Projector Wireless dengan HDMI Dongle di MAN 9 Jakarta

Seorang pendidik harus dapat membuat sebuah presentasi yang menarik di dalam kelas dengan menggunakan beberapa media atau aplikasi, seperti Microsoft PowerPoint, Google Sheets, Macromedia Flash, Microsoft Sway dan aplikasi lainnya. 

Dibutuhkan sebuah alat teknologi untuk menampilkan presentasi di kelas, yaitu Proyektor. Dengan menggunakan Proyektor, informasi yang akan disampaikan dapat diproyeksikan ke layar, sehingga informasi berupa tulisan, gambar, audio video, bagan dan lain-lain akan menjadi lebih menarik dilihat oleh siswa. Penggunaan proyektor ini lebih menguntungkan, karena indera pendengaran dan penglihatan akan sama-sama diaktifkan melalui sebuah media pembelajaran yang telah disiapkan.

Dalam menampilkan presentasi ke layar yang dilakukan adalah dengan menghubungkan Proyektor dengan Notebook/Laptop melalui kabel VGA. Dengan semakin berkembangnya teknologi, kabel VGA dapat diganti dengan menggunakan HDMI Dongle Wireless, kenapa harus Wireless? 

Banyak kendala ketika kita menggunakan Kabel VGA, yaitu: 1) Sering terjadi kerusakan Kabel VGA LCD, terutama yang sering dipakai banyak orang seperti di ruang kelas, sehingga harus mengganti kabel VGA. 2) Repot harus memindah colokan kabel VGA LCD 3) Harus membawa laptop mendekati Proyektor terutama pada saat mengajar agar bisa menyajikan presentasinya di layar. 4) Diperlukan kabel VGA yang panjang jika LCD proyektor terpasang permanen menggantung diplafon. 5) Tidak bisa menggunakan Tablet dan Smartphone untuk presentasi ke LCD dengan koneksi kabel VGA.

Dra. Yessy Anwar Kepala MAN 9 Jakarta dengan cepat tanggap atas permasalahan/kendala yang dihadapi pendidik-pendidik MAN 9 Jakarta dalam hal penggunaan Projector di dalam kelas, untuk berlangsungnya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), beliau langsung membelikan Projector dengan menggunakan alat tambah DMI Dongle Wireless untuk mempermudah penggunaan Projector di dalam kelas.

Wow, luar biasa. Kegiatan belajar mengajar di kelas lebih terlihat aktif, dimana sang Pendidik dapat menggunakan Smartphonenya untuk melakukan presentasi, dan bergantian ke Smartphone peserta didik untuk menampilkan tugas yang telah diberikan oleh pendidik. Kini tanpa kabel, menjadi lebih efisien dan efektif untuk menampilkan presentasi ke layar. Pendidik dan peserta didik tidak terpaku disatu tempat untuk menampilkan presentasi di layar tapi hanya dengan menyambungkan koneksi Wifi dan memasukan password, presentasi langsung dapat ditampilkan. 

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

{facebook#http://www.facebook.com/c47ur1980} {twitter#http://twitter.com/c47ur1980} {google-plus#http://plus.google.com/u/0/+CaturYogaMeiningdiasoke} {pinterest#http://www.pinterest.com/c47ur1980} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCuK3oOO6zZmaOfbh3kw63pw} {instagram#https://www.instagram.com/caturyogam/}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget