akan dapat menebak spesies/organisme yang dipikirkan
.Termasuk kingdom manakah organisme tersebut?Bagaimana ciri fisik organisme tersebut?
Dimanakah habitatnya?
asyraful rijal mengatakan…
Asyraful Rijal Putra Hardi
X IPS 1
Absen: 9

Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengetahui organisme apa yang bapak pikirkan.
1. bagaimana organisme itu berkembang biak
2. dimana habitat organisme itu
3. ciri bentuk nya seperti apa
4. termasuk kingdom apa organisme tersebut

Unknown mengatakan…
Nama: Muhammad Isma Maulana
Kelas:X ips 1
No absen:19
Saya mempunyai 4 pertanyaan
Apa yg sedang saya fikirkan
1.apakah makanan itu di rebus dulu?
2.apakah abis di rebus di kasih bumbu lalu di goreng
3.apakah makanan tersebut ada di pedagang kaki lima
4.apa nama makanan yg sedang saya fikirkan?
Unknown mengatakan…
Nama:Rafly Adriansyah
Kelas:10 IPS 1 (31)

Saya memiliki 4 pertanyaan agar dapat menebak apa yang dipikirkan:
1.Bagaimana organisme tersebut dilahirkan
2.Apakah organisme tersebut hidup di darat atau di udara atau di air
3.Berapa kaki yang dimiliki organisme tersebut
4.Dengan cara apa organisme tersebut bernafas
5.Apakah dia karnivora atau herbivora
Unknown mengatakan…
Nama:Rafly Adriansyah
Kelas:10 IPS 1 (31)

Saya memiliki 4 pertanyaan agar dapat menebak apa yang dipikirkan:
1.Bagaimana organisme tersebut dilahirkan
2.Apakah organisme tersebut hidup di darat atau di udara atau di air
3.Berapa kaki yang dimiliki organisme tersebut
4.Dengan cara apa organisme tersebut bernafas
5.Apakah dia karnivora atau herbivora
Alisa Azra L-X IPS 1 mengatakan…
Alisa Azra Lathifah
Kelas X IPS 1
No.Absen 04

Mungkin saya akan mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengetahui organisme/spesies apa yang dipikirkan
-Apa ciri-ciri organisme tersebut?
-Dimana habitat/tempat hidup organisme tersebut?
-Berjenis apa organisme tersebut?
-Bagaimana cara organisme tersebut berkembang biak?
dan beberapa pertanyaan yang lain tentang organisme tersebut.
Unknown mengatakan…
Nama Muhammad Isma Maulana
Kelas x IPS 1
No absen 19
Saya punya pertanyaan
1.binatang nya berkaki 4
2.makanan nya daging
3.tinggal di hutan
4.bulu dia berwana hitam garis dan orange
5.apakah nama hewan tersebut?
HILM RAZAN SYARIM X-IPS1 mengatakan…
Hilmy razan syarim X-IPS1
ABSEN:15
mungkin saya akan mengajukan beberapa pertanyaan:
1.kenapa ayam kakinya dua?
2.dari mana organisme berasal?
3.apakah mereka termasuk golongan buas?
4.jenis makanan apa yg mereka makan?
5.bagaimana mereka bereproduksi?
6.apa ciri fisik organisme tersebut?
7.dimanakah habitatnya?
Unknown mengatakan…
Nama Muhammad Isma Maulana
Kelas x IPS 1
No absen 19
Saya punya 5 pertanyaan
1.binatang nya berkaki 4
2.makanan nya daging
3.tinggal di hutan
4.bulu dia berwana hitam garis dan orange
5.apakah nama hewan tersebut?
asyraful rijal mengatakan…
Asyraful Rijal Putra Hardi
X IPS 1
Absen: 9

saya akan mengajukan beberapa pertanyaan untuk menebak apa organisme yang bapak pikirkan.
1. dimana habitat organisme itu
2. termasuk kingdom apa
3. ciri ciri bentuk nya seperti apa
4. cara berkembang biaknya seperti apa
Unknown mengatakan…
Varisa Putri Eksanti
Kelas X IPS 1
Absen 35
Yang saya ketahui organisme itu banyak ada beribu ribu organisme di dunia,saya akan menebak organisme apa yang sedang bapak fikirkan, saya akan memberi 8 pertanyaan kurang atau lebih, seperti :
1.dimana habitat/tempat tinggal organisme tersebut?
2.bagaimana cara organisme tersebut bernafas?
3.bagaimana cara organisme itu mencari makan?
4.dimana organisme itu berasal?
5.jika dia tinggal di hutan, bagaimana organisme tersebut bertahan hidup?
6.bagaimana organisme itu ditemukan?
7.seberapa besar organisme itu?
8.apakah organisme itu jinak?
Unknown mengatakan…
Kayla Citra W. Jatmiko
Kelas X IPS 1

Mungkin saya akan mengajukan 7 pertanyaan agar saya dapat mengetahui karakteristik organisme teersebut, dan saya dapat menebak nya juga :
1. Dimana habitat nya apakah di laut atau di darat ?
2. Organisme tersebut omnivora, herbivora atau karnivora ?
3. Seekor mamalia atau bukan ?
4. Organisme tersebut bernafas menggunakan apa ?
5. Organisme tersebut mempunyai berapa kaki ?
6. Apakah organisme tersebut berbulu/bersisik/berlendir ?
7. Organisme tersebut biasa dipelihara oleh manusia atau tidak ?
Unknown mengatakan…
Nama Muhammad Isma Maulana
Kelas x IPS 1
No absen 19
Saya punya 5 pertanyaan
1.binatang nya berkaki 4
2.makanan nya daging
3.tinggal di hutan
4.bulu dia berwana hitam garis dan orange
5.apakah nama hewan tersebut?
Unknown mengatakan…
Mukti Kancana Nugraha
X IPS 1

saya akan mengajukan
1.apakah dia makhluk hidup
2.apakah dia manusia,hewan,atau tumbuhan
3.apakah dia bertelur atau melahirkan
4.apakah dia hidup didarat,di air,atau di udara
5.apakah dia berkaki 4 atau berkaki 2
6.apakah dia besar atau kecil
7.apakah hewan itu banyak ditemui di sekitar rumah
Nama ; Nazwa Diva Safillia Tryadi
Absen ; 28
Kelas ; 10- IPS 1

sekiranya saya akan bertanya dalam 5 pertanyaan

1. benda ini termasuk salah satu benda langit dalam tata surya
2. memiliki lingkar tipis disekitarnya
3. berwarna seperti langit di siang hari
4. memiliki 13 satelit
5. memiliki susunan atmosfer yang sama dengan salah satu benda langit dalam tata surya lainnya
HILM RAZAN SYARIM X-IPS1 mengatakan…
Hilmy razan syarim X-IPS1
ABSEN:15
mungkin saya akan mengajukan beberapa pertanyaan
1.kenapa ayam kakinya 2?
2.dari mana organisme berasal?
3.apakah mereka termasuk golongan buas?
4.jenis makanan apa yg mereka makan?
5.bagaimana mereka bereproduksi?
6.apa ciri fisik organisme tersebut?
7.dimanakah habitatnya?
Nassa Banaranti mengatakan…
Nassa Banaranti
X IPS 1

Saya akan membutuhkan 7 atau kurang dari 7 pertanyaan. Dimulai dari pertanyaan yang sifatnya umum sampai ke pertanyaan yang lebih spesifik. Contoh pertanyaannya adalah seperti berikut :
1. Jenis apakah spesies/organisme tersebut? (hewan/tumbuhan/fungi/dsb)
2. Dimanakah spesies/organisme tersebut tinggal? (habitatnya)
3. Apa ciri khusus spesies/organisme tersebut? (seperti berbulu/memiliki belalai/berduri)
4. Apakah spesies/organisme tersebut memiliki kaki?
5. Apa makanan spesies/organisme tersebut?
6. Bagaimana cara spesies/organisme tersebut berkembang biak?
7. Apakah spesies/organisme tersebut langka/dilindungi?
Kemungkinan besar dengan pertanyaan tersebut saya sudah bisa menebak apa yang dipikirkan orang lain.
Unknown mengatakan…
Nama : Ana Adelia
kelas: X ips 1

saya akan bertanya kurang lebih 5 pertanyaan
contoh pertanyaannya:
1. Dimana habitat dari organisme ini?
2. Bagaimana cara organisme ini berkembang?
3. Apakah organisme tersebut hidup di darat atau di air?
4. Apakah organisme/ spesies imi omnivora, herbivora atau karnivora?
5. Apa jenis organisme/ spesies tersebut?

mungkin hanya itu yg saya bisa tanyakan semoga saya bisa menebak apa yang bapak pikirkan
Unknown mengatakan…
menurut saya 7 pertanyaan itu cukup untuk menebak spesies atau organisme yang dipikirkan, pertanyaan itu antara lain
1. Dimana habitatnya?
2. Bernafas menggunakan apa?
3. Memiliki berapa kaki dan tangan?
4. Tubuh nya besar atau tidak?
5. Termasuk mamalia atau tidak?
6. Apakah dapat terbang?
7. Apa huruf depan hewan tersebut?
Unknown mengatakan…
Salma Iffatunnisa
X IPS 1
Organisme di bumi sangatlah banyak
Saya akan mengajukan 7 pertayaan di bawah ini:
1. spesies atau organisme tersebut termasuk ke kingdom apa?
2. apa makanan yang di makan oleh organisme tersebut?
3. bagaimana dengan ukuran nya apakah besar, kecil atau sedang?
4. apa ciri khas dari yang di miliki organisme tersebut?
5. di mana organisme atau spesies itu tinggal ?
6. berkaki berapakah organisme tersebut ?
7.apakah organisme tersebut termasuk hewan langka ?
Nama : Asrini Nur Syamsi
Kelas: X IPS 1

Saya Mempunyai 8 pertanyaan untuk dapat menjawab apa yang dipikirkan, contoh pertanyaan adalah:
1. Apa Jenis Spesies/organisme yang sekarang dipikirkan?
2. Apa ciri-ciri dari Spesies/organisme tersebut?
3. Apa ciri utama atau sesuatu paling menonjol yang dimiliki dari Spesies/organisme
tersebut?
4. Apa yang digunakan Spesies/organisme untuk bernafas?
5. Dimana Spesies/organisme tersebut dapat hidup? Apakah di darat atau di air?
6. Dimanakah Habitatnya atau tempat dia tinggal?
7. Bagaimana cara Spesies/organisme tersebut berkembang biak?
8. Bagaimana cara hidup spesies/organisme tersebut?
Unknown mengatakan…
Nama/Absen :Muhammad Thoriq
Kelas :X IPS 1

Saya mempunyai beberapa pertanyaan untuk memecahkan apa yang orang pikirkan
1.definisinya?
2.apa ciri-cirinya?
3.dimanakah itu?
4.kapan terjadinya
5.mengapa bisa terjadi
6.dan tentunya jika pertanyaan itu sulit,maka bisa saja memenuhi 5W+1H
Nama : Nazwa Diva Safillia Tryadi
Absen : 28
Kelas : 10 - IPS 1

Sekiranya saya akan mengajukan 5 pertanyaan

1. Benda ini termasuk salah satu benda langit dalam tata surya
2. Berwarna seperti langit di siang hari
3. Memiliki lingkar tipis disekitarnya
4. Memiliki 13 satelit
5. Memiliki susunan atmosfer yang sama dengan benda langit dalam tata surya lainnya
Alisa Azra L-X IPS 1 mengatakan…
Alisa Azra L X-IPS 1
Absen 04

- Apa ciri ciri dari organisme tersebut?
- Berjenis apa organisme tersebut?
- Dimana habitat/tempat tinggal organisme tersebut?
- Bagaimana cara organisme tersebut berkembang biak?
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan…
Salma Iffatunnisa
X IPS 1
No Absen: 33
spesias atau di organisme di muka bumi ini sangat banyak
saya akan mengajukan 8 pertanyaaan di bawah ini
1. apakah spesies atau organisme tersebut termasuk ke dalam kingdom apa
2. tinggal di manakah organisme tersebut ?
3. bagaimana organisme tersebut bernafas ?
4. makanan apa yang di makan organisme tersebut?
5. apakah organisme tersebut termasuk hewan langka?
6. apa ciri khas dari organisme tersebut ?
7. berkaki berapakah organisme tersebut ?
8. bagaimana bentuk organisme tersebut apakah besar?
AFIFAH X - IPS 1 mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan…
Nurul Azizah Rohmatus Sholihah
X IPS 1 - Absen 29

Seperti yang sudah dijelaskan diatas cara mengklasifikasikan organisme secara efektif dan efisien ada 4 cara:
- Decomposition
- Pattern Recognition
- Algorithm Design
- Abstraksi
Jadi, menurut pendapat saya banyak pertanyaan yang harus diajukan kepada bapak untuk mampu menebak spesies atau organisme yang ada di pikiran bapak.

Ada sekitar 5 sampai 8 pertanyaan yang akan saya ajukan. Pertanyaannya yaitu:
1. Organisme tersebut hidup di air atau di darat?
2. Organisme tersebut memiliki sayap atau tidak?
3. Organisme tersebut memiliki ciri-ciri khusus seperti organisme lain atau tidak?
4. Bagaimana cara organisme tersebut berkembang biak?
5. Bagaimana organisme tersebut bisa beradaptasi dengan lingkungan di sekitarnya atau dengan organisme yang lain?
6. Apakah organisme sebut beraktivitas di malam hari atau siang hari?
7. Apakah spesies tersebut merupakan karnivora, herbivora atau omnivora?
8. Apakah spesies tersebut langkah?
Unknown mengatakan…
kira-kira 6-7 pertanyaan, saya akan bertanya:
1. Apakah dia bisa mempunyai kaki? (jika iya, dia termasuk hewan. jika tidak, dia termasuk
hewan seperti ikan/cacing/ular, tumbuhan, prostita, monera atau jamur)
2. Apakah dia berkembang biak dengan cara vivipar/bertelur/ovovivipar/membelah
diri/vegetatif/generatif?
3. Dimanakah habitat dia?
4. Bagaimana cara dia mendapatkan makanan? dengan memakan hewan lain/memakan tumbuhan/
hinggap di tumbuhan lain sebagai parasit atau berfotosintesis?
5. Seperti apa penampilannya? besar atau kecil, berbulu atau tidak?
6. Seperti apa warna tubuhnya?
Kira-kira pertanyaan ini cukup buat saya agar dapat menebak apa spesies/organisme yang sedang dipikirkan
Unknown mengatakan…
Alima Putri Rahayu
X IPS 1

Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengetahui informasi yang sedang dipikirkan
1. Apakah organisme tersebut tinggal di darat atau di laut?
2. Apakah organisme tersebut termasuk mamalia atau bukan?
3. Apa organisme tersebut bertubuh besar atau kecil?
4. Apa ciri yang spesifik dari organisme tersebut?
5. Dimana biasa ditemukannya organisme tersebut?
6. Bagaimana cara organisme tersebut bernapas?
7. Apakah organisme tersebut berkembang biak dengan bertelur atau benanak?
8. Apakah hewan tersebut masuk kedalam kelompok herbivora,karnivora, atau omnivora?
Unknown mengatakan…
Afifah Khairun nisa
Kelas X-IPS 1
No. Absen : 02

saya mempunyai 6 pertanyaan untuk menjawab apa yg dipikirkan, con
toh pertanyaan :
1. apa jenis organisme tersebut apakah dia omnivora,karnivora atau herbivora?
2. dimana organisme tersebut tinggal?
3. bagaimana cara organisme tersebut berkembang biak?
4. dengan cara apa mereka bisa bertahan hidup?
5. apakah mereka termasuk hewan langka?
6. apakah mereka mempunya karakteristik tersendiri?
Unknown mengatakan…
Afifah Khairun nisa
Kelas X-IPS 1
No. Absen : 02

saya mempunyai 6 pertanyaan untuk menjawab apa yg dipikirkan, con
toh pertanyaan :
1. apa jenis organisme tersebut apakah dia omnivora,karnivora atau herbivora?
2. dimana organisme tersebut tinggal?
3. bagaimana cara organisme tersebut berkembang biak?
4. dengan cara apa mereka bisa bertahan hidup?
5. apakah mereka termasuk hewan langka?
6. apakah mereka mempunya karakteristik tersendiri?
Unknown mengatakan…
Nama: Azzahra Mangun Sikki (10)
Kelas: 10 IPS 1
Saya akan mengajukan kira-kira 5-6 pertanyaan:
1. Bagaimana cara dia berjalan? pakai kaki atau pakai tubuh? (Jika tidak, maka dia termasuk
tumbuhan/monera/protista)
2. Bagaimana cara dia berkembang biak? melahirkan/bertelur/membelah diri/menjadi
parasit/vegetatif atau generatif? (jika dia membelah diri, maka dia termasuk
monera/protista. Jika menjadi parasit, maka di jamur. Jika vegetatif/generatif maka dia
tumbuhan)
3. Dimanakah habitat dia? apakah dia sering ditemui didalam kehidupan kita sehari-hari?
4. Bagaimana penampilannya? memiliki sisik? berbulu? besar/kecil?
5. Apa warna tubuh dia?

Kira-kira cukup seperti itu, mungkin saya dapat menebak spesies/organisme apa yang sedang dipikirkan
Unknown mengatakan…
nama : Ammidah Ayu Kusuma Ningrum
Kelas : X-IPS1
absen : 05

mungkin saya akan mengajukan beberapa pertanyaan di bawah ini :
1. apa nama organisme itu?
2. apa jenis organisme itu?
3. apa yang dilakukan organisme itu?
4. apa ciri-ciri organisme itu?
5. bagaimana organisme itu berkembang biak?
6. apa ukuran organisme itu?
7. dimana organisme itu tinggal?
8. cuaca apa yang cocok dengan organisme itu?
berikut adalah pertanyaan yang akan saya tanya kan
m guntur f r mengatakan…
Muhammad Guntur Fahri Rahman
X IPS 1
No absen 18

1.Apakah hewan tersebut hidup di darat?
2.Apakah heawan tersebut berkaki 4?
3.Apakah hewan tersebut termasuk golongan herbivora?
4.Apakah lehernya tinggi?
5.Apakah itu jerapah?
Catur Yoga Meiningdias mengatakan…
Binatang apa yang dipikirkan oleh Pak Yoga saat ini:
1. Apakah hewannya hidup di darat di laut?
di Darat.
2. Apakah berkaki empat?
Benar.
3. Apakah hewan ini berbulu
Tidak berbulu
4. Apakah hewan ini memakan tumbuhan.
Iya
5. Apakah berbadan besar
Iya
6. Memiliki Belalai.
Iya

Hasilnya = GAJAH
Unknown mengatakan…
Nama : Yuni Aisah (36)
Kelas : X IPS 1
Saya memiliki 7 pertanyaan untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut :
1. Termasuk kedalam kelompok apakah organisme tersebut? (mamalia, unggas atau reptil)
2. Dimana habitat organisme tersebut?
3. Termasuk kedalam jenis apa organisme tersebut?(karnivora,herbivora,omnivora atau insektivora)
4. Bagaimana cara organisme itu bernafas?
5. Apa ciri khas dari organisme tersebut?
6. Bagaimana cara organisme tersebut berkembang biak?
7. Apakah organisme tersebut langka atau sering dijumpai?
RIFQU LATIFAH RACHMAH (26)
X IPS 2

makanan apa yang sedang dipikirkan oleh si A:

1. apakah makanan ini berkuah?
ini makanan kering
2. apakah makanan ini manis?
iya
3. apakah makanan ini identik dengan hari raya idul fitri?
iya
4. ada unsur buah didalam makanan?
iya

hasilnya: nastar
Unknown mengatakan…
Alima Putri Rahayu
X IPS 1

Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengetahui informasi yang sedang dipikirkan
1. Apakah organisme tersebut tinggal di darat atau di laut?
2. Apakah organisme tersebut termasuk mamalia atau bukan?
3. Apa organisme tersebut bertubuh besar atau kecil?
4. Apa ciri yang spesifik dari organisme tersebut?
5. Dimana biasa ditemukannya organisme tersebut?
6. Bagaimana cara organisme tersebut bernapas?
7. Apakah organisme tersebut berkembang biak dengan bertelur atau benanak?
8. Apakah hewan tersebut masuk kedalam kelompok herbivora,karnivora, atau omnivora?
AFIFAH X - IPS 1 mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan…
Karina Azzahra
X IPS 1

Saya mempunyai 6 pertanyaan untuk dapat menjawab apa yang dipikirkan, contoh pertanyaan adalah:
1. Spesies tersebut termasuk ke dalam kingdom apa?
2. Dimana habitat spesies tersebut?
3. bagaimana bentuk spesies tersebut?
4. bagaimana cara spesies tersebut berkembang biak?
5. spesies tersebut bernafas menggunakan?
6. apakah ciri khas spesies tersebut?

Aditama Hidayah Putra mengatakan…
Nama : Aditama HIdayah Putra
Kelas : X IPS 2
NO. Absen : 3

Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan seperti :
1. Darimana spesies/organisme itu berasal?
2. Menggunakan apa spesies/organisme itu bernafas?
3. Dimana habitat spesies/organisme tersebut?
5. Bagaimana cara spesies/organisme itu berkembang biak?
6. Apa ciri khas dari organisme tersebut?
7. Apakah spesies itu termasuk langka atau mudah ditemukan?
8. Apakah jenis spesies itu? herbivora/karnivora/omnivora/insektivora?
Dan mungkin beberapa pertanyaan yang lebih spesifik mengenai spesie atau organisme tersebut
Nama : Lutfiah Suci Ramadhani
Nomor Absen : 14
Kelas : X IPS 2

1. Berjenis apa itu? Benda Mati atau Makhluk Hidup?
--> Benda Mati

2. Berada di Lingkungan Sekolah atau Rumah?
--> Lingkungan Sekolah

3. Berada di Kelas Murid?
--> Iya

4. Bendanya bisa terbuat dari Kayu, Besi dan Plastik?
--> Iya

5. Bisa dipakai untuk duduk?
--> Iya

6. Apakah itu Kursi?
--> Iya.

HASILNYA : KURSI
Unknown mengatakan…
Nama : Nadila Wulan Amaliyah
Kelas: X IPS 1

Saya akan menanyakan beberapa pertanyaan untuk mengetahui informasi lebih dalam mengenai organisme tersebut. Untuk pastinya berapa pertanyaan yang saya ajukan, saya tidak tahu. Karena itu tergantung seberapa rumitnya klasifikasi organisme tersebut.

Pertanyaan yang akan saya ajukan, contoh pertanyaannya seperti berikut.
1. Apa jenis organisme tersebut? (maksudnya disini adalah kelompok organisme/makhluk hidup tersebut termasuk kedalam manusia, hewan atau tumbuhan)
2. Termasuk dalam kingdom, phylum, classis, ordo, familia, dan genus apa organisme tersebut?
3. Apa ciri-ciri/klasifikasi umum organisme tersebut?
4. Apa ciri spesifik organisme tersebut?
5. Apa keunikan organisme tersebut?
6. Bagaimana cara organisme tersebut survive di alam dan dimana habitatnya serta bagaimana cara organisme tersebut berkembang biak, dan jenis makanan seperti apa yang dimakan organisme tersebut?

Setelah mengetahui klasifikasi jawaban data-data diatas, barulah kita bisa mengindentifikasikan dan mengetahui spesies organisme tersebut.
Luvena aurellia H mengatakan…
Hewan apa yang dipikirkan Luvena saat ini?
Apakah hewan tersebut tinggal di air?
Jawab = Iya
Apakah hewan tersebut memakan daging?
Jawab = Iya
Apakah hewan tersebut berukuran besar?
Jawab = Tidak
Apakah hewan tersebut mempunyai tentangkle?
Jawab = Iya
Apakah hewan tersebut mempunyai 10 tentangkle?
Jawab = Iya
Apakah hewan tersebut mengeluarkan tinta?
Jawab = Iya
Hailnya = Gurita
Baity Fadhilah IPS mengatakan…
Baity Fadhilah
X IPS-2
Absen 08

Mungkin saya akan beri 5 pertanyaan.
1. Apakah hewan tersebut hidup di darat/di laut? di darat
2. Apakah hewan tersebut memiliki dua kaki? iya.
3. Apakah hewan tersebut berkembangbiak dengan bertelur? iya.
4. Apakah hewan tersebut pemakan segala(omnivora)? iya.
5. Apakah hewan tersebut berkokok? iya.

Hasilnya dalah = AYAM
Unknown mengatakan…
Deswita Aulia - X IPS 1

saya mungkin akan mengajukan 7 pertanyaan seperti
1. spesies/organisme tersebut apakah hewan atau tumbuhan?
2. dimanakah spesies/organisme tersebut tinggal? di darat atau di air?
3. apabila hewan, termasuk ke dalam karnivora, herbivora, atau omnivora?
4. apakah hewan tersebut mempunyai kaki atau tidak?
5. bagaimana cara spesies/organisme tersebut berkembang biak?
6. apa ciri khas dari spesies/organisme tersebut?
7. apakah spesies tersebut hidup berkelompok atau tidak?

jika belum terjawab saya akan menanyakan beberapa hal yang lebih detail
Nama : Syafa Nabila Saifana (29)
Kelas : X IPS 2

1. Apakah hewan ini tinggal di darat?
= Iya
2. Apakah hewan ini melompat?
= Tidak
3. Apakah hewan ini memiliki 4 kaki?
= Iya
4. Apakah hewan ini memiliki kumis?
= Iya
5. Apakah hewan ini memakan tumbuhan (herbivora)?
= Tidak
6. Apakah hewan ini memiliki gigi tajam?
= Iya
7. Apakah hewan ini memiliki surai diderah kepalanya?
= Iya

Jawabannya = Singa
Adifa Aulia mengatakan…
Nama: Adifa Aulia Prasetyo
Kelas: X IPS 2
Nomor absen: 02

Apa angka yang sedang dipikirkan Adifa?

1. Apakah angka dibawah 100?
= iya
2. Apakah angka ganjil?
= tidak
3. Apakah angka genap?
= benar
4. Merupakan kelipatan 4?
= benar
5. 12?
= salah
6. Apakah angka ini belakangnnya 0?
= iyaa
7. 20?
= salah
8. 60?
= benar


Hasilnya = 60
Harry Saputra A mengatakan…
harry saputra ardiansyah (11) X IPS 2

apakah hewan itu hidup didarat?
apakah hewan itu mempunyai sayap?
apakah hewan itu memakan biji bijian?
apakah kakik nya ada 2?
apakah dia sering diplihara?
apakah dia berkokok?

jawab
-ya
-ya
-ya
-ya
-ya
-ya

hasilnya:ayam
Unknown mengatakan…
Nurul Azizah Rohmatus Sholihah
X IPS 1 - Absen 29

Seperti yang sudah dijelaskan diatas cara mengklasifikasikan organisme secara efektif dan efisien ada 4 cara:
- Decomposition
- Pattern Recognition
- Algorithm Design
- Abstraksi
Jadi, menurut pendapat saya banyak pertanyaan yang harus diajukan kepada bapak sehingga mampu menebak spesies atau organisme yang ada di bumi.

Ada sekitar 5 sampai 8 pertanyaan yang akan saya ajukan. Pertanyaannya yaitu:
1. Organisme tersebut hidup di air atau di darat?
2. Organisme tersebut memiliki sayap atau tidak?
3. Organisme tersebut memiliki ciri-ciri khusus seperti organisme lain atau tidak?
4. Bagaimana cara organisme tersebut berkembang biak?
5. Bagaimana organisme tersebut bisa beradaptasi dengan lingkungan di sekitarnya atau dengan organisme yang lain?
6. Apakah organisme sebut beraktivitas di malam hari atau siang hari?
7. Apakah hewan tersebut merupakan karnivora, herbivora atau omnivora?
8. Apakah spesies tersebut langkah atau dilindungi?
Unknown mengatakan…
Brilliant Rozzaq W
X IPS 1
saya akan mengajukan beberapa pertanyaan :
1. termasuk kingdom manakah organisme tersebut?
2. apa saja ciri-ciri organisme tersebut
3. bagaimana cara organisme tersebut berkembang biak?
4. dimana habitatnnya?
Naila tsaqif mengatakan…
Nama : Naila Tsaqif
Kelas : X IPS 2
Absen : 22

Binatang apa yang dipikirkan oleh Pak Yoga saat ini:
1. Apakah hewannya hidup di darat di laut?
-> di Darat.
2. Apakah berkaki empat?
-> Benar.
3. Apakah hewan ini berbulu
-> Tidak berbulu
4. Apakah hewan ini memakan tumbuhan.
-> Iya
5. Apakah berbadan besar
-> Iya
6. Memiliki Belalai.
-> Iya

Hasilnya = GAJAH
Vellya Syabira mengatakan…
Nama : Vellya Syabira
Kelas : x ips 2
Absen : 32

Beberapa pertanyaan :

1.Apakah hewan tersebut hidup didarat/dilaut ?
= hewan tersebut hidup di darat

2.Apakah hewan tersebut berkaki 4 ?
= benar

3.Apakah hewan tersebut merupakan pemakan daging ?
= iya

4.Apakah hewan tersebut merupakan hewan mamalia ?
= benar

5.Dimanakah hewan tersebut tinggal ?
= dihutan atau rimba

6.Apakah hewan tersebut memiliki ekor panjang ?
= iya

7.Apakah hewan tersebut memiliki bulu berwarna loreng (hitam-kuning)?
= benar

Jawaban : hewan tersebut adalah HARIMAU
ATIKAH JAMALIYAH mengatakan…
Nama : Atikah Jamaliyah
Kelas : X IPS 2
No. absen : 7

Hewan apa yang dipikirkan Atikah saat ini?

Pertanyaan :
1. Apakah hewan tersebut berkaki empat?
Jawaban : Ya

2. Apakah hewan tersebut bertubuh besar? Jawaban : Ya

3. Apakah hewan tersebut termasuk omnivora?
Jawaban : Tidak

4. Apakah hewan tersebut berbulu?
Jawaban : Tidak

5. Apakah hewan tersebut memiliki ciri khas?
Jawaban : Ya

6. Apakah hewan tersebut memiliki tanduk?
Jawaban : Tidak

7. Apakah hewan tersebut memiliki punuk? Jawaban : Ya

HASILNYA : ONTA
Rizky ahmad maulana chan mengatakan…
Rizky Ahmad Maulana Chan
Kelas X-IPS 2
No.Absen : 27

binatang apa yg dipikirkan oleh saya saat ini:
1.apakah hewannya didarat atau dilaut?
2.apakah hewannya berkaki empat atau dua?
3.apakah hewannya pemakan tumbuhn atau daging?
4.apakah hewannya bertelur atau beranak?
5.apakah hewannya ukuranya besar,sedang,atau kecil?
6.apakah hewannya ada filmnya?
7.nama filmnya apa?
8.apakah hewannya suka makan pisang?

Faradifa Ramadhani
Kelas:X IPS 2
Absen:10
1.Apakah hewan tersebut tinggal di darat
>Iya
2.Apakah hewan tersebut hewan peliharaan
>Tidak
3.Apakah hewan tersebut di lindungi?
>Iya
4.Apakah hewan tersebut ber kaki 4?
>Iya
5.Apakah hewan tersebut hewan buas?
>Iya
6.Apaka itu harimau?
>Iya
Hasilnya:HARIMAU
MUHAMAD FARHAN IPS mengatakan…
Muhamad Farhan
X IPS-2


1. Apakah hewan itu tinggal di darat atau air ?
=di Darat

2. Apakah hewan itu berkaki empat?
=iya

3. Apakah Hewan itu memakan tumbuhan?
=iya

4. Apakah hewan itu memiliki leher yang panjang?
=iya

5. Apakah hewan itu jerapah?
=iya

Hasilnya : Jerapah
Unknown mengatakan…
Nadya Sh
X IPS 1
26

Mungkin yang akan saya tanyakan yakni :
1) Termasuk dalam kelompok kingdom?
2) Dimanakah dia bertahan hidup?
3) Jenis apa organisme tersebut?
4) Ciri-ciri organisme yang dimaksud?
5) Bagaimana organisme itu berkembangbiak?
6) Apa yang biasa dilakukan organisme tersebut?
7) Faktor penting dari organisme tersebut?

dan pertanyaan selanjutnya, yang sudah dijelaskan penjelas.
AFIFAH X - IPS 1 mengatakan…
Nama=Afifah
kelas=X IPS 1
No.Absen=01


1. Apakah dia benda hidup?
= tidak
2. Apakah dia memiki banyak informasi?
= iya
3. Apakah dia membutuhkan energi?
= iya
4. Apakah dia terbatas?
= tidak
5. Dan apakah dia terkenal di kalangan manapun/
= iya

HASILNYA = GOOGLE CHROME
Uswatun Hasanah mengatakan…
Nama : Uswatun Hasanah
Kelas: X IPS 2
Absen: 31

Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan di bawah ini :

1. Apakah makhluk hidup? Atau benda mati?
= Makhluk hidup

2. Apakah makhluk hidup itu binatang?
= Iya

3. Apakah binatang itu hidup di darat atau laut?
= Darat

4. Apakah binatang tersebut berkembang biak dengan cara melahirkan?
= Iya

5. Binatang tersebut apakah berkaki empat?
= Iya

6. Binatang tersebut termasuk pemakan daging?
= Iya

7. Apakah binatang itu berbulu?
= Iya

Jawabannya ialah = kucing
Rifqu Latifah Rachmah (26)
X IPS 2

saya akan mengajukan pertanyaan mengenai makanan yang sedang dipikirkan oleh si A

1. Apakah makanan ini berkuah? ini makanan kering
2. Apakah makanan ini manis? iya
3. Apakah makanan ini identik dengan idul fitri? iya
4. Apa ada unsur buah dalam makanan ini? iya
5. Apakah warna makanan ini agak kekuningan? iya

Hasilnya : Nastar
Miqdad ahsan hamdy mengatakan…
Nama:Miqdad ahsan hamdy
Kelas:X IPS 2

APA YANG SEDANG KAMU PIKIRKAN?
Anto:Makhluk hidup atau benda mati?
Ardi:Makhluk hidup
Anto:Hewan?
Ardi:iya
Anto:Apakah biasanya berada diperkotaan?
Ardi:tidak
Anto:Berada di alam?
Ardi:iya
Anto:Memiliki buntut?
Ardi:iya
Anto:apakah suka bergelantung di pohon?
Ardi:iya
Anto:apakah monyet?
Arsi:iya betul
Hasilnya monyet
Unknown mengatakan…
Nama:Faradifa Ramadhani
Absen:10
Kelas: X IPS 2
1.Apakah hewan tersebut tinggal di darat?
}iya
2.Apakah hewan tersebut hewan peliharaan?
}tidak
3.Apakah hewan tersebut di lindungi?
}iya
4.Apakah hewan tersbut berkaki 4?
}iya
5.Apakah hewan tersebut hewan buas?
}iya
6.Apakah harimau?
}iya
Jawabanya:HARIMAU
Unknown mengatakan…
Nama: syafinka Malik Utama
Kelas:x ips 2
No absen: 30

Binatang apakah yang di pikiran Anda sekarang:
1.apakah hewan tersebut tinggal di darat?
Iya

2.apakah hewan tersebut hewan peliharaan?
Iya

3.apakah hewan tersebut di lindungi?
Tidak

4.apakah hewan tersebut berkaki 4?
Iyaa

5 .apakah hewan tersebut memiliki ekor?
Iyaa

6.apakah hewan tersebut memakan daging(carnivora)
Iyaa

7 apakah hewan tersebut memiliki bulu yang beragam?
Iyaa

8 apakah hewan tersebut memiliki postur tubuh yang besar?
Tidak

9 apakah hewan tersebut melahirkan?
Iyaa
Jawabannya kucing
NAURA RAFILA HUWAIDA mengatakan…
NAMA : NAURA RAFILA HUWAIDA
KELAS : X IPS 2

Binatang apa yang di pikirkan saya sekarang ini :

1. Apakah hewan ini hidup di darat, laut, atau udara ?
= Di Darat
2. Apakah hewan ini bertubuh besar, sedang, atau kecil ?
= Sedang
3. Apakah hewan ini berkaki empat ?
= Iya
4. Apakah hewan ini pemakan daging atau tumbuhan ?
= Daging
5. Apakah hewan ini berbulu ?
= Iya
6. Apakah hewan ini berkumis ?
= Iya
7. Apakah hewan ini bisa dipelihara ?
= Bisa
8. Apakah hewan ini bisa mengngeong ?
= Bisa

JAWABANNYA ADALAH KUCING
Unknown mengatakan…
Nama : Ensy Ulumia Kamila
No Absen : 09
Kelas : X IPS 2

1. apakah hewan tersebut berada di darat?
iya
2. apakah hewan itu berkaki 4 atau 2?
berkaki 2
3. apakah hewan itu pemakan daging atau pemakan buah?
pemakan buah
4. apakah hewan itu berbulu?
iya
5. apakah hewan itu suka melompat?
iya
6. apakah hewan itu berbadan besar?
tidak juga
iya

hasilnya= monyet
Nama :Yusyfa Hasyim Khawarizmi
Kelas : X IPS2
NO.Absen : 34

1.Berjenis apa itu?makhluk hidup atau benda mati?
->Makhluk hidup
2.Berkaki berapa kah hewan tersebut?
-> Berkaki 2
3.Apakah hewan tersebut beranak?
-> iya
4.Berasal dari mana?
-> Dari australia
5.Apakah hewan tersebut melompat lompat?
-> iya
6.Apakah hewan tersebut memiliki kantong di perut?
->Iya
7.Apakah itu kangguru?
-> Iya

HASILNYA : Kangguru
Unknown mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Luvena aurellia H mengatakan…
Nama = Luvena aurellia Herviana
Kelas = X IPS 2
Hewan apa yang dipikirkan Luvena saat ini?
Apakah hewan tersebut tinggal di air?
Jawab = Iya
Apakah hewan tersebut memakan daging?
Jawab = Iya
Apakah hewan tersebut berukuran besar?
Jawab = Tidak
Apakah hewan tersebut mempunyai tentangkle?
Jawab = Iya
Apakah hewan tersebut mempunyai 10 tentangkle?
Jawab = Iya
Apakah hewan tersebut mengeluarkan tinta?
Jawab = Iya
Hailnya = Gurita

Unknown mengatakan…
Nama : Viddya Cantika A.P (33)
Kelas: X - IPS 2

Hewan apa yang di pikirkan Viddya saat ini?
1. Termasuk makhluk hidup atau benda mati?
-> Makhluk hidup

2. Termasuk jenis makhluk hidup manusia, hewan, atau tumbuhan?
-> Hewan

3. Hidup di darat atau di laut?
-> Di darat

4. Apakah hewan itu berbulu?
-> Iya

5. Apakah hewan itu berkaki empat?
-> iya

6. Apakah hewan itu termasuk pemakan daging (karnivora)?
-> Iya

7. Banyak di pelihara oleh manusia?
-> Iya

8. Apakah hewan itu kucing?
-> Iya

Hasilnya : Kucing
Luvena aurellia H mengatakan…
Nama = Luvena aurellia Herviana
Kelas = X IPS 2
Hewan apa yang dipikirkan Luvena saat ini?
Apakah hewan tersebut tinggal di air?
Jawab = Iya
Apakah hewan tersebut memakan daging?
Jawab = Iya
Apakah hewan tersebut berukuran besar?
Jawab = Tidak
Apakah hewan tersebut mempunyai tentangkle?
Jawab = Iya
Apakah hewan tersebut mempunyai 10 tentangkle?
Jawab = Iya
Apakah hewan tersebut mengeluarkan tinta?
Jawab = Iya
Hailnya = Gurita

Iffa faizah mengatakan…
Apa benda yang sedang saya pikirkan

1- benda berkaitan dengan olahraga?
Iya

2 berukuran besar?
tidak

3- bisa dimainkan?
Iya

4- sering di jumpai di lapangan?
Iya

5- berbentuk bulat?
Iya

Bola?
iya benar jawabanya adalah "bola"
Siti Amalia Azis mengatakan…
Nama : Siti Amalia Azis
Kelas : X IPS 2

Hewan apa yang saya pikirkan sekarang :
1. Apakah hewan tersebut hidup di darat?
= Iya
2. Apakah berkaki empat?
= Iya
3. Apakah hewan tersebut besar atau kecil?
= Tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil
4. Apakah hewan tersebut herbivora?
= Iya
5. Apakah dagingnya bisa dikonsumsi?
= Iya
6. Apakah bukunya tebal?
= Tidak

Hasilnya = kambing
ALIFAH FAUZA SAHLAA mengatakan…
ALIFAH FAUZA SAHLAA
KELAS= X IPS 2
NO ABSEN = 4

APA HEWAN YANG SEDANG DI PIKIRKAN ALIFAH SAAT INI?

APAKAH HEWAN YANG MASIH ADA
' TIDAK SUDAH PUANH

APAKAH SUADAH MUSNAH DARI JUTAAN TAHUN LALU?
' IYA

HEWAN LAUT
' IYA

TINGGAL DI SAMUDRA PALINGA DALAM?
'IYA

BUAS?
'IYA

MEGALODON?
IYA BETUL
JADI JAWABBANYA MEGALODON
M.Eri Rafly.K 10 IPS 2 mengatakan…
M.ERI RAFLY.K
10 IPS 2

Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan seperti
1.Apakah hewan itu hidup di darat ?
> Iya betul
2.Apakah dia berkaki 4?
> Iya betul
3.Apakah dia memakan daging ?
>TIDAK
4.Apakah dia mempunyai bulu ?
>Tidak
5.Apakah dia bergigi tajam ?
>Tidak
6.Apakah dia berkelompok ?
>Tidak
7.Apakah dia berbadan besar ?
>Iya
8.Apakah dia hewan ternak ?
>Iya
Dan beberapa pertanyaan lainnya untuk menanyakan ciri-ciri fisik organisme tersebut.Mungkin saya akan bisa menebak spesies/organisme yang dipikirkan.
Jawabannya : Sapi
Miqdad ahsan hamdy mengatakan…
Nama:Miqdad ahsan hamdy
Kelas:X IPS 2

APA YANG SEDANG SAYA PIKIRKAN

Apakah makhluk hidup?
=iya
Apakah berada di laut?
=tidak
Di darat, alam?
=iya
Suka bergelantung di pohon?
=iya
Makanannya pisang?
=iya
Apakah monyet?
=Iya betul
Hasilnya=monyet

Zanwaga Raihan Widhesta mengatakan…

Nama : Zanwaga Raihan Widhesta

Kelas : X IPS 2

No.Absen : 35

----------------------------------------------------------

1) Apakah hewan itu hidup di darat, udara, ataupun laut?

==> Hidup di darat


2) Apakah hewan itu termasuk golongan hewan carnivora (pemakan daging)?

==> Ya, hewan tersebut pemakan daging


3) Apakah hewan tersebut memiliki totol pada kulitnya?
==> Ya, ada


4) Apakah hewan itu ialah hewan tercepat di darat?

==> Ya benar, hewan tersebut pernah berlari sampai kecepatan 120+ km/h


5) Apakah hewan itu cheetah?

==> Ya, hewan tersebut ialah cheetah


--------------------
[ HASILNYA = CHEETAH ]
--------------------
Zanwaga Raihan Widhesta mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
M.Eri Rafly.K 10 IPS 2 mengatakan…
M.ERI RAFLY.K
10 IPS 2

Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan seperti
1.Apakah hewan itu hidup di darat ?
> Iya betul
2.Apakah dia berkaki 4?
> Iya betul
3.Apakah dia memakan daging ?
>TIDAK
4.Apakah dia mempunyai bulu ?
>Tidak
5.Apakah dia bergigi tajam ?
>Tidak
6.Apakah dia berkelompok ?
>Tidak
7.Apakah dia berbadan besar ?
>Iya
8.Apakah dia hewan ternak ?
>Iya
Dan beberapa pertanyaan lainnya untuk menanyakan ciri-ciri fisik organisme tersebut.Mungkin saya akan bisa menebak spesies/organisme yang dipikirkan.
Jawabannya : Sapi
Iffa faizah mengatakan…
Nama :Iffa faizah (12)
Kelas:X-ips2

Apa benda yang saya pikirkan?

1- benda berkaitan dengan olahraga?
Iya

2- benda berukuran besar?
Iya

3- bisa dimainkan?
Iya

4- sering di jumpai di lapangan?
Iya

5- berbentuk bulat?
Iya

Bola?
Iya benar jawabanya adalah "bola"
Luvena aurellia H mengatakan…
Nama = Luvena aurellia Herviana
Kelas = X IPS 2
Hewan apa yang dipikirkan Luvena saat ini?
Apakah hewan tersebut tinggal di air?
Jawab = Iya
Apakah hewan tersebut memakan daging?
Jawab = Iya
Apakah hewan tersebut berukuran besar?
Jawab = Tidak
Apakah hewan tersebut mempunyai tentangkle?
Jawab = Iya
Apakah hewan tersebut mempunyai 10 tentangkle?
Jawab = Iya
Apakah hewan tersebut mengeluarkan tinta?
Jawab = Iya
Hailnya = Gurita

Alina Khalisha kurniawan mengatakan…
Nama:Alina khalisha kurniawan
Kelas: X IPS 2

Hewan apa yang dipikirkan alina saat ini?
apakah hewan itu hidup di darat?
jawab: iya
apakah berkaki 4?
jawab: tidak
apakah hewan itu bertelur:
jawab: iya
apakah berukuran besar?
jawab: tidak
apakah hewan itu berbulu?
jawab: iya
apakah mempunyai paruh?
jawab: iya
hasilnya: ayam
Catur Yoga Meiningdias mengatakan…
Binatang apa yang dipikirkan si A?

Pertanyaan:
1. Apakah berkaki dua?
Tidak.
2. Apakah termasuk hewan Mamalia?
Ya.
3. Apakah hewan Ternak?
Ya
4. Apakah herbivora?
Ya
5. Apaka ukurannya besar?
Tidak

Jawabannya adalah SAPI.
Unknown mengatakan…
Hewan apa yang di pikirkan Rivaldi saat ini?

Apakah hewan itu hidup di darat?
=Iya
Berkaki empat?
=Iya
Apakah termasuk hewan mamalia?
=Iya
Bertubuh kecil?
=Tidak
Termasuk hewan herbivora?
=Iya
Sapi?
= Ya benar
Unknown mengatakan…
Nama:Rayhan Rivaldi
Kelas: X IPS 2
Absen: 25

Hewan apa yang di pikirkan Rivaldi saat ini?
Apakah hewan itu hidup di darat?
=Iya
Berkaki empat?
=Iya
Apakah termasuk hewan mamalia?
=Iya
Bertubuh kecil?
=Tidak
Termasuk hewan herbivora?
=Iya
Sapi?
= Ya benar
Nama : Yusyfa Hasyim Kahwarizmi
kelas : X IPS2
No.Absen : 34

1.Berjenis apa itu?Makhluk hidup atau benda mati?
-> Makhluk hidup
2.Berkaki berapa hewan tersebut?
->Berkaki 2
3.Berasal dari mana?
-> dari Autralia
4.Apakah hewan tersebut melompat lompat?
->Iya
5.Apakah hewan tersebut memiliki kantung di perut?
->Iya
6.Apakah hewan tersebut beranak?
->Iya
7.Apakah hewan tersebut Kangguru?
->Iya

HASILNYA : Kangguru
ALIFAH FAUZA SAHLAA mengatakan…
ALIFAH FAUZA SAHLAA
KELAS= X IPS 2
NO ABSEN = 4

APA HEWAN YANG SEDANG DI PIKIRKAN ALIFAH SAAT INI?

APAKAH HEWAN YANG MASIH ADA
' TIDAK SUDAH PUANH

APAKAH SUADAH MUSNAH DARI JUTAAN TAHUN LALU?
' IYA

HEWAN LAUT
' IYA

TINGGAL DI SAMUDRA PALINGA DALAM?
'IYA

BUAS?
'IYA

MEGALODON?
IYA BETUL
JADI JAWABBANYA MEGALODON
Unknown mengatakan…
Muhammad Haryo Kusuma
Kelas X-Agama
No.Absen : 13

1.Apakah kucing termasuk karnivora?
2.Dimanakah habitatnya?
3.Bagaimana cara dia berkembang biak?
Unknown mengatakan…
Pertanyaan untuk A

1. Dimanakah hewan tersebut hidup?
Air
2. Apakah dia hewan karnifora?
Ya
3. Apakah dia memilili gigi yang runcing?
Ya
4. Apakah dia berbadan besar?
Ya
5. Apakah dia sensitif terhadap darah?
Ya

Jawabannya Hiu
Unknown mengatakan…
Muhammad Haryo Kusuma
Kelas X-Agama
No.Absen : 13

1.Apakah kucing termasuk karnivora?
2.Dimanakah habitatnya?
3.Bagaimana cara dia berkembang biak?
Unknown mengatakan…
NAMA : SALSABILA KHAERUNISA
KELAS : 10 AGAMA
ABSEN : 27

Saya akan mengajukan kurang lebih sekitar 5 pertanyaan, yaitu :
1. Apakah Ia termasuk ke dalam hewan amfibi?
2. Apakah Ia berkaki 4?
3. Apakah Ia pemakan serangga?
4. Apakah Ia bernapas menggunakan insang?
5. Apakah Ia termasuk kedalam hewan ovipar?


Saya cukupkan pertanyaannya jika Saya rasa Saya sudah dapat menebak dan sudah tergambarkan difikiran Saya hewan apakah itu. Namun jika Saya masih ragu Saya akan terus bertanya hingga Saya menemukan jawabannya.
Unknown mengatakan…
Nama : Zimraan ahmad wijaya
Kelas : X-AGAMA
Mapel : Informatika

Apakah motor yang di pikirkan si Z???

Pertanyaan nya :
1. Apakah motor nya gigi kopling?
jawaban : Ya.
2. Apakah motor nya yang di pake ber kecepetan 250cc ??
jawaban : Ya.
3. Apakah motornya itu produk honda?
jawaban : Tidak.
4. Apakah dai memiliki body motor yang cuckup besar?
jawaban : Ya.
Jawaban nya adalah motor Kawasaki Ninja ZX250R
Haekal mengatakan…
Nama: Muhammad Haekal Hilmy
Kelas: X agama
No Absen: 13

Siapakah pemain bola yang dipikiran si A

Pertanyaan:
1.Apakah dia berposisi sebagai sayap kiri?
Jawaban: Ya
2.Apakah dia bermain di liga Inggris?
Jawaban: tidak
3.Apakah dia bermain di liga Italia?
Jawaban: Ya
4.Apakah dia berasal dari Portugal?
Jawaban: Ya
5.Apakah dia bermain di klub Juventus?
Jawaban: Ya

Jawabannya adalah Cristiano Ronaldo


Unknown mengatakan…
NAMA : SALSABILA KHAERUNISA
KELAS : 10 AGAMA
ABSEN : 27

Saya akan mengajukan kurang lebih sekitar 5 pertanyaan, yaitu :
1. Apakah Ia termasuk ke dalam hewan amfibi?
2. Apakah Ia berkaki 4?
3. Apakah Ia pemakan serangga?
4. Apakah Ia bernapas menggunakan insang?
5. Apakah Ia termasuk kedalam hewan ovipar?


Saya cukupkan pertanyaannya jika Saya rasa Saya sudah dapat menebak dan sudah tergambarkan difikiran Saya hewan apakah itu. Namun jika Saya masih ragu Saya akan terus bertanya hingga Saya menemukan jawabannya.
Unknown mengatakan…
Nama : Muhammad Hasanudin Nizan
Kelas : X IIK
Absen : 15


Sekiranya saya akan memberikan 5 pertanyaan tentang spesies/organisme tersebut

1.masuk kedalam jenis herbivora kah spesies / organisme tersebut ?
2.dapatkah dijadikan hewan ternak spesies /organisme tersebut ?
3.Berasal dari negara manakah spesies / organisme tersebut ?
4.masuk kedalam jenis unggas kah spesies / organisme tersebut ?
5.tinggal di habitat apakah spesies /organisme tersebut ?
Okalina Fakhira X IPS 2 mengatakan…
Apakah hewan yang sedang di fikirkan okalina saat ini?

Apakah hewan tersebut hidup di darat?
iya
Apakah hewan tersebut berkaki 2?
iya
Apakah hewan tersebut termasuk karnivora?
tidak
Apakah hewan tersebut hidup berkelompok?
iya
Apakah hewan tersebut bisa terbang?
tidak
Apakah hewan tersebut hidup di padang rumput?
iya
Apakah hewan tersebut bergerak dengan melompat?
iya

hasil = Kangguru

Unknown mengatakan…
SITI BURDAH FAWZIYAH
X-AGAMA
ABSEN.31

mungkin saya akan menanyakan beberapa pertanyaan seperti:
1.apa itu gejala sosial?
2.apa saja yg menjadi ciri ciri kemiskinan?
3.apa saja yg menjadi faktor faktor perilaku menyimpang?
4.apa perbedaan antara penyimpangan primer dan penyimpangan sekunder?
5.bagaimana suatu gejala dapat dikatakan gejala sosial
Unknown mengatakan…
Nama : Muhammad Hasanudin Nizan
Kelas : X IIK
Absen : 15


Sekiranya saya akan memberikan 5 pertanyaan tentang spesies/organisme tersebut

1.masuk kedalam jenis herbivora kah spesies / organisme tersebut ?
2.dapatkah dijadikan hewan ternak spesies /organisme tersebut ?
3.Berasal dari negara manakah spesies / organisme tersebut ?
4.masuk kedalam jenis unggas kah spesies / organisme tersebut ?
5.tinggal di habitat apakah spesies /organisme tersebut ?
Unknown mengatakan…
Muhammad Naufal
Kelas X AGAMA
No.Absen:16


Saya akan memberikan pertanyaan kurang lebih 5 yaitu,tetang organisme
1.Dimana habitat hewan itu berasal?
2.Apakah dia memiliki bulu / rambut?
3.Bagaimana cara dia berkembangbiak?
4.Apakah jenis organisme itu?
5.Apa ciri paling menonjol dari organisme tersebut?
Ammara Zafira X IPS 2 mengatakan…
Nama : Ammara Zafira (06)
Kelas : X IPS 2

apakah hewan tersebut hidup di darat?
: iya
apakah hewan tersebut berkaki empat?
: iya
apakah hewan tersebut memiliki bulu?
: iya
apakah hewan tersebut memakan sayuran?
: tidak
apakah hewan tersebut memakan ikan?
: iya
apakah hewan tersebut memiliki ekor?
: iya
apakah hewan tersebut bisa dipelihara?
: bisa

hasilnya : kucing
Ammara Zafira X IPS 2 mengatakan…
Nama : Ammara Zafira (06)
Kelas ; X IPS 2

apakah hewan tersebut hidup di darat?
: iya
apakah hewan tersebut berkaki empat?
: iya
apakah hewan tersebut memiliki bulu?
: iya
apakah hewan tersebut memakan sayuran?
: tidak
apakah hewan tersebut memakan ikan?
: iya
apakah hewan tersebut memiliki ekor?
: iya
apakah hewan tersebut bisa dipelihara?
: bisa

hasilnya : kucing
Unknown mengatakan…
Nama : Rosmalia
Kelas : X Agama
Absen : 24

Saya akan menanyakan beberapa pertanyaan yaitu :
1. Apakah hewan ini hidup di darat?
—> tidak

2. Apakah hewan tersebut ke dalam vertebrata ikan?
—> iya

3. Apakah hewan ini suka memangsa hewan lain?
—> iya

4. Apakah hewan ini berukuran besar ?
—> iya

5. Apakah bernafas dengan insang?
—> iya

Maka dari pertanyaan di atas kita bisa ketahui bahwa hewan tersebut adalah :

Jawaban = hiu
Unknown mengatakan…
Nama : Sahrul Ramadhan
Kelas:X Agama
Absen:26

Mungkin saya akan memberikan beberapa pertanyaan untuk mengetahui informasi lebih dalam dari hewan omnifora

1.Apa yang di maksud hewan omnifora?
2.Apa makanan hewan omnifora?
3.Jika di dasarkan dengan jenis makanannya, maka hewan di bagi menjadi 3. Jelaskan saja 1 contoh hewan omnifora? 4.sebutkan contoh" hewan omnifora? 5.Sebutkan tempat tinggal hewan omnifora?
Unknown mengatakan…
Khalda Syifa' Ramadhani
Kelas X AGAMA
No. Absen 08

Negara apa yang sedang dipikirkan oleh Khalda saat ini.

Pertanyaan:
1. Apakah negara ini terletak di Benua Asia?
Jawab = Ya.
2. Apakah negara ini terletak di Benua Asia Tenggara?
Jawab = Ya.
3. Apakah negara ini memiliki mata uang ringgit?
Jawab = Tidak.
4. Apakah negara ini memiliki mata uang rupiah?
Jawab = Ya.
5. Apakah negara ini menjadi negara dengan kepulauan terluas di Benua Asia?
Jawab = Ya.

Hasilnya = Indonesia
Unknown mengatakan…
Nama : Rosmalia
Kelas : X Agama
Absen : 24

Saya akan menanyakan beberapa pertanyaan yaitu :
1. Apakah hewan ini hidup di darat?
—> tidak

2. Apakah hewan tersebut ke dalam vertebrata ikan?
—> iya

3. Apakah hewan ini suka memangsa hewan lain?
—> iya

4. Apakah hewan ini berukuran besar ?
—> iya

5. Apakah bernafas dengan insang?
—> iya

Maka dari pertanyaan di atas kita bisa ketahui bahwa hewan tersebut adalah :

Jawaban = hiu
Unknown mengatakan…
Nama : Rosmalia
Kelas : X Agama
Absen : 24

Saya akan menanyakan beberapa pertanyaan yaitu :
1. Apakah hewan ini hidup di darat?
—> tidak

2. Apakah hewan tersebut ke dalam vertebrata ikan?
—> iya

3. Apakah hewan ini suka memangsa hewan lain?
—> iya

4. Apakah hewan ini berukuran besar ?
—> iya

5. Apakah bernafas dengan insang?
—> iya

Maka dari pertanyaan di atas kita bisa ketahui bahwa hewan tersebut adalah :

Jawaban = hiu
Unknown mengatakan…
Nama : Rosmalia
Kelas : X Agama
Absen : 24

Saya akan menanyakan beberapa pertanyaan yaitu :
1. Apakah hewan ini hidup di darat?
—> tidak

2. Apakah hewan tersebut ke dalam vertebrata ikan?
—> iya

3. Apakah hewan ini suka memangsa hewan lain?
—> iya

4. Apakah hewan ini berukuran besar ?
—> iya

5. Apakah bernafas dengan insang?
—> iya

Maka dari pertanyaan di atas kita bisa ketahui bahwa hewan tersebut adalah :

Jawaban = hiu
Unknown mengatakan…
Deffiana Zahidarani
X Agama / 4

1. Apakah dia hewan amphibi?
Tidak

2. Apakah dia mempunyai kaki?
Ya

3. Apakah dia ada di kebun binatang?
Ya

4. Apakah dia hewan yang bisa dipelihara?
Tidak

5. Apakah memiliki duri sebagai pelindung?
Ya

Jawabannya adalah Landak



Unknown mengatakan…
Muhammad Hasanudin Nizan
X IIK
Absen 15

Binatang yang dipikirkan si F ?
Pertanyaan
1.Apakah bianatang tersebut berkaki 2 ?
Ya
2.apakah binatang tersebut termasuk mamalia ?
Tidak
3.apakah binatang tersebut bertelur ?
Ya
5.apakah binatang tersebut berbulu ?
Ya

Jawaban
Ayam
Ammara Zafira X IPS 2 mengatakan…
Ammara Zafira (06)
X IPS 2

apakah hewan tersebut hidup di darat?
: iya
apakah hewan tersebut berkaki empat?
: iya
apakah hewan tersebut memiliki bulu?
: iya
apakah hewan tersebut memakan sayuran?
: tidak
apakah hewan tersebut memakan ikan?
: iya
apakah hewan tersebut memiliki ekor?
: iya
apakah hewan tersebut bisa dipelihara?
: bisa

hasilnya : kucing
Unknown mengatakan…
Muhammad Naufal
Kelas X AGAMA
No.Absen:16


Saya akan memberikan pertanyaan kurang lebih 5 yaitu,tetang organisme
1.Dimana habitat hewan itu berasal?
2.Apakah dia memiliki bulu / rambut?
3.Bagaimana cara dia berkembangbiak?
4.Apakah jenis organisme itu?
5.Apa ciri paling menonjol dari organisme tersebut?
Unknown mengatakan…
Siti Munawaro
Kelas:X Agama
No Absen:32

Mungkin saya akan memberikan beberapa pertanyaan untuk mengetahui informasi lebih lanjutnya.
seperti:
1.apakah hewan itu berkaki empat?
tidak.
2.apakah hewan itu bernapas dengan paru paru?
tidak.
3.apakah hewan itu ada di daratan?
tidak.
4.apakah hewan itu bersisik?
iya.
5.apakah hewan itu bertelur?
iya.

jawabannya adalah ikan.
Unknown mengatakan…
Ummu khumaeroh-X IPS 1

saya mungkin akan mengajukan 5 pertanyaan atau lebih:
1. apakah spesies tersebut hidup berkelompok tidak?
2. Darimana asal spesies/organisme tersebut?
3. apa ciri khas dari spesies/organisme tersebut?
4. Dengan cara apa spesies/organisme itu bernafas?
5. Apakah spesies/organisme itu menguntungkan atau merugikan bagi lingkungannya?
6. Bagaimana ciri ciri spesies /organisme tersebut?
7. Dimanakah habitat spesies/organisme tersebut di darat atau di air?
8. Apakah organisme itu termasuk herbivora/karnivora/omnivora/insektivora?
Unknown mengatakan…
Nazua Zaskia
X AGAMA


Mungkin saya membutuhkan sekitar beberapa pertanyaan, mulai dari hal umum sampai ke hal yang spesifik agar saya bisa menemukan jawaban yang benar.

Apakah hewan tersebut berkaki empat?
Ya

Apakah hewan tersebut memiliki taring?
Tidak

Apakah hewan tersebut berkembang biak dengan cara bertelur?
Tidak

Apakah hewan tersebut memiliki badan yang besar?
Ya

Apakah hewan tersebut termasuk hewan ternak?
Tidak

Apakah hewan tersebut tinggal di hutan?
Bisa jadi

Apakah hewan tersebut memiliki telinga yang lebar?
Ya


Apakah hewan itu memiliki belalai yang panjang?
Ya

Jawaban nya adalah GAJAH
Unknown mengatakan…
Nazua Zaskia
X AGAMA


Mungkin saya membutuhkan sekitar beberapa pertanyaan, mulai dari hal umum sampai ke hal yang spesifik agar saya bisa menemukan jawaban yang benar.

Apakah hewan tersebut berkaki empat?
Ya

Apakah hewan tersebut memiliki taring?
Tidak

Apakah hewan tersebut berkembang biak dengan cara bertelur?
Tidak

Apakah hewan tersebut memiliki badan yang besar?
Ya

Apakah hewan tersebut termasuk hewan ternak?
Tidak

Apakah hewan tersebut tinggal di hutan?
Bisa jadi

Apakah hewan tersebut memiliki telinga yang lebar?
Ya


Apakah hewan itu memiliki belalai yang panjang?
Ya

Jawaban nya adalah "GAJAH"
Faiqoh Wafa Fathonah
Kelas : X Agama
No. absen : 5

Saya akan memberikan pertanyaan sampai informasi atau data yang saya punya juga dapat,cukup untuk menguatkan tebakan saya.

Contoh pertanyaannya sebagai berikut :

1. Apakah spesies tetsebut hidup berkelompok atau tidak?
2. Bagaimana spesies tersebut berkembang biak?
3. Apa salah satu ciri yang paling mengambarkan spesies tersebut?
Unknown mengatakan…
Siti Aminah
Absen 29
Kls X-Agama

Mungkin saya akan memberikan beberapa pertanyaan untuk menebak hewan apa yg sedang anda pikirkan.

1.) Apakah hewan tersebut memiliki kaki?
2.) Apakah hewan tersebut berkaki 4?
3.) Apakah hewan tersebut termasuk hewan predator?
4.) Apakah hewan tersebut pemakan daging?
5.) Apakah hewan tersebut hidup di dua alam (air dan darat)
6.) Apakah hewan tersebut bertubuh besar?
7.) Apakah lebih besar dari komodo?
8.) Apakah hewan tersebut berkulit kasar?
9.) Apakah kulit hewan tersebut bisa dijadikan kerajinan tangan?
10.) Apakah dia bisa membahayakan manusia?
Unknown mengatakan…
NAMA :SAHRUL RAMADHAN
KELAS:XAGAMA
ABSEN:26


1.Apa yang di maksud hewan omnifora?
Maka dapat diartikan bahwa omnivora adalah sekelompok hewan pemakan semua, baik daging maupun tumbuhan
2.Apa makanan hewan omnifora?
Tumbuhan
3.Jika di dasarkan dengan jenis makanannya, maka hewan di bagi menjadi 3. Jelaskan saja 1 contoh hewan omnifora?
Gagal
4.sebutkan contoh" hewan omnifora?
beruang grizzly, babi, rubah abu-abu, rubah merah, tupai, tikus, chipmunk, rakun, opossum, badger Amerika, dan sigung. Beberapa mamalia tersebut seperti beruang dan sigung
5.Sebutkan tempat tinggal hewan omnifora?
Di Hutan
Unknown mengatakan…
Nazua Zaskia
X AGAMA


Mungkin saya membutuhkan sekitar beberapa pertanyaan, mulai dari hal umum sampai ke hal yang spesifik agar saya bisa menemukan jawaban yang benar.

Apakah hewan tersebut berkaki empat?
Ya

Apakah hewan tersebut memiliki taring?
Tidak

Apakah hewan tersebut berkembang biak dengan cara bertelur?
Tidak

Apakah hewan tersebut memiliki badan yang besar?
Ya

Apakah hewan tersebut termasuk hewan ternak?
Tidak

Apakah hewan tersebut tinggal di hutan?
Bisa jadi

Apakah hewan tersebut memiliki telinga yang lebar?
Ya


Apakah hewan itu memiliki belalai yang panjang?
Ya

Jawaban nya adalah GAJAH
Unknown mengatakan…
NAMA : SALSABILA KHAERUNISA
KELAS : 10 AGAMA
ABSEN : 27

Saya akan mengajukan kurang lebih sekitar 5 pertanyaan, yaitu :
1. Apakah Ia termasuk ke dalam hewan amfibi?
2. Apakah Ia berkaki 4?
3. Apakah Ia pemakan serangga?
4. Apakah Ia bernapas menggunakan insang?
5. Apakah Ia termasuk kedalam hewan ovipar?


Saya cukupkan pertanyaannya jika Saya rasa Saya sudah dapat menebak dan sudah tergambarkan difikiran Saya hewan apakah itu. Namun jika Saya masih ragu Saya akan terus bertanya hingga Saya menemukan jawabannya.
Unknown mengatakan…
Naura Salsabila Kamarga
Kelas X-Agama
No.absen : 19

saya akan mengajukan beberapa pertanyaan di bawah ini!
1.apakah bentuknya besar/kecil?
=kecil
2.apakah berada di film snow white?
=ya
3.apakah berwarna merah?
=ya
4.apakah bentuknya mirip seperti love?
=ya
5.apakah rasanya manis?
=ya
jadi jawabannya ada;lah buah apel
Unknown mengatakan…
NAMA :SAHRUL RAMADHAN
KELAS:XAGAMA
ABSEN:26


1.Apa yang di maksud hewan omnifora?
Maka dapat diartikan bahwa omnivora adalah sekelompok hewan pemakan semua, baik daging maupun tumbuhan
2.Apa makanan hewan omnifora?
Tumbuhan
3.Jika di dasarkan dengan jenis makanannya, maka hewan di bagi menjadi 3. Jelaskan saja 1 contoh hewan omnifora?
Gagal
4.sebutkan contoh" hewan omnifora?
beruang grizzly, babi, rubah abu-abu, rubah merah, tupai, tikus, chipmunk, rakun, opossum, badger Amerika, dan sigung. Beberapa mamalia tersebut seperti beruang dan sigung
5.Sebutkan tempat tinggal hewan omnifora?
Di Hutan


Nama : Faiqoh Wafa Fathonah
Kslas : X agama
No.Absen : 5

Hewan apa yang dipikirkan oleh Lias?

Pertanyaan :

Apakah hewan tersebut berkaki dua?

Tidak

Apakah ada yang dihasilkan oleh hewan tersebut dan dipakai juga disukai banyak orang?

Ya,ada

Apakah hewan tersebut hidup di dua tempat?

Ya

Apakah hewan tersebut buas?

Ya

Jawabannya buaya
Nama : Faiqoh Wafa Fathonah
Kslas : X agama
No.Absen : 5

Hewan apa yang dipikirkan oleh Lias?

Pertanyaan :

Apakah hewan tersebut berkaki dua?

Tidak

Apakah ada yang dihasilkan oleh hewan tersebut dan dipakai juga disukai banyak orang?

Ya,ada

Apakah hewan tersebut hidup di dua tempat?

Ya

Apakah hewan tersebut buas?

Ya

Jawabannya buaya
Unknown mengatakan…
Izza Syarifatunnisa
Kelas X-Agama
No. Absen : 07

saya akan mengajukan beberapa pertanyaan di bawah ini

1. apakah tempat habitat hanya di darat?
= Tidak
2. apakah termasuk hewan amfibi?
= Ya
3. apakah berwarna hijau?
= Ya
4. apakah memiliki 2 kaki?
= Tidak
5. apakah termasuk golongan hewan metamorfosis?
= Ya
6. apakah ia suka melompat?
=Ya

Jadi Jawaban nya adalah = Katak


Irna Ramadhini mengatakan…
Irna Ramadhini (13)
X IPS 2

Hewan apa yang Irna fikirkan??
1. Apakah hewan tersebut hidup di air atau di darat??
di darat
2. Apakah hewan tersebut berkaki empat??
Iya
3. Apakah hewan tersebut berbadan besar??
Tidak
4. Apakah hewan tersebut memakan sayuran??
Iya
5. Apakah hewan tersebut berjalan dengan cara melompat??
Iya
6. Apakah hewan tersebut memiliki gigi depan yang lebih panjang??
Iya

Jawabannya Kelinci
Raihana mengatakan…
Saya raihana muthmainah X agama
Akan mengajukan pertanyaan kurang lebih 6 pertanyaan
Pertama-tama saya menanyakan apakah organisme tersebut, kedua saya menanyakan apakah habitatnya dilaut,ketiga saya menanyakan cara berkembang biaknya apakah ovipar,keempat saya akan bertanya apakah ukuran badanya besar,kelima saya akan menanyakan termasuk pemakan omnivora kah dan yang terakhir yaitu ciri khas dan keunikanya di atas pohon
Jawaban
pertama hewan
Kedua tidak
Ketiga tidak
Keempat bisa jadi
Kelima iyaa
Keenam iyaa
Unknown mengatakan…
Izza Syarifatunnisa
Kelas X-Agama
No. Absen : 07

saya akan mengajukan beberapa pertanyaan di bawah ini

1. apakah tempat habitat hanya di darat?
= Tidak
2. apakah termasuk hewan amfibi?
= Ya
3. apakah berwarna hijau?
= Ya
4. apakah memiliki 2 kaki?
= Tidak
5. apakah termasuk golongan hewan metamorfosis?
= Ya
6. apakah ia suka melompat?
=Ya

Jadi Jawaban nya adalah = Katak
Raihana mengatakan…
Saya raihana muthmainah X agama
Akan mengajukan pertanyaan kurang lebih 6 pertanyaan
Pertama-tama saya menanyakan apakah organisme tersebut, kedua saya menanyakan apakah habitatnya dilaut,ketiga saya menanyakan cara berkembang biaknya apakah ovipar,keempat saya akan bertanya apakah ukuran badanya besar,kelima saya akan menanyakan termasuk pemakan omnivora kah dan yang terakhir yaitu ciri khas dan keunikanya di atas pohon
Jawaban
pertama hewan
Kedua tidak
Ketiga tidak
Keempat bisa jadi
Kelima iyaa
Keenam iyaa
Unknown mengatakan…
Izza Syarifatunnisa
Kelas X-Agama
No. Absen : 07

saya akan mengajukan beberapa pertanyaan di bawah ini

1. apakah tempat habitat hanya di darat?
= Tidak
2. apakah termasuk hewan amfibi?
= Ya
3. apakah berwarna hijau?
= Ya
4. apakah memiliki 2 kaki?
= Tidak
5. apakah termasuk golongan hewan metamorfosis?
= Ya
6. apakah ia suka melompat?
=Ya

Jadi Jawaban nya adalah = Katak
Unknown mengatakan…
NAMA :SAHRUL RAMADHAN
KELAS:XAGAMA
ABSEN:26


1.Apa yang di maksud hewan omnifora?
Maka dapat diartikan bahwa omnivora adalah sekelompok hewan pemakan semua, baik daging maupun tumbuhan
2.Apa makanan hewan omnifora?
Tumbuhan
3.Jika di dasarkan dengan jenis makanannya, maka hewan di bagi menjadi 3. Jelaskan saja 1 contoh hewan omnifora?
Gagak
4.sebutkan contoh" hewan omnifora?
Beruang grizzly, babi, rubah abu-abu, rubah merah, tupai, tikus, chipmunk, rakun, opossum, badger Amerika, dan sigung. Beberapa mamalia tersebut seperti beruang dan sigung
5.Sebutkan tempat tinggal hewan omnifora?
Di Hutan
Anonim mengatakan…
TASKYA UMMU SALWA(33) X AGAMA

Saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan:
1. Apakah jenis hewan ini termasuk karnivora?
= Ya, hewan ini termasuk jenis karnivora
2. Dimana biasanya hewan ini tinggal?
= Di rawa-rawa, sungai atau danau
3. Kapan waktu yang tepat untuk dia keluar dari sarangnya?
= ketika ia melihat mangsa di permukaan air sungai, rawa atau danau
4. Mengapa hewan ini jenis karnivora?
= karna hewan ini mempunyai gigi taring yang sangat tajam dan mampu merobek daging mangsanya
5. Bagaimana ciri kulit hewan karnivora ini?
= keras dan sangat tidak lentur.
6. siapa hewan ini sebenarnya? apakah buaya?
= Ya, hewan ini adalah buaya

Unknown mengatakan…
NAMA :SAHRUL RAMADHAN
KELAS:XAGAMA
ABSEN:26


1.Apa yang di maksud hewan omnifora?
Maka dapat diartikan bahwa omnivora adalah sekelompok hewan pemakan semua, baik daging maupun tumbuhan
2.Apa makanan hewan omnifora?
Tumbuhan
3.Jika di dasarkan dengan jenis makanannya, maka hewan di bagi menjadi 3. Jelaskan saja 1 contoh hewan omnifora?
Gagak
4.sebutkan contoh" hewan omnifora?beruang grizzly, babi, rubah abu-abu, rubah merah, tupai, tikus, chipmunk, rakun, opossum, badger Amerika, dan sigung. Beberapa mamalia tersebut seperti beruang dan sigung
5.Sebutkan tempat tinggal hewan omnifora?
Di Hutan
Unknown mengatakan…
Izza Syarifatunnisa
Kelas X-Agama
No. Absen : 07

saya akan mengajukan beberapa pertanyaan di bawah ini

1. apakah tempat habitat hanya di darat?
= Tidak
2. apakah termasuk hewan amfibi?
= Ya
3. apakah berwarna hijau?
= Ya
4. apakah memiliki 2 kaki?
= Tidak
5. apakah termasuk golongan hewan metamorfosis?
= Ya
6. apakah ia suka melompat?
=Ya

Jadi Jawaban nya adalah = Katak
Unknown mengatakan…
NAMA : ROHADATUL AISY
KELAS : X AGAMA

Binatang apa yang dipikirkan Rohadatul Aisy?

Saya akan mengajukan beberapa macam pertanyaan sebagai berikut :
1. Apakah hewan tersebut hidup di darat?
jawab : Iya.
2. Apakah hewan tersebut berkaki empat?
jawab : Iya.
3. Apakah hewan ini termasuk kedalam kelas Mamalia?
jawab : Iya.
4. Apakah hewan tersebut termasuk hewan omnivora?
jawab : Tidak. ( termasuk hewan herbivora )
5. Apakah ini termasuk dalam golongan hewan Vertebrata?
jawab : Iya.
6. Apakah hewan ini memiliki gigi taring?
jawab : Tidak. ( mempunyai gigi seri )
7. Apakah hewan ini memiliki ukuran tubuh yang kecil?
jawab : Iya.
8. Apakah hewan ini berkembang biak dengan beranak (Vivipar)?
jawab : Iya.
9. Apakah hewan ini termasuk kedalam hewan peliharaan?
jawab : Iya.
10. Apakah hewan ini berjalan dengan cara melompat-lompat?
jawab : Iya.


Jawaban dari hewan tersebut adalah KELINCI.


Nama : Muhammad Naufal Ihsani
Kelas : X IPS 2
Absen : 20
Hewan Yang ada Dipikiran saya saat ini

Apakah Hewan tersebut tinggal di Darat?
: Ya
Apakah Hewan tersebut berkaki empat?
: Ya
Apakah Hewan tersebut herbivora?
: Tidak
Apakah Hewan Tersebut hidup di wilayah Padang rumput?
: Ya
Apakah hewan tersebut adalah Hewan Buas?
: Ya
Jawabannya : Singa
zazkia kailimang X IPS 2 mengatakan…
Nama : zazkia kailimang
Kelas :X IPS 2
absen : 36

1.apakah hewan tersebut hidup di darat/dilaut?
Di darat
2. Apakah hewan tersebut memiliki 4 kaki?
Iya
3.apakah hewan tersebut memiliki punuk?
Iya
4.apakah hewan tersebut pemakan tumbuhan (herbivora)? iya
5.apakah hewan tersebut bertahan hidup di gurun? Iya
6. Apakah hewan tersebut adalah unta?
Iya

HASILNYA ADALAH = UNTA
Nama : Muhammad Naufal Ihsani
Kelas : X IPS 2
Absen : 20
Hewan Yang ada Dipikiran saya saat ini

Apakah Hewan tersebut tinggal di Darat?
: Ya
Apakah Hewan tersebut berkaki empat?
: Ya
Apakah Hewan tersebut herbivora?
: Tidak
Apakah Hewan Tersebut hidup di wilayah Padang rumput?
: Ya
Apakah hewan tersebut adalah Hewan Buas?
: Ya
Jawabannya : Singa
Anonim mengatakan…
nama : taskya ummu salwa (33) X agama

saya akan mengajukan pertanyaan :
1. apakah hewan itu termasuk karnivora?
= tidak
2. berkaki empat?
= Ya
3. berbadan kecil?
= tidak
4. hewan ovipar?
= Tidak
5. ada sesuatu yang bisa dimanfaatkan?
= Ya
Apakah itu sapi?
= Ya jawabannya Sapi
Unknown mengatakan…
SITI BURDAH FAWZIYAH
X-AGAMA
ABSEN.31

1.apa itu gejala sosial?
2.apa saja yang menjadi ciri kemiskinan?
3.apa saja yang menjadi faktor faktor perilaku menyimpang?
4.apa perbedaan antara penyimpangan primer dan penyimpangan sekunder?
5.bagaimana suatu gejala dapat dikatakan sebagai gejala sosial?
Unknown mengatakan…
Nama : Ardellia Riscahyati
Kelas : 10 agama
No Absen : 02

hewan apa yang sedang anda pikirkan
1.apakah hewan itu termasuk hewan amfibi?
=iya
2.apakah hewan itu berkembang biak dengan opivar?
=iya
3.apakah hewan itu makan rumput?
=tidak
4.apakah hewan itu suka melompat?
=iya
5.apakah hewan itu berkaki 4?
=iya
6.apakah hewan ini memiliki ekor?
=tidak

jawabannya = katak
Raihana mengatakan…
Saya raihana muthmainah X agama
Akan mengajukan pertanyaan kurang lebih 6 pertanyaan
Pertama-tama saya menanyakan apakah organisme tersebut, kedua saya menanyakan apakah habitatnya dilaut,ketiga saya menanyakan cara berkembang biaknya apakah ovipar,keempat saya akan bertanya apakah ukuran badanya besar,kelima saya akan menanyakan termasuk pemakan omnivora kah dan yang terakhir yaitu ciri khas dan keunikanya di atas pohon
Jawaban
pertama hewan
Kedua tidak
Ketiga tidak
Keempat bisa jadi
Kelima iyaa
Keenam iyaa
Unknown mengatakan…
Muhammad Haryo Kusuma
Kelas X-Agama
Absen 14

Hewan apa yang dipikirkan Haryo Sekarang?
Apakah hewan itu hidup di darat?
=Iya
Berkaki Empat?
=Iya
Termasuk karnivora?
=Iya
Apakah termasuk hewan mamalia?
=Iya
kucing?
=Ya benar
Hewan peliharaan?
=Iya
Unknown mengatakan…
Izza Syarifatunnisa
Kelas X-Agama
No. Absen : 07

saya akan mengajukan beberapa pertanyaan di bawah ini

1. apakah tempat habitat hanya di darat?
= Tidak
2. apakah termasuk hewan amfibi?
= Ya
3. apakah berwarna hijau?
= Ya
4. apakah memiliki 2 kaki?
= Tidak
5. apakah termasuk golongan hewan metamorfosis?
= Ya
6. apakah ia suka melompat?
=Ya

Jadi Jawaban nya adalah = Katak
Unknown mengatakan…
Izza Syarifatunnisa
Kelas X-Agama
No. Absen : 07

saya akan mengajukan beberapa pertanyaan di bawah ini

1. apakah tempat habitat hanya di darat?
= Tidak
2. apakah termasuk hewan amfibi?
= Ya
3. apakah berwarna hijau?
= Ya
4. apakah memiliki 2 kaki?
= Tidak
5. apakah termasuk golongan hewan metamorfosis?
= Ya
6. apakah ia suka melompat?
=Ya

Jadi Jawaban nya adalah = Katak
Unknown mengatakan…
Siti Burdah Fawziyah
X-AGAMA
Absen.31

1.apa itu gejala sosial?
2.apa saja yang menjadi ciri kemiskinan?
3.apa saja yg menjadi faktor faktor perilaku menyimpang?
4.apa perbedaan antara penyimpangan primer dan penyimpangan sekunder?
5.bagaimana suatu gejala dapat dikatakan sebagai gejala sosial?
Lebih baru Lebih lama

Teknologi

FB GEG East Jakarta