Belajar Content Management System (CMS) Joomla, Wordpress, Drupal dan lain-lain di CPANEL

Mungkin diantara kita sudah ada yang pernah beli buku tentang  Content Management System (CMS) Joomla atau Wordpress, karena ingin belajar buat web. Tetapi permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana cara mengonline kan web yang telah dibuat di localhost ke dunia maya?. Yang pastinya kita butuh hosting dan domain. Sebelum jauh dari informasi yang akan saya berikan, terlebih dahulu kita harus tahu, apa itu hosting dan domain!

Berdasarkan Wikipedia : Hosting adalah layanan hos internet/jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS. Satu Server dapat dibagi-bagi sesuai kapasitas yang diinginkan, ilustrasinya seperti rumah kostan, dibagi-bagi kamar untuk mahasiswa :). Sebenarnya kita bisa mengonlinekan web yang berada dilocalhost dengan memiliki IP Publik dari ISP, tetapi itu sangat tidak memungkinkan, karena komputer kita harus hidup terus, dari segi biaya jelas sangat merugi, karena biaya listrik yang luar biasa mahal jika komputer hidup terus. Oleh karena itu kita membutuhkan layanan hosting.


Berdasarkan WikipediaNama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website. Mau beli domain bisa disaya loh :) xixixixi Beli domain Internasional di : http://manage.indotarget.net/ kalau ingin beli yang domain Indonesia disini saja : http://domainid.indotarget.net/user/register 

Ketika kita memiliki hosting, kita akan diberikan akses untuk ke cPanel yaitu username dan password, nah di cPanel ini lah kita dapat menginstall script-script dan membuat database. Kalau hanya untuk install CMS, di cPanel sudah tersedia, tidak perlu kita upload lagi, hanya kita install dengan cara klak-klik saja. Mudah ya :)

Ternyata untuk memiliki hosting dan domain kita harus mengeluarkan uang loh :) tetapi tenang ya, buat teman-teman, adik-adik dan saudara/i sekalian, saya memberikan sub domain gratis, contoh : namaanda.live.biz.id , di namaanda itu kamu bisa ganti nama kamu sebagai nama domain web kamu nantinya. Lalu bagaimana dengan hosting dan cPanel nya ? ya saya kasih gratis 250 mb buat kalian, bohong? gak tuh ... beneran saya kasih gratis loh :) Sub Domain tersebut sudah seperti domain karena memiliki hosting sendiri.

Kontak saja saya di Facebook dan Twitter.

Hayoo jadi kawan saya di FB dan Twitter:)

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

{facebook#http://www.facebook.com/c47ur1980} {twitter#http://twitter.com/c47ur1980} {google-plus#http://plus.google.com/u/0/+CaturYogaMeiningdiasoke} {pinterest#http://www.pinterest.com/c47ur1980} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCuK3oOO6zZmaOfbh3kw63pw} {instagram#https://www.instagram.com/caturyogam/}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget