Pembuatan dan Pelatihan Web Madrasah Gratis

Penggunaan ICT (Information and Communication Technology)  di Madrasah saat ini, tidak dapat dihindari selain dikarenakan dengan kemajuan jaman yang mengharuskan Madrasah untuk berinovasi, juga dikarenakan tanggung jawab yang besar terhadap  masyarakat. Tanggung jawab itu meliputi, memberikan informasi / berita yang up to date mengenai profil Madrasah, kegiatan-kegiatan peserta didik, prestasi peserta didik, nilai-nilai mata pelajaran yang dapat dilihat secara online oleh peserta didik, media pembelajaran online yang dapat diakses oleh peserta didik kapan dan dimana saja, dan call center berbasis ICT melalui kotak surat, chatting dan telp melalui skype yang dapat berinteraksi secara langsung dengan peserta didik, orang tua dan masyarakat. Namun berdasarkan pengamatan terhadap banyak Madrasah di DKI Jakarta perkembangan positif pengelolaan web belum menghasilkan produktivitas secara optimal karena minimnya kompetensi sumber daya manusia dalam sistem mengelola web.

Beberapa kegunaan Website Madrasah diantaranya:
  1. Memperkenalkan profil Madrasah sehingga masyarakat mengetahui informasi apapun tentang Madrasah seperti: Fasilitas yang tersedia , Kurikulum intra dan ekstra kurikuler termasuk materi pembelajaran online dan pustaka maya, prestasi yang telah diraih oleh Madrasah, informasi mengenai perencanaan Madrasah dan kebutuhan biaya, macam dan kualitas Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan Madrasah. Jumlah dan kualifikasi tenaga pendidik dan kependidikan yang ada.
  2. Sebagai media komunikasi antara Madrasah dengan dunia luar, bentuk komunikasi yang terjalin diantaranya: komunikasi antara siswa dengan guru terkait pelaksanaan pembelajaran, komunikasi antar peserta didik melalui media forum, komunikasi antara orang tua peserta didik/calon peserta didik dengan Madrasah melalui media email ataupun form kontak di website, komunikasi antara Madrasah dengan institusi pendidikan di dalam/luar negeri, komunikasi antara Madrasah dengan alumni.
  3. Sebagai media pembelajaran online dan media resmi Madrasah untuk media publikasi informasi resmi ke masyarakat, seperti: Pengumuman, Perss release, Berita resmi Madrasah.
Data yang kami peroleh Madrasah di DKI Jakarta kurang lebih 30 porsentase memiliki web sesuai dengan aturan  pemerintah yaitu  memiliki domain sch.id dan dikelola dengan baik, 70 porsentase Madrasah belum memiliki web dan baru hanya memilik Blog dan tidak dikelola dengan baik.
Berdasarkan informasi di atas, maka selayaknya Madrasah melakukan upaya-upaya untuk mengembangkan tim pengelola website secara terorganisir dan terstruktur, mengembangkan program yang sesuai dengan potensi yang Madrasah miliki, dan melaksanakan program yang selalu diintegrasikan dengan sistem pemantauan berkala untuk memperbaikinya. Mengingat pentingnya website bagi Madrasah maka diperlukan pelatihan atau workshop Pembuatan dan Pengelolaan Website Madrasah Menggunakan Content Management System (CMS) Balitbang Kemdikbud.
Program “Pelatihan Pembuatan dan Pengelolaan website Madrasah Gratis” diharapkan bisa memberikan dan mempersiapkan layanan Website Madrasah Go Online, yang sudah di canangkan oleh Kementrian Pendidikan Nasional untuk tahun 2014. Madrasah Anda tertarik untuk masuk dalam program “Pelatihan Pembuatan dan Pengelolaan website Madrasah Gratis”? Tunggu apa lagi, segera daftarkan Madrasah Anda dalam program ini dengan mendownload formulir pendaftaran atau melalui email : yoga@kemenag.go.id atau saya@caturyogam.info. Kontak saya di Facebook atau di Twitter atau di Google+.
Syarat mengikuti Pelatihan dan Pembuatan Web Madrasah :
  1. Lokasi Madrasah di DKI Jakarta (MI, MTS, dan MA)
  2. Mendaftarkan diri disitus ini.
  3. Menyertai pendaftaran dengan dokumen persyaratan kepemilikan domain Resmi sekolah/Madrasah ( namamadrasah.sch.id ) sesuai dengan aturan pemerintah (PANDI dan KEMINFO). Dokumennya antara lain KTP Kepala Madrasah, Surat Permohonan Download dan Surat Kuasa Download.
  4. Bersedia menjaga web Madrasah yang dikelolanya.
  5. Bersedia dimasukannya alamat web Madrasah disitus MGMP Madrasah dan Web Madrasah lainnya.

Apa saja yang gratis ?

Gratis Hosting dan Fasilitas lainnya :
  • Kapasitas hosting 250 mb dan dapat diupgrade sesuai kebutuhan Madrasah, bekerja sama dengan Penyedia Jasa Hosting IndoTarget.Net.
  • CPANEL dan Unlimited Bandwidth.
  • Gratis pembuatan E-Mail dengan menggunakan GoogleApps Edu untuk pendidikan bekerja sama dengan Google.
  • Website menggunakan CMS Balitbang Kemdikbud/Schoolhost /Lokomedia/Joomla/Drupal/Moodle software web ini gratis atau OpenSource dan sudah ada di CPANEL yang telah kami berikan.
Gratis Pelatihan  :
  • Pelatihan dapat dilakukan melalui online (pendampingan secara online).
  • Pelatihan dapat dilakukan di Madrasah sesuai permintaan.
  • Pelatihan dapat secara bersama-sama dengan Madrasah lainnya, jika telah disepakati tempat dan waktu yang telah ditentukan.
  • Pelatihan dapat dilakukan di Sekretariat MGMP TIK MA DKI Jakarta.
  • Pelatihan dapat dilakukan di rumah Ketua MGMP TIK MA DKI Jakarta.
Yang tidak gratis :
  • Tidak gratis dalam kepemilikan domain karena kami belum bekerja sama dengan PANDI.
  • Biaya pembelian domain sebesar 65 rb/tahun.
Contoh web Madrasah menggunakan CMS Balitbang Kemdikbud  menggunakan jasa bantuan hosting dan domain dari kami :
  1. Contoh Web
  2. Website MTSN 15 Jakarta
  3. Website MTSN 18 Jakarta
  4. Website MTSN 9 Jakarta
  5. Website MTSN Al-Azhar
  6. Website MAN 20 Jakarta
  7. Website MAN 21 Jakarta
  8. Website MAN Reo NTT
  9. masih banyak lagi yang tidak kami sebutkan.
Contoh web Madrasah menggunakan CMS Joomla  menggunakan jasa bantuan hosting dan domain dari kami :
    1. MAN 9 Jakarta
    2. MAN 13 Jakarta
    3. masih banyak lagi yang tidak kami sebutkan.
    Contoh web Madrasah menggunakan CMS Wordpress  menggunakan jasa bantuan hosting dan domain dari kami :
    1. MAN 6 Jakarta
    2. MAN 3 Jakarta
    3. masih banyak lagi yang tidak kami sebutkan.
    Contoh web Madrasah menggunakan CMS Lokomedia  menggunakan jasa bantuan hosting dan domain dari kami :
    1. MAN 5 Jakarta
    2. MAN 2 Pekan Baru
    3. masih banyak lagi yang tidak kami sebutkan.
            Terima kasih atas kunjungannya di web MGMP Madrasah, semoga Madrasah dapat Go Online dalam memberikan informasi bagi Peserta didik, guru dan masyarakat umumnya yang memerlukan informasi dari Madrasah tanpa mengeluarkan biaya tinggi untuk pembuatan website.

            Sumber : http://mgmp-madrasah.or.id/pembuatan-dan-pelatihan-web-madrasah-gratis/

            Posting Komentar

            [blogger]

            MKRdezign

            {facebook#http://www.facebook.com/c47ur1980} {twitter#http://twitter.com/c47ur1980} {google-plus#http://plus.google.com/u/0/+CaturYogaMeiningdiasoke} {pinterest#http://www.pinterest.com/c47ur1980} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCuK3oOO6zZmaOfbh3kw63pw} {instagram#https://www.instagram.com/caturyogam/}

            Formulir Kontak

            Nama

            Email *

            Pesan *

            Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.
            Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget