Like Us

Buku Guru untuk Mata Pelajaran Informatika ini disusun dalam rangka mempermudah dan memperjelas penggunaan buku bagi peserta didik yang diterbitkan oleh Pemerintah. Buku Guru Informatika Kelas 7 ini merupakan kesatuan yang tidak terpisahkan dari Buku Siswa Informatika Kelas 7 yang diharapkan dapat dilaksanakan dengan pendekatan berorientasi pada siswa (Student Centered Learning) dan berbasis aktivitas. 

Buku guru ini ini menjadi panduan guru agar aktivitas siswa dapat dijalankan dengan baik sesuai strategi pembelajaran yang disarankan, disertai dengan materi pengayaan dan aspek penilaian. Buku ini terdiri atas dua bagian:

Bagian pertama berisi tentang mengapa Informatika perlu untuk diajarkan pada zaman Industri 4.0 dan Masyarakat 5.0 saat ini, kurikulum Informatika, petunjuk umum pembelajaran Informatika, harapan terhadap guru Informatika, aktivitas-aktivitas siswa, dan penilaian dalam pembelajaran Informatika.

Bagian kedua menguraikan tentang strategi pembelajaran Informatika untuk setiap elemen pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013-X yang dituangkan pada setiap bab Buku Siswa Kelas 7. Setiap bab akan merupakan bahan pembelajaran per elemen pembelajaran Informatika, yang selanjutnya akan dijabarkan menjadi satu atau lebih unit pembelajaran (mengacu ke Pedoman Implementasi Informatika). Satu unit pembelajaran dapat terdiri atas satu atau lebih aktivitas untuk mencapai capaian pembelajaran terkait elemen pembelajaran tersebut. Setiap aktivitas akan berisi materi pengayaan untuk guru beserta potensi miskonsepsi pada peserta didik pada topik tersebut, pembelajaran, dan alternatif penilaiannya.

Dengan model pengorganisasian seperti yang digariskan oleh Pusat Kurikulum tersebut, diharapkan guru dengan lebih mudah dapat memahami kurikulum Informatika, capaian pembelajaran Informatika, materi ajar, cara pembelajarannya, dan cara penilaian mata pelajaran.

2 Komentar

MTsN 1 Kota Malang mengatakan…
Assalamu'alaikum.

Pak Yoga ijin bertanya,
apakah Pak Yoga punya Buku Mata Pelajaran Informatika untuk kelas VIII?
MTsN 1 Kota Malang mengatakan…
Assalamu'alaikum.

Pak Yoga ijin bertanya,
apakah Pak Yoga punya Buku Mata Pelajaran Informatika untuk kelas VIII?
Lebih baru Lebih lama

Teknologi

FB GEG East Jakarta