Gambar 1. Peserta didik menjawab pertanyaan dengan menggunakan video di Flipgrid

Rabu, 13 Oktober 2021 pertama kalinya dalam 1 semester ini sejak Juli 2021 saya tidak hadir dalam PJJ karena ditugaskan oleh Kepala Madrasah untuk menghadiri sosialisasi PISA 2022, sehingga tidak dapat melakukan pembelajaran secara realtime melalui Video Conference yang selalu dilakukan saat PJJ tapi dengan memberikan tugas sebagai ganti pertemuan PJJ.

Bagaimana agar tugas yang saya berikan itu benar-benar mereka pelajari dan pahami walau tidak berada di dalam Video Conference yang dilakukan pada setiap jam pelajaran PJJ Informatika? 

Akhirnya saya putuskan untuk menggunakan aplikasi Flipgrid. Tapi apakah Flipgrid menjadi aplikasi yang tepat dalam kegiatan pemberian tugas mandiri kepada peserta didik? Dengan aplikasi ini peserta didik menjawab bukan hanya berupa text, atau gambar tapi berupa video dirinya!

Flipgrid adalah platform video diskusi gratis, yang dapat membantu pendidik untuk melihat dan mendengar siswa dalam kegiatan belajar, dimana pengguna dapat membuat dan berbagi video pendek. Platform ini dapat digunakan untuk diskusi, asesmen, atau kegiatan lainnya. Artinya, peserta didik tidak lagi memproduksi hasil kerjanya dalam bentuk teks, tapi berupa video. Peserta didik dapat berpendapat, dan dapat mengomentari pendapat peserta didik lainnya, sehingga platform ini dapat mengasah skill komunikasi, salah satu skill yang wajib dikuasai pada pendidikan abad 21.

Gambar 2. Topik Penugasan Siswa dengan materi Tumpukan (Stack) dan Antrean (Queue) 

Untuk mengintegrasikan Flipgrid ke e-Learning madrasah MAN 9 Jakarta, peserta didik yang sudah selesai mengerjakan tugas, wajib untuk mengirim link tugas dengan materi Tumpukan (Stack) dan Antrean (Queue) pada Flipgrid ke Elearning Madrasah, hal ini dapat mempermudah guru dalam menilai dan mempermudah peserta didik untuk melihat nilai.

Gambar 3. Halaman Penilaian KI3 untuk Penilaian Tugas dengan materi Tumpukan (Stack) dan Antrean (Queue) 


Pada Gambar 3. terlihat peserta didik sudah mengirim tugas, dan guru belum menilai, saatnya saya menilai tugas-tugas mereka diwaktu kosong jam mengajar 😀.

Apakah Flipgrid cocok untuk kegiatan belajar mengajar kita?  dan menjadi salah satu tools di model pembelajaran kita! Tunggu angket dari siswa dan menunggu tugas saya nilai semua ya heheehe 😆😎.

Yang sudah pernah gunakan Flipgrid, mohon komentarnya ! 💋👆😀

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama