Design Grafis sebagai ganti TIK di MAN 9 Jakarta untuk Kelas X Kurikulum 2013


Kurikulum 2013 di MAN 9 Jakarta digunakan pada tahun ajaran 2013-2014  bulan Juli 2013 nanti, mata pelajaran yang saya ampu, yaitu Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) tidak termasuk di dalamnya. Sehingga Madrasah tempat saya mengajar memberikan 1 jam untuk mata pelajaran Design Grafis, mata pelajaran ini mungkin masuk kedalam muatan lokal atau hanya mata pelajaran lintas minat atau pendalaman minat., yang pasti bukan mata pelajaran wajib :)

Sebenarnya saya lebih suka masuk ke dalam mata pelajaran Muatan Lokal, dimana saya tidak terikat dengan KI dan KD yang telah ditetapkan oleh Pemerintah, sehingga saya dapat mengembangkan KI dan KD sendiri sesuai dengan kebutuhan di Madrasah, tetapi Muatan Lokal di Madrasah tempat saya mengajar sudah ada Mata Pelajaran lain dan sudah ada gurunya :( .  Tetap semangat apa yang telah ada, lanjutkan tugas sebagai guru dan menjalankan tupoksinya.

Apa yang dimaksud dengan Design Grafis itu sendiri? dari sekian banyak software design grafis mana yang akan saya gunakan untuk Praktikum?  Tentunya saya akan memilih software dan materi yang beda dengan Madrasah lainnya dan bermanfaat bagi siswa/i yang akan saya didik.

Desain Grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).

Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.

Prinsip dan unsur desain
Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasukshape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi ("proportion") dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.

Daftar Software Desain Grafis

Ada beberapa software yang digunakan dalam desain grafis:


Desktop publishing


Webdesign


Audiovisual


Rendering 3 Dimensi


Refferensi: http://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

{facebook#http://www.facebook.com/c47ur1980} {twitter#http://twitter.com/c47ur1980} {google-plus#http://plus.google.com/u/0/+CaturYogaMeiningdiasoke} {pinterest#http://www.pinterest.com/c47ur1980} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCuK3oOO6zZmaOfbh3kw63pw} {instagram#https://www.instagram.com/caturyogam/}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget