Kelapa Dua Wetan, 5-6 Maret 2016. Google Eductators Group (GEG) East Jakarta memberikan pelatihan Digital Learning Fundamental dengan menggunakan fasilitas Google for Education untuk guru-guru Madrasah Ar-Rahmah Kelapa Dua Wetan. Kegiatan dihadiri oleh 30 peserta dari Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah Ar-Rahmah Kelapa Dua Wetan, kegiatan dibuka oleh Kepala Madrasah Ar-Rahmah bapak Mohamad Hariyadi Darmawan, S.S, S.Pd didampingi oleh ketua Panitia bapak Chadra Turianto, S.Pd.I, dan sebagai narasumber dalam kegiatan ini bapak Catur Yoga Meiningdias guru TIK MAN 9 Jakarta, bapak Okdafid guru SKI MTSN 18 Jakarta dan bapak Ammar Suhada Djamain guru TIK MTSN 22 Jakarta serta dibantu oleh bapak Jamal Zamailudin guru MTSN 6 Jakarta, kegiatan dilaksanakan selama 2 hari.

Bapak Catur Yoga Meiningdias dalam materinya Intel Digital Learning Fundamental, “Guru abad ke-21 menyadari bahwa kita sekarang hidup di era digital, saat teknologi dapat meningkatkan kehidupan masyarakat dalam bekerja dan bermain. Sebagai guru di era digital ini, kita memiliki tugas yang menarik untuk membawa teknologi ke dalam kelas dengan cara membuat kegiatan belajar menjadi relevan dan lebih menarik serta dapat membangun kepercayaan diri sendiri dalam perkembangan teknologi. Menuju Era Digital memberikan gambaran tentang bagaimana pembelajaran yang lebih baik dan dapat memenuhi kebutuhan kecakapan abad ke 21 bagi siswa. Mengembangkan pemahaman tentang : 1) Dunia digital siswa di abad ke 21, 2) Lingkungan global saat mereka tumbuh dewasa, 3) Pembelajaran di kelas yang akan memenuhi kebutuhan belajar mereka. Komunikasi dan kolaborasi adalah hal penting untuk sukses di tempat kerja dan dalam kehidupan. Pada abad ke-21, perangkat digital memberikan kesempatan untuk berinteraksi dan bekerja sama dalam cara yang tidak mungkin tanpa teknologi. Teknologi memberi kesempatan pada guru dan siswa untuk berpartisipasi dalam komunitas global tanpa dibatasi oleh jarak geografis dan waktu atau mengakses sumber belajar. Tantangan abad ke-21 adalah untuk memutuskan informasi apa yang tersedia adalah informasi yang benar untuk tujuan tertentu, dan kemudian menggunakan informasi tersebut secara konstruktif untuk membuat keputusan, memecahkan masalah, dan berinovasi. Proses ini disebut berpikir kritis.”

Bapak Okdafid dan bapak Ammar Suhada Djamain mempraktikan penggunaan Digital Learning dengan fasilitas Google for Education, yang saat ini merupakan Launching Google Apps for Education untuk Madrasah Ar-Rahmah, menuju Madrasah Ar-Rahmah Gone Google. Email pendidikan tanpa batas penyimpanan @arrahmah.sch.id, fasilitas ruang belajar online dengan Google Classroom, fasilitas komunikasi berbasis Hangout kini telah dimiliki oleh Madrasah Ar-Rahmah Kelapa Dua Wetan.
Pelatihan Digital Learning Fundamental ini memuat dasar-dasar dan pengertian fundamental yang komprehensif tentang perkembangan teknologi informasi dan pemanfaatannya dalam dunia pendidikan. Dengan memiliki pemahaman konseptual dan praktek yang memadai, maka peserta akan dapat menyusun, menjalankan dan mengevaluasi beberapa hal fundamental terkait dengan pemanfaatan dan pemberdayaan aplikasi teknologi informasi untuk meningkatkan kinerja belajar-mengajar.

Guru TIK MAN 9 Jakarta.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama