Fungsi VlookUp dan Fungsi Teks (Left, Mid, Right)

Vlookup adalah fungsi excel untuk membaca nilai pada suatu tabel secara vertikal, sedangkan fungsi teks adalah fungsi untuk mengambil suatu karakter dari suatu kata atau kode tertentu. Pada praktik kali ini digunakan fungsi Vlookup dengan Fungsi Teks LEFT.
Pada soal gambar dibawah terdiri dari 2 tabel, Tabel untuk diisi dengan menggunakan rumus (sebelah kiri) dan tabel sebagai referensi atau tujuan yang akan dilihat/Vlookup (sebelah kanan).
Rumus pada Cell E6 : =VLOOKUP(LEFT(D6;1);$J$6:$L$9;2)
Keterangan  :
Jabatan ditentukan oleh table disebelah kanan, dimana jika NIP diawali dengan huruf D = Direktur, M = Manager, P = Pengawas, dan S=Staff. Contoh NIP = D1001. Untuk mengambil huruf D didepan NIP kita harus menggunakan Fungsi LEFT, dengan rumus =LEFT(D6;1). dan untuk melihat table disebelah kanan dengan menggunakan rumus VLOOKUP, dengan rumus =Vlookup($J$6:$L$9;2) dimana angka 2 dibelakang rumus adalah kolom Direktur pada tabel disebelah kanan.

Rumus pada Cell F6 =VLOOKUP(LEFT(D6;1);$J$5:$M$9;3;FALSE)
Rumus pada Cell G6 =VLOOKUP(LEFT(D6;1);$J$5:$M$9;4;FALSE)*F6
Rumus pada Cel H6 =F6+G6


Gambar soal :



Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

{facebook#http://www.facebook.com/c47ur1980} {twitter#http://twitter.com/c47ur1980} {google-plus#http://plus.google.com/u/0/+CaturYogaMeiningdiasoke} {pinterest#http://www.pinterest.com/c47ur1980} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCuK3oOO6zZmaOfbh3kw63pw} {instagram#https://www.instagram.com/caturyogam/}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget