Like Us

Gambar diambil dari situs : ........

Ramadan adalah bulan istimewa. Bulan yang penuh rahmat dan keberkahan, Bulan yang memiliki banyak keutamaan yang tidak dimiliki oleh bulan – bulan lainnya, dimana  nilai ibadah menjadi berlipat ganda dibanding 11 bulan lainnya. Allah Swt menyediakan berbagai keutamaan ini kepada orang-orang yang memperbanyak ibadah di bulan Ramadan.

Momentum bulan suci Ramadan 1442 H dimaksimalkan oleh MI Assaadiyah Attahiriyah untuk mendidik para siswa untuk mengasah kepedulian sosial terhadap sesama serta menanamkan besarnya pahala bersedekah. "Sedekah paling utama adalah sedekah di bulan Ramadhan." (HR At-Turmudzi dari Anas).

Jumat sore, 23 April 2021, siswa – siswa kelas 5B MI Assaadiyah Attahiriyah secara serempak melakukan kegiatan sedekah jumat dengan memberikan makanan takjil untuk berbuka. Karena masih dalam kondisi pandemi, kegiatan ini tidak dilakukan di sekolah, namun kegiatan ini dilakukan secara mandiri oleh siswa di bimbing oleh ayah dan ibu di lingkungan rumah masing – masing. Dan tentunya tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan tetap memakai masker. 

Sementara itu mama Zahirah berkomentar, “Kegiatan takjil ini bagus  untuk melatih anak berbagi diiringi dengan niat yang ikhlas.”

Kegiatan dilakukan mulai pukul 16.30 – hingga menjelang Azan magrib berkumandang.  Ada yang langsung mendatangi rumah tetangga untuk memberikan takjil, ada juga yang memberikan kepada anak – anak, orang tua atau pengguna jalan yang melewati depan rumah mereka. Makanan yang dibagikan pun beragam, mulai dari camilan, buah, minuman sampai nasi dan lauk pauknya. Ada juga yang memberikan sembakošŸ˜‡

Tuti Trisnowati, wali kelas 5B menjelaskan, “Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kepedulian sosial dan melatih siswa agar tidak malu untuk berbagi terhadap sesama. Kegiatan ini diharapkan bisa memupuk rasa persaudaraan, rasa kasih sayang diantara sesama dan yang utama adalah mengharapkan keberkahan dari Allah Swt,”

Orang  tua siswa pun menanggapi kegiatan ini dengan positif. Bahkan ikut mendukung dan terlibat langsung dalam kegiatan tersebut. Menurut Mama Rashif, “kegiatan takjil seperti ini sangat membantu untuk melatih serta memupuk jiwa kepedulian anak terhadap sesama.”ujarnya.. “Terbukti saat dapat tugas dari bu guru, anak saya sangat bersemangat sekali,.langsung minta bikinin takjil yg mau dibagi ke tetangga, “katanya menegaskan.


Senada dengan Mama Rashif, ayah Naisya berpendapat “kegiatan ini dapat melatih anak untuk saling berbagi dan menimbulkan rasa sosial dalam.diri, “tuturnya.

1 Komentar

Tuti Trisnowati mengatakan…
Terimakasih pak Yoga... artikel saya sudah diposting disinišŸ˜Š
Lebih baru Lebih lama

Teknologi

FB GEG East Jakarta