Like Us

Flipgrid adalah platform diskusi video yang membantu pendidik menerima konten video dari setiap pelajar, mendorong lingkungan belajar sosial yang menyenangkan dan mendukung. Pendidik membuat kisi-kisi yang bertindak mirip dengan papan pesan untuk memfasilitasi diskusi video. Di setiap kisi, mereka mengajukan pertanyaan, petunjuk, atau aktivitas yang disebut topik, di mana peserta didik memposting tanggapan video termasuk rekaman layar.

Apa Flipgrid bagi pelajar?

  • Pusat sosial untuk berbagi dan melihat video satu sama lain dalam lingkungan yang kolaboratif dan membangun tim
  • Platform yang didemokratisasi yang dirancang untuk memberi setiap pelajar kesempatan untuk membagikan suara mereka

Apa Flipgrid bagi  pendidik?

  • Lingkungan sosial yang mendukung yang memungkinkan semua peserta didik bersuara, bahkan mereka yang mungkin enggan untuk berbagi di kelas
  • Alat dibawa ke mana saja yang membekali peserta didik untuk menunjukkan penguasaan konseptual serta bertanya lebih dalam
  • Platform video yang memperluas pembelajaran di luar kelas dan memungkinkan pendidik dan pelajar memiliki wawasan yang lebih luas tentang dunia

Flipgrid mendukung SEL dengan memberikan kesempatan kepada pelajar untuk berkembang baik dalam keterampilan hubungan maupun pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.

Keterampilan Hubungan

  • Struktur Flipgrid memberikan semua pembelajar suara yang sama dan diperkuat yang memungkinkan mereka kesempatan untuk berkomunikasi dengan jelas dan memperhatikan dengan baik.
  • Peserta didik secara reflektif menanggapi dan terlibat dengan rekan-rekan dengan cara yang positif dan konstruktif menciptakan hubungan yang bermanfaat.

Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab

  • Peserta didik berinteraksi dengan rekan-rekan dari kelas mereka sendiri dan di seluruh dunia untuk memecahkan masalah secara kreatif.
  • Peserta didik memiliki kesempatan untuk mengevaluasi dan merenungkan informasi saat mereka terlibat dalam percakapan dengan mitra global.

Komunitas pendidik kaya Flipgrid menyediakan banyak cara untuk memulai. Baik digunakan untuk kurikulum mata pelajaran atau untuk meningkatkan peluang SEL bagi pelajar, antarmuka Flipgrid yang mudah dan fungsionalitas multi-platform memudahkan plug-and-play.

Akses  Flipgrid  untuk memulai.

Terlibat dan memperkuat dengan Flipgrid : Ambil modul ini untuk memulai dengan Flipgrid, dimulai dengan pengaturan kelas, dan lulus untuk memperkuat suara siswa.

9 Cara Menggunakan Flipgrid : Dapatkan lebih banyak ide untuk implementasi kelas dengan SEL pendukung dalam artikel Edutopia ini.

Aplikasi SEL Flipgrid tidak ada habisnya, mulai dari mengundang pelajar untuk memperkenalkan hewan peliharaan atau keluarga mereka, hingga meminta pelajar untuk merekam diri mereka sendiri sebagai karakter dari sejarah.

Lihat salah satu fitur di bawah ini untuk menjelajahi lebih jauh apa yang ditawarkan komunitas Flipgrid. Manakah dari ide-ide ini yang menonjol?

Flipgrid menjadi global dengan fitur yang mudah diaktifkan yang disebut #GridPals tempat kelas terhubung di seluruh dunia. Sekarang, siapa saja bisa berlatih SEL dengan sesama pelajar di dunia.

Ilustrasi Bagaimana Anda Flipgrid?  tabel: “Jika Anda bisa memikirkannya, Anda bisa Flipgrid.”  @savvy_educator.

Tautan ke versi teks Bagaimana Anda Flipgrid? meja

#FlipgridForAll

Ikuti terus percakapan Twitter dengan mengikuti #FlipgridForAll, tempat para pendidik dari seluruh dunia berbagi kiat, wawasan, dan kesuksesan mereka. Pendidik di mana pun menggunakan Flipgrid untuk mengintegrasikan SEL ke dalam pengalaman belajar sehari-hari.

Tangkapan layar topik Flipgrid.

Podcast: 6 Ide Menyenangkan untuk Melibatkan Siswa dengan Flipgrid

Pelajari Flipgrid saat bepergian! Pelajari kiat penting Flipgrid hanya dalam 10 menit dengan episode podcast Guru 10 Menit ini.

Mencerminkan

Tinjau takeaways dan pembelajaran tentang bagaimana Flipgrid mendukung SEL dalam pendidikan. Kembali ke pengatur grafik modul Anda dan catat ide apa pun untuk implementasi dan sumber daya untuk dilihat lagi nanti.

Gunakan pertanyaan-pertanyaan ini untuk merefleksikan praktik dan ide Anda sendiri.

  • Apa salah satu cara Anda menggunakan Flipgrid dengan pelajar Anda untuk mempromosikan lingkungan belajar yang lebih sosial?
  • Dengan cara apa pembelajar Anda mendapat manfaat dari menggunakan platform untuk menemukan suara orang lain dan memperkuat suara mereka sendiri?
  • Membangun hubungan bukan hanya untuk kelas SEL! Bagaimana Anda akan menciptakan komunitas di sekolah sebagai profesional dengan menggunakan Flipgrid di PLC atau grup PD lainnya?
referensi: https://docs.microsoft.com/en-us/training/modules/support-social-emotional-learning/flipgrid

1 Komentar

sofyanto mengatakan…
mana yang lebih baik untuk proses pembelajaran pak ? apa flipgrid, padlet atau yellowdig, mohon pencerahannya ?

pikiranku
Lebih baru Lebih lama

Teknologi

FB GEG East Jakarta