Like Us

Google Forms adalah layanan yang diberikan Google secara gratis untuk mengumpulkan informasi secara online, seperti membuat formulir pendaftaran dan survey. Form online yang dibuat dapat dihubungkan secara langsung ke Google Sheets dan tersimpan di Google Drive. Layanan ini sering digunakan oleh guru untuk melakukan survey maupun tanggapan online dalam kegiatan pembelajarannya, tapi untuk membuat quiz seorang guru perlu menambahkan aplikasi layanan yang lain yaitu Flubaroo, dengan aplikasi tersebut jawaban siswa langsung dapat terkoreksi dan mendapatkan hasil dari quiz tersebut. Tidak semua guru mengetahui penggunaan Add On Flubaroo tersebut, sehingga Google Forms lebih banyak digunakan untuk layanan pendaftaran online maupun Survey. 

Hari ini saya mendapatkan informasi bahwa Google Forms mengupdate aplikasinya dengan menambahkan menu Quiz, sehingga kita dapat membuat Quiz tanpa harus menggunakan Add On Flubaroo, semakin mantap layanan Google Forms ini. Dimanakah menu tersebut? Yuk kita coba membuat Quiz dengan menggunakan Google Forms.

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuat pertanyaan dengan opsi Pilihan Ganda atau Kontak Centang, buatlah soal sesuai dengan kebutuhan.
Langkah kedua jika semua soal sudah dibuat kita klik menu Setelah atau Setting seperti pada gambar dibawah ini:

Akan tampil jendela Setelan / Setting, pilih menu KUIS-KUIS dan klik tombol Jadikan ini sebagai kuis dan klik SIMPAN, seperti pada gambar dibawah ini:

Setelah kita klik SIMPAN, kita akan kembali ke Forms Soal yang telah kita buat, ada perbedaan yaitu ada menu KUNCI JAWABAN dibawah setiap soal yang telah kita buat, disinilah kita mengatur kunci jawaban untuk setiap soal.

Pilihlah jawaban yang benar dengan mengklik menu KUNCI JAWABAN dan klik opsi yang benar pada setiap soal, serta berikan nilai Skornya, seperti pada gambar dibawah ini:

Ulangi pada setiap soal untuk memberikan Kunci Jawabannya, setelah semua sudah dilakukan, saatnya kita uji coba Quiz di Google Forms. Hasilya seperti Forms dibawah ini:














3 Komentar

Nixon mengatakan…
Mas ada tidak pengaturan waktu ujian yang seperti unbk. Misalnya soal 40 nomor waktu kerja 120 menit...jika belum selesai maka form akan menutup otomatis.
Nixon mengatakan…
Mas ada tidak pengaturan waktu ujian yang seperti unbk. Misalnya soal 40 nomor waktu kerja 120 menit...jika belum selesai maka form akan menutup otomatis.
Lebih baru Lebih lama

Teknologi

FB GEG East Jakarta