Kepala KanKemenag Kota Jakarta Selatan membuka kegiatan Workshop Google Educators Group (GEG) di MAN 7 Jakarta

Jakarta, 31 Agustus 2015. Google Educators Group (GEG) East Jakarta mengadakan kegiatan Workshop “Administrator Google Apps for Education dan Google Classroom untuk Pembelajaran Abad 21” yang bertempat di MAN 7 Jakarta. Kegiatan ini sangat berbeda, karena dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Selatan, bapak Drs. H. Karsa Sukarsa, MM, dan didampingi oleh Pengawas Madrasah untuk MAN 7 Jakarta ibu Dra. Hj. Alwiyah, M.Pd serta Kepala TU MAN 7 Jakarta bapak Giyanta, S.Pd.

Sambutan dan pembinaan dari Kepala KanKemenag Kota Jakarta Selatan membuat kami bersemangat menjadi guru pembelajar, yang selalu siap belajar untuk meningkatkan kompetensi sebagai guru Profesional. 

Kami sangat berterima kasih kepada bapak Drs. H. Karsa Sukarsa, MM yang bersedia membuka kegiatan kami, dan memberikan semangat dan bukti dukungan kepada kami untuk selalu berbagi pengalaman dan pengetahuan antar sesama guru dalam bidang Teknologi Pendidikan dan kami juga sangat berterima kasih kepada Pengawas Madrasah Kota Jakarta Selatan, ibu Dra. Hj. Alwiyah, M.Pd dan bu Siti Fatonah, M.Pd atas dukungan dan fasilitasinya dalam kegiatan kami di Kota Jakarta Selatan.

Sesion ke-1, Google Educators Group (GEG) East Jakarta ini diawali dengan sosialisasi Permendikbud No. 68 Tahun 2014 dan memberikan contoh Administrasi Bimbingan TIK, yang di presentasikan oleh Iik Zakki Mubarok guru TIK MAN 4 Jakarta.

Sesion ke-2, bapak Okdafid, guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MTsN 18 Jakarta mempresentasikan penggunaan Google Classroom, dan memberikan pengalamannya dalam menggunakan Google Classroom di MTsN 18 Jakarta.

Sesion ke-3, bapak Catur Yoga Meiningdias, Guru TIK MAN 9 Jakarta sekaligus sebagai Pemimpin Google Educators Group (GEG) East Jakarta, menerangkan tentang Dashboard Administrator Google Apps for Education, kegiatan ini sangat dinanti oleh peserta, karena username dan password Administrator Google Apps for Education setiap Madrasah sesuai domain Madrasahnya akan diberikan oleh bapak Catur Yoga Meiningdias.

Sesion ke-4, sesion ini lanjutan dari materi Admin Google Apps for Education, yang dipresentasikan oleh guru TIK MAN 7 Jakarta, bapak Syaifudin.

Sesion ke-5, suasana menjadi heboh dengan menariknya pemberian presentasi oleh bapak Moch. Abdul Azis guru SMAN 56 Jakarta tentang Intel Easy Step.

Administrator Google Apps for Education sangat penting diimplementasikan di Madrasah, karena dapat mampu memfilter konten-konten yang tidak pantas dilihat oleh anak-anak. Dan merupakan teknologi pembelajaran berbasis awan (Cloud Computing), antara lain dapat digunakan sebagai kegiatan pembelajaran:
  1. Google hangout: Video Conference
  2. Google Docs: Model pembelajaran kolaborasi (collaborative learning), Form online tanggapan siswa, raport online siswa, diskusi online, survey online dll.
  3. Google Calendar: Manajemen Waktu
  4. Google Site/Web Blog: Membangun situs sebagai media berbagi, catatan, portofolio yang dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.
  5. Google Classroom: E-Learning yang dapat digunakan secara privasi dan gratis untuk Madrasah.
Kita berkumpul untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam sebuah komunitas yang bernama Google Educators Group (GEG) East Jakarta, karena kita yakin bahwa Madrasah Lebih Baik, dan Lebih Baik Madrasah.

Foto-foto kegiatan Workshop Google Apps for Education:
Gabung bersama kami di Google Educators Group (GEG) East Jakarta:

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

{facebook#http://www.facebook.com/c47ur1980} {twitter#http://twitter.com/c47ur1980} {google-plus#http://plus.google.com/u/0/+CaturYogaMeiningdiasoke} {pinterest#http://www.pinterest.com/c47ur1980} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCuK3oOO6zZmaOfbh3kw63pw} {instagram#https://www.instagram.com/caturyogam/}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget