Like Us




A. Apa Itu Computational Thinking?

Kemampuan berpikir kreatif, kritis dan komunikasi serta kolaborasi adalah kemampuan yang paling penting dalam (21st century learning) pembelajaran di abad kedua-puluh-satu, di antara kemampuan-kemampuan lainnya seperti membaca, matematik, sains. Siswa zaman sekarang perlu untuk mengembangkan keterampilan berpikir, menguasai pengetahuan tentang konten dari persoalan yang dihadapi (content knowledge), dan mempunyai kompetensi sosial dan emosional untuk mengarungi kehidupan dan lingkungan kerja yang semakin kompleks.

Di bidang “Computing” (diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi “komputasi”), kemampuan berpikir yang perlu dikuasai sejak pendidikan dasar adalah “Computational Thinking“ (CT). CT adalah proses berpikir untuk memformulasikan persoalan dan solusinya, sehingga solusi tersebut secara efektif dilaksanakan oleh sebuah agen pemroses informasi ("komputer", robot, atau manusia). CT adalah sebuah metoda dan proses berpikir untuk penyelesaian persoalan dengan menerapkan:
  • Dekomposisi dan formulasi persoalan, sedemikian rupa sehingga dapat diselesaikan dengan cepat dan efisien serta optimal dengan menggunakan komputer sebagai alat bantu; Organisasi dan analisis data secara logis;
  • Representasi data melalui abstraksi dalam bentuk model, dan melakukan simulasi;
  • Otomasi solusi melalui berpikir algoritmik (langkah-langkah yang terurut);
  • Identifikasi, analisis, dan implementasi solusi yang mungkin dengan tujuan langkah dan sumberdaya yang efisien dan efektif;
  • Pengenalan pola persoalan, generalisasi serta mentransfer proses penyelesaian persoalan ke sekumpulan persoalan sejenis.
Computational Thinking adalah sebuah cara berpikir untuk memecahkan persoalan, merancang sistem, memahami perilaku manusia. Computational Thinking melandasi konsep informatika. Di dunia saat ini dimana komputer ada di mana-mana untuk membantu berbagai segi kehidupan, Computational Thinking harus menjadi dasar bagaimana seseorang berpikir dan memahami dunia dengan persoalan-persoalannya yang semakin kompleks. Computational Thinking berarti berpikir untuk menciptakan dan menggunakan beberapa tingkatan abstraksi, mulai memahami persoalan sehingga mengusulkan pemecahan solusi yang efektif, efisien, “fair” dan aman. Computational Thinking berarti memahami konsekuensi dari skala persoalan dan kompleksitasnya, tak hanya demi efisiensi, tetapi juga untuk alasan ekonomis dan sosial.

Di negara maju, “Computer Science” (yang di Indonesia diterjemahkan sebagai “Informatika”) sudah mulai diajarkan sejak usia dini di tingkat pendidikan dasar, dengan materi dan kegiatan yang dirancang dengan mengacu ke kerangka kurikulum yang disusun oleh persatuan guru-guru, asosiasi profesi informatika, perusahaan terkemuka di bidang informatika dan TIK, serta organisasi-organisasi nirlaba yang peduli terhadap perlunya edukasi tentang informatika sejak usia dini [https://k12cs.org]. Kerangka kurikulum Informatika tersebut mendefinisikan lima bidang pengetahuan yaitu: Sistem Komputer (CE), Jaringan Komputer (NW), Analisis Data (DA), Algoritma dan Pemrograman (AP), dan Aspek Sosial dari pemanfaatan Informatika (SOC). Selain pengetahuan, juga didefinisikan praktek-praktek komputasi untuk mengemas pengetahuan dan memraktekkannya, yaitu: pembinaan menumbuhkan budaya komputasi, menciptakan artifak, berkolaborasi untuk mewujudkan suatu produk TIK, menguji dan memperbaiki/ menyempurnakan artefak TIK, mengenali dan mendefinisikan problemaproblema komputasi, berkomunikasi tentang komputasi, dan mengembangkan serta menggunakan abstraksi.

Berpikir itu dapat dipelajari dan diasah dengan berlatih, serta mengkonstruksi pola pikir berdasarkan pengalaman. Computational Thinking juga dapat dipelajari dengan cara berlatih menyelesaikan persoalan-persoalan yang terkait komputasi, melalui persoalan sehari-hari. Lewat latihan-latihan yang menarik, siswa menerapkan teknik yang cocok (dekomposisi, abstraksi, pengenalan pola, representasi data, algoritmik) untuk mendapatkan solusi. Setelah latihan, siswa diharapkan melakukan refleksi serta mengkonstruksi pengetahuan berpikir, kemudian membentuk pola berpikir komputasional, yang semakin lama semakin tajam, cepat, efisien, dan optimal.

Perbedaan ICT/TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dengan Informatika

Sejalan dengan itu, ICT (Information and Communication Technology, dalam bahasa Indonesia disebut Teknologi Informasi dan Komunikasi/TIK) mulai dibedakan dengan Informatika. TIK mengarah ke penggunaan teknologi dan perangkat/gadget, sedangkan Informatika mengarah ke keilmuan dan desain
produk-produk informatika baik yang nyata (piranti pintar), maupun yang abstrak seperti program aplikasi, dan algoritma.

Kemampuan TIK lebih mengarah ke penggunaan teknologi danperangkat/gadget, sedangkan Informatika mengarah ke keilmuankomputasinya. Penggunaan TIK yang dimaksud bukan hanya ketrampilan menggunakan gadget dan aplikasinya, tetapi juga kemampuan untuk menggunakan dan memanfaatkan konten dengan bijak.

Agar bangsa Indonesia mampu bersaing dengan negara lain, anak Indonesia tidak cukup menjadi pengguna teknologi saja, melainkan harus lebih kreatif dan inovatif untuk menciptakan produk-produk TIK. Untuk ini, siswa perlu mempelajari informatika.

(Sumber: Tantangan Bebras Indonesia Bahan Belajar Computational Thinking, NBO Bebras Indonesia)

CT adalah metode berpikir yang dipakai programmer ketika menulis program. Beberapa metode ini antara lain :

  • Decomposition : Kemampuan memecah data, proses atau masalah (kompleks) menjadi bagian-bagian yang lebih kecil atau menjadi tugastugas yang mudah dikelola. Misalnya memecah ‘Drive/Direktory’ dalam sebuah komputer berdasarkan komponen penyusunnya: File dan Direktory.
  • Pattern Recognition : Kemampuan untuk melihat persamaan atau bahkan perbedaan pola, tren dan keteraturan dalam data yang nantinya akan digunakan dalam membuat prediksi dan penyajian data. Misalnya mengenali pola file dokumen, file sistem, file eksekusion atau struktur data/file.
  • Abstraksi : Melakukan generalisasi dan mengidentifikasi prinsip-prinsip umum yang menghasilkan pola, tren dan keteraturan tersebut. Misalnya dengan menempatkan semua file sistem di folder Windows, file program di folder Program Files, file data/dokumen di Folder Mydocument dan file pendukung di Drive/Direktory terpisah.
  • Algorithm Design : Mengembangkan petunjuk pemecahan masalah yang sama secara step-by-step, langkah demi langkah, tahapan demi tahapan sehingga orang lain dapat menggunakan langkah/informasi tersebut untuk menyelesaikan permasalahan yang sama. Misalnya bagaimanakah langkah mencari file-file dokumen yang ada dalam sebuah komputer ?
Karakteristik berpikir komputasi adalah:
  1. Mampu memberikan pemecahan masalah menggunakan komputer atauperangkat lain.
  2. Mampu mengorganisasi dan menganalisa data.
  3. Mampu melakukan representasi data melalui abstraksi dengan suatu model atau simulasi.
  4. Mampu melakukan otomatisasi solusi melalui cara berpikir algoritma.
  5. Mampu melakukan identifikasi, analisa dan implementasi solusi dengan berbagai kombinasi langkah / cara dan sumber daya yang efisien danefektif.
  6. Mampu melakukan generalisasi solusi untuk berbagai masalah yang berbeda

Contoh
Computational Thinking (CT) :

Bagaimanakah(orgenazing/pengorganisasian) cara mengenali dan mengklasifikasikan organisme secara efektif dan efesien ?
  • Decomposition : Melihat dengan cara yang berbeda bagaimana organisme dapat diklasifikasikan. Misalnya, dengan membagi organisme tersebut berdasarkan habitatnya, organisme tersebut hidup di air atau organisme tersebut memiliki sayap untuk dapat terbang di udara.
  • Pattern Recognition : Mengembangkan metode untuk mengklasifikasikan dengan efesien beberapa organisme berdasarkan karakteristik bersama.
  • Abstraksi : Menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengklasifikasikan beberapa organisme berdasarkan metode ini dapat membantu Anda untuk memprediksi berapa banyak pertanyaan atau klasifikasi yang dibutuhkan untuk mengklasifikasikan semua organisme
    yang diketahui.
  • Algorithm Design : Pada bagian ini Anda tidak mengembangkan algoritma, tetapi Anda mungkin berpikir cara lain yang lebih efisien untuk  mengklasifikasikan organisme di luar metode yang digunakan dalam kegiatan ini.
Pertanyaan : 
Berapakah banyak pertanyaan yang harus anda ajukan kepada saya, sehingga anda mampu menebak dengan yakin Spesis / organisme yang terfikirkan oleh saya yang ada di bumi ini ?

Jawablah di komentar artikel ini dan dimohon kepada peserta didik untuk mejawab dengan menggunakan nama bukan Anonymous, berikan nama lengkap kalian dan gunakan email resmi MAN 9 Jakarta. Terima kasih.

675 Komentar

Haekal mengatakan…
Nama: Muhammad Haekal Hilmy
Kelas: X agama
No Absen: 13

Siapakah pemain bola yang dipikiran si A

Pertanyaan:
1.Apakah dia berposisi sebagai sayap kiri?
Jawaban: Ya
2.Apakah dia bermain di liga Inggris?
Jawaban: tidak
3.Apakah dia bermain di liga Italia?
Jawaban: Ya
4.Apakah dia berasal dari Portugal?
Jawaban: Ya
5.Apakah dia bermain di klub Juventus?
Jawaban: Ya

Jawabannya adalah Cristiano Ronaldo


Unknown mengatakan…
Nama : Ardellia Riscahyati
Kelas : 10 agama
No Absen : 02

hewan apa yang sedang anda pikirkan
1.apakah hewan itu termasuk hewan amfibi?
=iya
2.apakah hewan itu berkembang biak dengan opivar?
=iya
3.apakah hewan itu makan rumput?
=tidak
4.apakah hewan itu suka melompat?
=iya
5.apakah hewan itu berkaki 4?
=iya
6.apakah hewan ini memiliki ekor?
=tidak

jawabannya = katak
Unknown mengatakan…
Muhammad Haryo Kusuma
Kelas X-Agama
Absen 14

Hewan apa yang dipikirkan Haryo Sekarang?
Apakah hewan itu hidup di darat?
=Iya
Berkaki Empat?
=Iya
Termasuk karnivora?
=Iya
Apakah termasuk hewan mamalia?
=Iya
kucing?
=Ya benar
Hewan peliharaan?
=Iya
Unknown mengatakan…
Muhammad Haryo Kusuma
Kelas X-Agama
Absen 14

Hewan apa yang dipikirkan Haryo Sekarang?
Apakah hewan itu hidup di darat?
=Iya
Berkaki Empat?
=Iya
Termasuk karnivora?
=Iya
Apakah termasuk hewan mamalia?
=Iya
kucing?
=Ya benar
Hewan peliharaan?
=Iya
Unknown mengatakan…
Nama : Rosmalia
Kelas : X Agama
Absen : 24

Saya akan menanyakan beberapa pertanyaan yaitu :
1. Apakah hewan ini hidup di darat?
—> tidak

2. Apakah hewan tersebut ke dalam vertebrata ikan?
—> iya

3. Apakah hewan ini suka memangsa hewan lain?
—> iya

4. Apakah hewan ini berukuran besar ?
—> iya

5. Apakah bernafas dengan insang?
—> iya

Maka dari pertanyaan di atas kita bisa ketahui bahwa hewan tersebut adalah :

Jawaban = hiu
Rakhaaeu mengatakan…
MUHAMMAD RAKHA ABID AZZAKY
KELAS X AGAMA
NO. ABSEN 17

MUNGKIN SAYA AKAN MEMBERIKAN BEBERAPA PERTANYAAN UNTUK MENGETAHUI INFORMASI LEBIH DALAM DARI ORGANISME TERSEBUT.

PERTANYAAN
1. Apakah habitatnya di padang rumput?
2. Apakah hewan tersebut berkaki empat?
3. Apakah hewan tersebut pemakan daging?
4. Apakah hewan tersebut memiliki cakar?
5. Apakah hewan tersebut memilik bulu yang bermotif hitam dan orange?
Unknown mengatakan…
NAMA : MUHAMMAD ALI KARROR
KELAS : X AGAMA
ABSEN : 10

Pertama-tama saya akan mengajukan 4 pertanyaan untuk dapat menebak spesies/organisme yang bapak fikirkan.
1.Termasuk dari jenis kingdom apa organisme tersebut?
2.Bagaimana ciri-ciri dari organisme tersebut?
3.Dimana habitat organisme tersebut?
4.Bagaimana cara berkembang biak organisme tersebut?
Jika dari 4 pertanyaan diatas belum menemukan jawaban terkait organisme apa yang bapak fikiran saya akan mengajukan beberapa pertanyaan yang lebih spesifik lagi.

Rakhaaeu mengatakan…
MUHAMMAD RAKHA ABID AZZAKY
KELAS X AGAMA
NO. ABSEN 17

MUNGKIN SAYA AKAN MEMBERIKAN BEBERAPA PERTANYAAN UNTUK MENGETAHUI INFORMASI LEBIH DALAM DARI ORGANISME TERSEBUT.

PERTANYAAN
1. Apakah habitatnya di padang rumput?
2. Apakah hewan tersebut berkaki empat?
3. Apakah hewan tersebut pemakan daging?
4. Apakah hewan tersebut memiliki cakar?
5. Apakah hewan tersebut memilik bulu yang bermotif hitam dan orange?
Unknown mengatakan…
NAMA : ROHADATUL AISY
KELAS : X AGAMA

Binatang apa yang dipikirkan Rohadatul Aisy?

Saya akan mengajukan beberapa macam pertanyaan sebagai berikut :
1. Apakah hewan tersebut hidup di darat?
jawab : Iya.
2. Apakah hewan tersebut berkaki empat?
jawab : Iya.
3. Apakah hewan ini termasuk kedalam kelas Mamalia?
jawab : Iya.
4. Apakah hewan ini tergolong hewan Vertebrata?
jawab : iya.
5. Apakah hewan ini termasuk kedalam hewan omnivora?
jawab : Tidak. ( termasuk hewan herbivora )
6. Apakah hewan ini memiliki gigi taring?
jawab : Tidak. ( memiliki gigi seri )
7. Apakah hewan ini memiliki ukuran badan yang kecil?
jawab : Iya.
8. Apakah hewan ini termasuk hewan peliharaan?
jawab : Iya.
9. Apakah hewan ini berjalan dengan cara Meloncat-loncat?
jawab : Iya.

Jawaban hewan tersebut adalah KELINCI
Unknown mengatakan…
Hafiz Abdulrahman
Kelas X-IPS 1
NO. Absen : 14
saya akan mengajukan beberapa pertanyaan

1. termasuk kingdom/suka apa organisme tersebut?
2. dimanakah habitatnya?
3. apakah dia berkembang biak dan bagaimana cara dia berkembang biak?
4. apa ciri ciri fisik dari organisme tersebut?
5. apa makanan organisme tsb?
intaaaan23 mengatakan…
Nama : Intan Azzahra
Kelas : X-AGAMA
No. Absen : 6

Supaya dapat mengetahui hewan apa yang ada dipikiran bapak mungkin saya akan memberikan pertanyaan sebanyak 4 pertanyaan.

Pertanyaannya :
1. Apakah hewan tersebut tinggal di darat?
2. Lalu apakah hewan tersebut mamalia?
3. Apakah hewan itu berkaki empat?
4. Apakah hewan itu karnivora?

intaaaan23 mengatakan…
Nama : Intan Azzahra
Kelas : X-AGAMA
No. Absen : 6

Supaya dapat mengetahui hewan apa yang ada dipikiran bapak mungkin saya akan memberikan pertanyaan sebanyak 4 pertanyaan.

Pertanyaannya :
1. Apakah hewan tersebut tinggal di darat?
2. Lalu apakah hewan tersebut mamalia?
3. Apakah hewan itu berkaki empat?
4. Apakah hewan itu karnivora?

intaaaan23 mengatakan…
Nama : Intan Azzahra
Kelas : X-AGAMA
No. Absen : 6

Supaya dapat mengetahui hewan apa yang ada dipikiran bapak mungkin saya akan memberikan pertanyaan sebanyak 4 pertanyaan.

Pertanyaannya :
1. Apakah hewan tersebut tinggal di darat?
2. Lalu apakah hewan tersebut mamalia?
3. Apakah hewan itu berkaki empat?
4. Apakah hewan itu karnivora?

Unknown mengatakan…
Nama: Latifah Najwa
Kelas: X Agama
Absen: 9

Saya akan memberikan kurang lebih 4 pertanyaan, yaitu:

1) Apakah hewan tersebut memeliki ekor?
2) Apakah hewan tersebut berkaki 4?
3) Apakah hewan tersebut merupakan hewan carnivora?
4) Apakah hewan tersebut tinggal di daerah pepohonan/hutan?

Saya kira ini sudah dan saya rasa saya sudah tau jawabannya jika masih kurang tepat bisa diberikan pertanyaan lebih lanjut
Unknown mengatakan…
Nama: Latifah Najwa
Kelas: X Agama
Absen: 9

Saya akan memberikan kurang lebih 4 pertanyaan, yaitu:

1) Apakah hewan tersebut memeliki ekor?
2) Apakah hewan tersebut berkaki 4?
3) Apakah hewan tersebut merupakan hewan carnivora?
4) Apakah hewan tersebut tinggal di daerah pepohonan/hutan?

Saya kira ini sudah dan saya rasa saya sudah tau jawabannya jika masih kurang tepat bisa diberikan pertanyaan lebih lanjut
Unknown mengatakan…
Nama: Latifah Najwa
Kelas: X Agama
Absen: 9

Saya akan memberikan kurang lebih 4 pertanyaan, yaitu:

1) Apakah hewan tersebut memeliki ekor?
2) Apakah hewan tersebut berkaki 4?
3) Apakah hewan tersebut merupakan hewan carnivora?
4) Apakah hewan tersebut tinggal di daerah pepohonan/hutan?

Saya kira ini sudah dan saya rasa saya sudah tau jawabannya jika masih kurang tepat bisa diberikan pertanyaan lebih lanjut
Unknown mengatakan…
Nama: Latifah Najwa
Kelas: X Agama
Absen: 9

Saya akan memberikan kurang lebih 4 pertanyaan, yaitu:

1) Apakah hewan tersebut memeliki ekor?
2) Apakah hewan tersebut berkaki 4?
3) Apakah hewan tersebut merupakan hewan carnivora?
4) Apakah hewan tersebut tinggal di daerah pepohonan/hutan?

Saya kira ini sudah dan saya rasa saya sudah tau jawabannya jika masih kurang tepat bisa diberikan pertanyaan lebih lanjut
Unknown mengatakan…
Nama: Latifah Najwa
Kelas: X Agama
Absen: 9

Saya akan memberikan kurang lebih 4 pertanyaan, yaitu:

1) Apakah hewan tersebut memeliki ekor?
2) Apakah hewan tersebut berkaki 4?
3) Apakah hewan tersebut merupakan hewan carnivora?
4) Apakah hewan tersebut tinggal di daerah pepohonan/hutan?

Saya kira ini sudah dan saya rasa saya sudah tau jawabannya jika masih kurang tepat bisa diberikan pertanyaan lebih lanjut
Unknown mengatakan…
Nama: Latifah Najwa
Kelas: X Agama
Absen: 9

Saya akan memberikan kurang lebih 4 pertanyaan, yaitu:

1) Apakah hewan tersebut memeliki ekor?
2) Apakah hewan tersebut berkaki 4?
3) Apakah hewan tersebut merupakan hewan carnivora?
4) Apakah hewan tersebut tinggal di daerah pepohonan/hutan?

Saya kira ini sudah dan saya rasa saya sudah tau jawabannya jika masih kurang tepat bisa diberikan pertanyaan lebih lanjut
Unknown mengatakan…
Nama: Latifah Najwa
Kelas: X Agama
Absen: 9

Saya akan memberikan kurang lebih 4 pertanyaan, yaitu:

1) Apakah hewan tersebut memeliki ekor?
2) Apakah hewan tersebut berkaki 4?
3) Apakah hewan tersebut merupakan hewan carnivora?
4) Apakah hewan tersebut tinggal di daerah pepohonan/hutan?

Saya kira ini sudah dan saya rasa saya sudah tau jawabannya jika masih kurang tepat bisa diberikan pertanyaan lebih lanjut
Unknown mengatakan…
Nama: Latifah Najwa
Kelas: X Agama
Absen: 9

Saya akan memberikan kurang lebih 4 pertanyaan, yaitu:

1) Apakah hewan tersebut memeliki ekor?
2) Apakah hewan tersebut berkaki 4?
3) Apakah hewan tersebut merupakan hewan carnivora?
4) Apakah hewan tersebut tinggal di daerah pepohonan/hutan?

Saya kira ini sudah dan saya rasa saya sudah tau jawabannya jika masih kurang tepat bisa diberikan pertanyaan lebih lanjut
Unknown mengatakan…
Nama: Latifah Najwa
Kelas: X Agama
Absen: 9

Saya akan memberikan kurang lebih 4 pertanyaan, yaitu:

1) Apakah hewan tersebut memeliki ekor?
2) Apakah hewan tersebut berkaki 4?
3) Apakah hewan tersebut merupakan hewan carnivora?
4) Apakah hewan tersebut tinggal di daerah pepohonan/hutan?

Saya kira ini sudah dan saya rasa saya sudah tau jawabannya jika masih kurang tepat bisa diberikan pertanyaan lebih lanjut
Unknown mengatakan…
Nama: Latifah Najwa
Kelas: X Agama
Absen: 9

Saya akan memberikan kurang lebih 4 pertanyaan, yaitu:

1) Apakah hewan tersebut memeliki ekor?
2) Apakah hewan tersebut berkaki 4?
3) Apakah hewan tersebut merupakan hewan carnivora?
4) Apakah hewan tersebut tinggal di daerah pepohonan/hutan?

Saya kira ini sudah dan saya rasa saya sudah tau jawabannya jika masih kurang tepat bisa diberikan pertanyaan lebih lanjut
Unknown mengatakan…
Nama: Latifah Najwa
Kelas: X Agama
Absen: 9

Saya akan memberikan kurang lebih 5 pertanyaan, yaitu:

1) Apakah hewan tersebut hidup di air?
Jawab: tidak
2) Apakah hewan tersebut memeliki ekor?
Jawab: iya
3) Apakah hewan tersebut berkaki 4?
Jawab: iya
4) Apakah hewan tersebut merupakan hewan carnivora?
Jawab: iya
5) Apakah hewan tersebut tinggal di daerah pepohonan/hutan?
Jawab: iya

Hewan tersebut adalah harimau
Unknown mengatakan…
Nama: Latifah Najwa
Kelas: X Agama
Absen: 9

Saya akan memberikan kurang lebih 5 pertanyaan, yaitu:

1) Apakah hewan tersebut hidup di air?
Jawab: tidak
2) Apakah hewan tersebut memeliki ekor?
Jawab: iya
3) Apakah hewan tersebut berkaki 4?
Jawab: iya
4) Apakah hewan tersebut merupakan hewan carnivora?
Jawab: iya
5) Apakah hewan tersebut tinggal di daerah pepohonan/hutan?
Jawab: iya

Hewan tersebut adalah harimau
Unknown mengatakan…
Nama: Latifah Najwa
Kelas: X Agama
Absen: 9

Saya akan memberikan kurang lebih 5 pertanyaan, yaitu:

1) Apakah hewan tersebut hidup di air?
Jawab: tidak
2) Apakah hewan tersebut memeliki ekor?
Jawab: iya
3) Apakah hewan tersebut berkaki 4?
Jawab: iya
4) Apakah hewan tersebut merupakan hewan carnivora?
Jawab: iya
5) Apakah hewan tersebut tinggal di daerah pepohonan/hutan?
Jawab: iya

Hewan tersebut adalah harimau
Unknown mengatakan…
Nama: Latifah Najwa
Kelas: X Agama
Absen: 9

Saya akan memberikan kurang lebih 5 pertanyaan, yaitu:

1) Apakah hewan tersebut hidup di air?
Jawab: tidak
2) Apakah hewan tersebut memeliki ekor?
Jawab: iya
3) Apakah hewan tersebut berkaki 4?
Jawab: iya
4) Apakah hewan tersebut merupakan hewan carnivora?
Jawab: iya
5) Apakah hewan tersebut tinggal di daerah pepohonan/hutan?
Jawab: iya

Hewan tersebut adalah harimau
Unknown mengatakan…
Nama: Latifah Najwa
Kelas: X Agama
Absen: 9

Saya akan memberikan kurang lebih 5 pertanyaan, yaitu:

1) Apakah hewan tersebut hidup di air?
Jawab: tidak
2) Apakah hewan tersebut memeliki ekor?
Jawab: iya
3) Apakah hewan tersebut berkaki 4?
Jawab: iya
4) Apakah hewan tersebut merupakan hewan carnivora?
Jawab: iya
5) Apakah hewan tersebut tinggal di daerah pepohonan/hutan?
Jawab: iya

Hewan tersebut adalah harimau
Unknown mengatakan…
Nama: Latifah Najwa
Kelas: X Agama
Absen: 9

Saya akan memberikan kurang lebih 5 pertanyaan, yaitu:

1) Apakah hewan tersebut hidup di air?
Jawab: tidak
2) Apakah hewan tersebut memeliki ekor?
Jawab: iya
3) Apakah hewan tersebut berkaki 4?
Jawab: iya
4) Apakah hewan tersebut merupakan hewan carnivora?
Jawab: iya
5) Apakah hewan tersebut tinggal di daerah pepohonan/hutan?
Jawab: iya

Hewan tersebut adalah harimau
Unknown mengatakan…
Nama: Latifah Najwa
Kelas: X Agama
Absen: 9

Saya akan memberikan kurang lebih 5 pertanyaan, yaitu:

1) Apakah hewan tersebut hidup di air?
Jawab: tidak
2) Apakah hewan tersebut memeliki ekor?
Jawab: iya
3) Apakah hewan tersebut berkaki 4?
Jawab: iya
4) Apakah hewan tersebut merupakan hewan carnivora?
Jawab: iya
5) Apakah hewan tersebut tinggal di daerah pepohonan/hutan?
Jawab: iya

Hewan tersebut adalah harimau
Unknown mengatakan…
Nama:Rosyda arahman
Kelas:X agama

Saya akan mengajukan pertanyaan kurang lebih sekitar 5 pertanyaan, yaitu:

1.Apakah ia berkaki 4?
2.Apakah ia termasuk hewan herbivora?
3.Apakah ia termasuk ovovivipar?
4.Apakah ia bernafas menggunakan paru paru?
5.Apakah ia termasuk amfibi?
FUADU ISTAHRIRI X IPS 1 mengatakan…
FUADU ISTAHRI X IPS 1

Saya ingin bertanya sedikitnya 10 Pertanyaan namun yang paling utamanya ingin lebih tahu organisme itu dari jenis-jenis pengkelompokkan dan bentuk-bentuk dirinya secara keseluruhanya
tentang kehidupannya
Unknown mengatakan…
Nama : Muhammad Ivan Ramadhan
Kelas : X IPS 1

Mungkin saya akan mengajukan kurang lebih 5 pertanyaan seperti :
1. Termasuk kategori apa organisme tersebut?
2. Dimana habitat organisme tersebut?
3. Apa ciri organisme tersebut?
4. Bagaimana cara organisme tersebut berkembang biak?
5. Apakah organisme tersebut memiliki kaki atau tidak?
Jika saya belum bisa menebaknya saya akan mengajukan pertanyaan lagi yang lebih spesifik
FUADU ISTAHRIRI X IPS 1 mengatakan…
NAMA:Fuadu Istahriri
Kelas:x ips 1
NO.ABSEN:13

Saya ingin bertanya 1O Pertanyaan yang saya tidak diketahui terutaman kehidupan organisme secara jauh,serta bentuk dan jenis-jenisnya organisme tersebut.
FUADU ISTAHRIRI X IPS 1 mengatakan…
NAMA:Fuadu Istahriri
Kelas:x ips 1
NO.ABSEN:13

Saya ingin bertanya 1O Pertanyaan yang saya tidak diketahui terutaman kehidupan organisme secara jauh,serta bentuk dan jenis-jenisnya organisme tersebut.
Unknown mengatakan…
NAMA: SITI BEAUTY NADHIRA ACHMAD
KELAS: X AGAMA
ABSEN: 30


SAYA AKAN MENGAJUKAN KURANG LEBIH 5 PERTANYAANNYA, YAITU
:
1.Apakah ia termasuk hewan herbivora?
2.Apakah ia berkaki 4?
3.Apakah ia bernapas menggunakan paru"?
4.Apakah ia pemakan rumput?
5.Apakah ia memiliki belalai?
Unknown mengatakan…
Nama : Yuni Aisah (36)
Kelas : X IPS 1

Saya memiliki 6 pertanyaan untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut :
1. Termasuk kedalam kelompok apakah spesies/organisme tersebut? (hewan atau tumbuhan)
2. Dimana habitat spesies/organisme tersebut?
3. Bagaimana cara spesies/organisme tersebut berkembang biak?
4. Apa ciri khas dari spesies/organisme tersebut?
5. Apa yang dimakan spesies/organisme tersebut untuk bertahan hiudp?
6. Apakah spesies/organisme tersebut langka atau sering/mudah ntuk dijumpai?
Unknown mengatakan…
Nama : Yuni Aisah (36)
Kelas : x IPS 1

Saya memiliki 6 pertanyaan untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut :
1. Termasuk kedalam kelompok apakah spesies/organisme tersebut? (hewan/tumbuhan)
2. Dimana habitat spesies/organisme tersebut?
3. Bagaimana cara spesies/organisme tersebut berkembang biak?
4. Apa ciri khas dari spesies/organisme tersebut?
5. Apa yang dimakan spesies/organisme tersebut untuk bertahan hidup?
6. Apakah spesies/organisme tersebut langka atau sering/mudah dijumpai?
Adeva Alyah Mandira mengatakan…
Adeva Alyah Mandira
Kelas X - IPS 2
No. Absen : 1

Apakah Hewannya bersayap?
Jawab : Iya
Apakah Ukuran tubuhnya kecil?
Jawab : Iya
Hidup di malam hari?
Jawab : Iya
Menghisap darah manusia?
Jawab : Iya
Apakah hewan tersebut adalah nyamuk?
Jawab : Iya, Benar.

Jadi, jawabannya adalah nyamuk
Unknown mengatakan…
Nawal Inayah Sholehah
X Agama
Absen 20

Mungkin saya membutuhkan sekitar beberapa pertanyaan, mulai dari hal umum sampai ke hal yang spesifik agar saya bisa menemukan jawaban yang benar.
1. Tinggal di darat atau di air?.
→ Darat
2. Apakah hewan ini besar atau kecil?
→ Besar
3. Apakah hewan ini memiliki kaki?
→ Ya
4. Termasuk hewan jenis herbivora karnivora, atau omnivora?.
→ Herbivora
5. Hewan tersebut bernafas menggunakan apa?.
→ Paru-paru
6. Apakah ciri khusus hewan tersebut?
→ Memiliki belalai

Dari jawaban di atas, dapat disimpulkan bahwa jawabannya adalah GAJAH
Unknown mengatakan…
Nawal Inayah Sholehah
X Agama
Absen 20

Mungkin saya membutuhkan sekitar beberapa pertanyaan, mulai dari hal umum sampai ke hal yang spesifik agar saya bisa menemukan jawaban yang benar.
1. Tinggal di darat atau di air?.
→ Darat
2. Apakah hewan ini besar atau kecil?
→ Besar
3. Apakah hewan ini memiliki kaki?
→ Ya
4. Termasuk hewan jenis herbivora karnivora, atau omnivora?.
→ Herbivora
5. Hewan tersebut bernafas menggunakan apa?.
→ Paru-paru
6. Apakah ciri khusus hewan tersebut?
→ Memiliki belalai

Dari jawaban di atas, dapat disimpulkan bahwa jawabannya adalah GAJAH
Unknown mengatakan…
Mungkin saya membutuhkan sekitar beberapa pertanyaan, mulai dari hal umum sampai ke hal yang spesifik agar saya bisa menemukan jawaban yang benar.
1. Tinggal di darat atau di air?.
→ Darat
2. Apakah hewan ini besar atau kecil?
→ Besar
3. Apakah hewan ini memiliki kaki?
→ Ya
4. Termasuk hewan jenis herbivora karnivora, atau omnivora?.
→ Herbivora
5. Hewan tersebut bernafas menggunakan apa?.
→ Paru-paru
6. Apakah ciri khusus hewan tersebut?
→ Memiliki belalai

Dari jawaban di atas, dapat disimpulkan bahwa jawabannya adalah GAJAH
Unknown mengatakan…
Anna Hamidah Zahra
X agama absen 01
1.apakah hewan tersebut hidup di darat?
Ya
2.apakah hewan tersebut termasuk mamalia?
Ya
3.apakah hewan tersebut sejenis pemakan tumbuhan?
Ya
4.apakah hewan tersebut tidak besar?
Ya
5.apakah hewan tersebut memiliki tanduk?
Ya

Jawabannya : domba
Unknown mengatakan…
Nama : Shiva Ramadhani Wibowo
Kelas : X Agama

1. Apakah termasuk buah subtropis?
Tidak
2. Apakah kulit nya bisa ikut di makan?
Tidak
3. Apakah berwarna kuning?
Ya
4. Apa bentuknya panjang?
Tidak
5. Apakah memiliki ciri khas bau sendiri?
Ya
6. Apakah memiliki biji?
Ya
7. Apakah kulitnya berduri?
Ya

jawabannya adalah DURIAN
Unknown mengatakan…
Nasyla Azzahra Maharani
X IPA 1
Absne 23

1. Tinggal di darat atau di air?
= Darat
2. Apakah termasuk jenis hewan karnivora?
= Iya
3. Apakah termasuk hewan berkaki empat?
= Iya
4. Apakah ciri khas hewan tersebut?
= Memiliki kumis dan bergigi taring
5. Apakah hewan ini memiliki ekor?
= Iya

Jawabannya adalah Kucing
NASYLA AZ ZAHRA MAHARANI mengatakan…
Nasyla Azzahra Maharani
Kelas X IPA 1
absen 23

1. Apakah hewan tersebut hidup di darat
= iya
2. Apakah hewan termasuk jenis karnivora?
= iya
3. Apa ciri khas hewan tersebut memiliki kumis dan memiliki gigi taring
4. Ada berapakah jumlah kaki hewan itu
= empat
5. Apakah hewan itu memiliki ekor?
= iya

Jawabannya adalah Kucing
Unknown mengatakan…
Nama: Zahra Putri Azizah
Kelas: X AGAMA
No. Absen: 35

Saya kurang lebih akan memberikan 7 pertanyaan, antara lain:
1. Darimana spesies/organisme itu berasal?
2. Dimana habitat spesies/organisme tersebut?
3. Apa ciri khas yang paling menonjol pada spesies/organisme tersebut?
4. Bagaimana cara spesies/organisme itu berkembang biak?
5. Termasuk jenis apakah spesies/organisme tersebut (herbivora/karnivora/omnivora/insektivoa)?
6. Apakah spesies/prganisme itu menbentuk komunitas?
7. Apakah spesies/oragnisme itu termasuk hewan yang langka?

Dari pertanyaan saya di atas, mungkin itu akan mempermudah saya untuk menebak spesies/organisme yang bapak pikirkan.

Terima Kasih

Unknown mengatakan…
Naila Fairuz Susanto
X Ipa 3
Absen 24

Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan sebagai berikut.
1. Darimana asalnya spesies/organisme itu berasal?(kingdom, suku, jenis, spesies, dll)
2. Bagaiman spesies/organisme itu bergerak ?
3. Bagaiman spesies/organisme itu berkembang biak ?
4. Bagaiman spesies/organisme itu beradaptasi dengan lingkungan sekitar ?
5. Bagaiman spesies/organisme itu bertahan hidup ?
6. Bagaiman spesies/organisme itu bernafas ?
7. Apa manfaat dan kerugian yang diberikan spesies/organisme tersebut pada manusia, makhluk selainnya, dan lingkungan disekitarnya ?

sekian dari saya, terimakasih.
Unknown mengatakan…
NAMA:M.KADAFI ALFARIZI
ABSEN:22
KELAS:X MIPA 3

Assalamu'alaikum saya akan menanyakan beberapa pertanyaan yang mungkin bapak sedang pikirkan

1.hewan apa yang suka makan wartel?
2.hewan apa yg bergerak dengan meloncar?
3.apa ciri khas hewan tersebut?
4.apa hewan ini dapat dipelihara?
5.bagaimana ukuran hewan tersebut?
Nama : Hauzan Arib Arkan
Kelas : X-MIPA 3
Absen : 14

saya akan memberikan beberapa pertanyaan untuk mengetahui informasi lebih dalam dari organisme itu

1. Darimana asalnya spesies/organisme itu berasal?
2. Dimana habitat spesies/organisme tersebut?
3. Bagaimana cara spesies/organisme itu berkembang biak?
4.Makanan apa yang biasa dimakan spesies/organisme tersebut?
5.Ciri unik apa yang dimiliki spesies/organisme tersebut?
Unknown mengatakan…

Kurang lebih saya akan menanyakan pertanyaan seperti berikut:
Marsya Saskia Fachrunnisa
X-MIPA 2


1. Dimana habitat hewan tersebut?
2.Apa termasuk hewan Karnivora?
3.Apakah ia memiliki selaput pada bagian tubuhnya?
4.Berkaki kah hewan tersebut?
Unknown mengatakan…
R. Aqila Nayla R.R.
Kelas 10 IPS 1
Absen : 30
Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan:
1. Apa ciri-ciri organisme tersebut
2. Darimana asal organisme itu
3. Termasuk jenis apa organisme itu
4. Dimana habitatnya
5. Bagaimana cara organisme itu berkembang biak, dan bertahan hidup.
Unknown mengatakan…
R. Aqila Nayla R.R.
Kelas 10 IPS 1
Absen : 30
Saya akan memberikan beberapa pertanyaan:
1. Apa ciri-ciri organisme tersebut
2. Darimana asal organisme itu
3. Termasuk jenis apa organisme itu
4. Dimana habitatnya
5. Bagaimana cara organisme itu berkembang biak, dan bertahan hidup.
Unknown mengatakan…
Nama:Muhammad Rafif Ar-Rasyid
Kelas: 10 IPS 2
No.Absen: 21

1.Apakah terbuat daria kayu:?
ya
2.Apakah bisa terbuat dari baha lain?
ya
3.Apakah permukaaanya halus?
ya
4.Apakahn benda inin memerlukan listrik?
tidak
5.Apakah benda ini diapakai untuk meletakkan bena dan menulis?
ya
6. Apakah jawabannya meja?
ya

jawabannya adalah meja
Unknown mengatakan…
Nama : Evan Yudiantara
Kelas : X MIPA 3
Absen : 9


saya mempunyai 6 pertanyaan untuk menjawab apa yg dipikirkan,yaitu :
1. apakah jenis dari organisme tersebut omnivora,karnivora atau herbivora?
2. dimana habitat organisme tersebut ?
3. bagaimana cara organisme tersebut berkembang biak?
4. bagaimana cara bertahan hidup?
5. apakah mereka termasuk ledalam jenis mamalia ?
6. apakah mereka mempunyai karakteristik fisik tersendiri?
Unknown mengatakan…
Nama : Evan Yudiantara
Kelas : X MIPA 3
Absen : 9


saya mempunyai 6 pertanyaan untuk menjawab apa yg dipikirkan, Yaitu :
1. apa jenis organisme tersebut apakah dia omnivora,karnivora atau herbivora?
2. dimana habitat organisme tersebut ?
3. bagaimana cara organisme tersebut berkembang biak?
4. dengan cara apa mereka bisa bertahan hidup?
5. apakah mereka termasuk hewan langka?
6. apakah mereka mempunya karakteristik tersendiri?
Unknown mengatakan…
Nama: Fatimah Dhuroh Al Hasyimiyah
Kelas: X IPA 3
Absen: 12

Berapakah banyak pertanyaan yang harus anda ajukan kepada saya, sehingga anda mampu menebak dengan yakin Spesis / organisme yang terfikirkan oleh saya yang ada di bumi ini ?

Saya akan mengajukan 3 pertanyaan, yaitu:
1. Di mana habitat organisme tersebut?
2. Apakah organisme tersebut memiliki kaki?
3. Apakah organisme tersebut memiliki bulu?
Unknown mengatakan…
Nama: Fatimah Dhuroh Al Hasyimiyah
Kelas: X IPA 3
Absen: 12

Berapakah banyak pertanyaan yang harus anda ajukan kepada saya, sehingga anda mampu menebak dengan yakin Spesis / organisme yang terfikirkan oleh saya yang ada di bumi ini ?

Saya akan mengajukan 3 pertanyaan, yaitu:
1. Di mana habitat organisme tersebut?
2. Apakah organisme tersebut memiliki kaki?
3. Apakah organisme tersebut memiliki bulu?
Unknown mengatakan…
1. apakah hewan tersebut mamalia?
2. apakah hewan itu hidup di dua alam?
3. bagaimana cara berkembang biaknya?
4. apa ciri khas dari hewan tersebut?
5. apakah termasuk hewan langka?
Unknown mengatakan…
najla faiza ahmad
X agama (18)
1. apakah hewan tersebut mamalia?
2. apakah hewan itu hidup di dua alam?
3. bagaimana cara berkembang biaknya?
4. apa ciri khas dari hewan tersebut?
5. apakah termasuk hewan langka?
M.Eri Rafly.K 10 IPS 2 mengatakan…
1,iya
2,iya
3,bertelur
4,bergerak lambat
5,tidak
Unknown mengatakan…
Nama : Ammidah Ayu Kusuma Ningrum
Kelas : X IPS 1
Absen : 05


Sekiranya saya akan memberikan 5 pertanyaan tentang spesies/organisme tersebut

1.masuk kedalam jenis herbivora kah spesies / organisme tersebut ?
2.dapatkah dijadikan hewan ternak spesies /organisme tersebut ?
3.Berasal dari negara manakah spesies / organisme tersebut ?
4.masuk kedalam jenis unggas kah spesies / organisme tersebut ?
5.tinggal di habitat apakah spesies /organisme tersebut ?
Unknown mengatakan…
Nama : Ammidah Ayu Kusuma Ningrum
Kelas : X IPS 1
Absen : 05


Sekiranya saya akan memberikan 5 pertanyaan tentang spesies/organisme tersebut

1.masuk kedalam jenis herbivora kah spesies / organisme tersebut ?
2.dapatkah dijadikan hewan ternak spesies /organisme tersebut ?
3.Berasal dari negara manakah spesies / organisme tersebut ?
4.masuk kedalam jenis unggas kah spesies / organisme tersebut ?
5.tinggal di habitat apakah spesies /organisme tersebut ?
Unknown mengatakan…
Tiara Novia Syafitri
X-AGAMA (34)
1. apakah hewan tersebut mamalia?
2. apakah hewan itu hidup di dua alam?
3. bagaimana cara berkembang biaknya?
4. apa ciri khas dari hewan tersebut?
5. apakah termasuk hewan langka?
Unknown mengatakan…
saya Siti beauty nadhira achmad
Saya akan mengajukan beberapa pertanyaan seperti :
1. Darimana asalnya spesies/organisme itu berasal?
2. Dengan cara apa spesies/organisme itu bernafas?
3. Dimana habitat spesies/organisme tersebut?
5. Bagaimana cara spesies/organisme itu berkembang biak?
6. Apa ciri yang paling khas dari organisme tersebut?
7. Apakah organisme itu termasuk langka atau mudah ditemukan?
8. Apa jenis spesies/organisme (herbivora/karnivora/omnivora/insektivora)?
9. Apa spesies/organisme menguntungkan atau merugikan bagi lingkungannya?
Dan beberapa pertanyaan lainnya untuk menanyakan ciri-ciri fisik organisme tersebut. Mungkin saya akan bisa menebak spesies/organisme apa yang sedang dipikirkan.
Unknown mengatakan…
MAULIDA FADIA MEISYA
X IPS 2

Untuk menebak spesies atau organisme apakah yang bisa saya ajukan pertanyaannya untuk mengetahui petunjuk dari sepesies apakah yang ada dipikiran anda. Mungkin disini pertama saya akan mulai dengan pertanyaan yang lebih umum saja seperti, "jenis hewan apa? berkaki berapa?" Lalu, setelahnya ketika saya mulai menyadari titik terangnya saya akan bertaanya dengan lebih spesifik dan mendalam lagi agar segala petunjuk yang diberikan bisa terpenuhi.
Unknown mengatakan…
MAULIDA FADIA MEISYA
X IPS 2

Untuk menebak spesies atau organisme apakah yang bisa saya ajukan pertanyaannya untuk mengetahui petunjuk dari sepesies apakah yang ada dipikiran anda. Mungkin disini pertama saya akan mulai dengan pertanyaan yang lebih umum saja seperti, "jenis hewan apa? berkaki berapa?" Lalu, setelahnya ketika saya mulai menyadari titik terangnya saya akan bertaanya dengan lebih spesifik dan mendalam lagi agar segala petunjuk yang diberikan bisa terpenuhi.
Unknown mengatakan…
MAULIDA FADIA MEISYA
X IPS 2

Saya akan memberikan kurang lebih 5 pertanyaan untuk mendapatkan petunjuknya seperti :

1. Apakah populasi hewan tersebut masih banyak ditemukan atau sudah punah?
= Tidak, sudah punah

2. Apakah hewan tersebut besar atau kecil?
= Besar

3. Apakah hewan tersebut berkaki empat atau dua?
= Ya, berkaki empat

4. Apakah hewan tersebut karnivora?
= Ya, karnivora pemakan daging

5. Apakah hewan tersebut spesies Dinasaurus?
= Ya, Dinosaurus!

Jadi, jawaban sebenernya adalah dinasaurus.
FUADU ISTAHRIRI X IPS 1 mengatakan…
NAMA : FUADU ISTAHRIRI
KELAS : X IPS 1


Apakah yang dimaksud dengan spesies organisme secara spesifik ?
dari perhitungan biologis–berapa banyak spesies organisme berbeda yang membentuk kehidupan di muka Bumi ini pak ?
FUADU ISTAHRIRI X IPS 1 mengatakan…
FUADU ISTAH RIRI
X IPS 1


Apakah yang kita dimaksud dengan spesies organisme?
dari perhitungan biologis–berapa banyak spesies organisme berbeda yang membentuk kehidupan di Bumi?
FUADU ISTAHRIRI X IPS 1 mengatakan…
FUADU ISTAH RIRI
X IPS 1


Apakah yang kita dimaksud dengan spesies organisme?
dari perhitungan biologis–berapa banyak spesies organisme berbeda yang membentuk kehidupan di Bumi?
Unknown mengatakan…
Nama Muhammad faqih muzadid
Kls X mipa 3


1.Apakah dia ampibi?
2.Seberapa banyak populasi nya?
3.Di mana habita asli mereka?
4.apakah dia berbahaya atau tidak?
5.seberapa lama ia hidup?
Nur Mahani X MIPA 3 mengatakan…
Saya akan bertanya 4 pertanyaan :
> Dimanakah tempat habitatnya?

> Apakah organisme tersebut karnivora, herbivora, atau omnivora?

> Kapan dia beraktivitas? Siang hari atau malam hari?

> Bagaimana ia berkembang biak?
Nur Mahani X MIPA 3 mengatakan…
Saya akan bertanya 4 pertanyaan :
> Dimanakah tempat habitatnya?

> Apakah organisme tersebut karnivora, herbivora, atau omnivora?

> Kapan dia beraktivitas? Siang hari atau malam hari?

> Bagaimana ia berkembang biak?
Terlama Lebih lama 601 – 675 dari 675
Lebih baru Lebih lama

Teknologi

FB GEG East Jakarta