Like Us

Karawang (Humas EduTech Madrasah) --- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karawang H. Sopian membuka kegiatan Workshop "Training for IT Capacity Building for Education Personnels" pelatihan untuk peningkatan kapasitas IT pendidik dan tenaga kependidikan didampingi oleh Ketua EduTech Madrasah Kapi Mubarok, Kasie PD Pontren M Azizi H., dan ketua FKPQ H. Cece Izudin. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Pendidikan Al-Quran (FKPQ) Kabupaten Karawang bekerjasama dengan komunitas EduTech Madrasah Indonesia, bertempat di Hotel Brits Karawang dari pukul 08.00 sampai 16.30 dengan jumlah 160 peserta berasal dari lembaga Taman Pendidikan Al-Quran dan Madrasah di Kabupaten Karawang. 

"Kementerian Agama Kabupaten Karawang sangat support dengan kegiatan yang dilakukan oleh Forum Komunikasi Pendidikan Al-Quran (FKPQ) dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan, dan luar biasanya bahwa kegiatan ini bersumber dari dana peserta workshop sendiri, bukan dari dana pemerintah. Seluruh peserta worksop diharapkan dapat dengan baik mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. Lembaha Non Formal sudah selangkah lebih maju dalam kegiatan, dan tentunya nanti akan ada hadiah umroh bagi guru terbaik dari Lembaga Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ). Kemenag Kuat Karawang Hebat. Sukses itu bukan PROTES tapi PROSES," tutur Sopian, Sabtu (27/01).

Ketua Panitia FKPQ sekaligus TIM EduTech Madrasah Indonesia Ade Rohman mengatakan kegiatan ini baru pertama kalinya diadakan oleh Forum Komunitas Pendidikan Al-Qur'an Kab. Karawang dengan materi IT, yaitu pemanfaatan G Suite for Education untuk efesiensi dan efiktifitas pendataan yang lebih baik dan pembuatan web blog menggunakan sub domain dari fkpq.or.id, pdpontren.id, diniyah.id dan madrasah.id sebagai media penyebaran informasi dan branding lembaga yang dapat diakses cepat oleh masyarakat.

"Melalui pelaksanaan pelatihan ini, diharapkan TIM EduTech Madrasah, Fahrul Tajudin, Ali Hasan, Ahmad Zaki dan Ade Rohman dapat memberikan kontribusi nyata untuk kemajuan pendidikan Islam menuju era pendataan dan pembelajaran berbasis Teknologi, dengan konsep saling belajar, berbagi, menginspirasi dan memberdayakan satu sama lainya semoga dapat mempercepat transfer knowledge kepada peserta pelatihan," ujar Yoga, Pembina EduTech Madrasah.

Kasubbag Tata Usaha pada Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Papay Supriatna, memberikan apresiasi kepada komunitas EduTech Madrasah yang telah banyak memberikan pelatihan untuk guru-guru madrasah dan pendidikan Islam lainnya melalui media daring ataupun luring. Dalam silaurahminya, Kasubag TU KSKK mempresentasikan Program Direktorat KSKK Madrasah 2018, yaitu membangun Ketatausahaan Direktorat KSKK Madrasah Berbasis Teknologi Informasi pada Abad 21 dilanjutkan dengan tanya jawab pentingnya pendataan yang dilakukan oleh lembaga di sistem informasi yang dimiliki oleh Direktorat Kementerian Agama.

Kegiatan diakhiri dengan foto bersama TIM EduTech Madrasah dengan peserta workshop dan evaluasi kegiatan untuk perbaikan pelatihan berikutnya. /cym


FOTO KEGIATAN

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Teknologi

FB GEG East Jakarta