Apa itu Google Apps for Education (GAfE) ?

Banyak sekali kawan-kawan yang bertanya ke saya! tentang Google Apps for Education?
GMAIL? mereka sudah memilikinya. Google Drive? Ada yang sudah memanfaatkannya dan ada juga yang belum memanfaatkannya, hanya baru sekedar kirim dan menerima email saja. Ada beberapa kelebihan GMAIL biasa dengan GMAIL yang sudah Google Apps for Education, yaitu kapasitas GMAIL yang unlimited dan adanya Manajemen akun email untuk Sekolah/Madrasah. Untuk lebih jelasnya dapat bergabung dengan komunitas kami: Google Educators Group (GEG) East Jakarta.


Ada beberapa berita tentang kegunaan atau manfaat Google Apps for Education, salah satunya kampus Amikom :
Sindonews.com - STMIK Amikom Yogyakarta melakukan kerja sama dengan PT Google Indonesia dalam hal koneksi edukasi lingkup perguruan tinggi.
Dengan memanfaatkan Google Apps for Education, koneksi antar mahasiswa dan civitas akademik di Amikom makin efektif.
Pembantu Ketua 1 STMIK Amikom Yogyakarta Ir Rum Muhammad Andri MKom menuturkan, kerja sama yang terjalin itu bagaikan kado luar biasa menyambut ulang tahun Amikom pada 11 Oktober mendatang.  
Sebagai kampus teknologi informasi, Amikom juga ingin terus mengembangkan aplikasi teknologi informasi dalam kesehariannya. 
"Dampak pemakaian Google Apps for Education ini tentu luar biasa efektif dan efisien. Memang tidak beda jauh ketika kita memakai google biasa, namun ini memiliki kelebihan karena mampu mengkoneksikan massa dalam jumlah besar untuk sebuah aktivitas," ujarnya Selasa (8/10/2013). 
Kepada SINDO, Andri menuturkan, dengan aplikasi-aplikasi dalam Google Apps for Education siapapun di Amikom bisa membuat suatu komunitas besar, baik dalam hal pembelajaran maupun kreativitas. Menurutnya, kerja sama tersebut sebenarnya telah dirintis sejakk satu tahun yang lalu. 
"Yang jelas kerja sama ini menjadi suatu keuntungan bagi kami karena server langsung dikelola oleh pihak Google sehingga masalah seperti keamanan sudah tidak perlu kami pikirkan karena sudah terjamin. Bayangkan berapa lama dan besarnya biaya yang harus kami keluarkan jika harus membuat dan menyediakan server untuk bisa membuat komunitas sebesar ini," tuturnya. 
Komunitas besar dalam kampus Amikom mampu terbentuk karena account perorangan Amikom telah terintegrasi dengan Google. Hal ini membuat penggunanya cukup memiliki satu account saja namun sudah bisa menjadi identitas di Google maupun Amikom. 
Menurut Program Manager Google untuk Indonesia Pepita Gunawan, berbagai aplikasi yang tersedia mampu menunjang kegiatan mahasiswa, mulai dari kerja kelompok, berkomunikasi dengan beberapa orang sekaligus, hingga menyimpan tugas tanpa perlu alat bantu menyimpan lainnya seperti laptop atau flashdisk. 
"Mulai saat ini tidak akan ada lagi alasan tidak mengumpulkan tugas karena flashdisk ketinggalan atau tidak bisa datang saat belajar kelompok. Semua aktivitas bersama bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun," ujarnya. 
Dalam Google Apps for Education, terdapat beberapa aplikasi seperti Gmail untuk surat menyurat secara online, Hanguot untuk berkomunikasi singkat secara online, Groups untuk membuat komunitas skala besar, Calender sebagai pengingat, Drive untuk menyimpan data-data, Sites untuk membuat situs pribadi maupun kelompok dan Other. Semuanya berjalan real time. 
"Intinya kami ingin memberikan kemudahan bagi siapapun memperoleh informasi termasuk berbagi informasi. Harapannya tentu mampu membuat generasi Indonesia menjadi lebih unggul dalam edukasi maupun teknologi," imbuhnya.
(lns)
Selain berita diatas ada beberapa berita tentang Penerapan Google Apps for Eduction di dunia pendidikan:
  1. Unpad Sediakan Fasilitas Google Apps for Education untuk Civitas Unpad
  2. Manfaat GAFE Bagi Civitas Academica UIN Jakarta
  3. Universitas Mercu Buana menerapkan TA Online dengan GAfE
  4. Universitas Pendidikan Indonesia bekerja sama dengan Google menyajikan Google Apps for Education untuk seluruh civitas Universitas Pendidikan Indonesia
  5. Universitas Negeri Surabaya has finally decided to go Google
  6. Google Apps for Education untuk Universitas Brawijaya
  7. Sosialiasi Google Apps for Education di Universitas Lampung
  8. Launching Google Application Education Untuk Universitas Ahmad Dahlan
  9. Unissula – Google Lanjutkan Kerjasama Pendidikan
  10. Google Apps for Education untuk Jurusan Akuntansi Poliban
  11. Telkom University Bekerjasama dengan Google
  12. Universitas Pembangunan Panca Budi Medan dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaranan Google Apps for Education Workshop 1 Medan. 
  13. Universitas Muhammadiyah Bengkulu: Kolaborasi Aplikasi Pendidikan dari Google dan UMB
  14. IPB Goes to Google Apps
  15. Universitas Negeri Malang (UM) launcing  e-office dan Google Apps for Education 
Dari beberapa berita diatas, mungkin dapat menambah pengetahuan tentang manfaat GAfE bagi dunia pendidikan. Diatas belum saya sebutkan untuk sekolah/madrasah, semuanya adalah Universitas atau Sekolah Tinggi, tetapi sekarang sudah banyak sekolah atau madrasah yang menerapkan Google Apps for Education. Contohnya: MAN 9 Jakarta yang sudah menerapkan Google Apps sejak tahun 2008 lalu.

Ada yang mau tambahkan lagi Link berita Google Apps for Education di sekolah atau madrasah?

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

{facebook#http://www.facebook.com/c47ur1980} {twitter#http://twitter.com/c47ur1980} {google-plus#http://plus.google.com/u/0/+CaturYogaMeiningdiasoke} {pinterest#http://www.pinterest.com/c47ur1980} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCuK3oOO6zZmaOfbh3kw63pw} {instagram#https://www.instagram.com/caturyogam/}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget