Senayan Library Automation di Perpustakaan MAN 9 Pondok Kopi


Otomatisasi sistem perpustakaan adalah implementasi teknologi informasi pada pekerjaan administratif di perpustakaan. Seperti proses pengadaan, pengatalogan, sirkulasi, dan inventarisasi. Dengan sistem otomatisasi perpustakaan yang handal, kualitas dan ketersediaan layanan dapat terukur. Pada akhirnya semua itu bisa meningkatkan kepuasan pengguna perpustakaan.

SENAYAN adalah Open Source Software(Aplikasi Gratis) berbasis web untuk memenuhi kebutuhan otomatisasi perpustakaan (library automation) skala kecil hingga skala besar, dalam jaringan stand-alone, intranet maupun Internet. Keunggulan SENAYAN lainnya adalah multi-platform, yang artinya bisa berjalan secara natif hampir di semua Sistem Operasi yang bisa menjalankan bahasa pemrograman PHP ( http://www.php.net ) dan RDBMS MySQL ( http://www.mysql.com ). SENAYAN sendiri dikembangkan di atas platform GNU/Linux dan berjalan dengan baik di atas platform lainnya seperti Unix *BSD dan Windows
Fitur Senayan antara lain:
* Online Public Access Catalog (OPAC) dengan pembuatan thumbnail yang di-generate on-the-fly. Thumbnail berguna untuk menampilkan cover buku. Mode penelusuran tersedia untuk yang sederhana (Simple Search) dan tingkat lanjut (Advanced Search)
* Detail record juga tersedia format XML (Extensible Markup Language) untuk kebutuhan web service.
* Manajemen data bibliografi yang efisien meminimalisasi redundansi data.
* Manajemen masterfile untuk data referensial seperti GMD (General Material Designation), Tipe Koleksi, Penerbit, Pengarang, Lokasi, Supplier, dan lain-lain.
Sirkulasi dengan fitur:
* Transaksi peminjaman dan pengembalian
* Reservasi koleksi
* Aturan peminjaman yang fleksibel
* Manajemen keanggotaan
* Inventarisasi koleksi (stocktaking)
* Laporan dan Statistik
* Senayan mendukung beragam format bahasa termasuk selain latin.
Modul sistem dengan fitur:
* Konfigurasi sistem global
* Manajemen modul
* Manajemen User (Staf Perpustakaan) dan grup
* Pengaturan hari libur
* Pembuatan barcode otomatis
* Utilitas untuk backup
Aplikasi dapat di download secara gratis di : http://senayan.diknas.go.id./web/
Perpustakaaan sekolah sebagai salah satu sumber belajar di sekolah sangat perlu untuk mendapatkan dukungan / perhatian dari semua pihak terutama kepala sekolah baik dari segi dana, tenaga profesional, kewenangan dan kepercayaan penuh dari sekolah. Dengan demikian perpustakaan sekolah akan selalu berkembang dan terwujud tugas dan fungsinya.
Pengelolaan perpustakan sekolah dalam era globalisasi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dengan menggunakan komputer akan lebih memudahkan dan mempercepat pekerjaan- pekerjaan perpustakaan yang pada akhirnya dapat memuaskan para pemakai perpustakaan sekolah. Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan cara pemanfaatan komputer di perpustakaan akan lebih cepat dalam mengelola perpustakaan khususnya dalam pencarian literature / bahan koleksi / informasi di perpustakaan.
Koordinator perpustakaan / Pustakawan MAN 9 Pondok Kopi Jakarta Ibu Edwita Rahmawati sudah mulai mengujicoba program perpustakaan Senayan Library Automation sejak Januari 2009 di Intranet Perpustakaan Sekolah. Di mulai dari penginputan data buku, anggota perpustakaan hingga mencetak label buku/call number yang akan ditempel pada punggung buku.
NB : Diambil dari berbagai sumber

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

{facebook#http://www.facebook.com/c47ur1980} {twitter#http://twitter.com/c47ur1980} {google-plus#http://plus.google.com/u/0/+CaturYogaMeiningdiasoke} {pinterest#http://www.pinterest.com/c47ur1980} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCuK3oOO6zZmaOfbh3kw63pw} {instagram#https://www.instagram.com/caturyogam/}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget